Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 July 2020

10 Telepon Satelit Terbaik untuk Nelayan dan Pelaut

By Cekresi .com
10-Telepon-Satelit-Terbaik-untuk-Nelayan-dan-Pelaut


Telepon satelit merupakan alat komunikasi wajib selain radio kapal untuk para nelayan dan pelaut. Sebab, layanan komunikasi regular seperti GSM, CDMA, bahkan internet tidak dapat diakses sampai kapal berada di dermaga, atau melaju cukup dekat dengan pulau berpenghuni.



Saat ini banyak produsen dan provider telepon satelit yang menawarkan cukup banyak layanan komunikasi, mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta rupiah. Namun, untuk mendapatkan telepon satelit terbaik, Anda harus cermat dalam memilih produk, provider, serta regulasi penggunaan telepon.

Karena itu, kami menyajikan beberapa telepon satelit untuk nelayan dan pelaut lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai produk dan layanan telepon satelit, hingga cara perawatannya.

Kenali jenis provider telepon satelit yang tepat untuk dipakai di tengah laut

Pemilihan provider atau penyedia jaringan telepon satelit merupakan hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Sebab, provider memiliki batasan wilayah penggunaan jaringan. Ada tiga perusahaan telepon satelit yang sangat terkenal, dan sering kali digunakan oleh para pelaut.

Iridium misalnya, jaringan telepon perusahaan ini mencakup kutub utara dan selatan di bumi, serta merupakan provider yang paling banyak dipakai. Iridium menggunakan 66 satelit berjenis Low-Earth Orbiting (LEO) yang tersedia di hampir semua Negara.

Kemudian ada Globalstar, provider satu ini menawarkan jaringan telepon satelit dengan jenis paket wilayah penggunaan. Oleh karena itu, Anda harus tahu kemana akan berlayar sebelum membeli layanan dari Globalstar.

Jenis teknologi dan jaringan telepon satelit yang biasa dipakai pelaut

Ada dua jenis jaringan telepon satelit, yakni Geostationary satellites (GS) dan Low-Earth Satellites (LEO). Jaringan telepon GS merupakan layanan dari satelit yang berada diketinggian 37.000Km diatas equator. Jaringan GS dapat dinikmati di semua wilayah negara di dunia, kecuali kutub utara dan selatan.

Sedangkan jaringan satelit Low-Earth Orbit atau LEO dapat mencakup wilayah kutub utara dan selatan. Sebab, satelit LEO memiliki jumlah yang sangat banyak, serta hanya berada di jarak ratusan kilometer saja. Namun, jaringan ini memiliki beberapa masalah ketika Anda mendekati equator.



Hitung kebutuhan dan budget penggunaan telepon satelit

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah, biaya telepon bulanan yang harus Anda bayar. Bila Anda menggunakan provider seperti Iridium atau Thuraya, biaya perbulannya bisa mencapai 15 hingga 100 US Dollar. Namun, ini merupakan harga yang cukup murah bila mengingat fungsi dari layanan jaringan telepon satelit itu sendiri.

Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan telepon satelit untuk menghubungi landlines atau telepon rumah. Beberapa layanan jaringan premium mengharuskan Anda membayar dengan biaya per menit hingga 20 US Dollar. Gunakanlah pesan teks untuk kebutuhan sehari-hari, sebab layanan ini gratis di beberapa provider seperti Iridium dan Inmarsat.

Pertimbangkan telepon satelit dengan teknologi dan akses internet murah

Internet saat ini merupakan layanan wajib yang harus Anda usahakan bahkan ketika berada di ujung dunia sekalipun. Akan tetapi, layanan internet melalui telepon satelit tidaklah murah. Beberapa provider mengenakan biaya 6 hingga 8 US Dollar untuk setiap Megabyte-nya. Dan, kecepatan normal internet telepon satelit hanya mencapai 9.6 hingga 20kbps saja.

Namun, kecepatan internet ini sudah cukup nyaman saat digunakan untuk layanan pesan instan seperti Whatsapp atau pun Line. Anda juga bisa membeli telepon satelit dengan fungsi dual SIM Card. Sehingga dapat menghubungi perusahaan atau kolega ketika berada cukup dekat dengan pulau yang memiliki tower pemancar.

Pelajari restriksi penggunaan telepon satelit di setiap negara

Sebelum Anda menggunakan telepon satelit, ada baiknya untuk mempelajari aturan dan regulasi penggunaan jaringan. Di Indonesia, aturan penggunaan jaringan diatur di dalam Peraturan Dirjen Pos dan telekomunikasi Nomor 414 Tahun 2010.

Berbeda dengan aturan di Indonesia, aturan di negara lain mungkin memberikan pembatasan atau restriksi untuk jaringan dan penggunaan tertentu. Bila melanggar, Anda bisa dikenakan sanksi hukum territorial hingga pemutusan jaringan secara paksa dari regulator.

Cara merawat telepon satelit supaya tahan lama

Supaya telepon satelit Anda tetap berperforma baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat telepon satelit:



  • Walaupun telepon satelit umumnya dirancang dengan rugged atau tahan banting, namun hal tersebut tidak akan menghidarkan perangkat elektronik dari sifat korosi angin laut. Oleh karena itu, jangan terlalu memakai telepon satelit di luar geladak atau saat badai.
  • Perhatikan pengisian daya telepon satelit. Jangan memaksakan penggunaan saat daya battery sedang low, serta jangan mengisi dengan waktu yang terlalu lama. Cabutlah saat battery telah terisi penuh.
  • Bersihkan bagian case telepon satelit secara berkala untuk menyingkirkan berbagai zat serta material pengotor yang membuat perangkat mengalami penurunan performa.
  • Gunakanlah softcase atau pelindung khusus untuk memberikan proteksi tambahan pada telepon satelit, supaya tidak mudah kotor dan rusak.
  • Jangan sembarangan meletakkan telepon satelit, Anda pasti tidak ingin perangkat terjatuh atau mengalami benturan keras saat kapal sedang bergoyang akibat ombak atau pun badai, bukan?!

10 Telepon satelit terbaik untuk nelayan dan pelaut

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang telepon satelit lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi telepon satelit terbaik untuk kebutuhan nelayan dan pelaut dari berbagai merek berikut ini:

10. Iridium 9555 Satellite Phone

iridium_9555_satellite_phone

Harga : Rp 18.000.000

Telepon satelit sederhana namun powerfull

Iridium 9555 merupakan salah satu telepon satelit yang mahal walaupun secara penampilan seperti handphone generasi 90-an. Akan tetapi, 9555 memiliki jaringan yang amat sangat luas, sehingga mampu digunakan hampir di semua sudut dunia.

Berbeda dengan penampilannya yang sederhana, Iridium 9555 juga memiliki fitur akses internet. Namun, Anda tidak bisa memasang aplikasi pesan instan seperti whatsapp, sebab 9555 tidak menggunakan OS Android. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

9. Thuraya XT Lite Satellite Phone

thuraya_xt_lite_satellite_phone

Harga : Rp 4.500.000

Telepon satelit dengan jaringan 160 negara plus mode GSM

Bagi Anda yang tidak cukup puas hanya dengan jaringan satelit, Thuraya XT Lite mungkin bisa menjadi opsi menarik. Sebab, telepon satelit ini juga dapat dipasang SIM Card GSM di berbagai Negara. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan jaringan telepon murah ketika berada di dekat pulau.

Akan tetapi, walaupun tersedia jaringan GSM dan dapat digunakan di 160 negara, Thuraya XT Lite tidak memiliki fitur jaringan internet. Jadi, Anda tidak bisa menerima atau mengirim email saat berada di tengah samudera. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.



8. Garmin inReach Explorer Plus

garmin_inreach_explorer_plus

Harga : Rp 7.470.000

Telepon satellite denga fungsi GPS serta GEOS real time SOS coordinate

Garmin inReach masuk ke dalam “Big Five” telepon satelit paling disukai oleh para pelaut di seluruh dunia. Tidak hanya memiliki jaringan yang mencakup seluruh dunia, telepon satelit ini juga memiliki fitur GPS yang dapat dilacak secara real time dari satelit.

Selain itu, inReach dirancang untuk dapat mengirimkan pesan darurat SOS beserta titik serta titik koordinat pengiriman pesan. InReach juga dapat digunakan untuk mengirim email dari manapun selama dalam jaringan Inmarsat. Namun, inReach tidak memiliki fitur call. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

7. Inmarsat IsatPhone 2

inmarsat_isatphone_2

Harga : Rp 13.900.000

Telepon satelit termurah dengan average cost $1

Inmarsat IsatPhone 2 merupakan telepon satelit berjangkauan luas dengan biaya paling murah. IsatPhone 2 dapat digunakan di hampir semua jaringan, serta SIM Card dengan range airtime yang sangat fleksibel dan aktivasi jaringan saat pertama pembelian.

IsatPhone 2 dapat digunakan di hampir semua wilayah, termasuk wilayah kutub. Anda juga bisa tidak perlu merisaukan harga pengiriman pesan, sebab IsatPhone memberikan layanan jaringan yang sangat murah, serta sudah built in GPS. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

6. BlackView BV9000 Pro 5.7

blackview_bv9000_pro_5_7

Harga : Rp 7.711.000

Smartphone satellite dengan fitur waterproof berteknologi 4G



Bila Anda menginginkan telepon satelit berteknologi smartphone, Anda bisa memilih BlackView BV9000 Pro. Telepon satelit ini memiliki berbagai macam fitur menarik yang bisa menjamin kelancaran berkomunikasi serta keamanan perjalanan selama pelayaran hingga ke sudut dunia.

BV9000 Pro memiliki fitur sistem GPS dan GLONASS geolocation yang dapat digunakan untuk melacak posisi Anda, bahkan dapat mengirimkan lokasi pesan darurat SOS secara real time dengan titik pengiriman yang sangat akurat.

BV9000 Pro juga memiliki fitur dual SIM Card. Sehingga Anda bisa menghindari penggunaan jaringan satelit yang mahal saat berada di dekat pulau atau sedang berlabuh. Selain itu, BV9000 Pro juga memiliki fitur anti air, anti debu, serta anti shock. Anda bisa membeli telepon satelit canggih ini di Shopee.

5. Thuraya X5-Touch GSM-Satellite Android

thuraya_x5_touch_gsm_satellite_android

Harga : Rp 21.000.000

Pelopor telepon satelit berteknologi pintar di dunia

Thuraya X5 merupakan rugged satellite smartphone pertama di dunia garapan MSS Industry. Telepon satelit ini dilengkapi dengan layar 5.2 Inch Full-HD LCD, serta built in dual nano GSM SIM Card. Dan, produk ini telah dipakai oleh berbagai lembaga dan organisasi, baik NGO maupun pemerintah.

Thuraya X5 juga memiliki antena berteknologi omni-directional serta jaringan dengan tingkat keamanan tinggi. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fungsi walk-and-talk ketika berada di luar layanan. Thuraya X5 juga telah bersertifikat IP65, atau memiliki water and dust protection. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

4. Thuraya XT Pro Satellite Phone

thuraya_xt_pro_satellite_phone

Harga : Rp 15.750.000

Telepon satelit dengan layanan fleksibel dan paling luas



Thuraya XT Pro merupakan salah satu telepon satelit terbaik yang bisa Anda temukan dipasaran. XT Pro memiliki fitur ruggedized yang tahan terhadap getaran, benturan, debu, hingga air. Selain itu produk ini juga dirancang dengan perangkat navigasi terbaik seperti, GPS, BeiDou, GLONASS, serta Galileo yang bisa dipakai di semua wilayah.

Thuraya XT Pro mempunyai dua jenis jaringan always on, yakni satelit serta GSM. Selain itu, telepon satelit ini juga memiliki durasi battery hingga 100 jam dalam mode stanby. Untuk keadaan darurat, XT Pro dilengkapi dengan tombol SOS yang langsung dapat mengirimkan sinyal serta koordinat lokasi. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

3. Iridium Extreme 9575

iridium_extreme_9575

Harga : Rp 26.750.000

Telepon satelit pertama dengan standar militer 810F di pasar dunia

Iridium Extreme 9575 adalah salah satu telepon satelit dengan fitur paling lengkap. Tidak hanya dilengkapi fitur menarik, telepon satelit ini juga telah tersertifikasi oleh IP65 dan 810F MIL-STD. Anda juga tidak perlu khawatir dengan fitur emergency 9575, sebab produk ini fully integrated dengan online service GPS serta notifikasi SOS.

Iridium Extreme 9575 bisa Anda gunakan hampir diseluruh wilayah jaringan di dunia dalam layanan voice call, pesan singkat, dan layanan data. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat beroperasi dalam suhu ekstrem minus 10 derajat dan 55 derajat celcius. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

2. Garmin inReach Mini SEA

garmin_inreach_mini_sea

Harga : Rp 5.650.000

Telepon satelit mini dengan segudang fitur lebih pintar serta lengkap

Bila Anda menginginkan telepon satelit paling fungsional untuk keadaan darurat, maka inReach Mini adalah opsi terbaiknya. Produk ini memiliki konektivitas SOS langsung ke GEOS 24 jam non-stop. Selain itu, inReach Mini juga dapat terhubung dengan smartphone untuk fitur pelacakan secara mandiri.



Telepon satelit inReach Mini memiliki sistem monitoring SE-SARS serta terhubung dengan Adverse Condition Alerting Service (ACAS). Selain sistem keamanan, perangkat ini juga menggunakan 100% wilayah jaringan dari Satelit Iridium yang menjangkau hampir seluruh dunia. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Shopee.

1. Globalstar GSP-1700 Satellite Phone

globalstar_gsp_1700_satellite_phone

Harga : Rp 4.950.000

Telepon satelit paling banyak dipakai oleh para pelaut di dunia

Globalstar GSP-1700 merupakan salah satu produk telpon satelit terbaik dan paling banyak digunakan. Dengan desain yang ramping dan ergonomis serta menggunakan teknologi mutakhir, GSP-1700 dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dan profitabilitas Anda.

Saat ini Globalstar GSP-1700 merupakan salah telepon satelit dengan kecepatan akses data terbaik di dunia. Selain itu, Globalstar terkenal dengan layanan jaringan satelitnya yang sangat terjangkau. Anda bisa membeli telepon satelit ini di Indo Supply Store.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli telepon satelit, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis layanan, wilayah jangkauan, teknologi, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penggunaan layanan dengan bijak, serta cara perawatannya supaya perangkat awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
  • Anda bisa memilih produk Inmarsat IsatPhone 2 yang memiliki biaya layanan jaringan yang sangat murah dan dapat digunakan di 160 negara bila budget Anda terbatas.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan telepon satelit yang menggunakan teknologi smartphone dan GSM sekaligus, Anda bisa memilih BlackView BV9000A.
  • Namun, untuk Anda yang tidak hanya menginginkan smartphone satelit, tetapi juga perangkat yang rugged serta tahan banting. Anda bisa memilih Thuraya XT Pro yang tersertifikasi IP65.

Referensi

  1. Camper Mate, How to Choose a Satellite Phone,https://blog.campermate.com.au/advice/satellite-phone-buyers-guide/
  2. Book2Sail, Best Sailing Satellite Phone, https://blog.campermate.com.au/advice/satellite-phone-buyers-guide/
  3. Satellite Internet, Satellite Phone Service: Is It Right for You?,https://www.satelliteinternet.com/resources/satellite-phone-service/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Telepon Satelit Terbaik untuk Nelayan dan Pelaut", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »