Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 February 2020

10 Sepatu Roda Terbaik untuk Anak-Anak

By Cekresi .com


Bermain sepatu roda memang mengasyikkan, bisa meluncur bebas, berkeringat dan menyehatkan. Saat anak Anda melihat temannya bermain sepatu roda, tentu akan terbersit rasa keinginan untuk membelikannya.



Namun sebelum membelinya, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting terkait sepatu roda, seperti kualitas dan ukuran roda, jumlah roda, jenis bahan, harga, dan cara perawatannya agar tidak mudah rusak. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui manfaat pentingnya olahraga sepatu roda untuk anak-anak.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa sepatu roda terbaik untuk anak-anak berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sepatu roda beserta cara perawatanya.

Mengetahui manfaat sepatu roda untuk anak

Mungkin banyak orangtua yang masih takut jika anaknya bermain sepatu roda. Takut lecet, takut jatuh, dan lain sebagainya. Namun tahukah bahwa olahraga sepatu roda untuk anak memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti:

Pertama, melatih keseimbangan. Hal ini penting, karena keseimbangan bisa menjaga tubuh manusia agar tidak terjatuh ketika beraktivitas sehari-hari. Meskipun pada awalnya anak akan terjatuh ketika bermain sepatu roda, namun perlahan dengan berlatih terus anak akan bisa dan keseimbangan anak akan berkembang dengan sangat baik.

Kedua, membantu meningkatkan koordinasi tubuh. Dalam hal ini tentu tidak hanya keseimbangan yang didapatkan oleh anak ketika bermain sepatu roda. Karena saat mereka sudah bisa bermain sepatu roda, saat itulah koordinasi tubuh mereka akan berjalan dengan baik, sebab akan ada penyesuaian keseimbangan antara kedua tangan, kaki, pinggul, dan bagian tubuh lainnya.

Ketiga, memperkuat jantung. Bermain sepatu roda akan memperlancar aliran darah dan oksigen sehingga membuat kinerja jantung semakin baik. Hal ini sangat baik untuk anak, karena bisa mengurangi beberapa penyakit ketika dewasa, seperti penyakit stroke, jantung ataupun gangguan pernapasan.

Keempat, meningkatkan konsentrasi. Saat anak sudah mulai bisa bermain sepatu roda dan meluncur di atas lintasan atau jalanan, maka yang utama anak akan fokus untuk melaluinya. Sehingga saraf-saraf motorik anak akan terlatih dan bisa berkembang sehingga bisa meningkatkan daya konsentrasi anak.



Mengenal jenis-jenis sepatu roda untuk anak

Ada beragam jenis sepatu roda yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan anak Anda bermain sepatu roda. Berikut ini beberapa jenis sepatu roda untuk anak yang harus diketahui sebelum Anda membelinya:

Pertama, sepatu roda Recreational. Sepatu jenis ini sangat cocok digunakan untuk pemula atau anak-anak yang baru belajar menggunakan sepatu roda. Namun, jenis ini juga bisa digunakan untuk siapa pun yang ingin lebih bersantai dan menikmati keindahan jalanan dengan bersepatu roda.

Frame sepatu roda tersebut biasanya terbuat dari bahan plastik dan ada pula yang terbuat dari alumunium. Karakternya sangat nyaman saat digunakan dan pastinya harganya lebih murah jika dibandingkan dengan sepatu olahraga jenis lainnya.

Kedua, sepatu roda Training. Untuk sepatu roda jenis ini cocok digunakan untuk yang sudah terbiasa menggunakan sepatu roda. Sepatu ini memiliki jumlah roda antara 4 sampai 5, dan berfungsi untuk mambantu kecepatan penggunanya. Biasanya jenis sepatu ini dipakai untuk ajang perlombaan olahraga sepatu roda dalam ruangan.

Ketiga, sepatu roda Agrressive. Saat anak Anda sudah mulai mahir menggunakan sepatu roda dan ingin melakukan trik-trik baru yang menantang adrenalin, maka sepatu jenis aggressive cocok untuk mereka miliki.Sepatu ini akan memudahkan anak Anda untuk melakukan lompatan, rail slide, dan akselerasi lainnya di taman kota yang sudah menyediakan lintasan sepatu roda.

Perhatikan kualitas dan ukuran roda

Roda merupakan salah satu bagian terpenting sepatu roda. Umumnya ukuran diameter sepatu roda berkisar mulai dari 56 mm hingga 100 mm. Semakin besar ukuran roda, semakin baik dalam menunjang kecepatan dan lebih awet.

Jika Anda memilih roda yang lebih kecil, maka keuntungannya lebih stabil dan cocok digunakan untuk bermanuver saat Anda berada di lintasan yang penuh dengan tantangan dan menguras adrenalin.



Selain ukuran roda, Anda juga harus memperhatikan bearing roda yang berfungsi agar lebih memudahkan Anda saat berbelok. Umumnya bearing roda sistemnya memiliki ukuran berkisar mulai dari ABEC-1, ABEC-3, dan ABEC-5. Dan semakin tinggi bearing roda, semakin bagus kinerjanya.

Pilih sepatu roda yang dilengkapi dengan rem

Beberapa sepatu roda terkadang tidak dilengkapi rem, karena dianggap menghambat laju dan agresivitas seorang skater. Namun jika untuk kebutuhan anak, hendaknya Anda memilihkan sepatu roda yang memiliki rem agar lebih aman dan terjaga dari risiko bahaya.

Rem jenis sepatu roda dikenal sebagai rem tumit yang biasanya terletak di bagian sebelah kanan sepatu roda. Cara menggunakannya dengan menempatkan sepatu roda sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri, kemudian angkat kaki dari sepatu roda sebelah kanan, lalu tekan keras pada bagian tumit.

Cara merawat sepatu roda

Ketika Anda sudah membeli sepatu roda, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar sepatu roda lebih awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat sepatu roda dengan baik:

  • Anda bisa melepaskan bagian atas atau upper sepatu roda, kemudian bersihkan secara rutin dengan lap bersih agar sepatu nampak lebih bersih dan tetap mengkilap.
  • Sedangkan untuk bagian roda, Anda bisa melepaskan roda dari sepatu terlebih dahulu saat ingin membersihkannya.
  • Kemudian gunakan kunci T atau L untuk melepas bearing dari roda.
  • Bersihkan bearing dengan menggunakan cairan wash bensin.Kemudian, berikan pelumas pada bearing agar rotasi putaran menjadi lebih lancar.
  • Setelah Anda memberikan pelumas pada bearing, maka segera bersihkan bagian permukaanya agar pelumas tidak mengendap.
  • Setelah itu, Anda bisa membersihkan roda dari kotoran-kotoran yang menempel dengan sikat halus hingga bersih.
  • Kemudian pasanglah bearing dan roda tersebut pada sepatu roda Anda. Lalu letakkan ditempat yang terbuka dan hindari terkena air atau sinar matahari langsung.

10 Sepatu roda terbaik untuk anak-anak

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepatu roda serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik untuk anak-anak dari berbagai merek berikut ini:

10. Lynx Gladiator Urban

lynx_gladiator_urban

Harga : Rp 910.000

Membuat tampilan lebih keren dan sporty

Sepatu roda Lynx Gladiator ini memiliki dua warna, yakni warna hitam dan neon.Anak Anda akan senang memakainya karena pada bagian atasnya sangat lembut dan nyaman di kaki.



Sepatu roda ini terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas tinggi sehingga lebih kuat dan awet. awet dan tahan lama. Bagian rodanya memiliki tingkat elastisitas yang terbuat dari bahan Lynx GL 77 PU High .

Adapun ukuran sepatu roda,76mm (37-39) atau 80mm (40-45). Desain menarik yang bisa membuat anak Anda lebih keren dan sporty. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Blibli.

9. Cougar MZS835L

cougar_mzs835l

Harga : Rp 699.000

Desain simple, nyaman dan sangat keren

Sepatu roda dari Cougar ini cocok digunakan untuk anak Anda karena produknya memiliki ukuran yang pas di kaki dan bisa diatur dengan mudah, yakni size M dengan ukuran 32-36. Sepatu ini memiliki dua warna yang menari, yaitu black dan orange.

Sepatu ini terbuat dari bahan full karet yang nyaman digunakan, tidak membuat kaki sakit, dan memudahkan saat ingin akselerasi. Selain itu, desain yang ditawarkan lebih menarik, keren abis, dan cocok untuk dipakai sebagai hadiah terbaik untuk hari spesial anak Anda. Anda bisa membeli sepatu ini di Lazada.

8. Power Aosite

power_aosite

Harga : Rp 165.000

Desain keren dan harga lebih terjangkau

Sepatu roda ini terbuat dari bahan PVC ABEC7 dan dilapisi dengan double plat aluminium. Terdapat dua ukuran, yakni S dan M dan ukuran tersebut masih bisa diatur dengan mudah. Desainnya pun keren dan pastinya membuat anak-anak senang memakainya.



Sepatu ini dilengkapi dengan sistem pengamanan rem yang terletak dibagian roda depan sebelah kanan. Selain itu, harga yang ditawarkan lebih murah sehingga tidak membuat dompet Anda terkuras. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Blibli.

7. Power Line HB22 Recreational

power-_line_hb22_recreational

Harga : Rp 350.000

Cocok dipakai untuk anak perempuan Anda

Sepatu roda ini memiliki desain warna pink yang cocok digunakan untuk anak perempuan Anda. Terbuat dari bahan terbaik dengan menggunakan bahan aluminium, serta dilengkapi rem dibagian sebelah kanan yang dapat memberikan keamanan secara maksimal.

Selain itu, sepatu roda ini juga dilengkapi tombol untuk mengatur ukuran sepatu, dan dapat menyala pada bagian depan ujungnya, sehingga sangat disukai oleh anak-anak dan dapat membuat mereka menjadi lebih bersemangat. Anda bisa membeli sepatu ini di Blibli.

6. Ruibao A08 – 1

ruibao_a08_1

Harga : Rp 372.300

Fashionable dan nyaman di kaki

Bermain sepatu roda memang membuat penampilan tampak lebih keren dan menyehatkan. Untuk anak Anda, sepatu dari Ruibao bisa menjadi hadiah terbaik di hari spesial yang pastinya akan membuat mereka semakin bergembira saat menerimanya.

Desain sepatu yang dirancang untuk anak-anak ini dapat menyala dibagian rodanya saat Anda kenakan. Sehingga ketika berseluncur akan membuat tampilan mereka lebih stylish dan memukau.Anda bisa membeli sepatu roda ini di Lazada.



5. Oxer AGV02

oxer_agv02

Harga : Rp 795.000

Desain klasik dan nyaman saat akselerasi

Sepatu merek Oxer terbuat dari bahan berkualitas terbaik dan nyaman dikenakan oleh anak-anak yang mulai mahir bersepatu roda. Warna yang ditawarkan sangat klasik, sehingga memberikan kesan unik dan elegan saat dipakai.

Sepatu roda ini sangat nyaman digunakan dan tidak membuat kaki menjadi apek, karena sudah didesain memiliki sirkulasi udara didalamnya. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Bukalapak.

4. Power Slide C6 Speed

power_slide_c6_speed

Harga : Rp 3.500.000

Desain unik dan berkualitas terbaik

Sepatu roda dari Power Slide didesain berbeda dengan sepatu roda umumnya, karena khusus digunakan untuk meluncur di jalur pendek. Framenya terbuat dari aluminium berkekuatan tinggi dengan roda yang elastisitasnya tinggi, Germany Powerslide (PS) high elastic.

Ciri khas sepatu roda ini memiliki ukuran roda yang jauh lebih besar, lebih unik, dan klasik. Memiliki warna dasar hitam dengan motif yang detail semakin membuat pemakainya terlihat lebih wow. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Bukalapak.

3. Sepatu Roda 4

sepatu_roda_4

Harga : Rp 140.000

Cocok untuk aktivitas ringan dan menyenangkan



Sepatu ini memiliki desain yang berbeda dari sepatu roda pada umumnya, roda yang dimilikinya ada 4. Saat memakainya, sebaiknya Anda menggunakan sepatu biasa terlebih dahulu agar lebih nyaman.

Sepatu roda ini memiliki sistem pengaturan ukuran yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemakainya. Dan, sepatu ini dapat digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Dilengkapi dengan rem pada bagian roda depan untuk keamanan, dan memiliki beragam warna yang bisa Anda pilih sesuai warna kesukaan anak Anda. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Bukalapak.

2. Roller Style Outdoor Sport

roller_style_outdoor_sport

Harga : Rp 249.500

Desain trendi dan nyaman dipakai

Jenis sepatu ini hanya bisa digunakan diluar ruangan saja. Frame terbuat dari bahan aluminium dan stainless steel. Sepatu ini juga dilengkapi dengan rem yang terletak pada sepatu bagian kanan.

Ukuran sepatu ini bisa di setel dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pemakainya. Untuk anak kesayangan, Anda bisa membeli yang berukuran size M dengan ukuran sepatu 31-36. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Bukalapak.

1. Cougar Power King

cougar_power_king

Harga : Rp 495.000

Membuat tampilan lebih stylish dan elegan



Sepatu ini didesain dengan dua warna yang akan membuat pemakainya lebih keren dan elegan, yakni perpaduan antara warna putih dan hitam. Sepatu ini memiliki 3 ukuran berbeda, yakni S, M dan L. Untuk anak-anak, sebaiknya Anda memilihkan yang berukuran S (31-34).

Sepatu ini terbuat dari bahan berkualitas yang nyaman saat dipakai, dan untuk rodanya terbuat dari karet PVC yang memiliki tingkat elastisitas yang sangat baik. Anda bisa membeli sepatu roda ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepatu roda untuk anak, pastikan Anda memperhatikan kualitas dan ukuran roda dan beberapa spesifikasi penting seperti jenis bahan, rem, frame, dan tentunya motif dan warna yang disukai oleh anak-anak.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatanya agar sepatu roda tetap bersih, performanya tetap baik, dan lebih awet.
  • Anda bisa memilih sepatu roda merek Oxer, karena terbuat dari bahan berkualitas terbaik dan nyaman dikenakan oleh anak-anak.
  • Namun jika Anda ingin membeli sepatu roda yang memiliki ukuran yang pas di kaki dan bisa diatur dengan mudah, serta terbuat dari bahan full karet yang nyaman,Anda bisa memilih Cougar MZS835L.
  • Sedangkan,jika Anda menginginkan sepatu roda untuk anak dengan desain yang lebih trendi dan dilengkapi dengan rem pada sepatu bagian kanan,maka Anda dapat memilih sepatu roda Roller Style Outdoor Sport.

Referensi

  1. Inline Warehouse(2020), IW Learning Centre, https://www.inlinewarehouse.com/fitlc/howtochooseskates.html
  2. Online Skating (2019), Choosing your aggressive skates, http://www.online-skating.com/articles-1434-choosing-your-aggressive-skates-1-2.html
  3. Online Skating (2018), How to Choose Your Skates?,http://www.online-skating.com/articles-545-how-to-choose-your-roller-skates.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sepatu Roda Terbaik untuk Anak-Anak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »