Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 April 2020

10 Sepatu Olahraga Terbaik yang Ringan dan Nyaman untuk Olahraga

By Cekresi .com
10 Sepatu Olahraga Terbaik yang Ringan dan Nyaman untuk Olahraga


Untuk Anda yang rutin berolahraga setiap hari, tentu sepatu olahraga adalah perlengkapan paling penting dan wajib Anda miliki. Anda bisa memilih sepatu terbaik yang ringan dan nyaman di kaki agar olahraga Anda menjadi semakin bersemangat dan terhindar dari risiko cedera.



Kini, banyak produsen sepatu olahraga dari merek terkenal di dunia saling bersaing menciptakan produk terbaiknya, seperti Adidas, Nike, Asics, New Balance, dan lain sebagainya. Bisa jadi hal itu malah membuat Anda semakin bingung memilih sepatu mana yang cocok dan nyaman untuk Anda gunakan.

Karena itu, kami menyajikan beberapa sepatu olahraga terbaik yang ringan dan nyaman untuk olahraga berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sepatu olahraga dan cara perawatannya.

Kenali perbedaan antara sepatu lari dan training!

Secara umum, sepatu untuk kebutuhan olahraga sehari-hari ini dapat dibedakan menjadi dua, yakni sepatu lari dan sepatu training. Keduanya penting untuk Anda ketahui sebelum membelinya, karena kenyamanan terletak pada pilihan yang tepat sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan saat berolahraga.

Untuk sepatu lari, karakternya dibuat khusus untukgerakan kaki ke arah depan. Selain itu, sepatu lari memiliki bobot yang lebih ringan sehingga memudahkan Anda saat berlari. Sedangkan, sepatu trainingdirancang untuk membuat kaki tetap stabil saat sedang melakukan gerakan ke berbagai arah ketika berlatih. Oleh karena itu, sepatu trainingbentuknya lebih kokoh dan lebih berat daripada sepatu lari.

Perhatikan ukuran sepatu yang akan Anda beli

Beberapa produsen sepatu terkenal di dunia memiliki standar ukuran sepatu yang berbeda-beda. Jadi Anda harus teliti dan cermat sebelum memastikan untuk membelinya. Apalagi jika Anda membeli dari toko di luar negeri yang standar ukurannya berbeda dengan ukuran sepatu yang biasa ada di dalam negeri.

Selain standar ukuran yang berbeda. Anda juga harus memastikan ukuran sepatu sudah nyaman untuk kaki Anda. Salah satu caranya adalah dengan cara menghindari memilih ukuran sepatu yang sangat pas dengan ukuran kaki Anda.

Sebagai patokan ukuran yang tepat, Anda bisa menambahkan satu ibu jari kedalam sepatu supaya mengetahui sepatu tersebut terlalu longgar atau terlalu sempit. Sepatu yang kekecilan akan membuat kaki Anda terasa sakit. Sedangkan sepatu yang terlalu besar akan membuat olahraga Anda tidak maksimal.



Pilih sepatu yang menopang tumit dengan baik

Ketika Anda mencoba sepatu yang akan dibeli, coba Anda rasakan apakah bagian tumit Anda ditopang dengan baik oleh sepatu tersebut. Jika sepatu menopang tumit dengan baik, maka bagian pergelangan kaki Anda akan lebih stabil, sehingga ketika berolahragalebih nyaman dan terhindar dari risiko cidera.

Pilih waktu yang tepat saat membelinya

Sebetulnya, ukuran kaki seseorang memang tidak berubah-ubah. Namun, terkadang karena aktivitas yang Anda lakukan terlalu padat sering membuat kaki Anda membengkak pada waktu sore hari. Hal ini mengakibatkan ukuran kaki Anda akan sedikit berbeda antara pagi hari dan sore hari.

Maka dari itu sebaiknya ketika Anda hendak membeli sepatu perhatikan waktu kapan sepatu itu akan digunakan. Jika Anda akan menggunakannya untuk lari pagi, maka Anda harus mencoba sepatu yang akan Anda beli pada pagi hari. Begitu pula jika sepatu itu akan digunakan sore hari, Anda harus mencobanya di sore hari.

Perhatikan ketebalan kaos kaki

Ketebalan kaos kaki sangat menentukan sempit atau tidaknya sepatu tersebut. Sangat disarankan ketika Anda sedang mencoba sepatu lari yang ingin Anda beli, sebaiknya Anda juga mencobanya bersama dengan kaos kaki yang biasanya Anda pakai untuk berolahraga.

Beberapa produsen berbeda pula karakteristik dan ketebalan kaos kakinya, sehingga terkadang tidak pas dengan sepatu yang Anda pilih. Jika Anda ingin membeli kaos kaki baru, sebaiknya memilih kaos kaki yang sepaket atau satu brand dengan sepatu yang ingin Anda beli.

Perhatikan bagian upper sepatu

Sebaiknya Anda memilih bagian upper yang berbahan lembut, karena apabila bagian upper terbuat dari bahan yang keras dan kaku akan menyebabkan kaki Anda mudah lecet atau terluka. Dan, bagian upper sepatu yang lebih kecil atau menyempit dari pada bagian sol sepatu menandakan sepatu tersebut memiliki kestabilan yang bagus dan nyaman dipakai saat olahraga.

Perhatikan bantalan sol dan bobot sepatu

Jika Anda merupakan seorang pemula dalam bidang olahraga, sebaiknya Anda menggunakan sepatu olahraga dengan bobot 250-280 gram dengan bantalan sol yang cukup tebal. Bantalan sol yang tebal membuat sol jadi lebih empuk dan akan membuat kaki Anda jadi lebih nyaman dan tidak mudah sakit.



Namun jika Anda sudah profesional dalam bidang olahraga, Anda bisa menggunakan sepatu dengan bantalan sol yang ringan. Dengan bantalan yang ringan akan membuat pergerakan Anda lebih cepat.

Cara merawat sepatu olahraga agar tidak mudah rusak

Ketika Anda sudah membeli sepatu olahraga, maka yang perlu Anda ketahui adalah cara merawatnya agar sepatu olahraga yang Anda tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepatu olahraga :

  • Setelah Anda berolahraga, usahakan segera melonggarkan tali sepatu dan tarik lidah sepatu ke luar untuk mengalirkan udara dapat masuk kedalam sepatu yang lembap akibat keringat.
  • Sebaiknya Anda meletakkan sepatu ditempat yang tidak terpapar cahaya matahari secara berlebihan agar warna sepatu tidak pudar.
  • Jangan meninggalkan kaus kaki yang basah terkena keringat dan kotor didalam sepatu. Hal tersebut akan membuat sepatu menjadi lembab dan berbau tidak enak.
  • Jika untuk sekedar menghilangkan debu dari permukaan sepatu, Anda dapat menggosoknya dengan sikat sepatu yang belum terkena semir agar tidak meninggalkan noda semir pada sepatu Anda.
  • Untuk noda membandel, Anda bisa menggunakan lap yang sudah dicelupkan ke detergen atau menggunakan sikat dengan bulu halus agar bahan sepatu tidak rusak. Setelah dibersihkan, keringkan sepatu Anda di udara terbuka

10 Sepatu olahraga terbaik yang ringan dan nyaman untuk olahraga

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepatu olahraga lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi sepatu olahraga terbaik yang ringan dan nyaman untuk olahragadari berbagai merek berikut ini:

10. New Balance Fresh Foam Zante

new_balance_fresh_foam_zante

Harga : Rp 410.000

Lari menjadi tahan lama tanpa takut cidera

Jika Anda gemar berolahraga dengan road running dalam waktu yang cukup lama, New Balance Fresh Foam Zante ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan bobotnya yang ringan dan bagian sol sepatunya yang sangat empuk akan membuat performa lari Anda menjadi tahan lama.

Sepatu ini bobotnya ringan, yakni 208 gram saja dan sol nya yang empuk karenya terbuat dari fresh foam, sehingga Anda tidak perlu khawatir cidera jika berolahraga dalam waktu yang lama. Sedangkan, pada bagian luarnya terbuat dari bahan translucent rubber dan dibagian atas sepatu terbuat dari mesh sintetik.

Dan, banyak pengguna sepatu ini berpendapat bahwa, New Balanse Fresh Foam Zante sangat nyaman bagi orang yang bermasalah dengan Plantar Fascitis. Anda bisa membeli sepatu olahraga ini di Shopee.



9. Hoka One One Clifton

hoka_one_one_clifton

Harga : Rp 890.000

Manjakan kaki dengan sol sepatu yang empuk

Sudah sangat terkenal bahwa sepatu olahraga Hoka One One Clifton dapat memberikan kenyamanan pada kaki ketika berolahraga. Pada Clifton seri ini, bagian dalam sol sepatu dibuat lebih empuk lagi sehingga memberikan kenyamanan pada posisi kaki Anda ketika berolahraga. Sepatu ini hadir dengan tingkat fleksibilitas yang lebih baik dari pada seri sebelumnya.

Rupanya, sol sepatu yang empuk karena sepatu ini dilengkapi dengan material berupa EVA foam pada sol bagian dalam dan sol bagian luar. Material pada bagian atas sepatu terbuat dari engineered mesh yang membaut sirkulasi udaranya bagus.

Sedangkan untuk bagian luar sol sepatunya dimodifikasi dengan menempatkan rubber sole hanya pada bagian tertentu saja. Hal ini membuat sepatu menjadi lebih ringan karena apabila terlalu banyak rubber soleakan membuat sepatu terlalu berat. Dengan modifikasi ini, Clifton menjadi lebih ringan dan bisalebih meningkatkan performa Anda saat berolahraga. Anda bisa membeli sepatu olahraga ini di Shopee.

8. Mizuno Wave Rider 22

mizuno_wave_rider_22

Harga : Rp 849.000

Desain keren dan kekinian

Mizuno Wave Rider 22 merupakan sepatu olahraga yang tersedia untuk wanita dan pria dengan desain yang sangat keren dan kekinian. Secara visual, sepatu ini terlihat nyaman digunakan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika memakainya.

Kelebihan dari produk ini selain desain adalah memiliki berbagai macam variasi warna dan banyak ukuran, sehingga Anda tidak perlu bingung ketika hendak membeli sepatu ini.



Bobot sepatu ini tergolong ringan, yakni 283 gram. Terbuat dari bahan X10 carbon rubber pada bagian luarnya, serta dilengkapi dengan engineered mesh dan AIRmesh pada bagian atas sepatu membuat Anda tidak perlu khawatir soal sirkulasi udara. Dengan begitu, kaki Anda tetap sehat dan nyaman. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

7. League Valiant

league_valiant

Harga : Rp 835.000

Membuat Anda lebih nyaman saat berolahraga

Sepatu dari League ini diluncurkan pada Maret 2019 dan langsung menerapkan teknologi terbaru, yaitu extreme breathability dan maximum ride. Maximum ride support merupakan teknologi yang mendukung performa olahraga Anda. Fitur ini memberikan kenyamanan ekstra serta menjaga kestabilan kaki ketika olahraga atau berlari.

Untuk teknologi extreme breathability didapatkan dari material pada bagian upper shoes yang terbuat dari bahan translucent mesh. Translucent mesh membuat sirkulasi udara menjadi sangat lancar dan baik sehingga dapat memaksimalkan kenyamanan ketika Anda sedang berolahraga.

Seolah tidak mau kalah dengan merek sepatu lainnya, League tampil dengan gaya lebih modern dan energik. Anda dapat membeli sepatu ini di Shopee.

6. New Balance 860V9

new_balance_860v9

Harga : Rp 579.189

Menjaga kestabilan kaki saat berolahraga

Speatu New Balance seri 860V9 ini rupanya didesain khusus untuk Anda yang menjadikan olahraga atau berlari sebagai kegiatan sehari-hari. Sepatu ini dilengkapi dengan fitur moderate stability yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gerakan kaki sehingga mengurangi resiko cidera.



Selain itu, material yang digunakan sepatu ini mendukung teknologi terbaru. Pada bagian atas sepatu terbuat dari material berbahan engineered mesh, seperti yang diketahui bahwa bahan tersebut sangat baik untuk sirkulasi udara pada kaki.

Sol sepatu nya terbuat dari material berbahan dual density dan blown rubber untuk sol sepatu bagian luar yang membuat sepatu ini empuk dan lebih ringan. Anda dapat membeli sepatu ini di Lazada.

5. Asics Gel Nimbus 21

asics_gel_nimbus_21

Harga : Rp 641.620

Desain kokoh dan tidak mudah rusak

Asics rupanya meluncurkan sepatu yang berfokus untuk meningkatkan performa penggunanya menjadi lebih baik dari hari ke hari. Gel Nimbus 21 ini didesain dengan kokoh dan memiliki teknologi yang akan menunjang daya tahan sepatu sehingga tidak mudah rusak.

Selain itu, terdapat teknologi maximum shockabsorption yang mampu menahan goncangan menggunakan gel, sesuai nama sepatu ini. Dengan teknologi tersebut ketika Anda berolahraga di track beraspal, berbatu, ataupun tanah tidak akan menjadi masalah karena Gel Nimbus ini dapat menghadapinya.

Ada pula teknoogi energized cushioning yang membuat kaki Anda tetap nyaman meskipun sedang berolahraga atau berlari di jalur yang bergelombang. Anda bisa membeli sepatu ini di Lazada.

4. Adidas Alphabounce Run Parley Shoes

adidas_alphabounce_run_parley_shoes

Harga : Rp 1.365.000



Ramah lingkungan dan nyaman untuk olahraga

Adidas Alphabounce ini merupakan hasil kerja samaAdidas dengan Parley Ocean Plastic. Sepatu ini dibuat dengan bahan dasar plastik daur ulang yang dikumpulkan dari laut atau tepi-tepi pantai. Sepatu ini diproduksi sebagai campaign untuk meningkatkan kepedulian warga dunia terhadap laut dengan cara mengurangi sampah-sampah plastik yang sulit diurai.

Dilihat dari kualitasnya, sepatu ini didukung dengan teknologi-teknologi tebaru yang akan meningkatkan performa berolahraga Anda. Pada sol sepatu bagian dalam, menggunakan teknologi energized cushioning dan bounce yang cukup empuk dan nyaman. Sedangkan di bagian depan sepatu dibuat lebih lebar untuk meningkatkan manuver berolahraga. Anda bisa membeli sepatu ini di Shopee.

3. Nike Vaporfly Flyknit

nike_vaporfly_flyknit

Harga : Rp 1.060.778

Berlari lebih cepat dan hemat energi

Sesungguhnya, Nike Vaporfly Flyknit ini merupakan sepatu yang banyak digunakan untuk marathon. Banyak atlit marathon internasional yang memilih sepatu ini untuk digunakan.

Bantalan sepatu ini terbuat dari material berbagan foam sehingga sangat empuk dan responsif dengan gerakan kaki Anda. Sedangkan material carbon yang terdapat pada bagian insole sepatu ini seolah membantu mengayuh kaki Anda untuk bergerak ke depan.

Selain itu, ditambah dengan desain streamline yang membuat performa gerakan kaki Anda menjadi lebih cepat. Anda bisa membeli sepatu ini di Shopee.

2. Adidas Ultraboost 19

adidas_ultraboost_19

Harga : Rp 450.000



Nyaman dipakai dan fashionable

Sepatu Adidas Ultraboost 19 tampil dengan gaya yang sangat modern. Seolah ingin menjadi sebuah gebrakan, Adidas meluncurkan model yang sangat berbeda dengan sepatu-sepatu sebelumnya.

Dilihat dari segi performa, sepatu ini sangat nyaman ketika digunakan karena dilengkapi dengan material ultraboost foam yang empuk. Sedangkan pada bagian luarnya terbuat dari rubber yang akan menjaga kaki Anda tetap stabil sehingga mengurangi resiko cidera. Anda dapat membeli sepatu ini di Shopee.

1. Nike Zoom Pegasus Turbo

nike_zoom_pegasus

Harga : Rp 1.084.000

Bergerak dengan cepat tanpa khawatir cidera

Sepatu ini didesain khusus untuk pelari marathon, namun Anda tetap dapat menggunakannya untuk kegiatan berolahraga sehari-hari. Karena didesain khusus untuk pelari marathon, sepatu ini menghadirkan fitur yang akan membuat gerakan kaki menjadi lebih cepat dengan Nike ZoomX Foam.

Teknologi Nike ZoomX Foam merupakan bantalan yag sangat empuk dan ringan memberikan return energy pada kaki Anda ketika berolahraga atau berlari. Hal tersebut membuat gerakan kaki Anda menjadi lebih cepat, namun tetap nyaman.Anda bisa membeli sepatu ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepatu olahraga, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis sepatu olahraga, ukuran, sol, kualitas bahan, ketebalan kaos kaki, serta bobot sepatu.
  • Selain itu, Anda perlu memperhatikan cara perawatannyaagar sepatu olahraga yang Anda miliki lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih sepatu olahraga New Balance Fresh Foam Zante, karena sepatu ini ringan, memiliki sol yang empuk, dan nyaman saat digunakan.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan model sepatu olahraga yang fashionable dan terbuat dari bahan berkualitas, maka Anda bisa memilih Adidas Ultraboost 19.
  • Namun, jika Anda ingin sepatu yang nyaman untuk kebutuhan olahraga Anda sehari-hari, maka Anda dapat memilih Nike Vaporflu Flyknit.

Referensi

  1. Daniel Pearson (2019), Here Are the 15 Best Running Sneakers to Buy in 2019, https://www.highsnobiety.com/p/best-running-shoes-for-men/
  2. Ben Hobson dan Jane McGuire (2020), Best running shoes 2020: the best men’s and women’s running trainers, tested in the lab and on the road, https://www.runnersworld.com/uk/gear/shoes/a776671/best-running-shoes/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sepatu Olahraga Terbaik yang Ringan dan Nyaman untuk Olahraga", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »