Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 January 2020

10 Termos Makanan Terbaik yang Menjaga Kelezatan Bekal Makanan Anda

By Cekresi .com


Di era modern, termos makanan ini sangat diminati oleh masyarakat, terutama warga perkotaan. Karena selain praktis, inovasi dan teknologi termos makanan telah berkembang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan masyarakat.



Secara umum, termos makanan berfungsi untuk menjaga agar makanan dan minuman tetap terjaga, baik panas atau dingin. Anda bisa menggunakan termos ini untuk ke kantor, wadah bekal anak ke sekolah, atau pun traveling.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa termos makanan terbaik yang menjaga kelezatan bekal makanan Anda berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam tentang termos makanan dan perawatannya.

Mengenal jenis-jenis termos di pasaran

Biasanya orang menggunakan termos untuk kebutuhan menyimpan air agar suhunya tetap dingin atau panas. Namun dalam perkembangannya, termos dimodifikasi agar bisa menyimpan berbagai jenis makanan dengan kemampuan penyimpanannya yang mirip dengan termos air.

Kata termos sendiri berasal dari merek dagang yang didirikan di Jerman tahun 1904, yakni “Thermos”. Kemudian pada tahun 1989, perusahaan asal Jepang mengakuisisinya. Hingga kini, kata “termos” dipakai oleh masyarakat Indonesia, sedangkan di luar menggunakan kata “vacum flask” atau tabung hampa udara.

Ada berbagai macam jenis termos berdasarkan fungsinya. Pertama, termos air panas. Termos jenis ini biasanya terbuat dari jenis kaca hampa udara yang efektif menjaga suhu di dalamnya agar tetap panas.

Kedua, termos air dingin. Sesuai dengan namanya, termos ini berfungsi isi dalam wadah tetap dingin. Biasanya jenis termos ini digunakan untuk menyimpan es atau air dingin, selain itu termos ini dipakai untuk menyimpan alat atau bahan medis yang membutuhkan suhu rendah agar terhindar dari zat-zat yang bisa merusak atau merugikan.

Ketiga, termos makanan. Bagian dalam termos ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel, dan bagian luarnya terbuat dari bahan plastik, tapi ada juga bagian luarnya yang terbuat dari bahan stainless steel.



Termos makanan banyak dipilih masyarakat karena lebih praktis dan bisa menyimpan banyak makanan, seperti nasi dan lauk pauknya. Selain itu, juga dilengkapi dengan sendok lipat, dan beragam desain yang modern serta elegan.

Perhatikan ukuran termos makanan

Penting untuk memperhatikan ukuran termos makanan yang akan Anda beli, karena ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan bisa memberikan kenyamanan maksimal saat Anda membawanya.

Ada tiga ukuran yang lazim digunakan untuk termos makanan ini. Pertama, ukuran kecil dengan kapasiatas antara 0,2 liter sampai dengan 1 liter. Ukuran ini sangat cocok digunakan untuk bekal anak Anda ke sekolah. Selain lebih praktis, ukuran termos kecil tidak banyak memakan ruang dalam tas dan ringan saat membawanya.

Kedua, ukuran sedang. Ukuran ini berkisar antara 2 liter sampai dengan 6 liter. Ukuran termos sedang ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang suka bepergian atau traveling. Selain itu, termos ini juga cocok digunakan untuk membawa bekal ke kantor, karena desainnya yang terlihat mewah dan elegan.

Ketiga, ukuran besar. Untuk ukuran ini lebih cocok digunakan saat acara-acara besar, seperti pesta, hajatan, dan rapat di kantor. Biasanya termos ini berukuran lebih dari 6 liter dan ketika membawanya butuh tenaga ekstra.

Perhatikan kualitas bahan dan penutupnya

Faktor penting lainnya saat memilih termos makanan adalah mengetahui kualitas bahannya. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan merek, karena termos merek terkenal biasanya memiliki daya tahan yang lebih kuat dan telah memenuhi unsur food grade yang aman bagi kesehatan. Meskipun begitu, tentu saja harganya lebih mahal dari merek yang biasa.

Namun, pada dasarnya bahan yang digunakan termos makanan terbuat dari stainless steel dengan dinding rangkap, artinya dipisahkan oleh ruang hampa atau vakum. Sehingga suhu makanan akan tetap terjaga.Selain itu, pastikan penutup yang melekat pada termos bisa menutup secara rapat.



Cara merawat termos makanan agar lebih awet

Ketika Anda sudah membeli termos makanan untuk motor Anda, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar termos Anda lebih awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat termos kesayangan Anda, seperti :

  • Bersihkan termos setelah digunakan. Untuk bagian luar Anda bisa memakai spon yang telah diberi sabun anti bakteri atau jamur. Sedangkan untuk bagian dalam, pastikan bekas makanan yang menempel bersih kembali, dan kemudian gunakan air hangat yang dicampur cairan sabun cuci piring untuk menghilangkan baunya.
  • Hindari menggunakan microwave saat memanaskan termos makanan.
  • Untuk menghilangkan bau yang membandel, Anda bisa menggunakan cuka yang telah dilarutkan dalam air ke dalam termos makanan. Kemudian, tunggu beberapa menit, dan bilas kembali dengan air bersih.
  • Baca dan pelajari kembali panduan atau intruksi yang tertera dalam produk termos yang Anda beli, karena beberapa termos membutuhkan perlakuan khusus dalam merawat atau membersihkannya.

10 Termos makanan terbaik yang menjaga kelezatan bekal makanan Anda

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang termos makanan,maka perkenankan kami memberikan rekomendasi termos makanan terbaik yang menjaga kelezatan bekal makanan Anda dari berbagai merek berikut ini:

10. Thermos JBM-500 BK

thermos_jbm_500_bk

Harga : Rp 346.500

Lebih elegan dan cocok digunakan sebagai wadah untuk bekal makan siang

Pengalaman Thermos dalam memproduksi wadah penyimpanan makanan, tentu telah membuat banyak kalangan memilih brand ini sebagai salah satu wadah utama untuk melengkapi kebutuhan dapur di rumah mereka, terutama saat digunakan untuk perbekalan.

Termos makanan dari brand Thermos ini terbuat dari baja tahan karat dan Polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat, dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Keunggulan lain dari produk ini adalah bentuk dan warna termos lebih elegan, bisa menjaga makanan agar tetap panas atau dingin hingga 6 jam sehingga sangat cocok dipakai untuk ke kantor, atau pun juga bisa dipakai sebagai wadah untuk bekal makan siang anak Anda ke sekolah. Anda bisa membeli termos ini di Shopee.

9. Termos IKEA Efterfragad

termos_ikea_efterfragad

Harga : Rp 185.000

Desain simpel dan mudah dibawa kemana-mana



Termos ini memiliki kapasitas 0,5 liter. Untuk Anda penggemar sop buah, pastikan termos ini Anda miliki. Selain itu, termos ini juga cocok digunakan untuk menyimpan makanan berkuah, seperti soto, bakso, dan lain sebagainya.

Badan dan bagian bawah termos ini terbuat dari bahan baja tahan karat, kuat, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan pada bagian penutupnya terbuat dari bahan plastik polipropilena dengan karet silikon yang dapat menutup termos secara sempurna.

Termos IKEA ini bisa menjaga makanan atau minuman tetap panas atau dingin hingga 6 jam. Anda bisa membeli termos ini di Shopee.

8. Shuma SHFJ0580

shuma_shfj0580

Harga : Rp 135.000

Harga terjangkau dan cocok digunakan untuk traveling

Shuma menawarkan produk termosnya dengan desain yang lebih praktis, stylish, dan dilengkapi dengan fitur tambahan yang semakin membuat penggunanya terasa lebih nyaman, seperti adanya sendok lipat yang bisa ditaruh di dalam wadah, pegangan dan tas yang memudahkan saat di bawa traveling.

Termos ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan bebas dari bahan kimia dari plastik atau BPA free sehingga aman bagi kesehatan Anda. Anda bisa membeli termos ini di Lazada.

7. Zojirushi SL-XE20

7_zojirushi_sl_xe20

Harga : Rp 135.000

Berkualitas tinggi, desain 3 wadah, dan sesuai standar kesehatan di Jepang

Bagi Anda yang menginginkan kesempurnaan, Zojirushi SL-XE20 bisa menjadi termos pilihan terbaik untuk kebutuhan keluarga Anda. Karena termos ini memiliki 3 wadah yang bisa digunakan untuk menyimpan nasi, lauk dan sup.



Produk ini juga dilengkapi dengan sumpit beserta penguncinya sehingga terlihat lebih praktis dan modern bergaya ala Jepang. Selain itu, termos ini aman dari zat-zat yang bisa merugikan saat dipakai, karena kualitas bahan yang digunakan food grade dan bebas BPA.

Bahan termos ini terbuat dari stainless steel dengan bagian luarnya yang dilapisi anti lengket, sehingga mudah untuk dibersihkan. Anda bisa membelitermos ini di Shopee.

6. Zojirushi SL-NC09-ST

zojirushi_sl_nc09_st

Harga : Rp 581.200

Lebih praktis, ringan, dan cocok digunakan untuk membawa bekal ke sekolah

Untuk Anda yang menginginkan produk termos dari Zojirushi dengan harga terjangkau, tipe SL-NC09-ST bisa menjadi pilihan terbaik. Meskipun lebih murah, tapi fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan ukuran yang lebih kecil dari tipe SL-XE20.

Termos ini memiliki 3 wadah dengan ukuran kapasitas bagian atas sendiri 330 ml, tengah 310 ml, bawah sendiri 200 ml. Karena itu, termos makanan ini cocok digunakan untuk membawa bekal anak Anda berangkat ke sekolah, atau juga bisa Anda pakai ke kantor sebab beratnya lebih ringan dan bisa dimasukkan ke dalam tas. Anda bisa membeli termos ini di Shopee.

5. Akebonno LA-1600-1

akebonno_la_1600_1

Harga : Rp 199.200

Fitur lengkap harga terjangkau

Termos Akebonno ini memiliki wadah yang bisa menampung makanan Anda agar suhunya tetap terjaga. Produk ini terbuat dari bahan Stainless steel dengan desain yang menarik, terdapat sumpit yang bisa disisipkan dalam pungggung tabung termos.



Selain itu, termos ini juga dilengkapi dengan tas punggung cantik yang memudahkan Anda saat membawanya, sehingga lebih praktis. Harga dari termos ini cukup terjangkau dan ringan di kantong. Anda bisa mendapatkan termos ini di Shopee.

4. Zojirushi SW-EAE35CC 350ml

zojirushi_sw_eae_350ml

Harga : Rp 535.000

Tahan hingga 12 jam dan cocok untuk para penggemar sop

Untuk makanan jenis sop, Anda bisa memilih Zojirushi SW-EAE35 karena kemampuan yang dimiliki termos ini bisa menjaga makanan atau minuman Anda hingga 12 jam. Kapasitasnya pun cukup besar, yakni 350 ml dan cocok digunakan untuk makanan, seperti sop.

Badan termos ini terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan kuat, serta warna cream yang akan membuat tampilan termos Anda lebih berbeda dan unik. Anda bisa membeli termos ini di Blibli.

3. Thermos JBC-801-CP

thermos_jbc_801_cp

Harga : Rp 582.120

Warna pink cocok digunakan untuk anak perempuan Anda

Termos ini sudah menggunakan teknologi dan inovasi terbaru vakum terbaru, sehingga cocok dengan gaya masa kini. Produk ini berwarna pink yang ceria dan cocok digunakan untuk anak perempuan Anda.

Merek Thermos tipe JBC-801-CP dilengkapi dengan tiga wadah yang efektif untuk membawa nasi, lauk, dan sop secara terpisah di dalam termos. Kemampuan termos ini bisa menjaga suhu di dalamnya hingga 61C, dan bisa bertahan sampai 6 jam. Anda bisa membeli termos ini di Lazada.



2. Crown Lunch Jar 600ml

crown_lunch_jar_600ml

Harga : Rp 140.000

Desain lebih elegan dengan harga yang terjangkau

Termos merek Crown ini memiliki bentuk yang mudah di bawa serta kemampuan menyimpan makanan agar tetap panas atau dingin lebih lama, yakni sampai 12 jam. Bahan produk ini terbuat dari stainless steel yang kuat dan anti karat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, bahan yang digunakan aman dan BPA free serta food grade yang pastinya aman untuk makanan atau minuman Anda, tanpa khawatir kontaminasi zat-zat yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Kapasitas dari produk ini 600 ml, dengan desain termos tanpa partisi atau pembatas yang lebih praktis, dan cocok untuk menyimpan makanan seperti sop. Anda bisa membeli termos ini di Lazada.

1. Gig Lunch Box

gig_lunch_box

Harga : Rp 412.000

Dilengkapi dengan tas bahu yang nyaman dan mudah saat membawanya

Termos Gig telah di desain sesuai dengan kebutuhan orang modern saat ini. Terdapat 3 wadah yang berfungsi untuk menyimpan nasi, lauk, dan kuah. Selain itu, tambahan tas bahu pada produk ini akan semakin membuat pemakainya lebih nyaman.

Bagian dasar dan punggung termos ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan anti karat. Sedangkan bagian atasnya terbuat dari plastik polypropylene dengan model penutup rapat sehingga suhu di dalamnya tetap terjaga dengan baik.



Selain itu, termos berkapasitas 1500 ml ini dilengkapi dengan lunch box yang berisi sumpit dan case. Anda bisa membeli termos ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli termos makanan, pastikan Anda memperhatikan bahan pembuatnya, teknologi vakum atau ruang hampa , kapasitas, serta jumlah wadah yang terdapat dalam termos.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya agar termos Anda lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih Zojirushi SL-XE20, karena termos ini memiliki 3 wadah dengan kualitas produknya yang sangat baik, dan sesuai standar kesehatan di Jepang.
  • Namun jika Anda ingin termos makanan dengan desain elegan tanpa praktisi atau pembatas, dan harganya lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih Crown Lunch Jar 600ml.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan termos makanan dari brand yang sudah berpengalaman dan terbukti kualitasnya, maka Anda bisa memilih produk dari brand Thermos.

Referensi

  1. Thermos(2019), Care and Use: Stainless Steel Vacuum Flask,https://www.thermos.co.uk/UK_careuse_stainless_steel_vacuum_flask.aspx
  2. Iris Barcelona(2018),How to Take Care of Your Vacuum Flask,https://irisbarcelona.com/how-to-take-care-of-your-vacuum-flask/?lang=en



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Termos Makanan Terbaik yang Menjaga Kelezatan Bekal Makanan Anda", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »