Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 July 2020

10 Tripod HP Bagus untuk Travelling

By Cekresi .com
10-Tripod-HP-Bagus-untuk-Travelling


Bagi para traveller, mengabadikan momen berharga merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Kesempurnaan menghasilkan foto atau video yang menarik bisa memberikan sensasi tersendiri, bahkan dari hasil tersebut bisa digunakan sebagai sumber penghasilan.



Dalam mewujudkannya, tentu fasilitas fotografi semacam tripod sangat dibutuhkan. Dan, ketika akan membelinya, pastikan Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ukuran, jenis, desain serta harganya.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa tripod Hp bagus untuk travelling lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan tentang tripod dan cara merawatnya.

Mengenal tripod dan jenisnya

Tripod merupakan sebutan untuk perlengkapan fotografi dengan dudukan tiga kaki yang dirancang khusus untuk mempermudah pengambilan gambar. Dengan tripod alat fotografi akan tetap berada pada posisi yang passe hingga hasil yang didapatkan lebih memuaskan.

Secara umum, tripod sendiri terbagi menjadi dua macam yakni tripod handphone dan kamera. Dua macam tripod ini memiliki kesamaan fungsi, namun berbeda ukuran dan kekuatan. Tripod kamera lebih kuat karena digunakan untuk menopang kamera yang tentunya memiliki bobot lebih besar dari handphone.

Adapun berdasarkan jenisnya tripod smartphone terbagi menjadi tiga, yaitu :

Pertama, tripod tradisional. Tripod jenis ini banyak ditemukan di pasaran. Dilengkapi ciri khas adanya penjepit handphone dan tiga kaki penopang yang mudah dilipat. Jenis ini banyak dipilih lantaran lebih multifungsi dan mudah dalam penggunaan.

Kedua, tripod dengan kaki fleksibel. Sesuai dengan namanya,tripod ini memiliki kaki penopang yang mudah dilipat. Di Indonesia tripod ini sering disebut tripod gorilla. Dari segi bobot cenderung lebih ringan, sehingga mudah dibawa saat travelling

Ketiga, tripod meja atau table pods. Menjadi sasaran utama para vlogger dan selebgram. Tripod ini memiliki desain khusus dalam ukuran kecil,dan bahkan terkadang terlihat tanpa kaki, sehingga cocok digunakan untuk menemani travelling ke tempat dengan permukaan datar.



Oleh karena itu, ketika memilih tripod pertimbangkan terlebih dahulu untuk kegiatan apa saja tripod tersebut digunakan. Jika hanya digunakan untuk travelling, maka tripod kaki fleksibel dapat dijadikan pilihan terbaik.

Pastikan dilengkapi desain penjepit atau “holder” yang pas

Salah satu bagian penting dari sebuah tripod adalah bagian penjepit yang kerap disebut holder. Bagian ini bertugas menjaga handphone tetap berada pada posisi yang tepat ketika digunakan untuk memotret, sehingga hasil bidikan terlihat memuaskan.

Meski umumnya terlihat sama, namun sebenarnya tripod dilengkapi desain penjepit yang berbeda. Bahkan, beberapa produsen pembuat tripod hanya mendesain tripod yang dibuatnya dengan penjepit khusus untuk handphone tipe tertentu saja.

Karena itu, pastikan tripod yang Anda pilih dilengkapi dengan penjepit yang pas. Atau agar lebih aman, pilihlah desain penjepit yang cocok dikenakan untuk semua jenis handphone. Dengan begitu, handphone akan lebih terhindar dari resiko terjatuh.

Dan, beberapa desain penjepit atau holder yang kerap ditemukan di pasaran meliputi, desain universal bentuk U, desain bentuk L, dan desain kepala skrup ¼. Tentukan pilihan Anda sesuai jenis handphone yang akan Anda gunakan.

Pastikan dilengkapi desain kepala dan kaki yang mudah dalam penggunaan

Selain dilengkapi holder, tripod juga dilengkapi kepala dan kaki sebagai komponen utama untuk membuatnya lebih maksimal dalam penggunaan. Berikut kami akan berbagi tips memilih dua komponen tersebut.

Desain kepala tripod yang beredar di masyarakat umumnya terdiri atas tiga macam, yakni desain ball head, gear head, dan 3 way head. Dalam memilih desain ini, sebaiknya Anda memilih desain ball head karena mampu berganti posisi hingga 360o.



Sedangkan, untuk desain kaki umumnya juga terdiri atas dua macam, yakni quick release leg dan rubber twist leg. Dalam penggunaan, desain quick release leg lebih mudah sebab dengan hanya membuka klep, maka kaki tripod akan terbuka dan siap meluncur ke bawah.

Selain itu, ketika mempertimbangkan desain kaki pastikan juga kaki tripod tersebut dilengkapi pelapis dari bahan karet pada bagian bawahnya, agar tidak mudah terpeleset ketika digunakan.

Pertimbangkan faktor portabilitas

Karena digunakan untuk travelling, faktor portabilitas juga menjadi faktor yang wajib dijadikan pertimbangan ketika memilih tripod. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah membawanya ke berbagai spot.

Cara memilih tripod dengan mempertimbangkan faktor portabilitas dapat Anda lakukan dengan memilih tripod dengan bobot ringan. Karena hal ini umumnya dipengaruhi oleh bahan pembuatan tripod, maka upayakan untuk memilih bahan yang ringan.

Selain itu, pastikan juga tripod yang Anda pilih praktis dengan desain mudah dilipat, serta ukuran yang kecil agar mudah dalam penyimpanan. Dengan begitu, Anda lebih mudah menyimpannya bersama perlengkapan travelling yang lain.

Cara merawat tripod HP

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang tripod handphone, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara merawatnya. Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat tripod handphone agar lebih awet dan tidak mudah berkarat :

  • Usahakan Anda rajin membersihkan tripod setidaknya sebulan sekali.
  • Ketika selesai menggunakan tripod untuk kegiatan hiking atau travelling, maka pastikan langsung mencucinya.
  • Untuk mencegah tripod mudah macet, terutama pada bagian engselnya, maka Anda bisa memberi minyak pelumas pada bagian tersebut.
  • Upayakan untuk menyimpan tripod di dalam tas khusus tripod,agar lebih aman dan terhindar dari debu atau benturan yang bisa merusak tripod.

10 Tripod HP bagus untuk travelling

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang tripod handphone lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi tripod handphone bagus untuk travelling dari berbagai merek berikut ini:



10. Liger L 3110

liger_l_3110

Harga : Rp 52.000

Bobotnya ringan dan nyaman untuk travelling

Liger menawarkan kepada Anda tripod handphone dari bahan allumunium yang ringan. Dengan bobotnya yang ringan tersebut, tangan Anda akan tetap merasa nyaman meski harus membawanya berjam-jam selama perjalanan.

Selain itu, tripod ini juga dilengkapi kaki dengan pengunci tipe quick lever lock yang akan memudahkan Anda membuka kaki tripod. Dan, untuk bagian kepalanya dibuat dengan desain 3 way pan head yang membuatnya mampu diatur menjadi posisi vertikal atau horizontal.

Tripod ini memiliki tinggi maksimal 1020 mm, dan mampu dilipat menjadi ukuran 350 mm. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

9. Tripod Handphone Weifeng

tripod_handphone_weifeng

Harga : Rp 200.000

Dilengkapi pengunci kaki yang praktis dan mudah dilepas pasang

Resiko membungkuk kerap dirasakan para fotografer ketika membidik sebuah objek. Oleh karena itu, Weifeng hadir menjadi solusi dengan mendesain tripod dengan ketinggian maksimal 1400 mm.

Meski begitu, produk dari Weifeng ini juga didesain mudah dilipat untuk membuatnya mudah dibawa saat travelling. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi kaki 2 sekat dengan pengunci tipe quick lever lock yang membuat bagian kakinya mudah saat dilepas.

Terbuat dari bahan berkualitas yang ringan dan kokoh dengan kemampuan menahan beban kamera sebesar 3 kg. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.



8. Fotopro UFO 2

fotopro_ufo_2

Harga : Rp 175.000

Lebih praktis, unik, dan mudah dalam penggunaan

Tripod Fotopro ini tergolong tripod fleksibel yang praktis dan cocok dibawa travelling ke tempat dengan spot ekstrim. Dengan kakinya yang fleksibel Anda dapat mengubahnya dalam berbagai posisi atau melilitkannya ke sebuah pagar atau ranting pohon sekalipun.

Selain itu, meski terlihat mini tripod ini juga didesain mampu menopang beban hingga 3 kg. Dilengkapi kepala tipe ball head yang akan membuat Anda mampu membidik objek dari berbagai sudut.

Tidak hanya itu, tripod ini juga dilengkapi fitur bluetooth khusus untuk iPhone X 8 Plus, Samsung S9 dan fitur anti air yang membuat tripod tetap aman meski digunakan saat cuaca hujan. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

7. Tripod Hp Tacoo 3 in 1

tripod_tacoo_3_in_1

Harga : Rp 100.000

Desain portabel dan multifungsi

Produk tripod dari Tacoo ini dirancang khusus dengan desain 3 in 1 yang cocok untuk para traveller wanita. Bukan hanya dapat difungsikan sebagai tripod, namun juga monopod yang membuat foto selfi kamu terlihat lebih menakjubkan.

Dibuat dengan kapasitas panjang maksimal 740 mm yang mampu dilipat menjadi bentuk bulpen ukuran 210 mm. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam tas tanpa khawatir akan banyak memakan tempat.



Selain itu, tripod ini juga dilengkapi remote bluetooth yang dapat memudahkan Anda mengambil foto dari jarak maksimal 10 m. Tersedia dalam berbagai warna pilihan yang terlihat girly dan cocok untuk wanita. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

6. Takara 173 A

takara_173_a

Harga : Rp 87.000

Dilengkapi desain kepala yang dapat dilepas pasang serta diputar sesuai kebutuhan

Takara hadir sebagai solusi untuk Anda yang gemar mengambil gambar melalui handphone, kamera ataupun tablet. Terbuat dari bahan alloy yang kokoh dan mampu menampung beban handphone ataupun kamera hingga bobot 2,5 kg.

Meski begitu, bobot dari tripod ini cenderung ringan serta dibuat dengan desain mudah dilipat yang membuatnya lebih mudah saat dibawa travelling. Dilengkapi 3 section kaki dengan pengunci tipe unlock n pull yang mudah dalam penggunaan.

Tidak hanya itu, tripod ini juga dilengkapi desain kepala tipe quick release plate yang membuatnya mudah dilepas pasang dan dapat diputar sesuai kebutuhan. Dengan begitu hasil foto dan video Anda akan terlihat lebih smooth dan memuaskan. Anda bisa membeli tripod ini di shopee.

5. Tripod HP Yunteng

tripod_hp_yunteng

Harga : Rp 119.000

Lebih praktis, kokoh, dan tahan karat

Produk tripod dari Yunteng ini dibuat dengan beberapa kelebihan yang membuatnya mampu bersaing dengan produk tripod lainnya. Cocok digunakan untuk travelling berkat desainnya yang kokoh, praktis, dan portabel.



Terbuat dari bahan berkualitas dengan pelapis anti karat yang membuatnya lebih kuat dan tahan karat. Selain itu, produk ini juga didesain mudah dalam penggunaan yang terbukti dengan adanya fitur pengunci kaki tipe clip on lock.

Dilengkapi bluetooth shutteatible yang membuatnya mudah digunakan untuk memperbesar objek sertagrip dari bahan karet yang membuatnya lebih nyaman saat digenggam. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

4. Tripod HP Xiao Mi Mi Selfie

tripod_hp_xiaomi_mi_selfie

Harga : Rp 238.000

Cocok digunakan untuk membuat konten video blog

Tema travelling menjadi salah satu tema yang banyak dipilih para vlogger untuk membuat konten vlog menarik. Untuk itu, Xiao Mi hadir dengan menciptakan produk tripod jenis Xiaomi Mi selfie ini untuk teman para vlogger saat travelling.

Dibuat dengan desain multifungsi yang membuatnya dapat diubah menjadi monopod untuk mengambil foto/video dengan kamera depan smartphone yang semakin canggih. Selain itu, bagian kepala tripodnya pun didesain mampu diputar 360o untuk mempermudah pengambilan objek dari berbagai sudut.

Tidak hanya itu, tripod ini juga dilengkapi remote bluetooth untuk pengambilan gambar jarak jauh. Didesain mampu dilipat menjadi ukuran mini yang praktis dan mudah dibawa saat travelling. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

3. Tripod HP Sony

tripod_hp_sony

Harga : Rp 102.000

Dibuat dalam ukuran mini yang elegan



Tripod dari brand Sony ini hadir dengan beberapa fitur yang membuatnya mampu menghasilkan gambar/ video dengan kualitas premium. Dilengkapi rangka dari bahan ABS yang ringan dan mampu menjaga kestabilan ponsel saat digunakan membidik.

Dan sama dengan produk sebelumnya, produk ini juga dilengkapi kepala yang mampu diputar hingga 360 o. Namun, dari segi ukuran terbukti memiliki ukuran yang lebih mini hingga membuatnya mudah dimasukkan kantung.

Terlihat lebih elegan dan cocok untuk Anda yang hobi bleisure. Anda bisa membeli tripod ini di shopee.

2. Tripod HP Zomei

tripod_hp_zomei

Harga : Rp 275.000

Cocok untuk para traveller yang jago dibidang fotografi

Zomei masuk dalam daftar produk tripod yang banyak dicari para konsumen, dimana salah satu produknya yang didesain khusus untuk para traveller adalah Zomei Q111 ini. Dibuat dengan desain mudah dilipat, ringan, dan portabel untuk dibawa travelling.

Dan, yang utama produk ini dilengkapi fitur gravity hook yang membuatnya mampu menjaga kestabilan posisi saat cuaca berangin sekalipun. Selain itu, produk ini juga dilengkapi kepala tipe rotari 360 o untuk mendukung kemampuan pengambilan objek secara vertikal dan horizontal.

Terbuat dari bahan allumunium dan ABS yang kokoh dan mampu menahan beban hingga 2 kg. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi bantalan kaki dari bahan karet yang anti slip. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

1. Fotopro Xgo

fotopro_xgo

Harga : Rp 1.450.000

Lebih kompak, modis, dan portabel



Produk yang satu ini merupakan produk dari brand Fotopro yang sengaja dirancang khusus untuk Anda para traveller yang juga berprofesi sebagai fotografer andal. Dibuat dengan desain yang lebih modis, kokoh dan portabel tentunya.

Dilengkapi kemampuan pengambilan objek dari tiga sudut yakni tinggi, tengah, dan rendah sehingga kualitas hasil yang Anda dapatkan akan terlihat lebih sempurna. Selain itu, tripod ini juga memiliki kemampuan menahan beban sangat besar yakni 8 kg.

Memiliki kesamaan dengan produk sebelumnya dalam hal fitur gravity hook serta desain bantalan kaki yang anti slip namun berbeda dalam hal kemampuannya yang mampu diubah menjadi sebuah monopod yang keren. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika membeli tripod HP untuk travelling, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, jenis, desain serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar tripod yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih tripod HP Yunteng, karena tripod ini dibuat dengan desain portabel, bahan yang berkualitas, dan fitur yang keren.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih tripod Zomei, karena tripod ini memiliki kemampuan yang lebih mumpuni ,terutama dalam menjaga kestabilan posisi kamera.
  • Namun,untuk Anda yang menginginkan produk berkualitas dengan kemampuan maksimal serta mampu diubah menjadi sebuah monopod yang keren, Anda bisa memilih Tripod dari Fotopro Xgo.

Referensi

  1. Amahou, O (2019), How to Choose The Best Tripod for your Smartphone, https://proactivecreative.com/how-to-choose-the-best-smartphone-tripod/
  2. Carey, P.W, How to Care your Tripod and Make it Like New, https://digital-photography-school.com/how-clean-your-tripod-like-new/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Tripod HP Bagus untuk Travelling", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »