Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 April 2020

10 Wajan Penggorengan Tanpa Minyak yang Bagus dan Berkualitas

By Cekresi .com


Dewasa ini, kebutuhan kesehatan menjadi perhatian utama masyarakat, bahkan beberapa kalangan sudah menjadikan hidup sehat sebagai gaya hidup. Kini, Anda pun bisa melakukannya, salah satu caranya dengan mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak.



Karena itu, untuk mendukung gaya hidup sehat, Anda membutuhkan wajan penggorengan yang bisa digunakan untuk menggoreng makanan tanpa harus menggunakan minyak goreng. Sehingga membuat masakan Anda lebih sehat, nutrisi tetap terjaga, dan tetap lezat ketika dimakan.

Untukitu, kami akan menyajikan artikel mengenai beberapa wajan penggorengan tanpa minyak yang bagus dan berkualitaslengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang wajan penggorengan beserta perawatannya.

Pentingnya wajan penggorengan tanpa minyak!

Rasa gurih dan renyah yang dihasilkan dari makanan yang digoreng dengan minyak goreng merupakan salah satu alasan masyarakat masih menyukainya. Namun seiring dengan maraknya gaya hidup sehat, masyarakat mulai berpikir ulang untuk mengkonsumsi gorengan setiap hari.

Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika Anda rajin mengkonsumsi makanan yang selalu digoreng dengan menggunakan minyak goreng, seperti gangguan-gangguang pada kesehatan berikut ini :

Pertama, obesitas. Pada dasarnya setiap minyak mengandung lemak, baik itu lemak jenuh atau lemak tidak jenuh. Perbedan keduanya terletak pada kandungannya. Kadar kandungan lemak jenuh atau lemak trans pada minyak goreng lebih tinggi jika dibandingkan dengan lemak tidak jenuh.

Hal itu, yang mendorong orang terkena risiko obesitas, selain juga karena kandungan kalori yang terkandung pada makanan atau gorengan yang dikonsumsi. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya, bisa jadi berat badan Anda akan naik secara drastis dalam waktu yang singkat.

Kedua, batuk. Tenggorokan merasakan hal yang tidak biasa, serak, lalu batuk. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh makanan, terutama makanan yang menggunakan minyak goreng yang dipakai berulang kali atau minyak goreng bekas.



Ketiga, kolesterol. Selain batuk, minyak goreng bekas juga bisa meningkatkan kolestrol. Semakin sering minyak goreng digunakan secara berulang-ulang, semakin tinggi juga kandungan lemak jenuh atau lemak trans. Dan tentunya hal itu, dapat meningkatkan jumlah kolestrerol pada tubuh Anda.

Keempat, kanker. Risiko lain ketika Anda sering mengkonsumsi makanan yang digoreng adalah kanker, karena Anda bisa terpapar acrylamide atau senyawa bersifat karsinogen yang bisa memicu tumbuhnya kanker.

Selain empat dampak buruk mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak goreng, ternyata masih banyak dampak negatifnya, dan yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, sangat penting menyediakan wajan penggorengan tanpa minyak di rumah Anda, agar kebiasaaan penggunaan minyak bisa Anda tekan dan memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan tanpa harus digoreng dengan minyak goreng.

Cara memilih wajan penggorengan tanpa minyak

Dari penjelasan di atas, tentu Anda akan mulai mencari wajan yang tepat untuk memulai hidup sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan membeli wajan penggorengam tanpa minyak.

  • Pilih yang anti lengket

Dengan fitur anti lengket, akan memudahkan Anda saat mengangkat atau mengambil makanan yang sudah digoreng. Fitur anti lengket juga merupakan salah satu ciri dari wajan penggorengan tanpa minyak.

Beberapa wajan melapisi produk anti lengket dengan lapisan teflon, sehinggamemasak lebih mudah dan tidak mudah lengket. Namun jika Anda yang ingin menghindari bahan teflon untuk memasak tanpa menggunakan minyak goreng, maka Anda bisa menggunakan wajan stainless steel berkualitas tinggi, besi cor berlapis enamel, atau juga bisa menggunakan panci titanium keramik.



  • Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Ukuran wajan penggorengan tanpa minyak bermacam-macam. Ada yang kecil dengan ukuran diameter 12 cm, ada pula wajan besar dengan ukuran 32 cm yang bisa Anda gunakan untuk memasak makanan dalam porsi yang besar.

Namun, untuk ukuran keluarga di rumah, sebaiknya Anda menggunakan ukuran wajan penggorengan tanpa minyak yang memiliki diameter 28 cm. Karena ukuran tersebut, cukup dan mampu menampung berbagai macam aneka makanan dalam berbagai ukuran.

  • Pilih gagang yang kuat dan ergonomis

Gagang merupakan unsur penting wajan penggorengan yang dapat membuat Anda lebih nyaman dan aman ketika memasak. Desain ergonomis yang pas ditangan serta antislip bisa Anda pilih untuk mendukung hal tersebut. Selain itu, pastikan terbuat dari bahan berkualitas yang bisa meredam atau menahan panas dengan baik.

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor yang Anda miliki

Yang terakhir yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli wajan penggorengan adalah, dengan menyesuaikan jenis kompor yang Anda miliki di rumah, seperti kompor gas atau kompor listrik.

Untuk Anda yang memiliki kompor induksi, tentu beberapa wajan dengan bahan tertentu tidak akan berfungsi. Karena kompor induksi, hanya bisa bekerja jika wajan mengandung magnet.

Cara merawat wajan penggorengan tanpa minyak

Ketika Anda sudah membeli wajan penggorengan tanpa minyak, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar wajan yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat wajan dengan baik:

  • Hindari wajan dari benturan yang keras seperti terjatuh, karena bisa merusak lapisan anti lengket, sehingga bisa membuat hasil masakan kurang sempurna.
  • Hindari memakai sikat besi saat menggosoknya, Anda bisa menggunakan spon atau kain lembut saat mencucinya.
  • Untuk kotoran yang sulit dan membandel. Anda bisa menggunakan perasan air lemon, baking soda yang telah direndam air. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan dengan air hangat yang telah dicampur sabun cuci.
  • Setelah Anda cuci, maka segeralah tiriskan dan lap hingga benar-benar kering. Sebab, air yang tersisa di sela-sela peralatan dapat menimbulkan karat.
  • Setelah digunakan, biarkan dingin. Kemudian isi wajan dengan air dan rendam selama 15 sampai 20 menit.
  • Sebaiknya Anda menggunakan sutil yang terbuat dari kayu, nilon, atau silikon saat memasak, agar wajan tidak mudah rusak atau tergores.
  • Simpan wajan dengan posisi digantung saat tidak digunakan, dan jangan ditumpuk begitu saja.

10 Wajan penggorengan tanpa minyak yang bagus dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang wajan penggorengan serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan tanpa minyak yang bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini:



10. Wok Moegen

wok_moegen

Harga : Rp 160.000

Terlindungi dari goresan dan tahan lama

Wok Moegen merupakan wajan penggorengan buatan Jerman yang memiliki kualitas terbaik. Terbuat dari bahan pilihan terbaik yang membuat wajan penggorengan ini lebih terjamin, aman, dan tahan lama.Dengan alat ini, Anda bisa lebih hemat waktu, karena panas yang dihasilkan lebih cepat dan merata.

Selain berfungsi sebagai wajan penggorengan, Anda bisa menggunakan wajan ini untuk mengolah berbagai jenis makanan, seperti dipanggang, direbus, dan dibakar. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

9. Yoshikawa EVL-CL-13-18

yoshikawa_evl_cl_13_18

Harga : Rp 75.900

Mendukung gaya hidup sehat Anda

Yoshikawa merupakan salah satu wajan kesehatan yang banyak diminati masyarakat. Khususnya bagi para ibu rumah tangga yang ingin selalu menjaga kesehatan keluarga dengan cara mengurangi penggunaan minyak goreng berlebih.

Wajan ini dilengkapi dengan fitur anti lengket yang bisa Anda gunakan untuk memasak telur atau makanan lainnya tanpa harus menggunakan minyak goreng. Selain itu, fitur anti goresnya bisa membuat wajan lebih awet dan tahan lama.

Bentuk wajan kotak dengan ukuran 13 x 18 cm. Dan, desain gagang ergonomis yang nyaman digenggam dan terbuat dari bahan tahan panas yang mudah dibersihkan. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.



8. Maspion Wonder Wok

maspion_wonder_wok

Harga : Rp 62.300

Memasak lebih aman dan nyaman

Wajan Maspion Wonder Wok ini memiliki 2 handle yang memudahkan Anda saat menggangkat masakan, memberikan rasa aman, dan nyaman tanpa khawatir terjatuh. Selain itu, handle terbuat dari bahan bakelite yang dapat melindungi tangan Anda dari panas yang berlebihan.

Wajan ini terbuat dari bahan alumunium yang dapat menghantarkan panas secara merata. Disamping itu material wajan ini dilengkapi lapisan non stick yang tahan terhadap goresan dan tahan lama.

Kelebihan lain yang dimiliki wajan ini adalah, mudah dibersihkan sehingga menghindarkan Anda dari risiko terkontaminasinya makanan atas zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

7. Ikea Kavalkad

ikea_kavalkad

Harga : Rp 149.000

Bobot ringan, anti lengket, dan anti gores

Wajan dari Ikea ini memiliki beberapa kelebihan dan cocok digunakan untuk Anda yang hobi memasak. Bobotnya ringan, meskipun terisi banyak dan penuh. Sehingga membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah dan nyaman.

Selain itu, wajan ini menggunakan bahan alumunium yang membuat wajan lebih cepat panas dan merata. Dan, yang penting adalah bisa digunakan untuk menggoreng makanan tanpa harus menggunakan minyak goreng, karena sudah dilapisi fitur anti lengket dan anti gores pada produknya. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.



6. Maxim Valentino

maxim_valentino

Harga : Rp 53.800

Serbaguna, kuat, dan tahan lama

Wajan penggorengan serbaguna yang dapat digunakan untuk memasak beberapa macam masakan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan dapur Anda. Karena memasak menjadi lebih mudah dan praktis.

Wajan merek Maxim ini menggunakan bahan anti lengket yang dapat membantu Anda mempersingkat waktu saat memasak. Selain itu, wajan ini efektif digunakan untuk menggoreng makanan tanpa harus menggunakan minyak goreng.

Gagang pada wajan ini kokoh dan nyaman saat digunakan, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi masakan akan terjatuh. Anda bisa membeli wajan ini di Blibli.

5. Maxim Venice

maxim_venice

Harga : Rp 152.500

Desain elegan dan cantik

Kelebihan utama wajan tipe Venice adalah desainnya yang cantik yang bisa membuat dapur Anda nampak lebih elegan dan keren. Selain itu, alat memasak ini mudah dibersihkan karena dilengkapi dengan fitur anti lengket dan anti gores.

Anda juga bisa menggunakan wajan ini untuk menggoreng aneka makanan tanpa harus menggunakan minyak goreng, sehingga membuat masakan Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam risiko penyakit.



Bagian gagang pada wajan ini menggunakan bahan bakelite yang tahan terhadap panas, sehingga membuat tangan Anda lebih aman saat Anda mengangkatnya. Anda bisa membeli wajan ini di Lazada.

4. Deepwok Pornito

deepwok_pornito

Harga : Rp 144.000

Tidak membuat masakan Anda menjadi gosong

Wajan dari Deepwok Pornito ini terbuat dari bahan yang berkualitas terbaik, sehingga lebih aman bagi kesehatan dan menghindarkan Anda dari risiko terkontaminasi dengan zat kimia.

Selain anti gores, wajan ini juga tidak akan membuat masakan Anda menjadi gosong karena kemampuannya bisa menahan suhu tinggi dengan sangat baik.

Disamping itu, wajan anti lengket ini cepat panas sehingga lebih hemat bahan bakar. Dan yang penting adalah wajan ini mudah dibersihkan. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

3. Oxone Frypan

oxone_frypan

Harga : Rp 175.000

Berkualitas dan aman untuk kesehatan

Wajan merek Oxone yang terbuat dari bahan berkualitas terbaik anti lengket ini dapat memudahkan Anda menggoreng berbagai aneka masakan, terutama untuk Anda yang tidak suka menggunakan minyak goreng.



Anda juga bisa menghemat waktu lebih baik saat menggunakan wajan ini, karena kemampuan panasnya lebih cepat dan merata. Sehingga membuat masakan Anda lebih lepat matang.

Selain itu, wajan ini dibekali dengan desain handleergonomis yang nyaman, dan dilengkapi dengan pengait yang memudahkan Anda saat menyimpannya. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

2. Happy Call Double Pan Jumbo

happy_call_double_pan_jumbo

Harga : Rp 145.000

Memudahkan Anda saat memasak dalam jumlah yang banyak

Bagi Anda yang menginginkan wajan serbaguna. Happy Call adalah salah satu wajan rekomendasi untuk Anda, karena mempunyai 2 sisi yang dapat digunakan untuk menggoreng dan memanggang.

Selain itu, wajan ini menggunakan sistem pengunci magnetik anti tumpah ketika masakan di bolak-balikkan. Sehingga membuat dapur Anda akan tetap terlihat lebih cantik, bersih, dan rapi. Anda dapat membeli wajan ini di Lazada.

1. Bolde Super Pan Wok

bolde_super_pan_wok

Harga : Rp 159.900

Ramah lingkungan dan anti lengket

Wajan ini menggunakan bahan granit dengan teknologi ramah lingkungan. Selain itu, wajan mudah dibersihkan dan anti lengket, sehingga dapat menghindarkan masakan dari risiko terkontaminasi zat kimia.



Kelebihan lainnya, dapat menjamin pemanasan merata keseluruh permukaan, serta dapat digunakan untuk memasak segala macam masakan, termasuk menggoreng makanan tanpa minyak. Anda bisa membeli wajan ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli wajan penggorengan tanpa minyak, pastikan Anda mengetahui beberapa hal, seperti memiliki anti lengket, ukuran, kualitas gagang, serta harganya.
  • Selain itu, pastikan Anda mengetahui cara perawatannya agar wajan yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Bolde Super Pan Wok, karena terbuat dari bahan berkualitas dan ramah lingkungan.
  • Namun, jika Anda ingin wajan penggorengan tanpa minyak dengan desain cantik yang bisa membuat dapur Anda terlihat lebih elegan, maka Anda bisa membeli Maxim Venice.
  • Sedangkan, untuk Anda ingin wajan penggorengan terbaik yang bisa mendukung gaya hidup sehat Anda, maka Anda bisa membeli Yoshikawa EVL-CL-13-18.

Referensi

  1. Darshana Thacker (2015), 3 Expert Tips on How to Cook Without Oil, https://www.forksoverknives.com/plant-based-cooking-how-to-cook-without-oil/#gs.we2o7b
  2. Stone Frying Pans (2020), How To Choose The Best Frying Pan, https://www.stonefryingpans.com/choose-the-best-frying-pan/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Wajan Penggorengan Tanpa Minyak yang Bagus dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »