Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 August 2021

10 Step Skincare Korea: Wujudkan Impian Glass Skin

By Cekresi .com
10 Step Skincare Korea: Wujudkan Impian Glass Skin


Saat ini, semakin banyak wanita yang peduli kecantikan kulitnya, sehingga tertarik menerapkan 10 step skincare Korea. Penampilan para artis korea yang terkenal dengan kulit halus mulus sebening kaca, membuat para penggemar bersemangat mengikuti skincare routine mereka.



Pengaruh budaya dari Negeri Ginseng ini memang sangat kuat, terutama bagi remaja dan wanita muda. Tidak hanya gaya berpakaian dan selera kuliner saja, rutinitas perawatan wajah ala wanita Korea pun kini menjadi tren.

Pilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Sebagai organ terluar dari tubuh yang menghadang paparan polusi maupun perubahan cuaca, kulit memang sudah sepantasnya mendapatkan perhatian penuh. Jika tidak, kulit akan menjadi kusam, bersisik, dan timbul masalah lainnya yang membuatnya mengalami penuaan dini.

Merawat kulit bukan merupakan kegiatan instan dan langsung tampak hasilnya. Seperti halnya step skincare Korea pagi dan malam yang harus Anda lakukan secara rutin sebelum menghasilkan glass skin. Selain itu, perlu juga jeli dalam memilih skincare yang tepat.

Jadi, adalah hal penting untuk memperhatikan jenis kulit sebelum memutuskan membeli produk skincare.

  • Kulit berminyak

Pada orang dengan jenis kulit berminyak, terjadi produksi sebum yang berlebihan, sehingga kulit tampak mengkilap dan mudah berjerawat. Untuk perawatan tepat adalah menggunakan produk yang mampu mengontrol dan mengurangi produksi minyak alami kulit tersebut.

Produk skincare untuk kulit berminyak umumnya berbahan dasar air dan tidak mengandung alkohol, sehingga tidak memperparah iritasi akibat jerawat. Pilih pelembap yang memiliki formula non komedogenik, sekaligus mengandung tabir surya.

  • Kulit kering

Bagi orang yang memiliki jenis kulit kering, tentunya step skincare Korea yang perlu dipilih adalah golongan produk dengan daya hidrasi memadai. Anda perlu menjaga agar kulit tetap lembap, sehingga tidak tampak kusam dan muncul garis halus tanda penuaan dini.

Beberapa jenis produk dengan bahan dasar jojoba atau shea butter memiliki daya hidrasi tinggi, sehingga merupakan sahabat bagi kulit kering. Anda disarankan untuk memilih jenis krim atau salep dibandingkan dengan lotion, agar hasilnya optimal.



  • Kulit sensitif

Berbeda dengan kedua jenis lainnya, orang dengan kulit sensitif memang harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Akan lebih aman jika memilih step skincare korea khusus untuk kulit yang mudah alergi dan bereaksi terhadap jenis bahan tertentu ini.

Tetap menghidrasi kulit agar terjaga kelembapannya sangatlah penting. Namun, pilih jenis produk yang tidak terlalu banyak penambahan bahan kimia. Produk dengan bahan dasar lidah buaya, chamomile, dan shea butter dapat membantu menenangkan kulit.

Hal yang paling penting adalah menghindari memilih produk skincare hanya karena ikut-ikutan saja. Rekomendasi teman memang cukup memudahkan dalam mengetahui pilihan produk skincare. Namun, ingatlah selalu bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda.

Waspada bahan berbahaya dalam skincare

Siapa pun yang tertarik melakukan step skincare routine Korea ini pasti ingin mendapatkan hasil berupa kulit mulus seolah permukaan kaca (glass skin). Namun, tanpa pengetahuan yang memadai, Anda akan mudah terjerumus dalam memilih produk yang berbahaya bagi kesehatan.

Selalu perhatikan label pada kemasan produk skincare yang akan Anda beli. Jangan memilih perawatan kulit wajah yang mengandung paraben, sodium lauryl sulfate, formaldehida, PEG dan zat berbahaya lainnya.

Sangat penting mengecek skincare yang dipakai telah memiliki izin resmi dari lembaga kesehatan untuk memastikan keamanannya. Skincare yang telah teruji dan tersertifikasi akan memberikan rasa aman yang lebih saat memakainya.

Hindari menggunakan skincare kedaluwarsa

Produk perawatan kulit yang sudah expired juga dapat mengakibatkan kerusakan pada wajah Anda. Oleh sebab itu, perhatikan label untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya. Perhatikan juga jangka waktu pemakaian produk tersebut setelah dibuka.



Period After Opening (PAO) merupakan jangka waktu aman penggunaan suatu produk kecantikan setelah kemasannya dibuka. Contohnya pelembap, biasanya memiliki jangka waktu pemakaian enam bulan setelah Anda membuka kemasannya.

Apabila melewati waktu itu, sebaiknya produk dibuang, meskipun tanggal kedaluwarsanya masih lama. Pemakaian melewati waktu tersebut dapat mengakibatkan iritasi maupun reaksi alergi yang merusak kulit.

Lakukan uji terlebih dahulu

Bisa jadi suatu produk untuk menjalani rutinitas step skincare Korea tampak cocok bagi kita. Dilihat dari labelnya, semua bahan mungkin terlihat cocok dan aman. Namun, tetap perlu adanya tes uji coba pemakaian. Waspadai reaksi kulit pada saat pemakaian pertama.

Apabila terjadi reaksi alergi seperti kemerahan, iritasi, dan gatal, segera hentikan pemakaian. Pastikan Anda memahami beda antara purging dan breakout untuk dapat mendeteksi reaksi kulit.

Purging adalah bentuk proses adaptasi kulit terhadap zat aktif skincare. Saat purging ini, kulit akan mengalami pengelupasan sel kulit mati untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, sebelum proses pengelupasan, biasanya minyak dalam kulit keluar dalam bentuk jerawat.

Adapun breakout adalah kondisi penolakan kulit terhadap skincare akibat ada zat yang tidak cocok. Jerawat bisa muncul di seluruh muka dan biasanya sembuh dalam waktu hingga melewati satu bulan lamanya.

Ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui dengan pasti kondisi kulit. Konsultasikan juga kira-kira jenis skincare mana yang cocok untuk Anda.



Lakukan perawatan wajah secara rutin

Salah satu ciri khas dari 10 step Korean skincare routine adalah dengan melakukannya secara telaten setiap hari. Para wanita Korea menyisihkan cukup waktu untuk melakukan ritual perawatan kulit tahap demi tahap setiap harinya.

Sebaiknya Anda pun begitu. Hindari mengharapkan hasil instan hingga membuat Anda tergoda menggunakan produk yang menggembar-gemborkan hasil cepat sekejap. Umumya produk tersebut menggunakan bahan berbahaya bagi kulit.

Oleh sebab itu, jadikan langkah-langkah perawatan kulit ala Korea ini sebagai rutinitas yang menjadi kebiasaan baik. Dengan demikian, Anda bisa meraih glass skin, yaitu kulit bening, mulus dan tampak nyaris tanpa pori.

Rekomendasi produk 10 step skincare Korea

Ciri khas cantik ala Korea adalah tata rias natural. Maka dari itu, kesehatan dan kecantikan kulit justru menjadi poin utama. kuncinya adalah telaten melakukan sepuluh langkah rutinitas perawatan kulit dengan produk pilihan ini.

1. Banila Cleansing Balm

 

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-1

Harga : Rp 185.000

Pembersihan menyeluruh untuk mengangkat makeup, sebum, dan polusi

Step pertama adalah melakukan pembersihan wajah secara optimal. ini merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah munculnya keluhan pada wajah. Agar hasilnya benar-benar bersih, biasakan menerapkan pembersihan wajah double cleansing.

Gunakan produk oil cleanser dan facial foam. Pertama, bersihkan riasan mata terlebih dahulu menggunakan micellar water, kemudian oleskan cleanser oil pada wajah dan pijat dengan lembut. Selain cleansing oil, Anda juga bisa menggunakan cleansing balm Banila ini.



Produk permbersih berbahan dasar minyak ini efektif mengangkat makeup, sebum, dan polusi yang menempel pada wajah. Setelah melakukan pijatan lembut secara menyeluruh, bilas dengan air untuk meluruhkan kotoran. Anda bisa melakukan rutinitas ini pada pagi dan malam hari.

Tekstur produk ini sangat lembut dan terasa ringan di wajah. Keunggulan lainnya adalah nyaris tanpa aroma parfum. Anda yang sangat alergi terhadap wewangian bisa merasa aman saat menggunakannya.

Selain itu, produk ini tidak terasa greasy dan mampu mengangkat makeup waterproof sekalipun. Cleansing balm ini juga tersedia versi ukuran mini, cocok untuk Anda yang ingin mencobanya dahulu.

2. Innisfree Green Tea Cleansing Water

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-2

Harga : Rp 165.000

Efektif mengangkat kotoran berupa endapan keringat dan debu

Rekomendasi rangkaian produk 10 step skincare Korea untuk langkah kedua adalah menggunakan Innisfree Gren Tea Cleansing Water. Ini merupakan produk pembersih berbasis air. Untuk melengkapi step pertama tadi.

Fungsi dari produk ini adalah mengangkat kotoran yang tidak larut terhadap minyak, melainkan harus menggunakan produk berbasis air. Contohnya adalah endapan keringat dan debu. Cara pemakaiannya mengaplikasikan pada wajah dan membilas dengan air suam-suam kuku.

Produk pembersih wajah berbahan dasar air dari Inisfree ini sangat cocok untuk kulit kombinasi. Bahan utamanya adalah teh hijau organik dan witch hazel. Anda akan merasakan bersih optimal, mudah dibilas, dan memberi kelembapan pada kulit.



3. Laneige Clear C Peeling Mask

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-3

Harga : Rp 210.000

Peeling mask dengan tipe wash-off

Step skincare Korea selanjutnya adalah rutinitas ekfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Pilihan produknya bisa menggunakan Laneige Clear C Peeling Mask ini. Tujuannya adalah kulit halus, lembut, dan membuatnya lembap.

Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk di wajah akan dapat menyumbat pori-porinya. Akibatnya, kulit akan tampak kusam dan berisiko timbul jerawat. Itulah sebabnya, menggunakan peeling mask merupakan rutinitas penting yang dilakukan satu atau dua minggu sekali.

Produk untuk eksfoliasi dari Lanegie ini cukup lembut saat digunakan. Setelah pembersihan optimal di dua lagkah sebelumnya, wash-off peeling mask ini membantu mengangkat sel kulit mati dan menghaluskannya berkat kandungan biji raspberry.

4. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Toner

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-4

Harga : Rp 209.900

Memiliki kandungan volcanic ash dari Jeju Island

Langkah keempat dalam step skincare Korea adalah mengangkat sisa kotoran dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit selanjutnya. Toner adalah jenis produk yang digunakan pada tahap ini.

Rekomendasi pilihan produknya adalah Jeju Volcanic Lava Toner dari The Face Shop. Kandungan abu vulkanik dari Pulau Jeju ini mampu membuat kulit menjadi selembut sutera tanpa membuatnya menjadi terlalu berminyak.



Setelah membersihkan wajah dengan beberapa langkah, kemudian diakhiri mengaplikasikan toner, maka kulit Anda akan siap untuk memulai rutinitas skincare lanjutan.

5. SK II Facial Treatment Essence

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-5

Harga : Rp 269.000

Menyempurnakan tampilan kulit dengan meremajakannya

Para wanita korea tidak melupakan pengaplikasian essence pada langkah perwatan kulit rutin mereka. Untuk itu, agar kulit Anda bening dan halus, gunakan produk perawatan dari SK II ini.

Fungsinya adalah melembutkan wajah dengan mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda dan kerutan halus. Produk ini dapat meremajakan kulit dan menghindarkan dari terjadinya penuaan dini.

Gunakan produk essence SK II ini secara rutin setiap hari agar glass skin ala artis Korea dapat Anda miliki.

6. IUNIK Propolis Vitamin Sinergy Serum

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-6

Harga : Rp 171.000

Tidak hanya menutrisi, tetapi juga mencerahkan

Step skincare Korea selanjutnya adalah mengoleskan serum pada wajah. Tujuannya untuk memberikan nutrisi optimal pada kulit. Produk rekomendasi untuk tahapan ini adalah IUNIK Propolis Vitamin Synergi serum.

Kandungan utama dari produk ini adalah perpaduan dari propolis dan vitamin c yang membantu kulit tampak lebih cerah. Selain itu, produk tersebut juga mampu menenangkan kulit yang stres akibat paparan sinar matahari dan polusi.



Anda tidak perlu khawatir akan terjadi reaksi alergi pada penggunaan produk ini. Serum dari IUNIK tersebut relatif ringan dan aman digunakan untuk jenis kulit sensitif sekalipun.

7. Nature Republic Real Nature Aloe Sheet Mask

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-7

Harga : Rp 18.000

Menutrisi kulit dengan bahan alami

Satu yang tidak pernah ketinggalan dalam Korean skincare routine adalah memakai masker wajah berbentuk lembaran ini. Nature Republic memiliki serangkaian varian sheet mask, mulai dari rose, avocado, shea butter, tomato, cucumber, chamomile, aloe vera, dan lainnya.

Pilihan varian Aloe vera ini memiliki fungsi memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, dapat juga menenangkan kulit yang kemerahan akibat sengatan sinar matahari. Anda akan merasakan sensasi menyegarkan dan kulit menjadi kenyal setelah pemakaiannya.

8. Innisfree Jeju Orchid Eye Cream

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-8

Harga : Rp 245.000

Step penting untuk perawatan kulit sekitar mata

Langkah kedelapan dalam rangkaian perawatan kulit ala Korea adalah menggunakan eye cream. Produk yang bisa Anda pilih yaitu buatan Innisfree yang terinspirasi anggrek Pulau Jeju. Manfaat krim ini adalah untuk melembapkan dan menutrisi kulit sensitif di sekitar mata.

Keunggulan krim ini adalah teksturnya yang halus dan ringan bagaikan sutera, tetapi mudah terserap kulit. Produk ini dapat membuat kulit di sekitar mata halus dan lebih kencang, hingga tampak lebih muda.



9. Mizon All In One Snail Repair Cream

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-9

Harga : Rp 265.000

Anti-aging yang mengandung snail mucus

Step skincare Korea yang selanjutnya adalah mengoleskan krim pelembap pada wajah. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung lendir bekicot dari Mizon ini. Bahan tersebut sudah terbukti mampu merangsang regenerasi sel kulit baru.

Manfaat lain produk ini selain melembapkan adalah menghilangkan noda hitam, bekas jerawat, dan juga mampu mengecilkan pori.

10. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50

foto-step-skincare-korea-wujudkan-impian-glass-skin-10

Harga : Rp 133.000

Melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB

Step terakhir dalam rangkaian perawatan kulit ala Korea ini tidak boleh dilupakan. Kerusakan kulit yang dapat diakibatkan oleh paparan UVA dan UVB dari matahari bisa memicu timbulnya noda hitam dan kulit kusam. Oleh sebab itu, gunakan krim dari COSRX ini.

Konsepnya adalah sun cream dengan efek melembabkan juga. Jadi, selain kulit aman terlindungi dari paparan sinar matahari, kelembapannya juga terjaga. Keunggulan lainnya adalah tekstur ringan dan aroma yang menyegarkan.

Kesimpulan

  • Saat akan membeli rangkaian skincare, pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Hindari membeli produk yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, sodium lauryl sulfate, dan formaldehida.
  • Lakukan step pembersihan wajah awal dengan menggunakan Banila Clean it Zero.
  • Untuk mengurangi kerutan halus dan menghindari munculnya tanda penuaan dini, gunakan SK II Treatment Essence.
  • Adapun sebagai perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, pilihan jatuh pada COSRX Aloe Soothing Sun Cream yang memiliki kandungan lidah buaya untuk melembabkan kulit.

Referensi

1. Livemore (2020), Tips To Choose Best Skincare Products According To Your Skin Types, https://www-livemorezone-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.livemorezone.com/do-more/how-to-choose-best-skincare-products/
2. American Society for Dermatological Surgery (2021), Choosing The Best Skin Care Products, https://www.asds.net/skin-experts/skin-care/choosing-the-best-skin-care-products
3. Shruti shukla (2020), How To Choose Your Skincare Products: An Expert Guide, https://m-femina-in.cdn.ampproject.org/v/s/m.femina.in/beauty/skin/how-to-choose-your-skincare-products-an-expert-guide-157344.amp



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja glass skin K-Beauty Kosmetik skincare


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Step Skincare Korea: Wujudkan Impian Glass Skin", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »