Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


1 February 2021

10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi sebagai Pilihan Alternatif Pengganti ASI

By Cekresi .com
10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi sebagai Pilihan Alternatif Pengganti ASI


Semua nutrisi yang dibutuhkan bayi didapatkan melalui ASI. Namun karena beberapa alasan, para bunda terkadang tidak dapat memberikannya. Alternatif yang dapat dilakukan, yakni dengan memberikan susu formula sebagai pengganti ASI.



Susu formula tersedia dalam beragam varian dengan kandungan yang berbeda-beda. Karena itu, Anda harus selektif saat akan menentukan susu formula yang tepat untuk bayi Anda. Pastikan Anda memperhatikan komposisi nutrisi yang ada pada produknya sebelum membeli.

Untuk itu, kami menyajikan informasi mengenai beberapa susu formula terbaik untuk bayi sebagai pilihan alternatif pengganti ASI lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai susu formula untuk bayi.

Pilih jenis susu formula yang tepat untuk bayi Anda

Susu formula umumnya terdiri atas tiga macam, yakni susu formula sapi, susu formula soya, dan susu formula dengan formula khusus. Ketika memilih jenis susu formula tersebut, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda.

Berikut kami akan memberikan penjelasan dan tips mengenai cara memilih jenis susu formula yang tepat.

Pertama, susu formula sapi. Jenis susu formula ini merupakan jenis susu formula yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Susu formula ini mengandung nutrisi yang sama dengan nutrisi yang terdapat pada asi.

Selain itu, jika dilihat dari segi harga, susu formula jenis ini juga lebih murah dibandingkan susu formula jenis lain. Oleh karena itu, banyak dokter yang lebih menyarankan susu formula sapi dibandingkan dengan susu formula lain.

Kedua, susu formula soya. Susu formula ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki bayi yang alergi terhadap zat tertentu. Misalnya, zat yang terdapat pada susu formula sapi yakni laktosa.

Jika bayi Anda mengalami hal tersebut, solusi yang dapat dilakukan yakni dengan memilih susu formula soya. Susu formula ini terbuat dari kedelai sehingga dapat dipastikan tidak mengandung laktosa seperti yang terdapat pada sapi.



Namun sayangnya, jenis susu ini umumnya diperuntukkan untuk anak usia 6 bulan ke atas. Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu untuk memberikannya pada anak usia 6 bulan ke bawah.

Ketiga, susu formula khusus. Jenis susu formula ini juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki bayi yang alergi terhadap zat tertentu. Kelebihan dari susu formula ini yakni mengandung nutrisi yang telah terhidrolisis sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi.

Selain itu, dibandingkan dengan susu formula soya, susu formula ini jauh lebih baik karena dibuat khusus dengan menghilangkan senyawa yang bersifat alergen. Selain itu, susu formula ini juga dilengkapi probiotik dan prebiotik yang baik untuk kesehatan usus mereka.

Pilih susu formula dengan komposisi bahan yang berkualitas

Setiap brand susu formula pastinya berlomba-lomba untuk membuat produknya unggul dari produk yang lain. Hingga akhirnya kini telah banyak brand susu formula yang menawarkan produk dengan zat tambahan yang baik untuk pertumbuhan bayi Anda.

Misalkan, AA, DHA, probiotik, dan nukleotida. Semua bahan tersebut umumnya ditambahkan pada susu formula di mana dengan adanya zat tersebut bayi Anda akan memiliki daya tangkap yang cepat, sistem pencernaan yang sehat, serta sistem imun yang baik.

Namun yang perlu Anda ingat adalah pastikan susu formula tersebut diperkaya akan zat besi, karena seperti halnya orang dewasa, anak-anak khususnya anak usia 0-1 tahun juga membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Hal tersebut diperkuat dari pendapat American Academy of Pediatrics yang menjelaskan bahwa, semua bayi yang tidak mendapatkan ASI wajib mendapatkan susu formula yang kaya akan zat besi agar terhindar dari anemia.



Oleh karena itu, ketika membeli susu formula upayakan untuk memilih susu formula yang dilengkapi dengan zat tambahan yang baik untuk pertumbuhan serta kaya akan zat besi agar terhindar dari anemia.

Pilih kemasan yang praktis dan ekonomis

Susu formula umumnya dibuat dalam dua kemasan. Setiap kemasan tersebut tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Anda dapat memilihnya sesuai selera namun tetap harus mempertimbangkan segi kepraktisan dan keekonomisannya.

Susu dengan kemasan kaleng dapat dijadikan rekomendasi terbaik ketika baru membeli susu formula untuk bayi. Kaleng yang didapatkan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai wadah ketika membeli susu selanjutnya.

Selain itu, bahan kaleng juga lebih ramah lingkungan dan tidak mudah tumpah. Namun sayangnya, bahan kaleng umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal serta cenderung berat sehingga kurang praktis untuk dibawa bepergian.

Sedangkan untuk kemasan plastik cenderung lebih praktis dan ekonomis. Susu formula kemasan ini umumnya dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu, bobotnya juga ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Cara menyimpan susu formula

Ketika Anda sudah memutuskan untuk memberikan susu formula kepada bayi Anda, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara menyimpan susu formula tersebut agar lebih aman dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

  • Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan wadah susu formula Anda. Bersihkan bagian luar kaleng dengan menggunakan kain bersih agar terhindar dari debu. Jangan membersihkan menggunakan spon karena spon banyak terinfeksi kuman.
  • Pastikan Anda mencuci pembuka kaleng susu formula dengan air panas yang telah dicampur dengan sabun agar sisa susu yang menempel tidak menimbulkan tumbuhnya jamur dan bakteri lain.
  • Simpan susu formula yang masih belum dibuka pada suhu kamar. Pastikan Anda menjauhkan dari suhu ekstrim dan sinar matahari langsung.
  • Jika Anda telah membuka susu formula, maka simpan susu formula tersebut pada tempat yang sejuk. Jangan menyimpannya di lemari es karena akan membuatnya mudah menggumpal.
  • Pastikan Anda menyimpan susu formula dengan hati-hati, dan pastikan tidak penyok. Kaleng yang penyok akan membuat wadah mudah mengalami perkaratan

10 Susu formula terbaik untuk bayi sebagai pilihan alternatif pengganti ASI

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang susu formula beserta cara menyimpannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi sebagai pilihan alternatif pengganti ASI dari berbagai merek berikut ini:



10. Enfamil A+ Gentle Care

enfamil_a_gentle_care

Harga : Rp 362.000

Susu formula yang baik untuk perkembangan otak bayi

Enfamil A+ merupakan produk susu formula yang dikeluarkan oleh Mead Johnson. Produk ini dibuat khusus untuk bayi berusia 0-6 bulan. Dibuat dalam kemasan kaleng yang aman dan tidak mudah tumpah.

Dari segi komposisi, susu formula bayi ini dibuat dengan formula khusus yang dilengkapi protein kasein dan whey yang baik untuk pertumbuhan tulang serta dapat membuat bayi Anda memiliki sitem kekebalan tubuh yang baik.

Selain itu, susu formula ini juga dilengkapi AA dan DHA yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Dibuat dalam ukuran 900 gram yang tergolong ukuran besar sehingga Anda tidak perlu berkali-kali membelinya. Anda bisa membeli susu formula ini di Shopee.

9. Nutramigen LGG

nutramigen_lgg

Harga : Rp 275.000

Susu formula khusus cocok untuk si kecil yang alergi susu sapi

Nutramigen LGG menawarkan susu formula bagi Anda yang sedang mencari susu formula untuk bayi yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Susu formula ini dibuat dengan formula khusus karena dibuat dengan protein yang telah terhidrolisa secara ekstensif.

Produk ini dibuat khusus untuk bayi usia 0-12 bulan. Dengan mengkonsumsi susu formula ini selama 12 bulan, bayi Anda akan terhindar dari resiko alergi terhadap susu sapi karena telah teruji klinis mampu menurunkan reaksi alergi terhadap protein susu sapi.



Dibuat dalam ukuran 400 gram yang praktis sehingga Anda dapat dengan mudah membawanya ketika bepergian. Namun ingat, ketika membelinya Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Anda bisa membeli susu formula ini di Shopee.

8. Morinaga BMT 1

morinaga_bmt_1

Harga : Rp 84.699

Kaya akan laktuferin yang baik untuk sistem imun si kecil

Produk susu formula asal Jepang ini dibuat khusus untuk bayi usia 0-6 bulan. Dibuat dengan formula khusus yang kaya akan laktoferin yang akan membuat buah hati Anda aman dari kuman karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus.

Selain itu, susu formula ini juga kaya akan laktulosa dan prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan bayi Anda. Dengan susu formula morinaga ini tumbuh kembang buah hati Anda akan lebih optimal.

Tersedia dalam ukuran 400 gram dalam wadah plastik yang dilengkapi kardus, sehingga cenderung lebih praktis dan ekonomis. Anda bisa membeli susu formula ini di Shopee.

7. Susu formula S-26 Promil

susu_formula_s_26_promil

Harga : Rp 101.000

Kaya akan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak

Susu formula S-26 Promil ini merupakan produk dari PT Wyeth Nutrition. Dibuat khusus untuk anak usia 0-6 bulan yang kaya akan nutrisi esensial yang penting untuk tumbuh kembang anak.



Sama halnya dengan susu formula lainnya, susu formula ini juga dilengkapi whey, AA, dan DHA. Perbedaannya terletak pada kandungan whey dengan kadar mineral yang rendah serta dibuat tanpa lemak.

Susu formula ini telah teruji kualitasnya. Hal tersebut dibuktikan dengan lolosnya susu ini dari uji BPOM dan MUI. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tumbuh kembang anak Anda akan terganggu. Anda bisa membeli susu formula ini di Lazada.

6. Frisian Flag

frisian_flag

Harga : Rp 71.000

Harga ekonomis dan kaya nutrisi

Frisian Flag telah menjadi brand susu yang mendunia. Tidak hanya menyediakan susu untuk orang dewasa, ternyata brand ini juga menyediakan susu untuk bayi. Dan produk yang kami rekomendasikan ini dibuat khusus untuk bayi usia 0-6 bulan.

Meski harganya sangat ekonomis, namun kandungan susu formula ini juga tidak kalah dengan susu formula lainnya. Susu formula ini juga mengandung kalsium, omega, DHA, FOS, protein, dan kolin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Selain itu, produk dari Frisian Flag ini juga kaya akan zat besi yang akan membuat bayi Anda terhindar dari anemia. Dibuat dalam ukuran 800 gram dengan wadah yang praktis. Anda bisa membeli susu formula ini di Shopee.

5. Similac Neo Sure

similac_neosure

Harga : Rp 155.000



Cocok untuk Anda yang memiliki bayi lahir prematur

Berbeda dengan susu formula lainnya, susu formula Similac Neosure ini dibuat dengan formula khusus untuk bayi lahir prematur. Susu formula ini mengandung 12 Vitamin dan 11 mineral yang akan membuat bayi Anda tumbuh lebih optimal.

Selain itu, susu formula ini juga dilengkapi AA, DHA, dan nukleotida yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Jadi dengan susu formula ini, selain bayi Anda akan mendapatkan nutrisi yang cukup, perkembangan otaknya juga akan tetap terjaga dengan baik.

Dibuat khusus untuk bayi usia 0-12 bulan. Didesain praktis dengan kemasan kaleng ukuran 370 gram yang praktis. Anda bisa membeli susu formula ini di Shopee.

4. Nutribaby Royal

nutribaby_royal

Harga : Rp 190.000

Baik untuk sistem imun dan pencernaan bayi

Nutribaby ternyata tidak hanya mengeluarkan produk susu dari sapi namun juga dari kedelai. Karena dibuat dari kedelai maka susu formula ini sangat cocok jika digunakan untuk bayi yang alergi terhadap kandungan laktosa pada susu sapi.

Pada kemasan produk ini terdapat label acti duobio yang berarti cukup baik bagi sistem imun, sistem pencernaan, serta perkembangan otak si kecil. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan DHA, omega 3, omega 6, zat besi, vitamin C, dan vitamin E pada susu ini.

Karena tahap 2 maka susu ini dibuat untuk bayi usia 6-12 bulan. Dibuat dalam kemasan yang praktis serta volume yang sedang. Anda bisa membeli susu formula ini di Lazada.



3. Nestle Lactogen 2

nestle_lactogen_2

Harga : Rp 106.100

Kaya akan zat besi dan menyehatkan

Produk dari Nestle ini merupakan produk susu formula untuk anak usia 6-12 bulan. Memiliki kelebihan yakni kaya dalam hal kandungan zat besi yang dapat membuat buah hati Anda terhindar dari anemia.

Selain itu, susu formula ini juga mengandung 12 vitamin dan 11 mineral yang baik untuk pertumbuhan bayi Anda. Tidak hanya itu, produk ini ternyata juga mengandung Lactobacillus reuteri yang dapat menjaga saluran cerna bayi Anda tetap terjaga dengan baik.

Telah terbukti halal karena telah lolos uji MUI. Tersedia dalam ukuran 750 gram. Anda bisa membeli susu formula ini di Lazada.

2. Susu Formula SGM

susu_formula_sgm_1000_gr

Harga : Rp 84.650

Susu formula untuk pertumbuhan yang lebih optimal

Brand SGM telah menjadi brand yang melegenda, sehingga tidak heran jika banyak para bunda yang memilih brand dari SGM ini. Selain itu, harga yang ditawarkan juga ekonomis, sehingga cocok digunakan untuk masyarakat di semua kalangan.

Tidak hanya itu, kandungan dari susu SGM ini juga baik. Hal ini terbukti dengan adanya kandungan DHA, AA, protein whey, campuran minyak nabati, laktosa, fos-inulin, dan vitamin yang umumnya ada pada produk sebelumnya.

Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa kualitas dari susu SGM ini juga tidak kalah dari susu formula lainnya. Anda bisa membeli susu formula ini di Blibli.



1. Bebelove Gold

bebelove_gold

Harga : Rp 125.000

Rasa lebih nikmat, kandungan gizi pun seimbang

Bebelove Gold menawarkan produk susu formula yang berkualitas. Tidak hanya dari segi kandungan gizi, rasa dari susu ini juga lebih nikmat sehingga dapat dipastikan buah hati Anda akan sangat menyukainya.

Dari segi kandungan gizi, susu formula ini dibuat dengan kandungan FOS GOS yang baik untuk kebutuhan serat bayi Anda. Selain itu, susu formula ini juga banyak mengandung kalsium, zat besi, dan zinc yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Tidak hanya itu, susu formula ini juga mengandung minyak ikan yang bagus untuk pertumbuhannya. Anda bisa membeli susu formula ini di Blibli.

Kesimpulan

  • Ketika membeli susu formula sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis susu formula, komposisi bahan, serta jenis kemasannya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara penyimpanannya agar lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih susu formula Enfamil A+, karena susu formula ini dibuat dengan kandungan gizi yang baik serta kemasan yang praktis.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih susu formula Bebelove Gold, karena selain berkualitas susu ini juga dibuat dengan rasa yang nikmat.
  • Namun, jika buah hati Anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, maka Anda bisa memilih susu formula Nutramigen LGG, karena susu formula ini dibuat khusus dengan formula yang membuat buah hati Anda terhindar dari resiko alergi.

Referensi

  1. Brennand, D (2019), Tips to Choose Baby Formula,
    https://www.webmd.com/parenting/baby/choosing-a-formula#2 https://www.wikihow.com/Store-Baby-Formula



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja MPASI Susu Bayi Susu Formula


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi sebagai Pilihan Alternatif Pengganti ASI", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »