Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 November 2019

10 Sepeda Gunung Terbaik yang Paling Digemari Pesepeda

By Cekresi .com


Pada saat ini sepeda tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Jenis sepeda yang banyak dipakai adalah sepeda gunung, karena bentuknya yang tangguh dan andal digunakan dalam berbagai medan.



Banyak produsen sepeda gunung yang berinovasi agar produknya lebih canggih, futuristik, dan bahkan lebih unik. Tentunya harganya pun bervariatif, ada yang murah kisaran ratusan ribu dan ada pula yang harganya sampai dengan puluhan juta.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa sepeda gunung terbaik yang paling digemari pesepeda berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam jenis sepeda, desain dan spesifikasi sepeda gunung, serta perawatannya.

Mengenal jenis-jenis sepeda

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi tertua di dunia. Dalam perkembangannya, jenis sepeda telah mengalami metamorfosa, baik dalam sisi bentuk ataupun fungsi. Berikut ini jenis-jenis sepeda yang wajib Anda ketahui :

Pertama, sepeda onthel (sepeda unta/pit pancal). Sepeda yang satu ini mulai ada sekitar tahun 70-an yang fungsi utamanya seperti kendaraan bermotor pada jaman sekarang. Dengan ban berukuran 25 inci sepeda yang satu ini sangat kuat dan kokoh. Karakteristik sepeda onthel terlihat lebih klasik dan banyak digemari hingga sampai sekarang, terutama bagi para kolektor dan pecinta sepeda unik.

Kedua, sepeda fixie. Sepeda fixie adalah salah satu sepeda yang fixed gear, artinya sepeda ini tidak bisa di \kayuh secara mundur sehingga tidak bisa leluasa, karena jika dikayuh ke arah belakang akan membuat sepeda berjalan mundur atau berhenti. Sepeda yang satu ini juga termasuk sepeda yang unik dengan mekanisme fixed gear membuat sepeda yang satu ini memiliki penikmatnya sendiri.

Ketiga, sepeda lipat. Seperti namanya sepeda yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu memiliki engsel pada setiap rangkanya sehingga sepeda dapat dilipat. Karena itu, sepeda ini lebih praktis dan hemat tempat penyimpanan.

Keempat, sepeda BMX ( Bicycle Motocross). Sepeda yang satu ini sangat mudah dikenali dari bentuk rangka dan tempat duduk/sadel. Sepeda ini muncul di era kepopuleran olahraga Motocross. Sepeda ini sangat cocok digunakan di jalan yang terjal seperti olahraga motocross.



Kelima, sepeda hybrid. Sepeda yang satu ini adalah gabungan dari dua jenis sepeda yaitu sepeda gunung yang bergigi dan bisa di medan yang terjal, dengan sepeda balap yang ringan sehingga mempermudah berakslerasi di aspal. Sepeda ini diperuntukan bagi para pecinta kecepatan, namun tidak mengurangi tingkat kenyamanan saat bersepeda.

Keenam, sepeda balap. Seperti namanya sepeda yang satu ini diperuntukan untuk olahraga bersepeda yang biasanya diadakan di jalan raya yang telah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat digunakan berkompetisi.

Sepeda balap memiliki spesifikasi yang lengkap dan andal, mulai kerangka yang kokoh hingga pedal yang tangguh. Selain itu, sepeda ini biasanya dipakai secara khusus untuk para atlet sepeda.

Terakhir, sepeda gunung. Sepeda ini diperkenalkan sekitar tahun 70-an. Pada awalnya penciptanya tidak percaya diri dengan sepeda buatannya, tapi kemudian sepeda ini laris terjual hingga 80% di Amerika Serikat. Karakter sepeda gunung ini memiliki kerangka yang terbuat dari baja, alumunium atau komposit serat karbon dan dilengkapi dengan Shock breaker.

Pilih jenis sepeda gunung yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Agar sepeda gunung yang Anda beli sesuai dengan harapan yang Anda inginkan, maka berikut ini kami sajikan berbagai macam sepeda gunung beserta spsifikasinya :

Pertama, sepeda gunung Cross Contry (XC). Jenis sepeda ini termasuk jenis sepeda yang paling umum digunakan. Sepeda ini sangat cocok digunakan untuk medan yang halus, seperti aspal sampai jalanan terjal berbatu. Dengan bobot yang relatif ringan, kisaran 7 – 12 kg yang membuat Anda bisa melaju dengan kecepatan maksimal.

Kedua, sepeda gunung All Mountain (AM) memiliki berat 14-17 kg. Sepeda ini memiliki desai full suspensi sehingga sangat cocok digunakan untuk melewati medan berat yang berbatu, menaiki perbukitan, maupun memasuki hutan.



Jenis sepeda AM memiliki kekurangan, yaitu dalam jalan menanjak. Karena sepeda ini akan menjadi lebih berat saat dikayuh dan lebih menguras tenaga jika dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya.

Ketiga, sepeda gunung Freeride (FR) memiliki bobot yang lebih berat jika di bandingkan dengan jenis yang sebelumnya, kisaran berat antara 16-23 kg. Sepeda ini termasuk jenis sepeda yang kokoh dan kuat.

Kelebihan lainnya dari sepeda FR adalah mampu menerima aktivitas ekstrim saat berkendara seperti menerima lompatan dari ketinggian. Hal tersebut karena sepeda FR memiliki travel suspensi pada bagian depannya, yakni memiliki tinggi 170-200 mm.

Kelima, sepeda gunung Downhill (DH). Sepeda yang satu ini sangat cocok digunakan pada medan menurun dan banyak digemari oleh para pesepeda yang suka kecepatan. Kisaran bobot sepeda ini antara 16-23 kg dengan travel 170-200 mm.

Keenam, sepeda gunung DirtJump (DJ). Sepeda dengant ravel 100 mm ini memiliki bobot antara 13-18 kg, sehingga jenis sepeda ini cocok digunakan di mana saja. Biasanya sepeda ini digunakan oleh anak muda yang gemar freestyl.

Sepeda jenis DJ ini bisa dikatakan mirip dengan BMX. Perbedaan hanya pada ukuran stangnya, karena sepeda gunung DJ memiliki frame stang yang lebih panjang, dengan berat yang relatif ringan yang membuat sepeda DJ lebih fleksibel dan mudah di kontrol.

Pilih desain sepeda gunung terbaik yang bisa menunjang kenyamanan Anda

Terdapat 4 jenis desain sepeda gunung yang ditentukan sesuai dengan medan dan jarak yang biasa ditempuh, seperti :



Pertama, desain rigid atau kaku, yang artinya jenis ini tidak memiliki suspensi. Desain ini sangat cocok untuk contry low-end.

Sepeda desain rigid akan memudahkan Anda dalam perawatan sehingga bisa membuat Anda lebih hemat. Harga yang ditawarkan pun terbilang lebih murah dibandingkan dengan desain sepeda gunung yang lainnya.

Kedua, desain hard tail yang hanya memiliki suspensi pada roda depan. Sepeda ini mudah dikayuh sehingga lebih praktis dan efektif. Sepeda ini diperuntukan untuk pecinta kecepatan di single track dan cocok untuk medan crosscontry, baik saat digunakan di desa maupun di kota .

Ketiga, desain soft tail. Desain ini sangat cocok untuk latihan meningkatkan stamina, karena sepeda soft tail memiliki suspensi pada belakan dan depan yang membuat sepeda ini lebih banyak mengeluarkan tenaga jika belum terbiasa.

Keempat, desain full suspensi. Sepeda yang satu ini adalah gabungan antara hard tail dan soft tail. Sepeda full suspensi ini memiliki desain yang lebih gagah dan frame-nya kokoh. Meskipun harganya terbilang mahal, namun sepeda ini banyak peminatnya karena berbagai macam keunggulannya dan kelebihannya jika dibandingkan dengan desain sepeda lainnya.

Cara merawat sepeda gunung

Agar sepeda kesayangan Anda tetap awet dan tahan lama, maka Anda bisa melakukan beberapa perawatan sepeda berikut ini:

  • Pastikan Anda mencuci sepeda secara berkala dengan menggunakan sabun dan spon untuk membersihkannya.
  • Perhatikan tekanan angin pada ban sepeda, pastikan pas sesuai dengan angkayang tertera pada ban sehingga ban lebih awet dan terhindar dari kerusakan, seperti robek atau meletus.
  • Pastikan juga rem berfungsi sempurna, artinya bantalan rem masih bisa berfungsi dengan baik, terhindar dari rem yang berbunyi, dan kencangkan jika rem kendor.
  • Gunakan sadel yang nyaman dan terbuat dari bahan berkualitas.
  • Pastikan mengunakan pelumas secara pas, sehingga tidak merusak cat dan memperpendek umur rantai itu sendiri.

10 sepeda gunung terbaik paling digemari pesepeda

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepeda gunung serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sepeda gunung terbaik yang paling digemari pesepeda dari berbagai merek berikut ini:

10. Element MTB Format Alloy

element_mtb_format_alloy

Harga : Rp 3.000.000

Cocok untuk medan terjal dan berbatu



Sepeda MTB merek Element ini sangat nyaman digunakan. Mengikuti desain hard tail, sepeda ini cocok untuk Anda yang suka menyusuri desa ataupun kota, karena dilengkapi dengan suspensi pada roda depan.

Sepeda ini juga dilengkapi dengan frame alloy yang membuat bentuk nampak kokoh namun ringan saat digunaka. Dan, yang menarik adalah Element memberikan garansi 5 tahun pada frame jika terjadi kerusakan ataupun cacat produk. Anda bisa membeli sepeda gunung ini di Bukalapak.

9. Sepeda Gunung Thrill Fervent

sepeda_gunung_thrill_fervent

Harga : Rp 5.850.000

Sangat tangguh dan nyaman digunakan di medan berat

Sepeda gunung Thrill Fervent ini sangat cocok untuk medan terjal dan berbatu, karena sepeda ini memiliki suspensi pada roda depan dan roda belakang.

Selain itu, Thrill Fervent dilengkapi dengan dua gigi, 8 gigi belakang dan 3 gigi depan, sehingga Anda bisa mengatur kecepatan sesuai dengan kapasitas tenaga Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda gunung ini di Bukalapak.

8. Sepeda Gunung Downhill MTB Thrill 27.5

sepeda_gunung_downhill_mtb_thrill_27.5

Harga : Rp 28.500.000

Membuat kegiatan bersepeda lebih nyaman dan aman

Sepeda ini memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya. Dengan fitur yang lengkap dan berkualitas, Anda bisa dengan mudah menaklukkan berbagai medan yang berat, namun juga nyaman saat digunakan untuk bersepeda santai bersama teman-teman.



Downhill MTB Thrill 27.5 memiliki suspensi yang andal dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, Downhill MTB dilengkapi dengan alloy hydroformed frame yang ringan dan kuat sehingga membuat akselerasi Anda lebih sempurna. Anda bisa membeli sepeda gunung ini di Bukalapak.

7. Thrill 27.5 MTB Ricochet 1.0 T120

thrill_27_5_mtb_ricochet_1_0_t120

Harga : Rp 12.200.000

Desain lebih stylish dan andal di kelasnya

Sepeda 27.5 MTB Ricochet 1.0 T120 ini memiliki rangka yang ringan sehingga memudahkan Anda saat melakukan akselerasi, dan rangkanya terbuat dari bahan anti karat yang lebih awet dan tahan lama.

Sepeda ini juga dilengkapi dengan suspensi pada bagian depan dan belakang agar Anda mudah saat menggunakan di medan yang berat. Selain itu, untuk kenyamanan saat bersepeda di medan yang rata, Anda bisa mengunci suspensinya dengan model saklar. Anda bisa membeli sepeda ini di Bukalapak.

6. Thrill 27.5 MTB Wreak 3.0 T140

thrill_27_5_mtb_wreak_3_0_t140

Harga : Rp 7.000.000

Cocok digunakan untuk penikmat Dirt jump

Sepeda 27.5 MTB Wreak 3.0 T140 dilengkapi dengan Shimano Deore SL-M 6000 10SPD yang memudahkan Anda untuk merubah gigi sesuai keinginan Anda. Sepeda ini menggunakan rem Shimano Hydraulic AMT 200, Rear J Kits yang telah terbukti kualitasnya.

Selain itu, sepeda ini sangat cocok digunakan di jalan beraspal seperti di perkotaan untuk menunjang gaya hidup sehat yang Anda jalani. Model dan warna yang gelap pada desain sepeda ini akan membuat Anda nampak lebih elegan dan gagah. Anda bisa membeli sepeda ini di Bukalapak.



5. ODESSY ATXS 500

odessy_atxs00

Harga : Rp 1.449.000

Nampak garang namun pas di kantong

Sepeda Odessy ATXS 500 ini termasuk dalam jajaran sepeda gunung dengan harga yang terjangkau. Meskipun demikian, sepeda ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga banyak masyarakat menyukainya.

Odessy ATXS 500 menggunakan rangka alloy sehingga lebih kokoh dan kuat. Selain itu, pergantian gigi lebih mudah karena terdapat thunbshifter pada system pengoperan giginya. Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

4. Sepeda Gunung 26 Atlantis Harley 660

sepeda_gunung_26_atlantis_harley_660

Harga : Rp 1.050.000

Cocok digunakan untuk warga perkotaan

Bagi penggemar cross country, sepeda dengan harga mudah ini bisa menjadi pilihan terbaik. Sepeda ini memiliki bobot 39 kg sehingga membuat 26 Atlantis Harley 660 termasuk kategori sepeda yang ringan dipakai.

Sepeda ini juga dilengkapi dengan rem cakram pada kedua rodanya yang akan menghindarkan Anda dari risiko bahaya saat bersepeda. Anda bisa membeli sepeda ini di Bukalapak.

3. Sepeda Polygon Xtrada 6 Frame Size M Wheel 29″ Green

sepeda_polygon_xtrada_6_frame_size_m_wheel_29

Harga : Rp 5.800.000

Si hijau yang kokoh dan kuat



Polygon merupakan sepeda produk buatan lokal yang memiliki kualitas yang sangat baik, bahkan beberapa produknya sudah mendunia dan dipakai oleh beberapa atlet sepeda dunia.

Xtrada 6 Frame Size M Wheel 29″ Green ini dilengkapi dengan kombinasi rangka, suspensi dan ban yang baik, sehingga memudahkan Anda bermanuver di kecepatan rendah. Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

2. Sepeda Gunung MTB 27.5 Thrill Vanquish Elite

sepeda_gunung_mtb27_5_thrill_vanquish_elite

Harga : Rp 5.775.000

Membuat bersepeda Anda lebih nyaman dan bergaya

Produk lokal yang satu ini telah mengeluarkan sepeda gunung seri terbarunya dengan ukuran 27,5 inci. MTB 27.5 Thrill ini memiliki rangka yang ringan dan tahan karat dengan kemampuan rem yang pakem.

Sepeda ini juga menggunakan internalcabel, artinya jalur kabel masuk ke dalam, sehingga sepeda terlihat lebih rapi dan modis. Anda bisa membeli sepeda ini di Lazada .

1. Sepeda Gunung MTB 26 ODESSY MD 400 (NEW)

sepeda_gunung_mtb_26_odessy_md_400_new

Harga : Rp 1.470.000

Desan lebih simple dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari

MTB 26 ODESSY MD 400 memiliki spesifikasi khusus untuk Anda yang menyukai sepeda gunung namun tinggal di kota. Karena sepeda sangat cocok digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bersekolah atau bekerja.



Adapun desain sepeda ini lebih simple dan nyaman dipakai. Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepeda gunung, pastikan Anda memilih sepeda sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan medan yang akan Anda lalui saat bersepeda, karena hal itu menentukan jenis sepeda yang tepat untuk Anda.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar sepeda gunung Anda memiliki performa yang tetap baik, nyaman digunakan, dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih sepeda Gunung Thrill Fervent, karena sepeda ini cocok untuk Anda yang suka menerjang lebatnya hutan dan suka bermanuver saat bersepeda.
  • Namun jika Anda penikmat Dirt jump, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan ke Thrill 27.5 MTB Wreak 3.0 T140.
  • Sedangkan, untuk Anda ingin ingin mendapatkan sensasi adrenalin, maka Anda bisa memilih sepeda gunung Downhill Mtb Thrill 27.5.

Referensi

  1. Heather Irvine (2015), How to: Maintain and Clean your Bike in 10 Easy Steps, https://totalwomenscycling.com/commuting/commuting-hints-tips/how-to-maintain-and-clean-your-bike-in-10-easy-steps#SD9Dqfmxotiorb4M.97



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sepeda Gunung Terbaik yang Paling Digemari Pesepeda", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »