Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 July 2020

10 Sendok Garpu Terbaik untuk Balita

By Cekresi .com
10 Sendok Garpu Terbaik untuk Balita


Pada dasarnya, bayi baru diperbolehkan mengonsumsi makanan lain setelah usia 6 bulan. Pada usia tersebut, bayiakan mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI), seperti bubur, sari buah, dan biskuit yang telah dilumatkan.



Agar Bunda lebih mudah memberikan MPASI, sekaligus mengasah keterampilan dasar bayi agar bisa memasukkan makanan melalui mulut, maka Bunda bisa menggunakan sendok yang khusus di desain untuk bayi.

Biasanya produk perlengkapan makanan untuk balita tidak hanya sendok, tapi juga di dalamnya terdapat garpu. Pastikan sebelum membelinya, Bunda memperhatikan beberapa hal, seperti sesuai dengan usia anak, jenis bahan yang digunakan, model, dan lain sebagainya.

Karena itu, kami menyajikan artikel mengenai beberapa sendok garpu terbaik untuk balita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih sendok garpu untuk bayi dan cara membersihkannya.

Pilih sendok garpu yang sesuai dengan usia bayi

Ketika memilih sendok garpu untuk bayi, Bunda harus mempertimbangkan usia perkembangan dari bayi Bunda. Pertama, untuk rentang usia 6-8 bulan, Bunda bisa menggunakan sendok dengan gagang yang panjang dan ramping. Hindari pemakian garpu untuk usia tersebut.

Pada usia tersebut, Bunda disarankan agar tidak memakai sendok makan yang bagian kepalanya terlalu cekung, sehingga makanan lebih mudah masuk ke mulut bayi dan mudah dibersihkan.

Kedua, rentang usia 9-12 bulan, Bunda bisa menggunakan kepala sendok yang lebar dan tebal dengan panjang yang berukuran normal. Kemudian, untuk usia 13 bulan ke atas, Bunda bisa mulai mengenalkan sendok serta garpu yang khusus di desain untuk balita, danmulai mengajarkan kepada mereka untuk belajar memegangnya sendiri ketika makan.

Perhatikan jenis bahan yang digunakan

Sangat penting bagi Bunda untuk mengetahui jenis bahan dari setiap perlengkapan bayi sebelum membelinya, tidak terkecuali dengan sendok dan garpu. Hal ini tentu tidak lepas dari kandungan zat kimia yang bisa mengganggu kesehatan bayi, seperti tiba-tiba mencret, alergi, dan lain sebagainya.



Sendok dan garpu bayi yang bagus, biasanya tidak mengandung Bisphenol-A (BPA), Polifinil Klorida (PVC), dan Phthalates. Berikut ini penjelasan dari ketiga zat tersebut :

Pertama, BPA merupakan bahan kimia dari plastik yang dapat terlepas ketika suhu panas, baik diakibatkan oleh panas makanan, matahari, maupun suhu ruangan. Hal ini tentu berbahaya jika masuk ke dalam tubuh bayi, karena bisa memengaruhi berat badan lahir, perkembangan hormonal, dan risiko kanker di kemudian hari.

Kedua, PVC merupakan bahan yang terbuat dari Polivinil Klorida yang dapat melepaskan ftalat, atau zat pengikat yang membuat plastik mudah dibentuk. Ftalat ini dapat pengganggu endokrin yang bisa memengaruhi hormon reproduksi.

Ketiga, Phthalates yang biasa ditemukan di PVC, plastik, karet, polimer, kulit sintetis, lapisan tekstil, dan leather. Phthalates tertentu dapat mempengaruhi kesehatan manusia, terutama pada hati, ginjal, dan testis.

Dari ketiga bahan tersebut, Bunda bisa menghindarinya dengan cara memperhatikan benar-benar produk yang akan Bunda beli. Perhatikan label dan hindari jika sendok garpu mengandung bahan-bahan tersebut.

Pilih bahan yang tidak menghantarkan panas

Banyak sendok garpu yang sensitif terhadap panas sehingga membuat sendok garpu bentuknya berubah. Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan bayi Bunda saat akan makan.

Adapun, langkah terbaik yang bisa Bunda lakukan adalah menunggu makanan sampai suhunya turun terlebih dahulu. Hindari menggunakannya saat masih panas, seperti untuk mengaduk.



Kemudian, gunakan sendok garpu yang tidak menghantarkan panas, karena hal itu bisa membuat bibir dan lidah bayi Anda merasa sakit, rewel, sehingga malas untuk menghabiskan makanan.

Pilih bahan yang halus, lembut dan fleksibel

Beberapa bayi terkadang lebih menyukai sendok garpu yang terbuat dari logam. Tapi, kami sarankan untuk menjaga keamanan bayi, Bunda lebih memilih yang terbuat dari bahan seperti silikon dan plastik.

Hal itu dikarenakan bahan silikon dan plastik memiliki tekstur yang halus, lembut, dan fleksibel, sehingga tidak melukai dan aman bagi mulut, lidah, serta gusi bayi.

Pilih yang bagian ujungnya pipih

Seberapa fokusnya Bunda ketika menyuapi bayi, biasanya akan berakhir dengan makanan yang menempel pada wajah bayi Bunda.

Solusinya, Bunda bisa memilih sendok dengan ujung yang pipih, sehingga memungkinkan Bunda lebih mudah mengikis potongan-potongan makanan yang menempel pada mulut bayi Bunda.

Perhatikan motif, warna, dan bentuknya

Bunda bisa dengan mudah menemukan sendok garpu untuk balita di pasaran yang memiliki motif lucu dan unik, dengan berbagai pilihan warnanya yang beragam. Ada motif dengan karakter aneka binatang, bunga, atau pun karakter tokoh kartun.

Ketika memilihnya, hendaknya Bunda lebih cermat dan teliti. Pastikan terlebih dahulu bahwa motif dan warnanya kuat dan tidak mudah luntur. Kemudian, Bunda bisa menentukan bentuk yang tepat, seperti menghindari memilih sendok garpu yang bentuk pegangan ujungnya runcing.



Pilih yang memiliki label aman

Salah satu pertimbangan penting lainnya adalah, pastikan memilih sendok garpu yang Food Grade dan Food Safe. Selain itu, juga memiliki tingkat keamaman yang tinggi, seperti produknya telah dinyatakan aman oleh FDA (Food and Drug Administration).

Pilihan lain, Bunda bisa memilih sendok garpu plastik dengan kode nomor 5 yang memiliki spesifikasi, seperti ringan, kuat, mudah dibersihkan, anti bakteri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara membersihkan perlengkapan makanan untuk balita

Ketika Bunda sudah membeli perlengkapan makanan, seperti sendok dan garpu untuk bayi Bunda, maka yang perlu Bunda perhatikan adalah cara membersihkannya. Karena itu, Bunda bisa memperhatikan tips berikut ini:

  • Sediakan baskom khusus untuk meletakkan perlengkapan makanan bayi yang sudah dipakai, seperti sendok, garpu, wadah makan, dan lain sebagainya.
  • Sebelum mencucinya, bilas semua perlengkapan makanan tersebut dengan menggunakan air bersih dari keran yang mengalir.
  • Kemudian cuci dengan cermat dan teliti setiap bagian dari perlengkapan makanan tersebut dengan menggunakan spon khusus.
  • Gunakan sabun cuci steril yang biasanya terbuat dari bahan alami dengann karakternya yang tidak berbau.
  • Setelah dicuci, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Sebelum menggunakan kembali, usahakan Bunda melakukan sterilisasi terlebih dahulu pada sendok dan garpu.
  • Jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, Bunda bisa memasukkan sendok garpu dalam wadah khusus agar terhindar dari kotoran seperti debu dan mikroorganisme yang bisa mengganggu kesehatan.

10 Sendok garpu terbaik untuk balita

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sendok garpu beserta cara membersihkannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sendok garpu terbaik untuk balita dari berbagai merek berikut ini :

10. Pigeon Baby’s First Spoon and Fork Set

pigeon_babys_first_spoon_and_fork_set

Harga : Rp 26.000

Bahan lembut dan nyaman digunakan

Pigeon merupakan salah satu produsen perlengkapan bayi yang telah berdiri sejak tahun 1957 dan sudah dipercaya oleh banyak masyarakat akan kualitas dan keamanannya. Jadi, Bunda tidak perlu ragu lagi saat membeli produk-produk perlengkapan Bayi dari Pigeon.

Seperti, produk sendok garpu dari Pigeon ini yang terbuat dari bahan tidak berbahaya, dan teksturnya lembut sehingga tidak menyakiti mulut bayi Bunda. Selain itu, tidak mudah patah, dan nyaman sewaktu digenggam, awet dan juga tahan lama.



Kelebihan lainnya, memiliki ujung yang bulat dan tumpul sehingga aman ketika digunakan dan tidak akan menggores mulut, gusi, dan gigi buah hati Bunda. Untuk mendapatkannya, Bunda dapat membeli sendok garpu ini di Shopee.

9. TommeeTippee

tommee_tippee

Harga : Rp 35.000

Mudah digunakan dan berkualitas

Produk dari TommeeTippee ini dirancang dengan sangat baik agar buah hati Bunda tidak kesulitan dalam belajar makan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan wadah yang membuat perlengkapan makanan buah hati Bunda selalu terjaga kebersihannya.

Selain itu, produk ini aman karena pada sendok ataupun garpunya sudah dilengkapi dengan sensor yang dapat berubah warna saat makanan terlalu panas. Dan, produk ini cocok digunakan untuk anak usia 4 bulan atau lebih. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

8. Children Twist Fork and Spoon

children_twist_fork_and_spoon

Harga : Rp 39.000

Mudah dibawa kemana-mana dan terjaga kebersihannya

Produk ini tidak hanya menawarkan sendok ataupun garpu saja, tapi juga terdapat wadah yang dapat digunakan untuk menyimpannya, agar terhindar dari kotoran dan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan anak Bunda.

Sendok garbu ini terbuat dari bahan 100% BPA free yang aman digunakan oleh buah hati Bunda. Selain itu, memiliki desain yang menarik karena sendok garpu ini bisa dibengkokkan sehingga cocok digunakan oleh anak yang baru pertama kali belajar makan menggunakan sendok garpu. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Tokopedia.



7. Richell

richell

Harga : Rp 77.500

Mudah disterilkan dan aman bagi kesehatan bayi

Produk dari Richell ini terbuat dari bahan berkualitas dan teksturnya lembut pada bagian ujungnya. Karena itu, produk ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Bunda saat membeli perlengkapan makan untuk kebutuhan anak Bunda.

Selain itu, produk ini dilengkapi dengan wadah sehingga lebih mudah saat menyimpannya. Dan yang menarik adalah, Bunda bisa memilih berbagai warna sesuai dengan warna kesukaan anak Bunda.

Namun, yang perlu Bunda perhatikan, sendok garpu ini cocok digunakan untuk anak usia 7 bulan keatas. Bunda dapat membeli sendok garpu ini di Shopee.

6. Nuby Monster

nuby_monster

Harga : Rp 64.000

Desain lucu dan colour full

Nuby selalu menciptakan produk-produk yang inovatif, fungsional, dan menyenangkan. Brand ini memberikan jaminan dan kualitas dengan produknya yang aman bagi perkembangan anak.

Sendok garbu dari Nuby ini dirancang sesuai dengan tangan anak sehingga lebih mudah digenggamdan nyaman saat digunakan. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan anak yang sering kali tidak fokus saat makan, terutama anak yang baru mulai belajar makan. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Lazada.



5. Mother’s Corn Self Training

mothers_corn_self_training

Harga : Rp 90.000

Terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan

Produk Mother’s Corn ini beda dari produk yang lain, karena produk ini terbuat dari bahan alami, yaitu dari jagung. Karena itu, sendok garpu ini lebih aman karena jauh dari bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan anak Bunda, seperti Bisphenol-A (BPA), Polifinil Klorida (PVC), dan Phthalates.

Sendok garpu ini memiliki ukuran 7 cm x2,5 cm x 13cm, sehingga lebih cocok digunakan untuk anak usia 18 bulan ke atas. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

4. Dodo Cutlery

dodo_cutlery

Harga : Rp 15.000

Nyaman dan mudah digenggam

PT. Dodorindo Jaya Abadi menyediakan berbagai produk bayi bermerk Dodo yang telah bersertifikasi ISO 9002. Salah satu produknya adalah sendok garpu ini yang dirancang secara khusus agar aman ketika digunakan oleh bayi Bunda.

Pegangan sendok garpu ini yang terbuat dari bahan plastik, lembut, dan fleksibel. Selain itu, juga mudah digenggam dan tidak melukai buah hati Bunda. Anda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

3. Edison Stainless

edison_stainless

Harga : Rp 155.000

Desain unik dan lucu



Salah satu pertimbangan penting dalam memilih perlengkapan balita adalah memiliki desain yang unik dan lucu dengan karakternya yang menarik. Dan, tidak salah jika Anda membeli produk dari Edison ini.

Selain menarik, karakternya seperti burung hantu, singa, dan juga pororo akan membuat anak Bunda merasa senang ketika menggunakannya. Selain itu, Bunda juga lebih mudah mengenalkan hal-hal baru kepada anak Bunda.

Kelebihan lainnya adalah, Bunda dapat menstimulasi buah hati dalam mengaktifkan jari-jarinya, melatih konsentrasi, serta intelenjensinya dalam belajar makan. Dan, pastinya produk ini aman, mudah dibersihkan, dan tidak panas saat digunakan oleh buah hati Bunda. Anda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

2. Baby Beyond

baby_beyond

Harga : Rp 40.000

Dapat mencegah buah hati agar tidak tersedak ketika belajar makan

Untuk Bunda yang ingin mengajarkan anak agar bisa makan secara mandiri, maka produk Baby Beyond ini bisa menjadi pilihan terbaik, karena telah dilengkapi dengan standar keamanan yang bisa mencegah buah hati Bunda tersedak.

Hal tersebut tidak lepas dari desain pegangan yang memiliki wadah, sehingga membuat sendok dan garpu tidak tidak akan terlalu dimasukkan kedalam mulut karena adanya penghalang.

Kelebihan lainnya, alat ini mudah dibersihkan dan mudah dibawa kemana-mana. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

1. KC Babby

kc_babby

Harga : Rp 25.000

Aman digunakan dan terjamin kualitasnya



KC Babby ini memiliki desain dengan motif Hello Kitty dan Mickey Mouse yang pastinya buahhati Bunda akan merasa senang ketika menggunakannya. Karakternya yang lucu tersebut, juga dapat digunakan oleh Bunda agar lebih mudah membuat anak mau makan makanan yang telah disediakan.

Selain itu, produk ini aman karena terbuat dari bahan yang tidak membahayakan kesehatan anak Bunda. Dan, sendok garpu ini cocok digunakan untuk anak usia 3 bulan sampai dengan 3 tahun.

Adapun ukurannya adalah 13×2.5cm, dan memiliki warna yang sangat menarik. Bunda bisa membeli sendok garpu ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sendok garpu untuk balita, sebaiknya Bunda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti jenis bahan yang aman bagi kesehatan, tekstur, model dan karakternya, serta mereknya.
  • Selain itu, Bunda harus mengetahui cara membersihkannya agar bayi Bunda selalu terjaga kesehatannya.
  • Bunda bisa memilih Edison Stainless, karena sendok garpu ini terbuat dari bahan berkualitas, desainnya yang unik dan menarik, serta mudah dibersihkan.
  • Sedangkan, untuk Bunda yang menginginkan sendok garpu yang terbuat dari bahan alami yang aman bagi kesehatan bayi, Bunda bisa memilih Mother’s Corn Self Training.
  • Namun, jika Bunda ingin sendok garpu dari merek terpercaya dengan bahannya yang lembut dan aman bagi bayi, maka Bunda bisa memilih merek dari Pigeon.

Referensi

  1. Jess Miller (2018), Baby utensils: Spoons and forks just for your baby, https://parent.guide/baby-utensils/
  2. Amy Palanjian (2015), The Only Baby Spoons,Toddler Spoons, and Kids Utensils You Need, https://www.yummytoddlerfood.com/advice/cooking-tips/best-silverware-for-toddlers/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sendok Garpu Terbaik untuk Balita", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »