Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 July 2020

10 Timbangan Digital untuk Takaran Kopi yang Lebih Presisi

By Cekresi .com
10 Timbangan Digital untuk Takaran Kopi yang Lebih Presisi


Untuk menghasilkan takaran yang presisi, para coffee expert selalu mengandalkan timbangan digital atau scale. Timbangan menjadi tools wajib yang harus dimiliki oleh setiap barista atau pecandu kopi di dunia.



Timbangan atau scale diperlukan untuk menakar berbagai elemen penyeduhan, baik itu biji kopi, berat air dan brewing time atau waktu penyeduhan. Salah sedikit saja akan fatal akibatnya. Takaran yang tidak akurat membuat citarasa kopi yang diinginkan tidak muncul secara intensif.

Faktanya, tidak semua timbangan bisa digunakan untuk mengukur takaran yang tepat. Maka dari itu, Anda harus ekstra hati-hati saat memilih timbangan yang dikhususkan untuk meracik minuman berbahan kopi.

Perhatikan tingkat akurasi dari timbangan digital

Untuk menghasilkan citarasa maksimal dari seduhan kopi, akurasi menjadi hal wajib yang harus dimiliki timbangan digital. Apalagi jika Anda menyeduh kopi dengan metode manual brewing, setiap tetesan air yang digunakan untuk membasahi bubuk kopi pun harus diukur menggunakan timbangan.

Setidaknya, dengan tingkat akurasi yang tinggi, hasil seduhan kopi Anda mendekati sempurna. Timbangan yang tidak akurat akan membuat ritual menyeduh kopi menjadi sia-sia.

Pilih fitur yang memudahkan Anda untuk mendapatkan presisi

Untuk menghasilkan takaran yang presisi, beberapa timbangan digital bahkan dilengkapi dengan fitur yang disesuaikan untuk menyeduh kopi. Fitur ini antara lain timer, yang digunakan untuk mengetahui brewing time atau waktu penyeduhan.

Timer juga sangat penting digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan berdasarkan grind size atau gilingan biji kopi yang diseduh. Semakin lama waktu penyeduhan, maka seduhan akhir Anda akan terasa semakin kuat atau pahit.

Ada pula tare yang berfungsi untuk mengembalikan angka semula ketika selesai menyeduh. Tare digunakan untuk memastikan bahwa timbangan dalam posisi kosong atau tanpa beban sebelum menyeduh kopi.



Perhatikan batas maksimalnya

Timbangan kopi umumnya tidak bisa digunakan untuk menimbang benda dalam jumlah besar. Timbangan digital yang baik untuk menakar kopi biasanya hanya bisa digunakan menimbang maksimal 2 kilo gram.

Jika Anda menggunakan timbangan untuk menyeduh kopi dengan metode manual, Anda hanya perlu memantau jumlah gramasi atau mili liter yang tertera pada display timbangan. Timbangan digital juga memiliki batas pemakaian.

Karena berbahan baterai, Anda juga harus memperhatikan indikator yang menunjukkan kapan saatnya Anda harus mengganti baterai timbangan digital tersebut.

Perhatikan pilihan takaran timbangan digital yang akan Anda beli

Timbangan digital yang baik umumnya memiliki beberapa pilihan takaran. Terdapat tombol khusus untuk mengganti takaran tersebut, misalnya dari gram ke mili liter, atau gram ke kilo gram.

Jangan sampai salah memilih takaran untuk mendapatkan rasio yang terbaik. Gunakan mode gram untuk menimbang bubuk kopi, dan mode mili liter untuk menimbang air panas atau cairan yang digunakan untuk menyeduh kopi.

Perhatikan bahan atau material yang digunakan

Karena digunakan setiap hari, Anda juga harus memperhatikan bahan apa yang digunakan untuk membuat timbangan yang Anda gunakan. Sebagian besar timbangan digital dibuat dari material plastik, stainless steel atau kaca.

Agar lebih awet, Anda bisa memilih timbangan kopi yang dilapisi oleh karet khusus. Material karet pada timbangan berfungsi untuk melindungi elemen timbangan digital dari kemungkinan rusak saat terkena suhu panas.



Perhatikan harganya

Yang terakhir dan yang terpenting, Anda juga harus memperhatikan harga timbangan yang ingin Anda gunakan. Jangan kaget saat melihat harga timbangan digital untuk kopi. Umumnya, timbangan digital khusus kopi memang lebih mahal dari timbangan digital biasa.

Harga untuk satu buah timbangan kopi berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.Harga tersebut disesuaikan dengan fitur dan keandalan yang dimiliki pada timbangan tersebut.

Cara merawat timbangan digital agar lebih awet

Setelah mengetahui cara memilih timbangan digital untuk kopi, Anda juga harus memahami cara merawat timbangan digital agar lebih awet sebagai berikut:

  • Bersihkan secara rutin. Terutama setelah digunakan untuk menyeduh kopi. Sisa noda dan percikan kopi yang tersimpan dapat merusak material timbangan digital.
  • Cuci timbangan dengan air hangat. Bukan berarti merendam timbangan dalam air, Anda hanya perlu menggunakan lap yang dibasahi dengan air hangat untuk mencuci timbangan.
  • Sikat timbangan dengan sikat khusus. Biasanya, sela sela timbangan kerap menyisakan kotoran atau ampas kopi yang menempel. Jika dibiarkan lama, ampas kopi tersebut akan mengeras dan berjamur. Sikatlah setiap sudut timbangan dengan sikat yang lembut.
  • Matikan timbangan saat tidak digunakan. Walaupun timbangan digital bisa mati secara otomatis, agar lebih hemat baterai, Anda bisa menekan tombol off begitu selesai menggunakan timbangan.
  • Simpan timbangan di tempat yang kering. Pastikan timbangan Anda tidak tertindih benda berat saat disimpan. Anda bisa menyimpan timbangan yang sudah tidak digunakan dalam kotak khusus atau kardus pembungkus timbangan tersebut.

10 Timbangan digital untuk takaran kopi yang lebih presisi

Setelah Anda mengetahui beberapa hal terkait timbangan digital, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi timbangan digital dari berbagai merek berikut ini :

10. SF-400

sf_400

Harga : Rp 33.000

Murah dan cocok untuk pemula

Dengan budget yang tidak lebih dari Rp. 50 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan timbangan ini. Walaupun murah, timbangan ini cukup presisi untuk menakar biji kopi dan air. Selain itu, timbangan ini juga sudah dilengkapi oleh fitur tare dan pilihan berat gram, ons atau kilo gram.

Sayangnya, timbangan ini tidak memiliki fitur timer. Jadi Anda bisa menggunakan timer eksternal atau ponsel untuk menghitung waktu penyeduhan. Maka dari itu, timbangan ini cocok untuk para pemula yang baru memahami fungsi takaran untuk menyeduh kopi.Anda bisa membeli timbangan ini di Shopee.



9. Idealife Digital Scale

idealife_digital_scale

Harga : Rp 145.000

Dilengkapi LCD besar

Dengan kemampuan maksimal untuk menimbang beban 5 kilo gram, Idealife cukup efektif digunakan dalam jangka waktu yang lama. Fitur LCD yang besar juga memudahkan saat melihat ukuran yang diinginkan.

Timbangan ini biasanya digunakan untuk menimbang bahan makanan, namun fitur tare dan pilihan ukurannya cukup efektif digunakan untuk menakar biji kopi. Anda bisa membeli timbangan Idealife di Shopee.

8. Cyprus Digital Scale TK-0167K


Harga : Rp 156.400

Berbahan kaca dan compact

Jika Anda gemar menggunakan benda yang estetis, timbangan Cyprus seri TK-0167K ini bisa menjadi pilihan yang terbaik. Dengan permukaan yang terbuat dari kaca dan desain yang ramping membuat timbangan ini cukup menarik untuk digunakan di café atau kedai.

Tingkat akurasinya pun cukup baik dan sudah dilengkapi fungsi tare beserta pilihan ukuran. Maka dari itu, timbangan ini cukup efektif saat digunakan untuk menakar bubuk kopi. Anda bisa membeli timbangan digital ini di Shopee.

7. Taffware Digital Scale

taffware_digital_scale

Harga : Rp 131.000

Kecil dan enak dibawa kemana saja



Bagi Anda yang gemar melakukan ritual penyeduhan kopi di luar ruangan, Taffware Digital Scale agaknya bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan disain ramping dan berukuran kecil, timbangan digital ini mampu digunakan untuk menimbang beban mencapai 10 kilo gram.

Dilengkapi layar LCD berwarna biru dan fitur tare, timbangan ini cukup efektif digunakan untuk menakar biji dan bubuk kopi. Anda bisa membeli timbangan digital ini di Shopee.

6. Tanita KD-811

tanita_kd_811

Harga : Rp 310.000

Akurat dan mudah dibersihkan

Tanita cukup terkenal di kalangan penyeduh kopi profesional. Dengan tingkat akurasi mencapai 0,1 gram, Tanita KD-811 terbilang mumpuni untuk menghasilkan seduhan kopi yang maksimal. Dibuat dari bahan plastik food grade, Tanita KD-811 memiliki body ramping yang mudah dibersihkan.

Fungsi tare, pilihan ukuran dan timer nya juga sangat membantu para barista untuk menghasilkan takaran yang tepat pada setiap seduhan kopi. Anda bisa membeli timbangan digital ini di Shopee.

5. Tiamo Digital Scale

tiamo_digital_scale

Harga : Rp 2.750.000

Responsif dan mudah digunakan

Nama Tiamo mungkin terdengar tak asing di telinga para penikmat kopi. Dirancang khusus untuk memberikan takaran yang presisi, tingkat akurasi Tiamo Digital Scale mencapai 0.1 gram. Selain presisi, Tiamo juga didesain untuk mudah dioperasikan.



Hal ini terlihat dari tata letak tombolnya.Misalnya, tombol start/stop untuk menyalakan timer terletak di bagian kiri. Peletakan ini tentu memudahkan saat menyeduh kopi, di mana sebagian besar orang terbiasa menggenggam gagang gooseneck (teko leher angsa) menggunakan tangan kanan.

Tangan kiri yang idle bisa digunakan untuk menekan tombol start/stop saat takaran blooming telah dicapai. Kapasitas timbangan ini pun cukup besar dan disesuaikan dengan batas maksimal menimbang kopi, yaitu mencapai 3 kilo gram. Anda bisa membeli Tiamo Digital Scale di Shopee.

4. Tanita KD 320

tanita_kd_320

Harga : Rp 520.000

Portable dan berkapasitas besar

Satu lagi timbangan besutan Tanita yang wajib dicoba. Tanita KD 320 seakan dihadirkan untuk Anda yang memerlukan timbangan untuk menyeduh di mana saja dan kapan saja. Dengan desain yang ramping dan berukuran kecil, Tanita KD 320 bahkan muat dimasukkan ke saku celana.

Walaupun kecil, Tanita KD 320 rupanya memiliki kemampuan yang cukup efektif untuk keperluan komersial. Timbangan ini mampu menahan beban mencapai lima kilogram. Fitur lain yang bermanfaat, tentu fungsi konversi dari gram, kilo gram hingga ke pound. Disamping fitur tare yang menjadi wajib bagi semua timbangan kopi. Anda bisa membeli timbangan ini di Shopee.

3. Bonavita BV 2000 SCT

bonavita_bv_2000_sct

Harga : Rp 1.190.000

Mengerti kebutuhan barista

Produsen teko elektrik Bonavita rupanya memiliki produk timbangan digital.Timbangan dengan seri BV 2000 SCT ini dirancang khusus untuk mendampingi teko Bonavita dalam ritual penyeduhan kopi yang sakral.



Karena dirancang khusus untuk menakar kopi dan memudahkan proses menyeduh, timbangan ini tidak mengusung fitur auto shut down. Fitur ini umumnya dibenamkan pada timbangan digital untuk menghemat baterai, di mana saat didiamkan beberapa saat timbangan akan mati sendiri.

Nah, fitur ini terkadang membuat para barista kesal. Bagaimana tidak, saat menyeduh kopi, para barista memerlukan proses pre infusion yaitu proses untuk mengeluarkan cita rasa asli kopi yang ditandai dengan fenomena blooming.

Proses ini memerlukan waktu berhenti beberapa saat sesuai takaran yang diinginkan. Misalnya selama 30 sampai 40 detik untuk takaran 1:15. Bonavita agaknya memahami keluh kesah barista ini, sehingga meniadakan fitur mati otomatis pada timbangan digitalnya.

Selain itu, timbangan ini juga dibekali fitur standar seperti tare, konversi dan timer. Dibalut dengan bahan stainless steel, Bonavita BV 2000 SCT mampu menahan beban hingga 3 kilo gram.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Acaia Digital Scale

acaia_digital_scale

Harga : Rp 2.700.000

Timbangan digital tercanggih di dunia

Acaia menjadi satu-satunya timbangan digital di dunia yang bisa dioperasikan tanpa menyentuhnya. Timbangan buatan Takao Fujiki ini dilengkapi dengan aplikasi khusus yang bisa diunduh di IOS atau Android Play Store.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal menekan tombol power yang ada di sebelah kiri. Ada tiga mode yang bisa digunakan pada aplikasi ponsel pintar, yaitu mode timbangan, pengatur waktu dan gabungan antara timbangan dan pengatur waktu.



Anda hanya perlu menekan icon “Remote Access” pada aplikasi di ponsel untuk menampilkan fitur yang disajikan Acaia. Anda bahkan bisa mencatat metode seduh favorit dengan menekan icon “Create Note”. Namun, jika masih bingung menentukan metode seduh terbaik, Anda bisa melihatnya pada menu Brewing Print.

Di sana Anda akan menemukan 13 jenis alat seduh kopi yang biasa digunakan untuk meracik kopi. Anda bisa melihat panduan penyeduhan pada menu template. Menu ini menampilkan tata cara yang tepat yang menunjukkan kapan harus menuang air, berapa lama waktu penyeduhan, durasi blooming yang dilengkapi dengan grafis dan penanda berupa bunyi bel.

Dari segi desain, Acaia dibuat sangat ringkas dengan ukuran 15.5 cm, tinggi 2,5 cm dan bobot ekstra ringan 500 gram. Acaia dibekali baterai lithium yang bisa diisi ulang. Saat baterai hampir habis, Anda tinggal menyambungkannya adaptor yang tersedia ke sumber listrik. Anda bisa membeli Acaia Digital Scale di Shopee.

1. Hario Drip Scale VST-2000B

hario_drip_scale_vst_2000b

Harga : Rp 800.000

Dirancang untuk V60

Kepopuleran Hario sebagai produsen alat seduh kopi tidak diragukan lagi. Selain memproduksi alat seduh manual, Hario juga memiliki berbagai produk pendamping. Kali ini, di lini timbangan digital, produk Jepang ini menghadirkan Hario Drip Scale VST-2000B.

Timbangan ini dirancang khusus untuk menyeduh kopi dengan metode manual. Tentu lebih afdol jika menggunakan Hario V60 sebagai alat seduhnya. Untuk soal akurasi tidak perlu ditanya, timbangan ini memiliki skala 0.1 gram.

Kemampuan menakar yang konsisten ini tentu ditunjang oleh berbagai fitur standar. Seperti timbangan kopi pada umumnya, Hario Drip Scale VST-2000B memiliki fitur timer, konversi dan tare. Anda bisa membeli Hario Drip Scale VST-2000B di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli timbangan digital untuk menakar kopi, sebaiknya Anda memperhatikan fungsi, fitur, tingkat akurasi dan harganya.
  • Selain itu, Anda harus mengetahui cara perawatan yang benar agar timbangan digital Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Taffware Digital Scale untuk memulai belajar menentukan takaran kopi yang tepat.
  • Sedangkan, bagi Anda yang ingin menginginkan timbangan digital berkualitas yang mudah digunakan, Anda bisa memilih Tiamo Digital Scale, Bonavita BV 2000 SCT dan Hario Drip Scale VST-2000B
  • Namun, untuk Anda yang meginginkan hasil seduh maksimal dengan tingkat akurasi dan berbagai fitur canggih, Anda bisa memilih Acaia Digital Scale.

Referensi

  1. Roasty Coffee (2020), Best Coffee Scale: Weighing The Option, https://www.roastycoffee.com/coffee-scale/
  2. Prima Coffee (2020), A Comparison Of Brewing Scales, https://prima-coffee.com/learn/article/comparisons/a-comparison-brewing-scales/33018



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Timbangan Digital untuk Takaran Kopi yang Lebih Presisi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »