Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 May 2020

10 Sepeda MTB Profesional Terbaik

By Cekresi .com
Sepeda MTB Profesional Terbaik


MTB atau mountain bike merupakan sepeda yang dirancang khusus untuk menaklukkan rute-rute di daerah pegunungan yang tidak rata. Sepeda jenis ini sangat mengandalkan ketahanan, dan kualitas suspensi yang mumpuni supaya biker dapat bermanuver dengan baik.



Ada banyak merek dan jenis MTB yang dapat Anda temui dipasaran. Namun, untuk kebutuhan sepeda profesional, tidak semua tersedia di marketplace Indonesia. Dan, Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan dalam memilih sepeda yang tepat untuk kompetisi.

Karena itu, kami menyajikan beberapa sepeda MTB untuk para profesional atau pun pemula yang ingin mencoba menggeluti dunia mountain bike. Namun sebelumnya,kami akan berbagi informasi mengenai sepeda MTB serta cara perawatannya.

Kenali jenis MTB profesional yang akan Anda beli

Dalam Pemilihan sepeda MTB, Anda harus cermat mempertimbangkan beberapa hal, seperti gaya berkendara, fitur sepeda, kecocokan dengan tubuh, serta jenis sepeda apa yang paling sesuai untuk lintasan pegunungan yang ingin ditaklukkan. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis MTB yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan.

Pertama, Trail Bikes. Sepeda MTB jenis ini digunakan untuk melewati berbagai macam jalur di daerah pegunungan yang memiliki kontur tidak rata. Atau lebih tepatnya, MTB yang dipakai untuk memanjat serta menuruni gunung. Oleh karena itu, trail bikes dirancang dengan suspensi 120-140mm, sertahead-tube angle 67-69 derajat.

Kedua, All-Mountain Bikes. Anda akan membutuhkan sepeda jenis ini untuk menuruni jalur pegunungan yang sempit serta curam. Sepeda all-mountain dirancang untuk dapat mengatasi halangan seperti batu besar, batang pohon, serta akar pohon yang timbul.Dan, sepeda MTB ini memiliki tipe suspensi yang tinggi, yakni 140-170mm, serta head-tube angle 65-68 derajat.

Ketiga, Downhill Bikes. Anda akan sangat membutuhkan sepeda MTB super kuat dan ringan untuk menangani jalur downhill. Dalam olahraga yang satu ini, biker diharuskan melopat dari satu batu ke batu lain, dan menuruni jalur berbatu di pegunungan yang berbahaya. Downhill bikes umumnya memiliki suspensi hingga 200mm dan head-tube angle 63-65 derajat.

Pilih fitur suspensi MTB profesional sesuai dengan tipe lintasan

Suspensi sepeda MTB memiliki beberapa macam, yakni rigid, hardtail, serta full suspensions. Anda harus menyesuaikan dengan cermat jenis fitur suspensi dan karakter jalur yang akan dipakai. Sebab, kesalahan dalam hal suspensi dapat menyebabkan kecelakaan yang cukup menyakitkan.



Pada sepeda suspensi rigid, biker akan menerima semua beban tumbukan antara sepeda dengan tanah. Sepeda jenis ini tidak terlalu cocok untuk jalur pegunungan yang curam. Sedangkan MTB jenis hardtail, poisi suspensinya ada satu di bagian fork depan. Dengan suspensi jenis ini, beban tumbukan akan dikurangi dengan signifikan pada di bagian depan.

Kemudian, pada MTB full suspension memiliki suspensi pada bagian fork dan rear shock. Jadi, semua beban tumbukan di bagian depan dan belakang akan dikurangi sepenuhnya. Sepeda MTB bersuspensi ganda ini sangat sesuai untuk semua kebutuhan jalur, terutama untuk downhill.

Pilih frame terbaik yang kuat dan ringan

Anda akan membutuhkan frame yang super kuat serta ringan. Beberapa material yang umum dipakai untuk membuat frame sepeda MTB seperti aluminium alloy, titanium, hingga carbon fiber. Semua material tersebut memiliki karakteristik serupa, yakni kuat, ringan, dan tahan karat.

Namun, pemilihan frame sepeda MTB tidak hanya melulu soal material. Anda harus dengan cermat memilih geometri yang paling sesuai. Sebab, kemampuan suspensi serta upgrade fitur dari sepeda MTB sangat dipengaruhi oleh bentuk geometri frame-nya.

Pada umumnya, sepeda MTB memiliki karakteristik head-tube angle yang tinggi, yakni 63 hingga 69 derajat. Bila Anda membeli sepeda MTB secara parsial, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas frame dengan komponen lainnya, seperti roda dan sebagainya.

Pilih ukuran sesuai bentuk dan ukuran tubuh

Sebetulnya tidak ada cara khusus untuk memilih sepeda MTB yang pas dengan tubuh. Yang paling mengerti bahwa sepeda tersebut cocok atau tidak adalah Anda sendiri. Namun, untuk mengetahuinya, catat beberapa hal berikut ini :

  • Ketika menaiki sepeda MTB untuk pertama kali, perhatikan dan rasakan apakah bahu Anda sudah cukup rileks atau tidak, dengan posisi siku yang agak bengkok. Jika Anda tidak bisa merasa nyaman, maka Anda bisa memilih sepeda dengan jenis frame yang lain.
  • Kemudian, rasakan apakah saddle sepeda sudah cukup nyaman atau tidak. Sebab bentuk dan ukuran pinggul setiap orang itu berbeda. Memilih saddle yang salah akan mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman saat pemakaian.
  • Lalu, untuk pedal, pastikan lutut Anda tidak terlalu lurus atau terlalu bengkok pada saat menginjaknya. Poisi pedal yang terlalu lurus akan mengurangi keseimbangan, dan jika posisi lutut terlalu bengkok, Anda akan cepat merasa lelah.

Cocok atau tidaknya sepeda MTB dengan tubuh Anda sangat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran frame. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari hal ini lebih lanjut. Ukurlah tinggi badan dan panjang kaki sebelum memilih frame di toko sepeda atau di online marketplace.



Cara merawat sepeda MTB yang baik dan benar

Jalur pegunungan yang dilalui oleh sepeda MTB sering kali membuat beberapa komponen cukup kotor, baik karena debu, bahan organik seperti daun, maupun lumpur. Oleh karena itu, demi menjaga performa sepeda, Anda bisa melakukan beberapa perawatan sebagai berikut :

  • Usahakan Anda mencuci sepeda MTB setelah digunakan dan bersihkan kotoran yang menempel. Tapi, jangan lupa untuk melepas komponen, seperti spidometer, danV brakes supaya tidak rusak terkena air.
  • Jangan lupa untuk membersihkan rantai. Harap untuk tidak menyemprot dengan air, gunakan lap basah dan gosok hingga kotoran yang menempel berjatuhan.
  • Periksa bagian dan komponen pada sistem pengeremanan sepeda, sebab akan fatal bila Anda melalaikan satu hal ini. Dan, jika sepeda Anda menggunakan sistem pengereman yang agak rumit, maka Anda bisa membawanya ke bengkel sepeda.
  • Periksa tekanan ban sepeda secara rutin, baik sebelum atau pun setelah digunakan.

10 Sepeda MTB profesional terbaik

Setelah Anda mengetahui dan memahami beberapa hal tentang sepeda MTB beserta tata cara perawatannya. Perkenankan kami memberikan beberapa rekomendasi sepeda MTB terbaik yang bisa Anda temukan di marketplace Indonesia berikut ini :

10. Thrill Ricochet 4.0 T120AL

thrill_ricochet_4_0_t120al

Harga : Rp 8.351.000

Best star termountain bike untuk para pemula

Ini merupakan salah satu sepeda MTB dengan spesifikasi terbaik dengan harga dibawah 10 juta rupiah. Ricochet 4.0 adalah MTB berjenis all-mountain bikes dengan fitur full suspensions. Anda akan bisa menaklukkan berbagai macam rute pegunungan dengan sepeda ini.

Gearset yang diterapkan pada Richocet 4.0 adalah Shimano-Alivio 4020, tipe yang sering dipakai pada MTB kelas novice namun memiliki kualitas yang sangat baik. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, sepeda ini menggunakan DMN AOY-36 190mm yang merupakan kelas downhill. Anda bisa membeli MTB ini di Lazada.

9. Santa Cruz Hightower V2 CC X01

santa_cruz_hightower_v2_cc_x01

Harga : Rp 25.000.000

Membuat Anda lebih mudah untuk mencetak rekor time trial terbaik

Hightower V2 merupakan sepeda MTB yang dirancang khusus untuk meningkatkan potensi bermanuver Anda untuk melewati rintangan alam di pegunungan. MTB ini menggunakan teknologi fully suspensions 150mm dan 140mm, tipikal trail mountain bikes yang berfokus pada top speed dan time trial.



Hightower V2 tersedia dalam berbagai versi material, seperti aluminium alloy, carbon cc, serta carbon c. Sepeda MTB ini menggunakan frame dengan head-tube angle 65.5 derajat untuk semua model dan ukuran. Anda bisa membeli MTB ini di Bukalapak.

8. Giant Trance 4 27.5

giant_trance_4_27_5

Harga : Rp 15.274.000

Memudahkan Anda untuk melakukan manuver berkecepatan tinggi

Trance 4 merupakan MTB berjenis trail yang dirancang dengan teknologi terbaru dari Giant. Pada bagian frame, sepeda ini menggunakan ALUXX SL-grade aluminium yang terbuat dari kombinasi alloy 6061. MTB ini juga menerapkan fully suspensions 140mm dan 150mm SR Suntour Aion di bagian rear.

Trance 4 menggunakan 2×9-speed shifting Shimano Olivio serta RockShox Deluxe R untuk mount rear shock. Sepeda MTB Trance 4 didesain untuk dapat dengan mudah dikontrol serta dapat mencapai top speed dengan cepat. Anda bisa membeli MTB ini di Bukalapak.

7. YT Jeffsy 29 AL

yt_jeffsy_29_al

Harga : Rp 70.000.000

Cocok digunakan untuk kompetisi resmi para profesional

Jeffsy 29 AL merupakan jenis MTB yang sempurna untuk dipakai di berbagai kompetisi trail maupun downhill. Geometri sepeda MTB ini dirancang untuk mampu memaksimalkan potensi Anda ditanjakan. Selain itu, seat tube angle pada MTB ini dibuat supaya biker mampu bermanuver serta mempermudah positioning dan control.

Jeffsy 29 AL memadukan beberapa merek gearset dan wheelset yang biasa dipakai di berbagai kompetisi resmi, baik nasional maupun internasional seperti SRAM, Maxxis, Fox, dan Race Face. Secara umum, Jeffsy 29 AL telah memenuhi semua aspek sepeda untuk kompetisi. Anda bisa membeli MTB ini di Bukalapak.



6. Specialized Turbo Levo Comp 29

specialized_turbo_levo_comp_29

Harga : Rp 70.525.000

Dilengkapi dengan teknologi M2-Series Battery

Levo Comp 29 merupakan MTB dengan penggerak motor yang sangat mumpuni digunakan untuk menaklukkan rute-rute tersulit di Indonesia. Pada bagian motornya, Levo Comp 29 memakai teknologi terbaru, yakni Specialized 2.1 Custom RX Trail-tuned dengan kapasitas 250W dan Turbo M2-500 Battery.

Pada bagian frameset, MTB ini menggunakan Specialized M5 Premium fully sealed catridge bearings, dan fork RockShock Revelation Charger RC. Levo Comp 29 memiliki head tube angle 66 derajat, tipikal MTB trail yang sempurna. Anda bisa membeli MTB ini di Bukalapak.

5. GT Sanction PRO-27.5X

gt_sanction_pro_27_5x

Harga : Rp 38.290.000

Memudahkan Anda melawan gravitasi dan bebas bermanuver

Anda mungkin akan terskesan dengan kemampuan Sanction PRO pada percobaan pertama. MTB ini dirancang untuk memudahkan biker bermanuver dengan tajam di berbagai tikungan dan turunan tajam jalur pegunungan hutan tropis, terutama dikebanyakan rute di Indonesia.

Sanction PRO menggunakan frame COR Enduro 6069-T6 Alloy 160mm travel, dan fork Fox Racing Elite-36 Float 170mm. Dengan kombinasi ini, beban tumbukan pada sepeda saat turun dan melompat akan dikurangi dengan optimal. Untuk shifter, MTB ini menggunakan Shimano SLX/ SL-M7000 yang sangat mudah digunakan. Anda bis membeli MTB ini di Bukalapak.

4. Marin Alpine Trail 8

marin_alpine_trail_8

Harga : Rp 47.980.000

Membuat Anda lebih cepat saat menuruni bukit dan tebing curam



Alpine Trail 8 merupakan MTB yang sempurna untuk kompetisi trail dan downhill. Sepeda ini menggunakan frame 6061 aluminium dengan 150mm travel multitrack suspension. Sedangkan pada bagian fork, Alpine Trail 8 menerapkan Fox 36 160mm travel, serta shock Fox Float DPX2/ 3 position adjustment 205x65mm.

Sedangkan untuk geometri, Alpine Trail 8 memiliki head-tube angle 65 derajat. Namun, untuk effective seat-tube, MTB ini memiliki angle yang berbeda tergantung ukuran. Dan, bagian paling menarik dari Alpine Trail 8 adalah penggunaan teknologi rocker link tunggal yang membuat suspensi menjadi sangat lembut. Anda bisa membeli MTB ini di Bukalapak.

3. Polygon Collosus TX3

polygon_collosus_tx3

Harga : Rp 30.000.000

Tangguh dan stabil di jalur sempit hutan hujan pegunungan tropis

Collosus TX3 merupakan salah satu sepeda MTB terbaik keluaran Polygon. Walaupun beberapa biker memilih MTB impor yang berharga selangit, namun Collosus TX3 menawarkan performa menjanjikan dengan harga menengah, bahkan untuk kelas MTB profesional.

Collosus TX3 menggunakan frame bermaterial hydroformed ALX alloy dengan 140mm rear suspension. Pada bagian groupset-nya, MTB ini menerapkan Shimano SLX-XT yang berkualitas serta memiliki durabilitas yang sangat baik. Anda bisa membeli MTB ini di rodalink.

2. Polygon Collosus DFR

polygon_collosus_dfr

Harga : Rp 29.500.000

Ayunan pedal stabil, kontrol lebih mudah, dan memiliki kecepatan

Collosus DFR merupakan sepeda MTB yang dirancang khusus untuk tetap stabil disemua lompatan dan tumbukan. MTB ini juga bisa jadi sangat agresif dan dapat bermanuver dengan cepat serta stabil di jalur pegunungan single track.



Dengan frame ALX Alloy 180mm suspension, Anda tidak perlu meragukan performa Collosus DFR untuk menuruni jalur bukit yang curam/ downhill. Sedangkan pada bagian fork, MTB ini menggunakan RockShock Domain RC 180mm yang dapat meredam tumbukan dengan sempurna. Anda bisa membeli MTB ini di Blibli.

1. United Epsilon T6

united_epsilon_t6

Harga : Rp 33.530.000

Tetap stabil bermanuver di jalur paling terjal

Satu lagi sepeda MTB pabrikan United yang harus dipertimbangkan sebagai partner trailing Anda. Epilson T6 dirancang untuk dapat mempertahankan effective top speed dengan teknologi 11 opsi shifting Shimano Deore XT.

Selain menggunakan narrow wide chairing, Epilson T6 juga menerapkan rear derailure dengan teknologi shadow yang mampu mempertahankan posisi dan kecepatan bahkan saat terjadi goncangan keras. Anda bisa membeli MTB ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepeda MTB, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kegiatan yang akan Anda lakukan, sepertitrail, cross-country, atau pun downhill. Kemudian, periksa spesifikasi sepeda dengan cermat.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatan sepeda MTB agar performanya tetap terjaga, aman, dan nyaman ketika digunakan.
  • Anda bisa memilih sepeda MTB dari Polygon, karena sepeda ini merupakan salah satu brand asli terbaik Indonesia yang terkenal di dunia. Selain produknya yang berkualitas, Anda juga akan lebih mudah membeli spare-part-nya.
  • Sedangkan, untuk Anda yang membutuhkan MTB dengan spesifikasi all-mountain, Anda bisa memilih produk dari YT yang sudah teruji ketangguhan dan kualitas fitur sepedanya.
  • Namun, jika Anda ingin sepeda MTB dengan teknologi endurance dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa memilih sepeda MTB seperti Marin Alpine Trail 8.

Referensi

  1. REI, How to Choose Mountain Bikes, https://www.rei.com/learn/expert-advice/mountain-bike.html
  2. MBR (2020), Best Mountain Bike 2020 : All You Need to Know, https://www.mbr.co.uk/buyers_guide/best-mountain-bike-of-the-year-323484
  3. Bikeradar (2020), Best Mountain Bike 2020 : How to Choose the Right One for You, https://www.bikeradar.com/advice/buyers-guides/best-mountain-bike-how-to-choose-the-right-one-for-you/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sepeda MTB Profesional Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »