Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 August 2021

10 Terminal Listrik Terbaik dengan Daya Hantar Optimal

By Cekresi .com
10 Terminal Listrik Terbaik dengan Daya Hantar Optimal


Kini Anda tidak perlu repot-repot merakit terminal listrik sendiri. Karena di pasaran sudah banyak yang menyediakan terminal listrik dengan daya hantar optimal. Selain itu, pilihan socket-nya juga banyak. Namun pastikan saat membelinya, Anda memilih terminal listrik terbaik yang terjamin kualitasnya.



Untuk memudahkan Anda memilih, maka kami sajikan terminal listrik terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, kami akan berbagi informasi terkait terminal listrik dan juga cara memilihnya.

Mengenal terminal listrik dan fungsinya

Terminal listrik adalah suatu alat berupa kabel panjang dengan beberapa socket yang memiliki dua fungsi. Pertama, menyambung dan menghantarkan daya dari stopkontak yang ada di dinding.

Kedua, menambah jumlah Stopkontak. Terminal listrik dapat diisi dengan socket menggunakan rangkaian paralel. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan stopkontak tambahan, sehingga setiap peralatan elektronik mendapatkan sumber daya yang dibutuhkannya.

Ada juga jenis terminal listrik T, yang merupakan tipe direct attachment. Fungsinya hanya untuk menambah jumlah stopkontak. Cara pemasangannya adalah dengan mencolokkannya langsung pada socket yang ada di dinding.

Perhatikan ukuran panjang dan diameter kawat

Semakin tebal kawat yang digunakan (diameternya besar), arus yang dapat mengalirinya pun lebih tinggi. Sebaliknya, kabel terminal yang lebih panjang akan meningkatkan hambatan listrik, sehingga terjadi penurunan tegangan.

Untuk itu, agar daya hantar terminal listrik tersebut dapat optimal, pastikan ketebalan kawat sebanding dengan panjangnya. Semakin panjang kawat, idealnya harus menggunakan yang lebih tebal.

Perhatikan bahaya yang mungkin terjadi pada terminal listrik

Saat arus listrik mengalir di sepanjang kabel terminal, energi panas dapat tercipta. Apabila arus listrik yang mengalirinya tersebut terlalu banyak, panas yang dihasilkan dapat membuat isolasi kabel tersebut menjadi meleleh.



Saat plastik pembungkus kabel meleleh, akan terjadi korsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran. Jadi, pastikan agar arus listrik yang mengaliri kabel ekstensi tersebut tidak melebihi batas maksimal beban yang dapat ditanggung.

Waspadai percikan api

Stop kontak mengandung arus listrik tegangan tinggi yang dapat mengakibatkan percikan api. Apabila terjadi, hal ini bisa membahayakan keselamatan pengguna. Listrik akan menyengat dan mengakibatkan pengguna cidera akibat kesetrum.

Anda perlu selalu mengingat bahwa saat akan berhubungan dengan perangkat listrik, harus memastikan terlebih dahulu kondisi tangan. Apabila tangan masih basah atau lembab, keringkan dengan baik terlebih dahulu.

Begitu juga kondisi steker pada perangkat listrik. Perhatikan dengan baik sebelum mencolokkannya pada stopkontak. Hindari mencolokkan steker yang lembab atau terkena cipratan air, karena ini dapat mengakibatkan sengatan listrik.

Ganti terminal listrik yang sudah tua

Terminal yang sudah lama digunakan bisa saja mengalami aus. Akhirnya, perangkat tersebut menjadi longgar. Stopkontak yang longgar akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hubungan arus pendek yang berakibat fatal.

Oleh sebab itu, pastikan segera mengganti dengan terminal listrik terbaik yang baru dan sesuai. Dengan demikian, Anda sekeluarga dapat terhindar dari risiko korsleting dan kebakaran yang diakibatkan olehnya.

Ganti kabel yang terkelupas

Pada kondisi tertentu, plastik pembungkus kabel bisa saja retak, patah, atau terkelupas. Penyebabnya bisa karena kabel tertindih benda berat, terlipat, atau digigit tikus. Apabila Anda menemukan kabel yang terbuka, pastikan segera menggantinya.



Jangan hanya melapisinya dengan isolasi kabel saja, sebab itu tidaklah cukup. Paling tepat adalah mengganti kabel terminal tersebut dengan yang baru.

Hindari memperbaiki perangkat elektronik dan terminal listrik sendiri

Perangkat listrik, termasuk kabel terminal, dapat mengalami kendala. Misalnya timbul percikan, aroma karet terbakar, atau masalah lainnya. Apabila hal ini terjadi, pastikan agar menahan diri untuk tidak memperbaikinya sendiri, kecuali jika Anda memang teknisi.

Perbaikan yang kurang tepat dan asal-asalan, dapat meningkatkan risiko korsleting yang membuat pengguna kesetrum atau terjadi kebakaran. Perangkat yang diperbaiki sekadarnya bisa saja berfungsi kembali, tetapi kurang optimal, sehingga bahaya lebih besar mengintai.

Oleh sebab itu, pastikan memaggil teknisi berpengalaman untuk mengatasi perangkat atau jaringan listrik yang mengalami kendala.

Cabut steker perangkat yang tidak digunakan

Selain menghemat listrik, kebiasaan baik mencabut steker perangkat yang tidak Anda gunakan lagi dapat mengurangi beban pada alat terminal. Apabila tidak mencabut colokan listrik selesai menggunakannya, masih ada arus listrik yang melewatinya.

Hal ini terutama terjadi pada peralatan yang dalam mode standby, seperti televisi. Charger ponsel juga masih tetap mengonsumsi listrik meskipun Anda sudah mencabut ponselnya. Selain boros, hal ini dapat membebani terminal listrik Anda.

Lindungi keselamatan anak-anak

Kabel yang dialiri listrik sangat berbahaya bagi anak-anak. Pengetahuan mereka yang masih kurang, membuatnya tidak waspada. Selain itu, anak usia dini cenderung memiliki keinginan memasukkan jari ataupun benda yang dipegangnya ke dalam lubang socket.

Oleh sebab itu, pastikan melakukan pengamanan maksimal terhadap jaringan listrik di rumah, termasuk kabel terminal tersebut. Saat sudah tidak digunakan, cabut dan simpan terminal listrik yang tergeletak di lantai.



Pasang terminal listrik dinding jauh dari jangkauan anak. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan terminal yang memiliki tombol on off. Selain dapat menghemat listrik, tentunya aman saat dalam posisi tidak digunakan.

Pastikan selalu mencabut kabel charger yang selesai digunakan. Dikhawatirkan, anak usia dini tertarik memasukkan ujungnnya ke dalam mulut. Selain itu, ingatkan anak-anak untuk tidak mendekati perangkat listrik apa pun saat mereka baru selesai mandi.

Jangan meletakkan minuman dekat dengan perangkat elektronik dan terminal listrik. Cipratan air dapat menyebabkan korsleting listrik yang membahayakan seisi rumah. Pastikan memilih terminal listrik terbaik yang memiliki daya hantar optimal, tetapi juga aman dan berkualitas.

10 Rekomendasi terminal listrik terbaik

Setelah mengetahui jenis dan penggunaanya secara aman, Anda bisa mengecek beberapa rekomendasi terminal listrik dengan kualitas baik dan terpercaya ini.

10. Terminal Listrik Loyal Yunior LY-212SK

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-10

Harga : Rp 19.000

Empat lubang socket dengan warna-warni kece

Stopkontak ekstensi ini masuk dalam rekomendasi terminal listrik terbaik karena kualitasnya. Terbukti dengan adanya sertifikat ISO. Terminal listrik 4 lubang socket untuk colokan berkaki dua ini hadir lengkap dengan kabel sepanjang 1,5 M.

Untuk menghemat penggunaan daya listrik saat tidak digunakan, Anda bisa mematikan arus listrik dengan memencet tombol on off yang ada pada terminal ini. Anda bisa mendapatkan terminal dengan warna –warni kece pada socket-nya ini di Shopee.



9. Ecle Original Power Strip

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-9

Harga : Rp 90.000

Minimalis, cocok untuk traveling ke luar negeri

Terminal listrik yang selanjutnya memang hanya memiliki dua socket saja. Namun, keunggulannya adalah kedua socket tersebut cocok untuk berbagai bentuk steker. Selain itu, terminal ini juga lengkap dengan adanya USB port untuk mengisi daya ponsel.

Fitur cerdas yang ada pada Usb port ini memungkinkan alat mendeteksi output voltase sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat. Dengan demikian, saat travelling ke luar negeri, tidak perlu susah karena bentuk steker yang berbeda. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membawa charger juga.

Belum lagi desain bodi antislip yang membuat kedudukannya mantap dan tidak mudah tergelincir. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee.

8. Kabel Roll Loyal Original LY-109

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-8

Harga : Rp 100.000

Mudah menyesuaikan panjang kabel

Kabel gulung memang sangat bermanfaat untuk aktivitas luar rumah yang membutuhkan listrik, tetapi jauh dari socket utama. Keunggulan terminal berbentuk kabel roll ini adalah Anda dapat dengan mudah menyesuaikan panjang kabelnya hingga 6 meter.

Terminal listrik 1 lubang socket tiga kaki dan tiga stopkontak dua kaki ini, mudah merapikannya. Anda hanya perlu menggulung masuk kabelnya ke bagian dalam bodi. Dengan demikian, penyimpanannya pun lebih rapi dan mudah dibawa ke mana saja. Produk ini bisa Anda beli di Shopee.

7. Terminal Listrik Xiaomi Mi Smart

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-7



Harga : Rp 125.000

Lengkap dengan fitur fast charging

Terminal listrik tiga lubang socket dan tiga USB port ini dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas. Keunggulannya ada pada fitur fast charging yang lengkap dengan Smart Chip. Fungsinya untuk mendeteksi dan mengatur listrik yang disalurkan secara otomatis.

Dengan demikian, tidak perlu khawatir ponsel menjadi rusak, karena pengisian daya sudah sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat. Pengisian daya yang cepat juga membuat waktu Anda lebih efisien.

Keunggulan lainnya adalah ketahanannya terhadap suhu panas akibat kebakaran hingga 75000c. dengan demikian, produk ini minim risiko percikan api dan korsleting listrik. Anda bisa mendapatkannya di Shopee.

6. Vetto MS 4 Multi Socket Outlet

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-6

Harga : Rp 76.900

Tahan api, lengkap dengan pengaman untuk anak

Power strip yang satu ini tergolong dalam terminal listrik kuningan yang cukup aman. Selain itu, bodi penutupnya terbuat dari material tahan api. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur pengamanan untuk anak, yaitu lubang terminal otomatis menutup saat tidak digunakan.

Bagian belakang bodi juga sudah lengkap dengan adanya lubang untuk pemasangan pada dinding. Vetto MS 4 ini mempunyai tiga lubang stopkontak dua kaki dan satu socket universal.

Untuk menjamin kualitasnya, kabel produk ini juga sudah berstandar SNI. Keuunggulan lainnya adalah, masing-masing lubang stopkontak memiliki tombol on off, sehingga lebih aman dan hemat daya. Tertarik membelinya, dapatkan di Shopee.



5. Brennenstuhl Super Solid SL554 DE

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-5

Harga : Rp 352.800

Lengkap dengan segel pada masing-masing lubang socket

Terminal dengan lima lubang stopkontak ini memiliki jarak yang ideal, sehingga beragam bentuk steker tidak menjadi berdesakan. Kabel ekstensi yang cocok untuk outdor ini cukup aman karena setiap lubang socket dilengkapi dengan segel anti debu dan percikan air.

Panjang kabelnya juga cukup memadai, yaitu sepanjang 2 m. Produk ini cukup aman, karena segelnya membuat anak kecil tidak bisa mengutak-atiknya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee.

4. Kenmaster F1-66

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-4

Harga : Rp 119.000

Memiliki overheat protection

Produk terminal listrik terbaik dari Kenmaster ini tidak hanya memiliki on off switch utama untuk memutuskan daya ke semua socket. Namun, masing-masing socket juga memiliki tombol power-nya sendiri.

Dengan demikian, saat Anda hanya menggunakan satu atau dua stopkontak saja, dapat mematikan arus listrik pada socket lainnya. Keamanannya juga cukup terjaga dan berstandar SNI.

Fitur lain yang juga penting adalah, overheat protection yang membuat perangkat tersebut secara otomatis memutuskan aliran listrik saat terjadi kelebihan beban. Jadi, risiko korsleting pun dapat diminimalisir. Anda bisa membelinya di Shopee.



3. LDNIO Power Strip

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-3

Harga : Rp 135.000

Socket universal dengan tambahan USB port

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, terminal listrik yang satu ini bisa menjadi andalan. Stopkontaknya cocok untuk model steker banyak negara. Selain itu, perangkat ini memiliki USB port yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pengisian daya ponsel.

Produk ini terbuat dari bahan berkualitas dengan fitur tahan benturan, sehingga tidak mudah rusak saat jatuh. Selain itu juga tahan api dari korsleting. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi Shopee.

2. Vertical Smart Socket

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-2

Harga : Rp 220.000

Teman nongkrong sambil mabar

Ini merupakan produk yang mengerti kebutuhan anak remaja dengan aktivitas sosialnya, sering berkumpul bersama teman sambil mabar. Masing-masing anak pasti menggunakan gadget-nya, dan kadang perlu melakukan pengisian daya secara bersamaan.

Produk ini memiliki daya hantar cukup tinggi, sehingga mampu mengisi banyak perangkat sekaligus. Stopkontak yang disusun seperti menara dan dalam posisi melingkar cukup hemat tempat dan dapat digunakan dari segala arah.

Kelengkapan lainnya adalah adanya dua USB port. Jadi, gak ada lagi berebut stopkontak dengan teman. Anda bisa membelinya melalui Shopee.

1. Bardi Smart Extension Power Strips

foto-terminal-listrik-terbaik-dengan-daya-hantar-optimal-1



Harga : Rp 288.000

Bukan Stop kontak biasa, dapat dikontrol menggunakan smartphone

Terminal listrik Bardi ini memiliki tombol power yang lengkap dengan lampu indikator berwarna biru. Begitu juga pada tiap-tiap stopkontak, indikatornya akan tampak nyata saat gelap. Power strip ini juga memiliki daya hantar optimal.

Ketiga USB port yang ada pada alat ini mampu mengisi daya ponsel dengan cukup cepat. Selain itu, terminal listrik modern ini juga dapat terhubung dengan smartphone untuk mengontrolnya melalui aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi pada smartphone yang telah terkoneksi, Anda bisa mematikan dan menyalakan power strip tersebut. Meskipun pada produk tidak terdapat tombol untuk menyalakan dan mematikan masing-masing socket, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi.

Terminal listrik terbaik ini menjadi sangat modern dengan beragam fiturnya. Salah satunya adalah fitur schedule pada tiap-tiap socket. Serunya lagi, power strip ini juga bisa Anda aktifkan dengan fitur suara.

Berkat fitur suara ini, Anda bisa mematikan socket pada saat tidak dapat memegangnya. Contohnya saat tangan sedang dalam keadaan basah. Dapatkan terminal canggih dengan daya hantar optimal ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ada dua fungsi utama terminal listrik, yaitu untuk menyediakan daya listrik bagi perangkat yang terletak jauh dari dinding dan untuk menambah jumlah stopkontak.
  • Anda perlu memastikan membeli power strip dengan daya hantar optimal, tetapi lengkap dengan fitur keamanan yang baik.
  • Apabila Anda membutuhkan terminal listrik terbaik yang canggih dan aman, Bardi Smart Extension Power Strips bisa menjadi pilihan. Fitur voice command membuat Anda aman saat kondisi tangan basah.
  • Namun, jika membutuhkan terminal listrik terbaik yang cukup aman dari percikan air dan jangkauan anak-anak, pilih Brennenstuhl Super Solid SL554 DE. Segel di setiap socket-nya merupakan pengaman yang baik.
  • Adapun bagi Anda yang perlu jumlah stopkontak banyak dan dapat diakses dari segala arah, pilih Vertical Smart Socket yang memiliki daya hantar optimal.

Referensi

1. Hoffman Brothers (2021), Electrical Outlet Fire Hazzards – Family And Home Safety Information, https://www.hoffmannbros.com/electrical/outlets/safety-checklist
2. electrical Safety first (2021), Parents – You’re your Children Save From Electricity, https://www.electricalsafetyfirst.org.uk/guidance/advice-for-you/parents/
3. Bob Formisano (2021), Choosing a Safe Electrical Extension Chord https://www.thespruce.com/select-proper-electrical-extension-cord-1824710



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Terminal Listrik Terbaik dengan Daya Hantar Optimal", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »