Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 December 2020

10 Router Wi-Fi Terbaik untuk Kebutuhan Rumah

By Cekresi .com
10 Router Wi-Fi Terbaik untuk Kebutuhan Rumah


Bagi masyarakat modern, kemudahan mendapatkan akses internet adalah hal penting. Karena internet sudah seperti kebutuhan pokok yang dapat membantu mereka dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.



Banyak cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan akses internet dengan mudah dan lancar untuk kebutuhan Anda di rumah, salah satunya dengan menggunakan router. Karena dengan alat ini, Anda bisa meningkatkan konektivitas internet dengan mudah, baik antara komputer satu dengan yang lain, atau pun antara berbagai jaringan nirkabel.

Sebelum membelinya, pastikan Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti jenis koneksi internet yang digunakan, kecepatan, keamanan, antena, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan juga merek serta harganya.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa router Wi-Fi terbaik untuk kebutuhan rumah berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai router dan cara mengatasi router Wi-Fi yang melambat.

Pentingnya memasang router Wi-Fi di rumah!

Router pada dasarnya merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras (hardware) komputer dengan berbagai jaringan, baik itu jaringan yang sama atau berbeda. Karena itu, router akan membuat penyebaran sinyal internet Anda di rumah lebih merata.

Dengan memasang router, Anda dapat mengirimkan paket data atau informasi sesuai jalur atau rute yang bisa Anda atur dari jaringan lokasi tertentu ke berbagai jaringan lainnya. Anda juga bisa memutus arus lalu lintas jaringan dengan mudah jika ingin kinerja jaringan internet tidak melambat.

Selain itu, router juga bisa Anda gunakan untuk menganalisis paket data yang masuk, sehingga Anda bisa menyalurkan kebutuhan paket tersebut pada jaringan tertentu agar lebih optimal dalam penggunaannya.

Jadi dengan menggunakan router, Anda akan lebih mudah melakukan pengaturan jaringan internet di rumah dengan tingkat optimasi yang bisa Anda atur sesuai dengan keinginan Anda.



Perhatikan bagian-bagian penting dari router

Ada beberapa bagian router yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli jenis router yang tepat untuk kebutuhan rumah, yaitu:

Pertama, Hub. Bagian Hub ini adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penerima sinyal dari sebuah komputer yang merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan. Hub sangat berpengaruh terhadap koneksi antar komputer, karena jika Hub mengalami kerusakan, maka jaringan tersebut bisa terganggu atau bahkan terputus.

Kedua, NIC (Network Interface Controller). NIC merupakan perangkat keras yang berbentuk kartu, atau yang biasa disebut dengan Network Interface Card. Kartu ini berfungsi sebagai jembatan dari komputer menuju ke sebuah jaringan komputer.

Adapun cara kerja NIC adalah mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial, sehingga dapat ditransmisikan kedalam bentuk media jaringan.

Ketiga, Repeater. Pada bagian ini berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi, dengan tujuan agar area yang tidak bisa tertangkap sinyal Wi-Fi, bisa menangkap sinyal Wi-Fi. Dalam arti lain, repeater sebagai pemancar yang akan dapat memperkuat sinyal sehingga bisa menjangkau area yang lebih luas.

Kempat, Bridge. Sedangkan Bridge dapat menghubungkan jaringan komputer dengan metode transmisi yang berbeda, karena beroperasi pada Data Link Layer di network model OSI (Open System Interconnection). Bridge berfungsi membagi beberapa jaringan yang berbeda, dan mengatur informasi antar jaringan sehingga lebih tertib.

Kelima, Switch. Perangkat ini berfungsi sebagai penyambung data antara satu koneksi dengan koneksi lainnya. Switch ini bekerja pada bagian OSI Layer 2, Data Link Layer. Dan, yang sangat penting dari peran perangkat ini adalah, bisa membuat kinerja Anda lebih maksimal, karena Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.



Perhatikan kecepatan Wi-Fi dan kecepatan router

Salah satu hal utama sebelum membeli router adalah dengan memperhatikan kecepatan internet dan menyesuaikan dengan kecepatan router yang akan Anda beli. Untuk mengetahuinya, sebenarnya Anda bisa menanyakan langsung kepada penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).

Namun untuk memudahkan Anda, berikut ini penjelasan mengenai kecepatan Wi-Fi dan kecepatan router yang harus Anda ketahui sebelum membelinya.

Kecepatan internet Wi-Fi ini biasanya diukur dalam megabit per detik (Mbps). Semakin tinggi angka Mbps, semakin cepat koneksinya. Dan, biasanya ISP akan menawarkan produknya berdasarkan pada kecepatan unggah, seperti 10Mbps, 20Mbps, 50Mbps, 100Mbps, 200Mbps, 500Mbps, bahkan hingga 1000Mbps/ 1Gbps.

Namun, yang perlu Anda perhatikan disini adalah, meskipun router Anda memiliki kecepatan yang lebih tinggi, tapi kecepatan internet yang disediakan ISP sangat rendah, maka router yang berkinerja lebih tinggi tidak akan mempercepat koneksi Anda.

Karena itu, kami menyarankan Anda memilih jenis router yang berteknologi lebih maju, seperti teknologi 2.4/5.8 GHz yang memungkinkan router untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi, bisa mencapai hingga 600 Mbps.

Selain itu, jangan tergiur dengan harga murah yang bisa berakibat pada kualitas dan keandalannya yang buruk, sehingga membuat Anda terjebak dalam permasalahan-permasalahan baru yang bisa merugikan Anda.

Cara mengatasi router Wi-Fi yang melambat

Ketika Anda sudah membeli router dan memasangnya di rumah, pastinya harapan besar internet akan berjalan dengan lancar dan cepat. Namun, jika kemudian tiba-tiba koneksi melambat dan pekerjaan Anda terganggu, maka Anda tidak perlu panik. Beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  • Lihat kembali di mana Anda meletakkan router. Karena sebaiknya Anda meletakkan router di ruang tengah yang memungkinkan router bisa mengirimkan sinyal ke segala arah dan bisa menjangkau seluruh bagian ruangan di rumah Anda.
  • Hindari meletakkan router dekat dengan alat-alat elektronik yang mengeluarkan sinyal elektromagnetik, seperti TV, microwave, dan lain-lain. Karena hal ini bisa menyebabkan kinerja sinyal Wi-Fi melemah.
  • Pastikan antena berada dalam posisi vertikal yang bertujuan agar sinyal lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan.
  • Lakukan pengaturan tertentu pada piranti lunak router sehingga Anda mendapatkan kecepatan terbaik saat menggunakan internet. Untuk ini, Anda bisa melakukan pengaturan channel, atau juga bisa melakukan pemutakhiran firmware.
  • Untuk mengetahui masalah koneksi, Anda bisa melakukan speed test. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan koneksi kabel, atau juga bisa dengan Wi-Fi. Jika keduanya ternyata hasilnya sama-sama buruknya, maka bisa dipastikan masalahnya ada pada penyedia layanan internet Anda.

10 Router Wi-Fi terbaik untuk kebutuhan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang routerdan cara mengatasi router Wi-Fi yang melambat, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi router Wi-Fi terbaik untuk kebutuhan rumahdari berbagai merek berikut ini:



10. Xiaomi Router 4C

xiaomi_router_4c

Harga : Rp 209.000

Sinyal kuat dan lebih stabil

Xiaomi merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok yang mampu bersaing dengan produsen-produsen elektronik terkenal di dunia. Salah satu produknya yang bisa Anda miliki dan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan di rumah adalah Xiaomi Router 4C.

Xiaomi Router 4C ini menggunakan 4 antena dengan kemampuan sinyalnya yang kuat serta tranmisinya yang cepat. Selain itu, perangkat manajemannya yang cerdas dilengkapi dengan remote control sehingga memudahkan Anda saat ingin melakukan pengaturan. Anda bisa membeli router ini di Lazada.

9. Router Netgear CG3100D-2BPAUS

router_netgear_cg3100d_2bpaus

Harga : Rp 109.900

Lebih cepat, mudah, dan aman

Salah satu kelebihan Netgear CG3100D-2BPAUS ini adalah Anda tidak perlu menggunakan teknisi khusus saat ingin mengoperasikannya, karena sistem pengaturannya yang mudah dan cepat.

Selain sebagai router, Produk dari Netgear ini juga bisa digunakan sebagai modem dan Wi-Fi Access Point. Router ini telah didukung dengan teknologi DLNA sehingga lebih memudahkan saat Anda ingin berbagi, memutar, atau melihat file digital antar perangkat DLNA. Anda bisa membeli router ini di Shopee.

8. TENDA-Router

tenda_router_ac11_1200mbps

Harga : Rp 418.000

Konektivitas cepat, aman, dan jaringan Dual Band



Sebagai orangtua, kini Anda tidak perlu khawatir tentang penggunaan internet di rumah, karena produk dari Tenda ini memiliki kontrol yang memudahkan Anda untuk melakukan pemfilteran sehingga lebih aman untuk anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa mengendalikannya dari jarak jauh.

Tidak hanya faktor keamanan, router ini juga dilengkapi dengan fungsi khusus, seperti frekuensi ganda, teknologi migrasi otomatis, akses internet nirkabel saklar pengatur waktu, hemat daya cerdas, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli router ini di Lazada.

7. TP-LINK TL-WR840N

tp_link_tl_wr840n

Harga : Rp 137.000

Cocok untuk Anda yang memiliki usaha di rumah

Router dari TP-LINK ini memiliki jaringan ethernet dan nirkabel yang mampu mendukung streaming video HD, VoIP atau pun game online dengan cepat dan lancar. Sehingga router ini cocok untuk Anda yang ingin membangun usaha sendiri di rumah.

Router ini juga dilengkapi dengan tombol setup (WPS) Wi-Fi Protected pada bagian luar ramping sehingga memungkinkan Anda mendapatkan keamanan saat menggunakannya. Selain itu, Anda bisa memastikan enkripsi WPA2 dandapat mencegah jaringan dari intrusiluar. Anda bisa membeli router ini di Shopee.

6. Huawei Ws5102

huawei_ws5102

Harga : Rp 478.000

Manajeman rumah pintar lebih mudah dan cepat

Kelebihan Huawei Ws5102 ini terletak pada kecepatan jaringan nirkabelnya, dengan Wi-Fi 2.4 GHz 300 Mbps, dan Wi-Fi 5 GHz 867 Mbps. Perangkatnya dilengkapi dengan fitur Qos yang mendukung batas kecepatan per perangkat, serta sistem keamanan WPS.



Selain nirkabel, Huawei Ws5102 ini juga dilengkapi port yang bisa Anda pakai dengan sampungan kabelethernet. Dengan spesifikasi Port LAN 4 port jaringan, dan Port WAN 1 port jaringan, dengan daya 12 V DC, serta konsumsi pemakaian daya mesin kurang dari 6 W. Anda bisa membeli router ini di lazada.

5. ASUS RT-AC59U AC1500

asus_rt_ac59u_ac1500

Harga : Rp 1.329.000

Membuat konektivitas internet lebih cepat

Router dari ASUS ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan internet Anda di rumah. Karena alat ini bisa membuat konektivitas internet menjadi lebih cepat dan lancar dengan jangkauan sinyal Wi-Fi yang luas dan stabil.

Selain itu, router ini juga dilengkapi dengan port LAN yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan router ke berbagai peralatan elektronik Anda di rumah seperti, komputer, TV, Konsol game, dan lain-lain.

Router ini juga dilengkapi dengan teknologi yang telah memenuhi standar jaringan, seperti IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n, IEEE 802.11ac. Karena itu, Anda akan lebih mudah mendapatkan kecepatan yang Anda inginkan. Anda bisa membeli router ini di Shopee.

4. Tenda AC1200

tenda_ac1200

Harga : Rp 331.000

Jangkauan lebih luas dan kuat

Untuk Anda yang menginginkan jangkauan jaringan internet lebih maksimal di rumah, maka Anda bisa memilih router dari Tenda AC1200. Karena produk ini memiliki 4 antena dengan model Blade yang efektif membuat jangkauan jaringan Wi-Fi lebih luas dan kuat.



Selain itu, router tipe Wall Killer ini akan memberikan kestabilan pada jaringan internet Anda lebih kuat dan cepat. Router juga tidak mudah panas dan rusak karena telah dilengkapi dengan chipset Broadcom pada produknya.

Dan, yang menarik dari produk ini adalah support berteknologi tinggi, sehingga akan membuat router Anda selalu kompatibel dengan teknologi masa depan yang pastinya lebih canggih, support hingga frekuensi 5 Ghz. Anda bisa membeli router ini di Blibli.

3. Linksys RE6400-AG AC1200

linksys_re6400_ag_ac1200

Harga : Rp 1.199.999

Tidak ada lagi Dead Zone di rumah Anda

Linksys RE6400-AG AC1200ini akan membuat streaming video Anda menjadi lancar kembali tanpa masalah. Kemudian, bermain Game Online juga lebih mudah tanpa batas sehingga Anda bisa fokus pada permainan dan memenangkannya.
Selain itu, jangkauan sinyalnya lebih luas hingga ke sudut-sudut ruangan di rumah Anda. Tidak ada lagi area tanpa Wi-Fi di ruangan Anda dan semuanya bisa terhubung dengan mudah meskipun berjauhan.

Anda tidak perlu lagi teknisi khusus untuk memasangnya, karena instalasinya sangat mudah. Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan atau men-settting lagi saat melakukan konfigurasi. Anda bisa membeli router ini di Shopee.

2. Totolink N300RT

totolink_n300rt

Harga : Rp 129.000

Harga lebih murah dan cocok untuk kebutuhan rumah

Totolink merupakan brand elektronik yang berasal dari Korea Selatan. Salah satu produknya router N300RT ini yang cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet Anda di rumah. Karena selain canggih, harganya pun terjangkau.



Router ini memiliki 2 antena yang dapat digunakan untuk menerima sekaligus menyalurkan sinyal WiFi ke smartphone, laptop, maupun komputer Anda. Ditunjang dengan teknologi jaringan nirkabelnya yang telah memenuhi standar 802.11n dan juga kompatibel dengan perangkat 802.11b/g. Anda bisa membeli router ini di Shopee.

1. PIX-LINK Wireless Router

pix_link_wireless_router

Harga : Rp 461.000

Jangkauan luas dan kecepatan tinggi

Router dari PIX-LINK ini memiliki kecepatan total 1200Mbps yang membuat stabilitas jaringan internet di rumah lebih terjamin. Jangkauan Wi-Fi nya juga luas dan cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan kantor, cafe, atau pun restoran Anda.

PIX-LINK Wireless Routerini juga dilengkapi dengan port LAN yang berguna untuk menyambungkan router ke berbagai peralatan elektronik lainnya di rumah seperti, komputer, TV, Konsol game, dan lain-lain.Anda bisa membeli router ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membelirouter, pastikan Anda mengetahui beberapa hal, seperti jenis koneksi internet yang digunakan, kecepatan, keamanan, antena, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, pastikan Anda mengetahui cara menggunakan router sehingga lebih mudah saat Anda ingin mengatasi jaringan Wi-Fi yang melambat.
  • Anda bisa memilihLinksys RE6400-AG AC1200, karena router ini memiliki jangkauan yang luas dan menghilangkan dead zone pada sudut-sudut ruangan di rumah Anda.
  • Namun, jika Anda ingin konektivitas internet lebih cepat dan kompatibel dengan teknologi yang lebih canggih, Anda bisa membeli ASUS RT-AC59U AC1500.
  • Sedangkan,jika Anda ingin router dengan harga terjangkau dan bisa mendukung usaha bisnis Anda di rumah, maka Anda bisa membeli TP-LINK TL-WR840N.

Referensi

  1. IdCloudhost (2018), Pengertian dan Fungsi NIC, Repeater, Hub, Switch, Router, dan Bridge, https://idcloudhost.com/pengertian-dan-fungsi-nic-repeater-hub-switch-router-dan-bridge/
  2. Brad Moon (2020), 3 Tips for Choosing the Best Wireless Router for Your Home Wi-Fi Network, https://www.forbes.com/sites/bradmoon/2015/10/28/3-tips-for-choosing-the-best-wireless-router-for-your-home-wi-fi-network/#ff676a153665



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Router Wi-Fi Terbaik untuk Kebutuhan Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »