Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 July 2020

10 Sampo Terbaik yang Aman untuk Bayi

By Cekresi .com
10 Sampo Terbaik yang Aman untuk Bayi


Rambut dan kepala bayi tidak sama dengan orang dewasa, sehingga penggunaan sampo untuk bayi harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sampo bayi tidak hanya wangi atau tidak perih di mata saja, melainkan sebaiknya juga tidak menyebabkan iritasi atau memicu timbulnya masalah kesehatan lain.



Banyak sekali brand sampo bayi yang menawarkan produk-produknya di pasaran, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.Namun, untuk mendapatkan sampo khusus bayi yang benar-benar aman dan terpercaya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti kandungan bahan sampo, kandungan nutrisi sampo, hingga mereknya.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa sampo terbaik untuk bayi lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sampo bayi serta cara memilih sampo bayi yang aman untuk buah hati Anda.

Perhatikan bahan-bahan yang tekandung pada sampo bayi

Memang banyak sekali sampo bayi yang beredar di pasaran, namun Anda harus memperhatikan mana sampo yang lembut dan ramah dikulit bayi.Kandungan utama sampo bayi umumnya adalah surfaktan dan air.

Sampo bayi yang harus menjadi perhatian Anda adalah yang mengandung sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS) yang merupakan zat dengan daya pembersih tinggi dan berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit sehingga perlu Anda hindari.

Terdapat bahan-bahan lain yang harus dihindari juga pada sampo bayi diantaranya adalah parabens, diazolidinyl urea ethanolamines, octinoxate, dan oxybenzone. Selain bahan-bahan tersebut tentunya masih ada bahan berbahaya lain yang biasanya merupakan zat turunan. Oleh karena itu, Anda harus cek terlebih dahulu sebelum membeli sampo untuk buah hati Anda.

Perhatikan kandungan bahan pewangi dan pelembabnya

Jika orang dewasa cenderung memilih sampo berdasarkan aromanya, namun berbeda dengan bayi. Sebisa mungkin, pilihlah sampo bayi yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Selain itu, pilih juga sampo tanpa tambahan zat aditif apapun.

Anda dapat mengganti samponya dengan sampo yang mengandung wangi bertahap seiring dengan pertumbuhannya. Apabila rambut buah hati Anda kering dan mengalami gatal di kulit kepala, Anda dapat menggunakan sampo bayi yang mengandung pelembap.



Perhatikan label ‘no tears’ dan ‘mild shampoo’

Sampo dengan label no tears itu sangat penting karena sampo bayi tidak seharusnya menyebabkan iritasi dan harus benar-benar aman. Sampo bayi dengan label no tears tidak akan menyebabkan perih dan juga lebih aman, karena kandungan di dalamnya tidak keras seperti sampo orang dewasa.

Sedangkan sampo dengan label mild merupakan sampo dengan karakteristik yang tidak menyebabkan alergi. Sehingga apabila khawatir bayi Anda mengalami alergi, Anda harus memilih sampo dengan label mild.

Selalu baca label di belakang kemasan sampo

Semua hal yang ingin Anda ketahui dari sampo yang ingin Anda beli pasti ada di bagian label, jadi meskipun tulisannya sangat kecil namun justru itu menjadi informasi penting yang tidak boleh dilewatkan.

Label di belakang kemasan sampo akan memberikan informasi lengkap mulai dari bahan serta kandungan apa saja yang dimiliki sampo, cara pemakaian, hingga tanggal kadaluarsa. Anda juga dapat melihat apakah ada kandungan zat berbahaya pada sampo tersebut yang langsung bisa Anda hindari.

Pilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan

Banyak ibu yang memandikan anaknya seorang diri, apabila Anda termasuk diantaranya maka penting bagi Anda untuk memilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan.Kemasan yang paling mudah digunakan ialah botol pompa.

Kemasan sampo dengan botol pompa akan lebih mudah digunakan ketika tangan Anda yang lain sedang menyangga tubuh bayi Anda. Botol pompa dapat digunakan hanya dengan satu tangan saja dan cenderung lebih praktis sehingga Anda tidak kerepotan.

Cara memilih sampo bayi

Agar Anda tenang ketika menggunakan sampo pada buah hati Anda, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih sampo bayi sehingga tidak salah membeli. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih sampo bayi:



  • Pilih yang terbuat dari bahan-bahan alami, karena sudah pasti aman dan memiliki tingkat risiko yang kecil dalam menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit si kecil.
  • Pastikan kandungannya sangat aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi kulit si kecil.
  • Pastikan bahwa sampo yang akan Anda beli lulus uji hypoallergenic. Hal ini disebabkan karena semua bayi memiliki lapisan kulit yang tipis dan masih sangat sensitif.
  • Kenali kulit buah hati Anda, sehingga Anda tahu produk mana yang cocok untuk buat hati Anda.

10 Sampo terbaik yang aman untuk bayi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sampo bayi lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi sampo terbaik yang aman untuk bayi dari berbagai merek berikut ini:

10. Pigeon Pump Chamomile

pigeon_pump_chamomile

Harga : Rp 58.000

Multifungsi, dapat digunakan sebagai sampo dan sabun

Pigeon Pump Chaomile merupakan sampo bayi yang khusus digunakan untuk kulit kepala yang sensitif karena termasuk produk hipoalergenik. Seperti namanya, produk ini hadir dengan botol pump. Produk ini hadir dengan kandungan ekstrak bunga chamomile dan juga diberi tambahan jojoba oil yang membuat kulit terlindungi dan lembab.

Selain dapat digunakan untuk sampo, Pigeon Pump Chamomile juga dapat digunakan sebagai sabun untuk membersihkan badan. pH yang seimbang membuat produk ini aman dan tidak akan membuat kulit bayi Anda iritasi.

Selain itu, sampo ini memiliki wangi yang lembut dan tidak berlebihan, sehingga aman digunakan untuk bayi baru lahir sekalipun. Anda dapat membeli sampo bayi ini di Shopee.

9. Zwitsal Baby Shampoo Natural With Aloevera

zwitsal_baby_shampoo_natural_with_aloe_vera

Harga : Rp 26.200

Tidak perih dan aman untuk bayi

Zwitsal Baby Shampoo merupakan produk sampo untuk membersihkan rambut buah hati Anda. Zwitsal mengeluarkan beberapa varian sampo bayi, salah satu diantaranya adalah Zwitsal baby Shampoo Natural with Aloe vera yang hadir dengan botol pump.



Sampo ini merupakan sampo yang dilengkapi dengan no tears formula yang berarti tidak akan menimbulkan perih di mata, serta teruji hypoallergenic, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif karena tidak menimbulkan alergi.

Kandungan utama sampo ini adalah lidah buaya yang membantu agar kulit kepala menjadi lembab, serta seledri dan kemiri yang dapat membantu pertumbuhan rambut bayi sehingga tampak tebal dan hitam. Wanginya pun lembut sehingga aman digunakan untuk bayi baru lahir. Anda dapat membeli sampo ini di Lazada.

8. Johnsons Baby Shampoo

johnsons_baby_shampoo

Harga : Rp 21.530

Membuat rambut lebih halus dan lembut

Johnsons mengerti bahwa rambut bayi memerlukan perawatan khusus, maka dari itu Johnsons merancang sampo bayi yang khusus untuk membersikan rambut dan kulit kepala. Sampo ini akan membersihkan kulit kepala dan rambut dengan lembut.

Selain itu, sampo ini memiliki formula khusus yang membuatnya mudah dibilas tanpa meninggalkan sisa. Sampo ini juga telat teruji secara klinis oleh dokter anak dan dokter kulit, serta terbukti memiliki formula hypoallergenic dan formula no tears.

Johnsons Baby Sampo tidak menggunakan paraben, flatat, sulfat, dan pewarna yang merupakan zat aditif berbahaya bagi bayi sehingga aman digunakan untuk bayi baru lahir. Anda dapat membeli sampo ini di Lazada.

7. Cussons Baby Almond Oil and Honey Baby Shampoo

cussons_baby_almond_oil_and_honey_baby_shampoo

Harga : Rp 14.000

Melembabkan serta melindungi rambut dan kulit bayi



Cussons merupakan merek sampo bayi yang juga sudah terkenal di pasaran dan hadir dengan botol flip-flop. Sampo ini merupakan rangkaian Cussons Baby Hair Care. Sampo ini tentunya menggunakan bahan alami yang memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhan rambut bayi.

Sampo dari Cussons ini memiliki pH seimbang yang akan membantu menjaga rambut agar tetap halus dan lembut. Kandungan utama sampo ini adalah almond oil dan madu untuk melembabkan dan menjaga rambut agar tumbuh sehat dan tidak mudah kusut.

Sampo ini rupanya dapat digunakan juga oleh orang dewasa. Sampo ini juga lebih aman karena bebas paraben dan mengandung formula no tears, yang artinya tidak menyebabkan perih di mata. Anda dapat membelinya di Lazada.

6. Cetaphil Baby Shampoo

cetaphil_baby_shampoo

Harga : Rp 65.000

Aman digunakan dan tidak mengandung zat aditif

Selain produk untuk orang dewasa, Cetaphil hadir melengkapi kebutuhan si kecil. Sampo ini hadir dengan botol flip-flop yang mudah digunakan. Dibuat dari bahan yang lembut, sampo ini juga dapat digunakan untuk membersihkan rambut si kecil sekaligus menjaga pH alaminya.

Sampo ini memiliki wangi yang lembut dan menenangkan karena kandungan chamomile yang ada di dalamnya. Cetaphil Baby Shampoo tidak menggunakan zat aditif serta bahan hewani yang memicu alergi sehingga Anda akan tenang ketika menggunakannya.

Selain itu, sampo ini diformulasikan dengan kandungan bebas sabun, dan sudah teruji klinis memiliki formula no tears dan formula hypoallergenic sehingga tidak perih di mata dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Anda dapat membeli sampo ini di Shopee.



5. Purebaby Wash

purebaby_wash

Harga : Rp 29.000

Multifungsi dan aman digunakan untuk bayi

Purebaby Wash merupakan produk multifungsi yaitu sampo yang dapat digunakan juga sebagai sabun dan mampu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit sensitif buah hati Anda.Hal itu dikarenakan sampo ini tidak mengandung berbagai zat aditif berbahaya seperti detergen, SLS, alkohol, dan paraben.

Kemasannya hadir dalam botol pompa yang mudah digunakan. Sampo ini diformulasikan dengan Pro Vitamin B5 yang menyerap hingga ke dalam lapisan kulit untuk membantu proses pembentukan pigmen sehingga daya tahan kulit si kecil meningkat.

Tenang saja, sampo ini sudah berstandar Europe Low Hazard 0-2 yang dijamin aman digunakan tanpa perlu khawatir kulit bayi Anda terkena iritasi.Anda dapat membeli sampo ini di Shopee.

4. Burt’s Bees Baby Shampoo & Wash

burts_bees_baby_shampoo__wash

Harga : Rp 249.000

Terbuat dari bahan alami yang menyehatkan kulit dan rambut bayi

Brand Burt’s Bees Calming Baby mungkin terdengar cukup asing di telinga Anda, namun rupanya shampo bayi yang satu ini 98.9% terjamin aman dengan bahan naturalnya. Sehingga tidak akan berbahaya bagi si kecil, walaupun kulitnya sangat sensitif.

Sampo ini terbuat dari bahan dasar tumbuh-tumbuhan, yaitu protein kedelai.Protein kedelai adalah pelembab alami yang dikemas dengan vitamin B dan mineral, penting untuk membersihkan kulit dan rambut bayi setiap harinya.



Sampo yang dapat digunakan sebagai sabun ini mengandung tear-free formula, teruji klinis oleh dokter anak, serta terbebas dari phthalates, paraben, petrolatum, dan SLS. Anda dapat membeli sampo bayi ini di Shopee.

3. Aveeno Baby Wash & Shampoo

aveeno_baby_wash__shampoo

Harga : Rp 135.000

Menjaga kelembutan rambut bayi Anda

Brand Aveeno juga sepertinya masih jarang terdengar di Indonesia, namun peminatnya banyak. Sampo dari Aveeno ini diformulasikan dengan natural oat extract, sehingga mampu membersihkan tanpa membuat kulit kepala buah hati Anda menjadi kering.

Sampo ini memiliki formula no tears yang berarti tidak pedih di mata.Selain itu sampo ini juga multifungsi, bisa untuk rambut dan tubuh si kecil.Selain memberikan nutrisi, produk ini juga memberi efek menenangkan pada kulit bayi yang sensitif.

Aveeno Baby Wash & Shampoo tidak mengandung detergen, bebas paraben, alkohol, serta tidak menimbulkan alergi, sehingga Anda bisa lebih tenang ketika menggunakannya. Kemasan botol ini adalah botol pump yang mudah digunakan. Anda dapat membelinya di Shopee.

2. Mustela Gentle Cleansing Gel

mustela_gentle_cleansing_gel

Harga : Rp 236.500

Membersihkan dan menghaluskan rambut si kecil

Sampo dari brand Mustela ini hadir dengan 90% kandungan yang natural, yaitu ekstrak tumbuhan yang membantu menjaga serta melembapkan kulit si kecil. Formulanya diperkaya dengan vitamin B5 yang mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa menghilangkan minyak alami di kulit dan kepala sehingga tetap lembab.



Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena produk ini bebas zat aditif yang berbahaya bagi kulit seperti paraben, phthalates, phenoxyethanol, serta alkohol. Mustela bekerjasama dengan para dokter pediatri dan dermatologi dengan cara melakukan penelitian untuk memastikan produknya aman. Anda dapat membeli sampo ini di Lazada.

1. Sebamed Baby Children’s Shampoo

sebamed_baby_childrens_shampoo

Harga : Rp 165.000

Aman digunakan bagi bayi penderita eczema dan memiliki alergi

Sebamed Baby Children’s Shampoo merupakan sampo bayi yang mampu mengurangi risiko iritasi, serta dapat membuat kulit kepala dan rambut bayi lebih bersih, mudah disisir, dan halus.

Selain dapat memberikan nutrisi rambut dan kulit kepala bayi Anda, sampo ini juga direkomendasikan untuk kulit kepala yang memiliki eczema dan alergi. Dengan formula yang aman dan pH yang seimbang, sampo ini juga cocok dan dapat digunakan untuk kulit bayi yang sensitif.

Sampo dari sebamed ini bebas dari zat aditif berbahaya yang dapat menimbulkan alergi seperti paraben, alkohol, dan alkali. Sampo ini hadir dalam kemasan botol flip-flop yang mudah digunakan.Anda dapat membeli sampo ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sampo yang cocok dengan bayi Anda, sebaiknya Anda memperhatikan bahan-bahan sampo, kandungan nutrisi sampo, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara memilih sampo bayi agar sampo tersebut cocok bagi kulit buah hati Anda dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.
  • Anda bisa memilih Mustela Gentle Cleansing Oil, karena sudah teruji secara klinis oleh dokter pediatri dan dermatologi bahwa produknya aman digunakan untuk bayi bahkan untuk bayi dengan kulit sensitif.
  • Sedangkan, untuk Anda yang memiliki bayi dengan kulit yang sangat sensitif, Anda bisa memilih Sebamed Baby Children’s Shampoo
  • Namun, jika Anda yang ingin mencoba sampo dengan bahan-bahan natural, maka Anda bisa memilih Burt’s Bees Calming Baby Shampoo & Wash.

Referensi

  1. Arshi (2020), 11 Best Shampoos For Your Baby,https://www.momjunction.com/articles/best-shampoos-for-your-baby_00347826/
  2. Babylist (2020), Best Baby Shampoo & Body Wash of 2020,https://www.babylist.com/hello-baby/best-baby-shampoo-and-body-wash



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Sampo Terbaik yang Aman untuk Bayi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »