Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 December 2019

10 Taplak Meja Terbaik Untuk Kebutuhan Rumah

By Cekresi .com


Untuk mendekorasi meja di rumah agar tampak lebih indah, tentu taplak meja adalah solusinya. Selain sebagai penghias, taplak meja juga berguna untuk melindungi meja agar terhindar dari noda, baik debu maupun tumpahan makanan atau minuman.



Karena itu, pastikan Anda memilih taplak meja terbaik dengan mempertimbangkan kualitasnya, seperti bahan pembuatan taplak meja. Dan, tentunya juga pertimbangan lain yang membuat estetika menjadi lebih wow, seperti penentuan warna, motif, ataupun ukurannya.

Oleh karena itu, kami akan menyajikan artikel mengenai beberapa taplak meja terbaik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang taplak beserta cara perawatannya.

Pilih bahan taplak meja yang tepat

Bahan pembuatan taplak meja sangat beragam. Anda dapat menyesuaikan jenis bahan pembuatan taplak meja dengan tempat dimana Anda akan meletakkannya. Berikut ini kami sajikan informasi beberapa bahan yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli taplak meja.

Pertama, bahan katun. Bahan ini banyak dipilih oleh masyarakat karena mudah menyerap noda dan tahan lama. Selain itu, katun juga cocok diletakkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan. Harganya pun ramah di kantong.

Kedua, bahan polyester. Jenis bahan ini selalu bersaing dengan jenis bahan sebelumnya. Taplak meja berbahan polyester ini banyak diminati oleh masyarakat, karena tampilannya yang mencolok dan terlihat lebih mengkilap daripada bahan katun.

Dari segi penempatan, taplak meja bahan polyester lebih cocok digunakan untuk menghias meja yang diletakkan di luar ruangan, seperti meja makan atau dapur. Bagi Anda pemilik restoran atau rumah makan, taplak meja ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat pelanggan Anda lebih betah dan nyaman saat bersantap di tempat Anda.

Ketiga, bahan vinyl. Taplak dengan bahan ini umumnya digunakan untuk piknik atau acara di luar ruangan. Bahan ini tergolong awet karena tahan terhadap sinar matahari, noda, dan cuaca. Taplak meja ini kurang cocok digunakan untuk acara resmi karena cenderung memberi kesan murah.



Keempat, bahan sutra. Anda perlu perlakukan khusus saat memilih jenis bahan sutra, karena bahan ini termasuk yang sulit perawatannya, namun terlihat mewah ketika digunakan.

Jenis taplak meja berbahan sutra ini kurang cocok untuk Anda gunakan setiap hari, tapi bisa menjadi pilihan terbaik saat acara-acara resmi seperti pernikahan, rapat, dan lain-lain.

Perhatikan ukuran taplak meja yang akan Anda beli

Taplak tersedia dalam berbagai ukuran. Anda dapat memilih ukuran taplak berdasarkan ukuran meja Anda. Jangan sampai ukuran taplak meja Anda terlalu besar sehingga terlalu menjuntai ke bawah, atau justru sebaliknya terlalu kecil sehingga tidak bisa menutupi meja.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika memilih ukuran taplak meja, diantaranya yaitu dengan memilih ukuran taplak meja yang pas atau dengan memilih taplak dengan ukuran lebih besar yakni dengan lebihan 15 hingga 30 inci untuk memberi kesan anggun.

Sedangkan, untuk menghias meja untuk acara formal maka Anda dapat memilih taplak dengan ukuran lebih besar yakni dengan lebihan sebesar 10 hingga 12 inci.

Pilih desain yang cocok dan sesuai kegunaan

Desain merupakan bagian utama yang wajib Anda perhatikan ketika memilih taplak meja. Pastikan Anda memilih desain taplak meja yang menyatu dengan interior atau tema rumah Anda, agar rumah Anda terlihat lebih mewah.

Beberapa desain taplak yang banyak dicari oleh masyarakat diantaranya yaitu, desain tenun, bermotif, dan bersulam. Namun, terkadang ada beberapa orang yang lebih suka taplak dengan motif polos putih untuk memberi kesan formal serta lebih mudah dipadukan.



Untuk taplak desain tenun umumnya masyarakat memilih desain damask dan jacquard. Dua pola tersebut dipercaya akan memberi kesan mewah dan bergaya pada tampilan meja Anda.

Pastikan bentuknya sesuai dengan meja Anda

Bentuk taplak meja yang umumnya beredar di masyarakat meliputi bulat, oval, persegi panjang, dan persegi. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan bentuk meja, karena jika tidak cocok akan menimbulkan kesan minus pada estetika meja Anda.

Jika meja di rumah Anda berbentuk oval, maka pilihlah taplak meja bentuk oval. Begitu juga dengan bentuk lain. Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa memilih bentuk persegi yang bisa Anda lipat atau sesuaikan dengan meja Anda. Namun, untuk kesempurnaan tentu Anda wajib memilih yang sesuai dengan bentuk meja.

Pilihlah warna yang senada

Taplak dijual dalam berbagai warna. Anda dapat memilihnya sesuai selera. Agar terlihat lebih indah serta sesuai dengan konsep rumah Anda, maka sesuaikan warna tesebut dengan warna benda di ruangan atau dengan warna cat rumah.

Setiap orang tentunya memiliki selera tersendiri dalam memilih warna taplak meja. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan warna terang untuk memberi kesan ceria pada ruangan serta warna pastel untuk memberi kesan hangat.

Cara merawat taplak meja agar lebih awet

Ketika Anda sudah membeli taplak, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar taplak meja yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat taplak dengan baik :

  • Meskipun sudah diberi taplak, pastikan Anda memberi alas untuk tiap piring dan gelas yang ada di meja makan. Hal ini bertujuan agar makanan atau minuman tidak tumpah ke taplak terlalu banyak.
  • Saat mencuci taplak, Anda bisa merendam menggunakan air dingin agar bentuk taplak meja tetap sesuai aslinya dan tidak mengkerut.
  • Sebaiknya ketika mencuci, Anda memisahkan taplak warna lembut dan putih dengan taplak berwarna-warni untuk menghindari lunturnya warna.
  • Jika terdapat variasi pada taplak, sebaiknya kucek taplak menggunakan tangan atau gunakan mesin cuci putaran minimum agar variasi pada taplak tidak rusak.
  • Pastikan Anda tidak menjemur menghadap matahari langsung agar warna taplak tidak mudah kusam.
  • Agar tidak menimbulkan garis-garis, pastikan Anda menyimpan taplak dengan cara digulung. Motif garis akan merusak tampilan taplak.

10 Taplak meja terbaik untuk kebutuhan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang taplak meja serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi taplak meja terbaik dari berbagai merek berikut ini:



10. Taplak Meja Lucky Bird

taplak_meja_lucky_bird

Harga : Rp 30.900

Taplak meja dari bahan PVC yang anti air

Lucky Bird menghadirkan taplak meja dari bahan PVC yang tebal. Untuk menambah keeleganannya, taplak ini dilengkapi motif bunga dengan warna yang lembut yang membuat pemandangnya merasa nyaman.

Jika dilihat dari bahannya, taplak ini cocok diletakkan di meja makan dan dapur, karena bersifat anti gores dan anti air sehingga Anda tidak perlu khawatir akan sering mencuci. Taplak ini berbentuk persegi panjang sehingga cocok digunakan untuk meja dengan bentuk tersebut.

Sedangkan, ukuran taplak meja Lucky Birdini 120cm x 152cm d meengan berat sebesar 390 gram. Anda bisa membeli taplak meja ini di Lazada.

9. Taplak Meja Ellenov

taplak_meja_ellenov

Harga : Rp 45.858

Desain 2 in 1 dengan kualitas bahan terbaik

Taplak meja dari Ellenov ini memiliki keunikan yakni memiliki dua motif yang berbeda di setiap sisi. Dengan perbedaan motif tersebut maka taplak ini dapat digunakan bolak-balik sesuai selera.

Ellenov terbuat dari bahan katun berkualitas tinggi yakni katun catra yang membuat taplak memiliki tekstur halus, lembut, dan tidak berbulu. Warnanya termasuk dalam warna netral sehingga cocok dipadukan dengan warna apapun.

Selain itu, taplak ini tersedia dalam delapan ukuran, mulai dari 35×120 hingga 240 cm dan 37×120 hingga 240 cm. Anda bisa menggunakan taplak ini untuk mempercantik meja tamu dan meja makan. Anda bisa membeli taplak meja ini di Blibli.



8. Taplak Meja Loper Bordir

taplak_meja_loper_bordir

Harga : Rp 50.000

Motif bordir yang bisa membuat kesan elegan meja Anda

Taplak meja ini terlihat elegan karena dibuat dengan motif bordir. Warnanya yang cerah membuat taplak ini terlihat lebih ceria. Corak bunganya yang indah pun membuat tampilan meja menjadi semakin cantik.

Terbuat dari bahan katun yang membuat taplak meja ini mudah dibersihkan dari noda. Dilihat dari bentuknya, maka taplak meja ini sangat cocok digunakan untuk menghias meja tamu Anda yang berbentuk persegi panjang. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

7. Taplak Meja Trend D Home

taplak_meja_trend_d_home

Harga : Rp 147.000

Motif dan warnanya yang akan membuat meja Anda semakin wow

Tren D Home menawarkan kepada Anda taplak meja yang terlihat menawan. Perpaduan antara motif bunga dan warnanya yang lembut membuat tampilan meja tamu dan meja makan Anda terlihat semakin elegan.

Dibuat dengan variasi renda lace berukuran 3,5 cm dibagian tepi taplak yang membuatnya semakin cantik. Terbuat dari bahan katun polyester printed yang membuatnya terlihat terbuat dari bahan linen.

Memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran sebesar 150×180 cm. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

6. Taplak Meja Siying European Style

taplak_meja_siying_european_style

Harga : Rp 95.000

Taplak meja anti bocor dengan pola yang lucu



Taplak meja dari brand Siying ini memiliki ciri khas berupa pola yang lucu serta desain taplak yang mengikuti gaya eropa. Dengan pola yang lucu tersebut maka tidak hanya tamu Anda yang akan merasa nyaman, tetapi anak Anda juga akan semakin betah di rumah.

Disertai renda dibagian tepi taplak yang membuatnya terlihat semakin cantik. Terbuat dari bahan linen dengan komponen utamanya bahan katun. Berbentuk persegi dengan ukuran 60×60 cm. Anda bisa membeli taplak meja ini di JD.ID.

5. Taplak Meja Star Home

taplak_meja_star_home

Harga : Rp 26.000

Memberikan kesan modern dan cantik pada meja Anda

Hampir sama dengan taplak meja dari Lucky Bird, taplak meja ini juga terbuat dari bahan plastik anti air yang biasa dikenal dengan istilah Peva. Selain itu, bahan taplak meja ini juga dapat digunting sehingga Anda dapat menggunting taplak sesuai ukuran meja.

Dibuat dengan motif yang menarik dan colorful sehingga terkesan modern dan cantik. Kelebihan lainnya yakni taplak meja ini juga mudah dibersihkan dari noda baik menggunakan kain maupun sponge.

Taplak ini cocok digunakan untuk menutup meja makan Anda, dan tersedia dalam berbagai motif dengan ukuran 183×137 cm. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

4. Taplak Meja IKEA

taplak_meja_ikea

Harga : Rp 106.000



Taplak terbaik dengan kualitas material benang pilihan

IKEA termasuk dalam jajaran produk branded. Produk dari IKEA terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Sama halnya dengan produk IKEA lainnya, produk ini juga memiliki kualitas yang bagus, yakni terbuat dari bahan katun dengan material benang pilihan.

Pada tahap pewarnaan benang dari taplak meja ini dicelupkan dalam cairan warna khusus yang membuat taplak meja ini tidak mudah luntur meski berkali-kali dicuci.

Memiliki bentuk persegi panjang sehingga cocok diletakkan di meja tamu yang berukuran persegi panjang dengan ukuran 130 x 35 cm. Tersedia dalam tiga pilihan waarna yakni hitam, putih, dan krem. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

3. Taplak Meja Bahan Vinyl Anti slip

taplak_meja_bahan_vinyl_anti_slip

Harga : Rp 68.240

Memiliki fitur anti slip dan mudah dibersihkan

Taplak meja ini terbuat dari bahan vinyl yakni campuran PVC dan polyester yang ramah lingkungan. Dilengkapi dengan fitur anti slip yang membuat taplak tidak mudah bergeser ke berbagai tempat. Selain itu, taplak ini pun juga mudah dicuci.

Tidak hanya itu, taplak meja ini juga dilengkapi fitur tahan panas. Umumnya digunakan untuk trivet meja makan, alas piring, dan sendok garbu. Tersedia dalam dua ukuran yakni 135x30cm dan 180x30cm. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

2. Taplak Meja Meiwa

taplak_meja_meiwa

Harga : Rp 63.000



Terbuat dari bahan plastik yang tebal dan cocok untuk mendekorasi meja makan

Meiwa menyajikan taplak meja dari bahan plastik pilihan yang tebal. Meski terbuat dari bahan plastik, taplak ini juga dilengkapi dengan motif bunga. Karena terbuat dari bahan plastik maka Anda tidak perlu khawatir meja makan Anda akan mudah kotor.

Taplak meja ini cocok digunakan untuk meja makan bentuk persegi panjang dengan enam kursi. Dan, yang menarik meja makan Anda akan terlihat indah dan praktis. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

1. Taplak Meja IKEA 365

taplak_meja_ikea_365

Harga : Rp 299.000

Taplak meja dengan nuansa klasik dan elegan

Kualitas bahan dari produk ini sama dengan produk IKEA sebelumnya. Terbuat dari bahan katun dengan material benang pilihan. Selain itu, bahannya pun juga ramah lingkungan sehingga mudah didaur ulang.

Warna dasar taplak meja ini putih, dan dibuat dengan motif kotak-kotak warna hitam yang dapat memunculkan nuansa berbeda dengan berbau klasik yang elegan. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran 145×240 cm. Anda bisa membeli taplak meja ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan ketika memilih taplak meja dengan kualitas terbaik adalah bahan, warna, motif, dan ukuran.
  • Setelah membeli taplak, sebaiknya Anda memperhatikan cara perawatannya, agar taplak yang Anda miliki tidak mudah rusak dan kusam.
  • Anda bisa memilih taplak meja Siying European Style,karena taplak meja ini terbuat dari bahan linen yang mudah dicuci serta memiliki pola yang lucu.
  • Jika Anda menginginkan taplak meja dengan desain warna yang berbeda di setiap sisi, sehingga Anda seolah-olah memiliki dua taplak yang berbeda, maka Anda bisa memilih taplak meja dari Ellnov.
  • Namun, jika Anda menginginkan taplak dengan kualitas yang bagus dan branded, maka Anda bisa memilih taplak IKEA 365.

Referensi

  1. Dumb litle man (2016), How to Choose the Best Table Linen and TableCloths,
    https://www.dumblittleman.com/best-table-linens/
  2. Orami (2016), Tips Merawat Taplak Meja,
    https://parenting.orami.co.id/magazine/tips-merawat-taplak-meja



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Taplak Meja Terbaik Untuk Kebutuhan Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »