Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


30 March 2019

10 Tas Ransel Berkualitas Untuk Mendaki Gunung

By Cekresi .com


Pada umumnya tas ransel dipakai untuk mendapatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan maupun petualangan. Tas ransel sendiri banyak jenisnya, seperti tas rusksack yang khas dengan penutup talinya, tas daypack, dan tas carrier yang berukuran lebih besar dari tas daypack.



Untuk kegiatan mendaki gunung yang membutuhkan waktu lebih panjang biasanya para pendaki menggunakan tas ransel carrier dengan kapasitas 50 liter atau lebih. Namun, jika untuk pendakian biasa yang tidak membutuhkan waktu yang lama bisa menggunakan tas ransel daypack, karena lebih ringan dengan kapasitas yang lebih kecil.

Untuk itu, rrtikel ini menyajikan beberapa tas ransel berkualitas untuk mendaki gunung berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang tas ransel yang memudahkan Anda saat mendaki gunung dengan berbagai fitur dan fungsinya, sekaligus perawatannya.

Pilih tas ransel carrier dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan pendakian

Untuk Anda para petualang yang hobi mendaki gunung, mungkin sudah sangat familier dengan tas carrier. Namun tahukah, tas carrier memiliki kapasitas yang bermacam-macam, ada yang berkapasitas 20 liter, 30 liter, 40 liter, dan ada juga yang sampai 100 liter atau lebih.

Biasanya tas ransel dengan kapasitas 20-50 liter digunakan untuk pendakian kurang dari 3 hari dengan perlengkapan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan saat melakukan pendakian. Sangat disarankan memakai kapasitas 50 liter agar logistik yang Anda bawa cukup dan aman.

Untuk tas ransel carrier yang berkapasitas 50-80 liter ini sangat populer dan biasa digunakan para pendaki gunung di Indonesia. Anda bisa memakai tas tersebut untuk pendakian yang membutuhkan waktu antara 3-5 hari.

Sedangkan, kapasitas 80 liter atau lebih biasanya digunakan oleh para pendaki 7 summits yang membutuhkan waktu lebih panjang dan lama untuk perjalanan ke beberapa puncak gunung tertinggi.

Perhatikan ukuran torso tas ransel carrier

Ketika membawa barang dalam jumlah yang banyak dengan beban yang berat saat melakukan pendakian, tentu kenyamanan punggung adalah faktor utama. Pastikan tas ransel carrier Anda memiliki ukuran torso yang bisa disesuaikan dengan punggung Anda.



Ukuran panjang punggung (torso) setiap orang bisa berbeda-beda. Ketika membeli tas ransel carrier, Anda harus bisa menyesuaikan ukuran torso tas agar tidak kepanjangan atau kependekkan. Anda bisa bisa mengetahui ukuran torso dengan cara mengukur antara bagian pangkal leher belakang sampai dengan titik ruas tulang belakang pinggul Anda.

Torso tas ransel carrier ini memiliki teknologi yang bisa diatur naik dan turunnya, biasanya panjang ukuran ini disimbolkan sebagai berikut:

  • XS untuk ukuran torso antara 35-39 cm
  • S untuk ukuran torso antara 40-44 cm
  • M untuk ukuran torso antara 45-49 cm
  • L untuk ukuran torso antara 50-54 cm

Pilih yang memiliki teknologi shoulder straps dan hip belt

Jika Anda akan melakukan pandakian jarak jauh dengan membawa beban yang berat, tentu menggunakan tas ransel carrier dengan teknologi shoulder straps (tali bahu) dan hip belt (sabuk/tali pinggang) sangat dibutuhkan.

Teknologi shoulder straps dan hip belt yang baik akan memberikan kenyamanan saat tas bergerak secara independen mengikuti irama pergerakan bahu dan pinggul ketika berjalan. Jadi tali bahu dan tali pinggang tidak kaku saat membawa beban tas ketika badan bergerak, sehingga bisa membuat bahu dan pinggul Anda tidak merasa pegal-pegal yang berlebihan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Selain itu, pastikan shoulder straps dan hip belt terbuat dari tali yang kuat dengan bentuk yang lebih tebal sehingga pembagian bebannya bisa maksimal, biasanya beban antara tali bahu dan sabuk berkisar antara 60:40.

Yang paling penting adalah bagaimana Anda mengatur atau menyetel shoulder straps dan hip belt. Untuk shoulder straps Anda harus mengatur hingga menempel ke bahu sehingga tidak melorot ketika dipakai, dan hip belt gunakan secara pas dan jangan sampai longgar.

Pilih tas ransel yang memiliki kompartemen dan kantong sesuai kebutuhan

Tas ransel akan menawarkan berbagai macam kompartemen penyimpanan yang memudahkan saat digunakan untuk memisahkan berbagai barang dengan aman. Kompartemen utama tas ransel carrier biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan seperti tenda, kompor, bahan bakar, dan berbagai macam peralatan untuk disimpan.

Tas ransel carrier biasanya juga memiliki kompartemen kantong tidur yang terletak dibawah ransel, kompartemen penutup atas yang dipakai untuk mencegah air hujan masuk ke dalam kompartemen utama, dan kompartemen depan untuk menyimpan jaket.



Selain itu, juga ada kompartemen kantong samping untuk menampung botol air, serta kompartemen kantong pinggul untuk menyimpan barang-barang kecil yang mudah dijangkau. Pastikan memilih kompartemen dan kantong yang sesuai dengan kebutuhan, karena jika terlalu banyak kompartemen bisa mengganggu kenyamanan aktivitas pendakian Anda.

Cara merawat tas ransel carrier agar lebih awet

Tas ransel carrier inilah peralatan utama yang membantu Anda saat melakukan pendakian yang panjang dan melelahkan. Tentu Anda tidak menginginkan jika kemudian tas berjamur, bau, atau rusak ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk merawat tas ransel agar lebih awet dan bisa digunakan lagi saat Anda melakukan pendakian ke gunung berikutnya:

  • Setelah pulang dari pendakian, pastikan Anda mengeluarkan semua isi tas. Periksa semua kantong dan sudut-sudut tas agar benda-benda kecil dan kotoran yang mungkin bersarang bisa Anda keluarkan. Jika tas Anda memiliki bingkai logam, pastikan dilepas sebelum dicuci.
  • Ketika mencuci tas ransel carrier Anda, bedakan perlakukan saat mencuci badan tas dan tali. Untuk badan tas, Anda bisa menghilangkan noda yang menempel dengan cara menyikatnya menggunakan sikat gigi, sedangkan untuk tali Anda bisa menggunakan kain lembut atau kaos untuk membersihkannya. Lebih baik Anda hindari penggunaan detergen, atau Anda bisa menggunakan detergen khusus yang aman dipakai dan tidak membuat tas menjadi luntur atau seratnya rusak.
  • Ketika Anda ingin mengeringkannya, pastikan dijemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, atau biarkan tas ransel mengering secara alami.
  • Agar tas ransel carrier Anda terhindar dari jamur, maka Anda bisa meletakkan kapur barus dalam tas Anda.
  • Setelah dibersihkan dan diberi kapur barus, letakkan tas ransel carrier ditempat yang tidak lembab. Anda bisa menggunakan plastik untuk menutup tas agar lebih aman dan lebih awet.

10 Tas ransel berkualitas untuk mendaki gunung

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang tas ransel, serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi tas ransel terbaik versi Cekresi untuk mendaki gunung dari berbagai merek berikut ini:

10. Consina OKHOTSK

Consina_OKHOTSK

Harga : Rp 760.500

Cocok digunakan untuk pendakian jarak menengah atau jauh

Mendaki gunung dengan ketinggian tertentu, tentu Anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak. Barang-barang bawaan seperti perlengkapan makanan, obat-obatan, pakaian, sampai tenda sangat dibutuhkan, sehingga tas ransel dengan kapasitas lebih besar akan membuat kegiatan mendaki Anda lebih nyaman.

Rei_Toba_60L

Harga : Rp 499.000

Tas ransel Consina OKHOTSK ini dilengkapi dengan fitur yang memudahkan Anda saat membawa beban yang berat. Selain itu, back system yang bersentuhan langsung dengan punggung mudah untuk disesuaikan, sehingga Anda akan merasa nyaman saat mengenakannya. Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.



9. Rei Toba 60L

Perlengkapan pendakian lebih aman dengan bahan tas berkualitas

Tas Rei Toba 60L terbuat dari bahan nilon yang ringan, kuat, dan elastis sehingga nyaman digunakan untuk membawa barang Anda. Bahan nilon ini tentunya memiliki kemampuan tahan terhadap panas maupun air, serta tidak mudah robek.

Karena itu, sangat tepat jika Anda mendaki gunung memakai tas dari merek Rei ini. Selain itu, tas ini juga dilengkapi dengan raincover yang dapat menghindarkan kompartemen utama tas dari air hujan. Anda bisa membeli tas ransel ini di Bukalapak.

8. Eiger 1248 Eliptic Lunaris 65L

Eiger_1248_Eliptic_Lunaris_65L

Harga : Rp 1.100.000

Membuat ekspedisi panjang Anda lebih nyaman dan tetap stylish

Tas ini dirancang untuk mendukung kegiatan pendakian yang membutuhkan waktu antara 3 sampai 5 hari. Karena itu kapasitas tas Eiger yang cukup besar ini sangat efektif digunakan untuk menampung barang bawaan Anda.

Tas ransel dari merek Eiger ini juga memiliki desain yang keren, ada yang berwarna pink sehingga sangat cocok digunakan untuk pendaki perempuan. Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.

7. The North Face Terra 55 Liter

The_North_Face_Terra_55_Liter

Harga : Rp 309.000

Membantu kenyamanan Anda saat berpetualangan

Tas The North Face tipe Terra ini memiliki desain yang lebih ramping dan ringan, sehingga memudahkan Anda berjalan saat mendaki gunung. Tas ini dilengkapi dengan sistem harness OPTIFIT yang membuat kontrol beban bisa dengan mudah Anda sesuaikan saat menggunakannya.



Selain itu, terdapat beberapa kantong yang bisa memudahkan untuk menempatkan barang-barang bawaan Anda, jadi Anda tidak perlu bingung lagi saat menyimpan berbagai barang bawaan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.

6. Osprey Volt 60L

Osprey_Volt_60L

Harga : Rp 2.299.000

Memberikan kenyamanan dan kemudahan saat membawa barang dengan beban yang berat

Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan pendakian yang panjang, tas carrier sangat cocok untuk Anda gunakan. Tas ini terbuat dari bahan berkualitas, lebih tangguh, dan tahan terhadap cuaca yang ekstrim.

Selain itu, tas ini dilengkapi dengan raincover yang terintergrasi, sehingga mudah dilepas saat hujan mulai reda, dan terdapat fitur fit-on-the-fly hipbelt yang dapat diatur dengan mudah sehingga pas dengan tubuh saat digunakan. Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.

5. Deuter Futura 26

Deuter_Futura_26

Harga : Rp 1.080.000

Lebih nyaman dipakai dengan fitur yang memiliki kualitas sangat baik

Tas carrier merek Deuter memiliki fitur aircomfort sensic backsystem yang memudahkan penggunanya saat ingin mengencangkan rangka baja tas sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang maksimal. Tas ini berukuran 62 x 28 20 cm yang bisa Anda gunakan untuk menampung barang bawaan dalam jumlah yang banyak saat melakukan pendakian yang panjang.

Tas ini juga nyaman dipakai, karena memiliki kunci sirip pinggul dari busa yang tebal, dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan ukuran pemakainya sehingga mendapatkan stabilitas beban. Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.



4. Naturehike NH16Y020-Q

Naturehike_NH16Y020_Q

Harga : Rp 938.000

Cocok Anda gunakan untuk mendaki gunung maupun kegiatan outdoor lainnya

Tas ini selain bisa digunakan untuk mendaki gunung, juga sangat cocok digunakan pada kegiatan-kegiatan petualangan seperti wildlife adventure, adventure expedition, dan kegiatan petualangan lainnya.

Tas ini memiliki sistem pendukung untuk melakukan hal diatas, karena karakter tas ini memiliki sirkulasi udara yang sangat baik dan tidak pengap. Selain itu, desain double-decker bisa digunakan untuk memisahkan item yang berbeda. Anda bisa membeli tas ransel ini di Bukalapak.

3. Jack Wolfskin Highland Trail XT 50

Jack_Wolfskin_Highland_Trail_XT_50

Harga : Rp 1.100.000

Dilengkapi 9 kantong yang memudahkan saat pendakian

Tas ini berukuran 79 x 38 x 35 cm dengan 9 kantong yang memudahkan Anda saat melakukan perjalanan pendakian maupun petualangan di alam bebas. Tas ini terbuat dari dua bahan utama, yaitu poliamida dan poliester yang kuat dan berkualitas.

Tas ini dilengkapi dengan suspensi X-TRANSITION yang sangat nyaman ketika digunakan. Selain itu, pilihan warnanya beragam, ada hitam, hijau, merah dan biru. Anda bisa membeli tas ini di Bukalapak.

2. Cozmeed Poseidon 40L

Cozmeed_Poseidon_40L

Harga : Rp 540.000

Sangat cocok digunakan saat berjalan-jalan ke gunung maupun ke pantai



Untuk Anda yang hobi naik gunung atau pantai, tas ini sangat cocok dipakai karena desainnya yang keren dengan paduan warna yang indah. Selain itu, tas ini juga cocok dipakai pecinta backpaker, karena lebih simpel, nyaman, dan mudah menggunakannya.

Material utama dari bahan cordura yang termasuk jenis kain premium ini, membuat daya tahan tas ransel sangat baik terhadap rembesan air, abrasi, dan tahan lecet. Anda bisa membeli tas ransel ini di Bukalapak.

1. Trekking ARJ 025

Trekking_ARJ_025

Harga : Rp 398.000

Nyaman digunakan untuk mendaki gunung atau berpetualang di alam bebas

Tas dari merek Trekking ini sangat cocok Anda gunakan untuk berpetualang, baik itu ke hutan, gunung, maupun pantai. Selain itu, tas ini memiliki desain keren dan trendy yang banyak disukai oleh backpaker.

Tas ransel ini berukuran 60 x 30 x 25 cm, terbuat dari bahan kain cordura berkualitas dan memiliki ketahanan yang sangat baik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tas ransel ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli tas ransel, Anda harus memperhatikan kapasitas yang akan digunakan saat melakukan pendakian, jika kegiatan pendakian Anda membutuhkan waktu antara 3-5 hari Anda bisa menggunkan tas ransel dengan kapasitas 50-80 liter.
  • Perhatikan juga ukuran torso tas, tali bahu, dan tali pinggang. Selain itu, Anda juga harus memilih kompartemen atau kantong yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda bisa memilih tas ransel carrier dari Eiger 1248 Eliptic Lunaris 65L, karena tas ransel ini akan memberikan kenyamanan saat Anda melakukan pendakian untuk waktu yang lama.
  • Namun jika Anda ingin tas ransel yang terbuat dari bahan berkualitas, lebih tangguh, dan tahan terhadap cuaca yang ekstrim, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke tas ransel merek Osprey.
  • Sedangkan, jika Anda ingin tas ransel dengan kapasitas yang lebih kecil, nyaman dan berkualitas, serta dapat digunakan untuk pendakian antara 1 atau 2 hari saja, Anda bisa memilih tas ransel dari Trekking ARJ 025.

Referensi

Ems (2019), How to Choose a Backpack: Expert Tips for Finding the Right Size, Fit, and Features, https://www.ems.com/f/ea-how-to-choose-a-backpack.html

Rei (2018), How to Clean a Backpack, https://www.rei.com/learn/expert-advice/backpack-how-to-clean.html





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Tas Ransel Berkualitas Untuk Mendaki Gunung", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »