Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 January 2020

10 Sandal Gunung Terbaik untuk Pria dan Wanita

By Cekresi .com


Sandal gunung tidak hanya digunakan untuk mendaki gunung saja. Sandal gunung juga bisa digunakan untuk ke pantai, kegiatan menyusuri sungai, maupun untuk aktivitas sehari-hari, sebab karakternya yang nyaman, kuat, dan tahan lama.



Banyak produsen sandal menawarkan beragam jenis sandal gunung, mulai dari harga puluhan ribu sampai dengan harga jutaan. Namun, untuk mendapatkan sandal gunung terbaik, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal, seperti kualitas bahan, sol, ukuran, serta mereknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa sandal gunung untuk pria dan wanita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sandal gunung serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik sandal gunung

Secara umum, sandal gunung ada dua jenis. Pertama, jenis belt yang menggunakan tali sebagai pengikatnya. Kedua,jenis shoe yang memiliki pelindung pada jari-jari kaki. Keduanya sangat cocok digunakan untuk menjelajahi alam, seperti hutan, gunung, atau pun pantai.

Selain untuk berpetualang, sandal gunung juga cocok digunakan untuk jalan-jalan ke tempat wisata, mall, dan aktivitas sehari-hari. Hal ini tidak lepas dari karakter sandal gunung yang stylish dan fashionable, sehingga masyarakat terutama anak muda sangat menggemarinya.

Anda bisa memilih jenis belt untuk kegiatan sehari-hari. Karena jenis ini sangat nyaman dan modelnya lebih stylish. Namun, untuk Anda yang ingin keamanan maksimal saat melakukan pendakian atau penjelajahan, maka Anda bisa memilih jenis shoe.

Oleh karena itu, saat Anda memilih sandal gunung, perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah sandal gunung hanya dipakai saat ke alam bebas, atau dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Perhatikan ukuran sandal gunung yang akan Anda beli

Berbagai produsen terkadang memiliki standar ukuran yang berbeda dalam produknya. Untuk memastikan secara tepat, Anda harus mengukur telapak kaki Anda dan melebihkan setengah dari ukuran sandal gunung.



Karena ukuran yang kekecilan dapat menyebabkan kaki Anda lecet dan tidak nyaman saat digunakan. Sedangkan jika terlalu besar, maka akan menggangu performa dan stabilitas pergerakan Anda saat melangkah.

Perhatikan kualitas bahan dan solnya

Sangat penting mengetahui kualitas bahan dalam memilih sandal gunung. Dalam hal ini, hendaknya Anda memilih sandal dari jenis bahan yang fleksibel, memiliki kelenturan, serta ketahanan yang kuat agar pergerakan lebih mudah dan tidak mudah lelah.

Secara umum, sol sandal gunung dibagi menjadi dua yaitu, upper, midsole, dan outsole. Bagian upper ini biasanya terbuat dari bahan webber yang fungsinya untuk menahan agar sandal melekat pada kaki.Selain itu, upper ini juga bisa berperan penting untuk menambah estetika atau tampilan agar lebih menarik.

Untuk midsole pilih bahan yang nyaman dan empuk untuk kaki Anda. Perhatikan juga tingkat kelenturannya sehingga langkah Anda lebih mudah dan progresif serta lebih bersemangat saat bergerak.

Sedangkan, bagian Outsole berfungsi memberikan traksi antara kaki dan permukaan tanah. Pastikan outsole terbuat dari bahan yang kuat dan kasar sehingga memiliki daya cengkram yang sangat baik.

Selain itu, pastikan sol memiliki ketahanan yang kuat sehingga bisa melindungi kaki dari benturan atau pun sesuatu yang tajam yang bisa melukai Anda.

Perhatikan lengkungannya pada bantalan sandal

Sandal gunung yang digunakan untuk adventure tidak sama dengan sandal biasa. Pada bagian bantalan sandal ini terdapat lengkungan yang memungkinkan Anda lebih nyaman saat berjalan di jalan setapak.



Selain itu, lengkungan juga dapat memberikan dukungan maksimal yang membuat Anda lebih berenergi saat bergerak. Sedangkan bagian pada alas kaki yang melekat pada sandal gunung dibentuk agar pas dengan kaki sehingga kenyamanan dan keamanan Anda tetap terjaga.

Pilih yang tahan goncangan

Salah satu fitur yang harus Anda pertimbangkan lagi saat memilih sandal gunung adalah tahan goncangan. Fitur ini sangat berguna saat Anda melakukan pendakian di medan yang terjal dan berat seperti bebatuan, berlumpur, atau pun ketinggian.

Untuk itu, Anda bisa memilih sandal yang dilengkapi dengan etilen vinil asetat (EVA), atau busa midsole yang dapat menahan goncangan dengan sangat baik, sehingga pendakian yang Anda lakukan akan lebih mudah.

Perhatikan beratnya

Saat Anda melakukan pendakian dengan menggunakan sepatu, maka pastikan Anda memilih sandal gunung dengan bobot yang lebih ringan. Karena sandal yang lebih ringan akan mudah membawanya sekaligus tidak menambah beban perlengkapan Anda.

Sandal gunung yang lebih ringan juga sangat nyaman mendukung Anda saat berjalan santai di sekitar perkemahan. Selain itu, sandal jenis ini biasanya serbaguna dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Pilih yang waterproof

Ketika Anda sering melintasi jalur perairan dan medan yang basah saat pendakian atau penjelajahan ke alam bebas, maka pilih sandal gunung waterproof atau tahan air.

Anda bisa memilih sandal dengan sol karet, karena lebih lentur dan aman ketika bersentuhan dengan air. Selain itu, pastikan bagian atas terbuat dari bahan sintetis sehingga sandal mudah kering setelah terkena air.



Cara merawat sandal gunung agar lebih awet

Agar sandal gunung Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sandal gunung:

  • Bersihkan secara rutin, terutama saat Anda sering memakainya. Minimal kotoran yang menempel pada outsole terangkat agar Anda terhindar dari risiko terpeleset atau jatuh.
  • Saat mencucinya gunakan sabun khusus atau sabun lembut seperti shampo bayi agar sandal Anda tidak mudah luntur dan rusak.
  • Sikat sandal dengan posisi satu arah, ulangi beberapa kali sampai bersih.
  • Keringkan sandal gunung yang telah dicuci.Pastikan ditempatkan pada posisi di mana sandal tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Simpan sandal gunung Anda di tempat terbuka, atau Anda bisa meletakkan pada rak khusus sandal.

10 Sandal gunung terbaik untuk pria dan wanita

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sandal gunung lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sandal gunung terbaik untuk pria dan wanita dari berbagai merek berikut ini:

10. Eiger Valor 1.0

eiger_valor_1.0

Harga : Rp 310.500

Serbaguna dan tangguh untuk menemani Anda saat berpetualang

Eiger merupakan salah satu brand terbaik asal Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Tagline Tropical Adventure yang diusung semakin mengukuhkan dan memperkuat brand Eiger di kancah internasional.

Salah satu produknya yang banyak dicari adalah Eiger Valor 1.0. Sandal terbaik dengan tampilan otentik yang semakin membuat tampilan Anda lebih wow. Sandal ini sangat cocok untuk penjelajahan, sekaligus juga nyaman untuk kegiatan sehari-hari.

Valor 1.0ini sangat ringan dan ditunjang dengan fitur EVA midsoles serta pelindung jari kaki yang terbuat dari bahan karet agar kenyamanan dan keamanan lebih maksimal. Anda bisa membeli sandal ini di Lazada.

9. Jack Wolfskin Mens Seven Seas

jack_wolfskin_mens_seven_seas

Harga : Rp 638.000

Cocok untuk hiking, menyusuri sungai, dan rekreasi



Sandal Jack Wolfskin ini memiliki daya cengkram outsole yang sangat baik sehingga bisa digunakan untuk medan apapun dengan sangat nyaman. Bantalan sandal yang lembut serta teknik anyaman yang dihasilkan sangat kuat menjadikan merek ini banyak diminati masyarakat.

Sandal ini juga dilengkapi dengan bantalan kejut pada bagian tumit yang akan memberikan stabilitas saat penjelajahan. Selain itu, tiga talinya memiliki pengikat Velcro yang bisa disesuaikan dengan bentuk kaki.

8. Adidas Cyprex Ultra II

adidas_cyprex_ultra_II

Harga : Rp 525.000

Mendukung Anda saat melintasi medan yang berat

Sandal gunung Adidas ini dirancang agar penggunanya lebih mudah melintasi jalanan yang basah atau berair, tangguh di medan berlumpur, serta nyaman saat kondisi kering.

Tali pada sandal ini mudah untuk cepat kering saat terkena air. Gesper pada talinya mudah disesuaikan dengan bentuk kaki sehingga lebih menyatu dengan kaki dan ringan saat melangkah.

Selain itu, alas kaki sangat lembut yang memungkinkan Anda lebih nyaman saat berjalan jauh. Sedangkan bagian outsole-nya sangat kasar sehingga lebih kuat dan tangguh saat melintasi medan yang berat. Anda bisa membeli sandal ini di Shopee.

7. Consina Merese Super Light Sandal Footwear Black 40

consina_merese_super_light_sandal_footwear_black

Harga : Rp 275.000



Lebih ringan, nyaman saat melangkah, dan serbaguna

Untuk para pria yang ingin terlihat simpel namun ingin tetap terlihat stylish, tentu sandal dari Consina ini bisa jadi pilihan terbaik. Sandal gunung ini bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari dan sangat nyaman untuk kaki serta fashionable.

Sandal ini terbuat dari bahan phylon yang ringan dan responsif sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan saat bergerak. Selain itu, pilihan yang ditawarkan beragam, dengan desain dan bentuk yang lebih bervariasi. Anda bisa membeli sandal ini di Shopee.

6. Rei Tondana

sandal_rei_tondana

Harga : Rp 95.000

Dilengkapi dengan desain tali prusik yang menambah tampilan sandal lebih modis

Saat Anda mengamati logo Rei, ternyata ada dua logo yang berbeda di internet. Rei yang berasal dari Indonesia dan satunya Rei dari Amerika. Meskipun namanya sama, namun kedua merek ini berbeda.

Produk Rei Indonesia merupakan produk asli buatan tangan anak bangsa. Dan, salah satu produknya adalah sandal Rei Tondana. Sandal ini dilengkapi dengan prusik di bagian tumit yang unik dan fashionable.

Selain itu, pada bagian upper terbuat dari bahan rubber yang nyaman saat digunakan dan tahan terhadap air. Anda bisa membeli sandal ini di Lazada.

5. Merrell Tetrex Crest Wrap Quick Dry

merrell_tetrex_crest_wrap_quick

Harga : Rp 2.136.000

Membantu Anda menjaga kestabilan, lebih nyaman, dan andal



Merrel merupakan salah satu produsen perlengkapan outdoor asal Amerika yang terkenal dengan kemampuan produknya yang tangguh dan andal. Salah satunya, sandal ini yang cocok digunakan untuk menaklukkan medan yang berat.

Merrell Tetrex Crest Wrap Quick Dry terbuat dari bahan sintetis dan tekstil pada bagian atasnya. Selain itu, lapisan Neoprene Lycra yang empuk pada sandal ini mampu menjaga kenyamanan saat Anda bergerak.

Desain EVA berlubang pada sandal dapat membantu mengontrol kelembaban lebih baik, serta daya cengkram outsole yang memberikan keamanan saat pendakian.

4. The North Face Base Camp Swithcback Green Leaf

the_north_face_base_camp_swithcback_green_leaf

Harga : Rp 677.000

Cepat kering dan nyaman di kaki

Sandal ini memiliki konfigurasi tiga tali yang dapat Anda sesuaikan dengan bentuk kaki, sehingga lebih nyaman saat bergerak. Selain itu, sandal ini dilengkapi dengan fitur Quick-drying Lycra yang dapat membuat sandal cepat kering.

Tidak hanya itu, busa EVA 3 mm akan memberikan sensasi pergerakan Anda lebih bersemangat saat berpetualang ke alam bebas. Sandal ini juga ringan, dan memiliki daya cengkram yang sangat baik.

3. Catenzo JJ 121

catenzo_jj_121

Harga : Rp 104.000

Nyaman digunakan dan fashionable



Sandal gunung pria wanita merek Catenzo ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Modelnya yang selalu kekinian, trendi, dan modis akan membuat pemakainya terlihat semakin keren dan bergaya.

Sandal ini dilengkapi dengan webbing sol yang kuat, desain warna abu-abu, serta outsole-nya yang memiliki daya cengkram yang sangat baik. Selain itu, sandal ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk lainnya. Anda bisa membeli sandal ini di Lazada.

2. Karrimor Amazon Men’s Sandals

karrimor_amazon_mens_sandals

Harga : Rp 699.000

Sangat nyaman, ringan, dan berkualitas

Sandal Karrimor ini cocok digunakan untuk menemani petualangan Anda di hutan, pantai, ataupun gunung. Bantalan serta kelenturan yang ada pada sandal ini akan membuat pemakainya merasakan kenyamanan yang luar biasa.

Selain itu, bagian outsole yang kasar dan tebal semakin membuat langkah Anda lebih agresif dan mudah beradaptasi dengan medan yang berat.

1. Keen Newport H2 Womens Sandals Black Bright Rose

keen_newport_h2_womens_sandals_black_bright_rose

Harga : Rp 1.900.000

Membantu langkah Anda lebih dinamis dan energik

Sandalyang diperuntukkan untuk wanita ini didesain khusus agar kaki tetap terlindungi secara maksimal. Selain itu, terdapat lubang udara yang memungkinkan Anda berjalan lebih nyaman dan tetap berenergi.

Model upper sandal ini sangat keren dan terdapat anyaman yang mudah dicuci, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melintasi medan yang berlumpur atau kotor. Anda bisa membeli sandal ini di Tokopedia.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli sandal gunung, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, sol,kualitas bahan, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar sandal Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Merrell Tetrex Crest Wrap Quick Dry, karena dilengkapi dengan sistem perlindungan yang maksimal untuk kaki dan nyaman digunakan untuk medan yang berat.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin sandal gunung berkualitas yang dilengkapi dengan daya cengkram, bantalan kejut, dan nyaman saat bergerak, Anda bisa memilih sandal dari Jack Wolfskin.
  • Namun, untuk Anda pecinta produk asli buatan Indonesia dengan kualitasnya yang sangat baik serta harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih sandal dari Eiger.

Referensi

  1. Eastern Mountain Sports (2019), How to Choose Hiking Sandals,https://www.ems.com/f/ea-how-to-choose-hiking-sandals.html
  2. Shawna Newman (2019),Hiking Sandals: Should You Wear Them & How To Choose The Right Pair,https://www.activeweekender.com/best-hiking-sandals/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sandal Gunung Terbaik untuk Pria dan Wanita", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »