Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


1 May 2020

10 Road Bike Paling Nyaman untuk Jalanan di Indonesia

By Cekresi .com
10 Road Bike Paling Nyaman untuk Jalanan di Indonesia


Road Bike atau sepeda balap merupakan salah satu alat olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat. Dengan bersepeda seseorang tidak hanya berolahraga, tetapi juga menikmati kesenangan berpetualang. Anda bisa menemukan banyak komunitas bersepeda, terutama di kota-kota besar.



Namun, faktanya masih banyak orang yang cukup memahami syarat dalam pemilihan sepeda jenis road bike. Karena pada umumnya orang membeli sepeda melalui rekomendasi atau dari review produk yang sedang populer saja.

Karena itu, kami menyajikan artikel mengenairoad bike paling nyaman untuk jalanan di Indonesia lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang road bike berikut dengan cara perawatannya.

Kenali jenisroad bikedan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Anda harus memahami betul mengenai kebutuhan dalam penggunaan road bike. Setidaknya ada dua jenis road bike standar yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian, yakni jenis endurance dan competitive.

Endurance Road Bike merupakan jenis terbaik untuk Anda yang menyukai bersepeda dalam jangka waktu lama dan jarak yang panjang. Sepeda tipe endurance didesain nyaman saat dikendarai. Oleh karena itu, Anda tidak akan cepat lelah ketika meng-gowes kemanapun.

Tipikal sepeda endurance adalah top-tube angle-nya sedikit lebih tinggi dari racing road bike. Dengan tipe frame tersebut, Anda tidak perlu terlalu membungkuk atau berada di posisi racing. Pada bagian head-tube-nya pun umumnya memiliki panjang sedikit diatas rata-rata.

Beberapa produk road bike biasanya akan menerapkan fitur anti goncang pada sepeda. Dan fitur ini akan sangat membantu Anda ketika bersepeda di tipikal jalanan Indonesia yang terkadang tidak terlalu rata. Ukuran ban sepeda juga biasanya akan sedikit lebih ramping dari tipe universal.

Kemudian, Competitive Road Bike merupakan jenis sepeda standar untuk kompetisi. Keunggulan dari jenis ini adalah, baik material atau geometri road bike dibuat se-aerodinamis mungkin. Selain itu, sepeda jenis competitive juga di buat sangat ringan, bahkan beberapa produk memiliki berat dibawah 10Kg (tergantung kebutuhan).



Umumnya road bike jenis competitive memiliki rangka yang sangat tipis, dan velg yang lebar. Tipe head-tube-nya pun dibuat sependek mungkin, serta top-tube angle-nya dibuat lebih rendah. Sepeda tipe ini memang didesain untuk dapat mencapai top-speed secara konsisten.

Perhatikan jenis frame dan ukuran geometri

Menentukan ukuran frame dari road bike merupakan hal paling mendasar yang harus Anda pahami betul. Jenis dan ukuran frameakan disesuikan dengan tinggi badan sertan panjang jangkauan kaki dari pengendara.

Menurut beberapa data hasil riset, tinggi rata-rata orang Indonesia adalah 168 cm hingga 172 cm. Namun, mungkin Anda akan sedikit bingung, karena dalam spesifikasi produk umum menggunakan istilah feet. Secara umum, ukuran frame terbaik untuk orang Indonesia berada pada kisaran 50 cm – 54 cm.

Kesalahan dalam pemilihan frame akan membuat Anda tidak nyaman ketika sedang berkendara. Hasilnya, kemampuan berakselerasi dan bermanuver akan menurun dengan drastis. Selain itu, harga part seperti frame sebetulnya cukup mahal. Oleh karena itu, silahkan memilih dengan cermat dan berhati-hati.

Cara merawat dan menjaga performa road bike

Supaya road bike Anda tetap prima dan berada di kondisi terbaik, sangat disarankan untuk melakukan maintainance atau perawatan secara rutin dan berkala. Berikut cara perawatan sederhana road bike yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Usahakan untuk memeriksa tekanan ban sepeda secara berkala, dan pastikan tekanan ban sudah dalam keadaan ideal. Road bike memiliki ukuran ban yang kecil dan velg tipis, kelalaian pada bagian ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak kecil atau bisa juga sebagai penyebab kecelakaan di jalan raya.
  • Jangan lupa memeriksa kondisi kekecangan dan posisi baut as roda. Terutama bagi Anda yang menggunakan tipe sepeda quick release. Tidak terbayangkan jika roda tiba-tiba lepas saat Anda sedang berada di top speed atau sedang menuruni rute pegunungan.
  • Pastikan untuk memberi perhatian cukup pada rem dan shifter. Ini merupakan bagian yang paling sering digunakan serta bagian yang paling sering mengalami aus.
  • Ketika mencuci road bike, harap menghindari penyemprotan air pada bagian sensitif seperti shifter, kabel rem, dan komponen hub. Sebab, Anda mungkin secara tidak sadar membuat kotoran justru masuk ke dalam komponen tersebut.
  • Sesekali periksa bagian velg untuk mengukur tingkat kelurusannya. Terkadang sepeda yang sering digunakan akan mengalami bengkok atau perubahan posisi pada bagian velg. Hal tersebut akan menjadi sangat fatal bila tidak segera ditangani.

10 Road bike paling nyaman untuk jalanan di Indonesia

Jika Anda telah memahami hal-hal diatas, yang diperlukan hanyalah sedikit riset mengenai jenis sepeda yang akan digunakan. Berikut ini rekomendasi beberapa merek dan jenis road bike yang paling sesuai untuk jalanan di Indonesia :

10. Camp Impala Shimano 105 Road Bike

camp_impala_shimano_105_road_bike

Harga : Rp 7.641.000

Saatnya menguji top speed Anda di jalanan kota dengan 2×11 Speed Camp Impala 105



Anda tidak akan percaya bahwa Impala 105 merupakan road bike berjenis endurance. Sepeda ini menggunakan speed goupset 105 dari perusahaan onderdil terbaik di Asia, Shimano. Anda akan bisa dengan mudah melibas jalanan kota dan mencapai top speed dalam waktu singkat.

Jenis material yang digunakan pada frame adalah hydroform alloy yang sangat ringan dan kuat. Anda juga akan dipuaskan dengan wheelset 700c LUCE 40mm, yang sudah umum digunakan untuk racing road bike.

Impala 105 mungkin akan menjadi low-price road bike terbaik dikelasnya. Walaupun spesifikasi sepeda ini mirip dengan kelas racing, namun Impala 105 tetap memiliki keunggulan dari kelas endurance. Yakni, sepeda yang nyaman digunakan dalam waktu lama. Anda bisa membeli road bike ini di Lazada.

9. Pacific Primum 7.0 Road Bike

pacific_primum_7_0_road_bike

Harga : Rp 16.100.000

Taklukkan rute perbukitan tersulit di Indonesia dengan Pacific Primum 7.0

Bagi Anda yang menyukai tipe jalanan dengan tanjakan, mungkin Primum 7.0 akan menjadi pilihan menarik. Selain memiliki head tube yang pendek serta top tube angle cukup rendah, road bike ini juga hanya memiliki berat 8.9Kg dengan frame Carbon R03 700C.

Geometri Pacific Primum 7.0 didesain untuk mengatasi perbedaan elevasi yang tidak konsisten khas rute perbukitan. Anda bisa mencoba melakukan time trial untuk membuktikan ketangguhan road bike ini di jalur tanjakan.

Ciri yang paling mencolok dari sepeda ini adalah penerapan internal cable pada frame.Selain itu, Primum 7.0 juga menggunakan ban Michelin Dynamic Sport 700Cx25 yang sangat ringan dan memiliki grip yang bagus. Anda bisa membeli road bike ini di Shopee.



8. Shcoll Police 911 Road Bike

shcoll_police_911_road_bike

Harga : Rp 7.517.000

Tetap stabil menembus coast route dengan Scholl Police 911

Jalur pantai merupakan rute favorite untuk diarungi, selain indah, angin dan aroma laut kerap membuat para rider. Namun, tingkat kesulitan rute ini justru diatas rata-rata. Oleh karena itu, Anda membutuhkan road bike dengan tipe sejenis Police 911.

Struktur geometri Scholl Police 911 memang dirancang untuk dapat memecah dinding angin yang tebal. Police 911 memiliki berat total 14Kg, dan menggunakan frame Hydrofoam Alloy serta ban Kenda 700C x 23. Anda bisa membeli road bike ini di Shopee.

7. Polygon Divine R5 – 43 Road Bike

polygon_divine_r5_43_road_bike

Harga : Rp 12.450.000

Sekarang jalanan juga milik kalian, girls!

Alasan mengapa perempuan kurang nyaman menggunakan road bike adalah, karena geometri sepeda kebanyakan memang didesain untuk laki-laki. Akan tetapi, sekarang Anda juga bisa ikut menikmati sensasi riding melawan batas dengan Polygon Divine R5.

Divine R5 telah dibuat khusus untuk nyaman digunakan perempuan Asia. Geometri Divine R5 jauh lebih kecil dari rata-rata road bike lain. Ukurannya sendiri tersedia direntang 43 – 49, dengan effective seat tube 73.5. Sementara rentang head tube length-nya adalah 115 – 135 dan effective top tube (ETT) 525 – 543. Anda bisa membeli road bike ini di Blibli.

6. Pacific Tractor 3.0 Road Bike

pacific_tractor_3_0_road_bike

Harga : Rp 4.800.000

Jadilah rider pertama yang mencapai puncak di mountain route dengan Pacific Tractor 3.0!



Hal yang dibutuhkan untuk menaklukkan rute pegunungan adalah teknik handling sempurna, jumlah cadence konsisten, dan road bike yang tepat. Pacific Tractor 3.0 didesain khusus untuk memaksimalkan endurance dari rider supaya dapat mengeluarkan semua potensinya.

Pacific Tractor 3.0 memiliki frame yang sangat ramping, dengan material alloy 6061 yang tahan segala cuaca. Sepeda ini juga sangat cocok untuk melatih endurance Anda sebelum turun di perlombaan yang sesungguhnya. Anda bisa membeli road bike ini di Lazada.

5. United Stygma 22 Speed Road Bike

united_stygma_22_speed_road_bike

Harga : Rp 14.501.000

Cetak rekor top speed dengan teknologi yang lebih garang dan aerodynamic

United Stygma 22 hadir untuk Anda yang suka menguji dan mencatat rekor top speed baru di setiap kesempatan. Road bike satu ini dibuat komposisi dengan fokus pada kecepatan dan pencapaian akselerasi terbaik. Selain didesain untuk flat route, Stygma 22 juga bisa digunakan dengan nyaman di daerah tanjakan tipikal hill atau mountain route.

Seperti tipe racing road bikelain, groupset yang digunakan adalah Shimano 105 R7000. Selain itu, Anda bisa melakukan kombinasi shifting dengan sangat mudah. Jika melihat dari kombinasi geometri, spesifikasi, dan fitur, tidak salah lagi road bike ini jelas bertipe all-rounder. Anda bisa membeli road bike ini di Lazada.

4. Trek Emonda SL 5 Limited Edition Road Bike

trek_emonda_sl_5_limited_edition_road_bike

Harga : Rp 48.000.000

Meluncur dan capai top speed di jalur paling berangin di Indonesia!

Emonda SL 5 tidak salah lagi tipikal road bike terbaik untuk jalur flat dan turunan curam. Struktur geometri dan teknologi yang diterapkan pada sepeda ini memang dikhususkan untuk membelah angin.



Walaupun cukup berat, Emonda SL 5 sebetulnya menggunakan frame Ultralight 500 OCLV. Jenis material ini termasuk yang terbaik di kelas light frame atau rangka ringan. Selain itu, bahan OCLV sudah teruji sangat kuat dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca dan iklim.

Sedangkan untuk groupset, Emonda SL 5 tetap menggunakan Shimano 105, dengan kombinasi Bontrager. Khusus untuk ban, road bikeini menggunakan Bontrager R1 Hard-Case Lite 700 x 25c. Sebuah kombinasi yang tidak biasa untuk sepeda non-custom. Anda bisa membeli road bike ini di Shopee.

3. Thrill Ardent 3 Road Bike

thrill_ardent_3_road_bike

Harga : Rp 5.390.000

Road Bike terbaik untuk para beginner yang ingin mencoba posisi all-rounder

Bila Anda masih cukup awam dengan dunia road bike dan ingin mulai hobi bersepeda, maka Ardent 3 sangatlah recommended. Sepeda ini menggunakan groupset Shimano Claris yang biasa dipasang pada road bike kelas beginner. Sepeda ini juga sesuai untuk dipakai laki-laki atau perempuan.

Dengan tipe frame yang berbentuk oval dan head tube length yang cukup panjang, tentu akan sangat nyaman dipakai siapa saja. Apabila Anda menggunakan Ardent 3 ini untuk bersepeda santai bersama teman atau keluarga, pasti tidak akan menjadi pilihan yang mengecewakan. Anda bisa membeli road bike ini di Lazada.

2. Ridley Fenix SL FSL – 01 Dm Road Bike

ridley_fenix_sl_fsl_01_dm_road_bike

Harga : Rp 28.000.000

Taklukkan semua jenis rute dengan Ridley Fenix SL FSL – 01 Dm 105 5800 All-Rounder

Anda tidak perlu ragu lagi! Fenix 5800 merupakan salah satu road bike terbaik bertipe all-rounder yang bisa Anda temukan dipasaran. Sepeda ini sangat sempurna untuk Anda yang bermaksud memacu hingga top speed di semua jenis jalur, baik flat, hill, maupun mountain.



Walaupun bertipe all-rounder road bike, Fenix 5800 sangat disarankan untuk para sprinter yang suka adu top speed di jalur flat. Sebab sepeda ini memiliki endurance yang sangat baik, dan Anda juga bisa mengatur cadence dengan lebih konsisten. Anda bisa membeli road bike ini di Lazada.

1. Ridley Fenix Alluminium Full Shimano 105 Road Bike

ridley_fenix_alluminium_full_shimano_105_road_bike

Harga : Rp 18.750.000

Road Bike tipe endurance classy namun garang persembahan Ridley Fenix Series

Fenix A 105 mungkin road bike yang paling sempurna untuk Anda penggemar endurance type. Ciri paling khas dari sepeda ini adalah penggunaan Aluminium 7005 Triple Butted pada frame yang sangat menyolok. Sedangkan untuk bagian groupset, Fenix A 105 menggunakan parts dari Shimano.

Penggunaan wheelset dari Fulcrum Racing Sport sengaja dipilih untuk meningkatkan level aerodynamic dari Fenix A 105 untuk berakselerasi. Selain itu, wheelset jenis ini memiliki durabilitas dan performa yang sangat baik, serta cukup ringan.

Fenix A 105 menggunakan shifter Shimano 5800 11 Speed. Tentu, akan cukup memuaskan Anda yang suka bermain kombinasi shifting untuk mempertahankan cadence di tanjakan. Untuk tipikal road bike non-kompetisi, specs sepeda ini sudah lebih dari cukup. Anda bisa membeli road bike ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli road bike, setidaknya Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan pembelian. Jangan sampai memilih endurance road bike untuk kebutuhan kompetisi atau sebaliknya. Sebab perbedaan spesifikasi dan kemampuan kedua jenis ini cukup signifikan.
  • Pastikan memilih ukuran frame yang tepat untuk anatomi tubuh Anda. Sebab, Anda tidak bisa mengeluarkan potensi terbaik bila spesifikasi tidak sesuai dengan ukuran badan dan karakter pemakai.
  • Apabila Anda baru saja mulai hobi atau kegiatan road biking. Sebaiknya Anda memilih produk jenis endurance atau all rounder sebagai sepeda latihan sebelum naik ke level yang lebih tinggi. Beberapa sepeda yang layak dicoba adalah produk dari Ridley dan Thrill yang memiliki harga terjangkau dan performa yang baik.
  • Khusus untuk Anda yang memiliki kesukaan atau karakter sebagai sprinter. Anda bisa memilih produk road bike, seperti United dan Trek. Sebab, spesifikasi dari sepeda merek ini memang dibuat untuk dapat melaju cepat di jalur flat.
  • Lalu untuk Anda yang memiliki karakter sebagai climber dan memiliki kemampuan ditanjakan, Anda sebaiknya memilih road bike produk dari Pacific. Dengan kombinasi frame, material, serta sistem shifting yang baik, Anda dapat dengan lebih mudah mempertahankan cadence di tanjakan.

Referensi

  1. Icebike, The 7 Most Important Road Bike Sizing Tips, https://www.icebike.org/road-bike-sizing/
  2. Cycleak, Bike Sizing Guide, https://www.cycleak.com/articles/bike-sizing-guide-pg122.htm
  3. REI, How to Choose Bike Wheels, https://www.rei.com/learn/expert-advice/bike-wheels-how-to-choose.html
  4. REI, How to Choose Road Bikes, https://www.rei.com/learn/expert-advice/how-to-choose-road-bikes.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Road Bike Paling Nyaman untuk Jalanan di Indonesia", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »