Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 August 2021

10 Ring Light yang Bagus untuk Penerangan saat Video Conference

By Cekresi .com
10 Ring Light yang Bagus untuk Penerangan saat Video Conference


Adanya kebiasaan baru yang mengharuskan pelaksanaannya serba online, membuat keberadaan ring light di pasaran kini semakin menjamur. Benda satu ini banyak diburu sebagai penerangan tambahan pada saat aktivitas jumpa virtual melalui video conference.



Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi ring light yang bagus untuk penerangan saat video conference lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi info mengenai manfaat ring light dan juga tips memilihnya.

Manfaat menggunakan ring light

Sebagai pelajar atau pekerja profesional, Anda harus tetap tampil yang terbaik saat mengikuti kegiatan pertemuan online seperti video conference. Salah satu faktor pendukung adalah pencahayaan, di mana hal ini bisa membuat tampilan lebih maksimal dan enak dipandang.

Apalagi tempat saat kegiatan tersebut minim pencahayaan, maka Anda perlu menggunakan alat bantu penerangan tambahan, yakni ring light.

Selain untuk penerangan pada saat perjumpaan virtual melalui video converence, ternyata ring light juga masih memiliki banyak kegunaan lainnya, diantaranya :

  • Membantu membuat hasil riasan lebih bagus

Popularitas ring light memang semakin naik ketika banyaknya beauty vlogger yang mulai menggunakan benda satu ini saat membuat konten merias wajah. Tujuan pemakaiannya sebenarnya cukup sederhana, yaitu untuk memberikan penerangan extra pada saat berias.

Namun, jenis lampu ini lebih dipilih karena dinilai dapat membantu menunjukkan warna kulit serta produk yang sebenarnya dengan lebih jelas. Sehingga, dengan menggunakan bantuan penerangan dari ring light ini dapat membantu menciptakan hasil riasan yang lebih bagus.

  • Memberikan hasil foto yang keren

Setelah menghasilkan riasan yang bagus, adanya ring light juga sekaligus berperan dalam menghasilkan foto yang keren. Cahaya yang dipancarkan oleh ring light dapat membantu memberikan kualitas gambar yang lebih keren.

Bahkan, para fotografer profesional pun juga sering menggunakan ring light saat melakukan potret fotografinya. Karena, alat pencahayaan ini dinilai dapat membantu menyeimbangkan bayangan serta menutup noda yang mungkin terdapat pada objek.



  • Menekankan detail

Pencahayaan dari ring light mampu menekankan detail spesifik dari objek pemotretan dan menyembunyikan bayangan hanya dengan desain melingkar yang melekat padanya. Selain itu, cahaya lembutnya juga mampu menyembunyikan kerutan dan noda pada objek.

  • Mendukung pembuatan video

Selain mampu membantu menghasilkan foto yang keren, ring light juga di rekomendasikan untuk Anda sebagai pendukung dalam pembuatan video dengan kualitas yang bagus. Dengan alasan yang sama, ring light disini juga berperan dalam faktor pencahayaan.

Selain itu, penggunaan lampu ini saat membuat video juga dapat memberikan efek bayangan halo yang menarik dengan sorotan pada objek yang lebih jelas, sehingga kualitas video yang dihasilkan terlihat lebih profesional.

  • Menghasilkan efek warna

Kebanyakan produk ring light didesain dengan beberapa mode warna yang dapat diubah-ubah. Sehingga, untuk kebutuhan fotografi atau videografi Anda dapat menyesuikannya efek warna tersebut dengan tema yang Anda pilih.

Tips memilih ring light yang bagus

Sebelum membeli ring light mana yang paling cocok, sebaiknya ketahui cara memilih ring light berikut ini.

  • Perhatikan ukurannya

Tidak semua merek memproduksi ring light dengan ukuran yang sama, namun pada umumnya produk ring light memiliki ukuran diameter 12, 14 atau 18 inci, dan semua ukuran tersebut memiliki kinerja yang sama baiknya.

Meski demikian, Anda tetap perlu menyesuaikan ukuran tersebut dengan kebutuhan Anda. Untuk kebutuhan penerangan saat video converence, Anda dapat menggunakan ukuran yang kecil. Sedangkan untuk pembuatan video, Anda mungkin perlu menggunakan ukuran yang lebih besar agar pencahayaan juga lebih maksimal.



  • Pilih fitur yang dapat diredupkan

Jika cahaya pada ring light bisa diredupkan, Anda akan memiliki kontrol yang lebih besar atas seberapa banyak cahaya yang sebaiknya Anda terima.

Namun, apabila ring light tersebut tidak dapat diredupkan, Anda harus menyesuaikan tingkat iluminasi dengan memindahkan ring light lebih jauh.

  • Pilih suhu warna yang dapat disesuaikan

Apabila Anda memerlukan perpaduan warna lampu yang dapat disesuaikan dengan kondisi tempat Anda, maka Anda perlu mencari ring light yang memiliki beberapa fitur atau mode temperatur warna yang dapat diubah-ubah.

  • Pilih color rendering index yang tinggi

Semakin tinggi nilai CRI cahaya, maka akan semakin alami dan cerah pula warna yang akan dihasilkan. Anda bisa mencari nilai CRI antara 90+ atau bahkan 95+. Jika nilai CRI tidak disebutkan, maka ada kemungkinan lampu tersebut menggunakan lampu LED yang berkualitas rendah.

10 Ring Light yang bagus untuk penerangan saat video conference

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat ring light lengkap dengan cara pemilihannya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi ring light yang bagus untuk penerangan saat video conference dari berbagai merek berikut ini.

10. Mixio Ring Light LED

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-10

Harga : Rp 48.000

Dilengkapi dengan remote control untuk mengubah mode warna

Apabila Anda memilih menggunakan perangkat handphone ketika video conference, maka dengan menggunakan ring light ini Anda tidak perlu kebingungan untuk meletakkan ponsel Anda dimana. Karena, ring light ini telah dibekali dengan phone holder yang dapat menyangga ponsel Anda secara kokoh.



Selain itu, ring light dari Mixio ini memiliki 3 mode warna yaitu white, white and warm, dan warm, yang dapat diubah-ubah sesuai selera Anda, serta dapat diatur intensitas cahayanya menggunakan remote control yang telah tersedia. Anda bisa membeli Mixio Ring Light LED ini di Shopee.

9. Ring Light Mini Selfie

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-9

Harga : Rp 10.400

Berukuran mini yang praktis dibawa kemana-mana

Memiliki ukuran yang sangat mini, membuat ring light satu ini praktis untuk dibawa kemana-mana. Ring light mini ini menggunakan tenaga baterai yang dapat diisi ulang, sehingga Anda tidak perlu ribet berurusan dengan kabel-kabel ketika menyalaknnya.

Ring light ini didesain dengan model clip on, sehingga penggunaannya lebih simpel, yaitu dengan menjepitkan ring light tersebut pada bagian atas ponsel Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tingkat kecerahannya dari level low, medium, sampai high.

Tidak hanya itu, ring light mini ini juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat membeli ring light mini ini di Shopee.

8. Ring Light Laptop Model Jepit

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-8

Harga : Rp 99.000

Didesain dengan model jepit dan tipe port USB

Sebagai alternatif baru untuk penerangan yang maksimal saat meeting online, ring light ini dibekali dengan jenis lampu LED yang mampu memberikan sumber pencahayaan yang lebih kuat daripada lampu biasa.



Sehingga, ring light ini dapat menjadi solusi yang tepat terlebih jika Anda memiliki kamera laptop yang gelap dan kurang mendukung atau keadaan di tempat Anda yang tidak memiliki pencahayaan yang cukup memadai.

Ring light ini didesain dengan model jepit dan port USB yang bisa di colokkan ke powerbank atau ke laptop langsung, sehingga memunginkan lampu ini untuk dibawa kapan saja dan dimana saja. Anda bisa membeli produk ini di Shopee

7. Midio Ring Light 16 Cm

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-7

Harga : Rp 49.000

Dibekali dengan pengaturan dimmer dan 3 pilihan temperature warna

Untuk kualitas bahannya, produk ring light dari Midio ini pasti tidak akan mengecewakan Anda. Produk ini dilengkapi dengan sebuah dimmer yang bisa dengan muda Anda atur sistem pencahayaannya.

Terdapat pula 3 pilihan temperatur warna yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi ruang atau pertimbangan Anda lainnya. Ukurannya pun juga terbilang pas untuk digunakan di ruangan, yaitu 16 cm.

Selain itu, produk ini juga telah dilengkapi dengan pouch yang berguna untuk menjaga agar ring light tetap terlindung dan tidak lecet saat dibawa kemana-mana. Anda dapat membeli Midio Ring Light ini di Shopee.

6. Ring Light 16 Cm plus Tripod

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-6



Harga : Rp 42.050

Memiliki spherical head yang dapat diputar hingga 360 derajat

Memiliki ukuran diameter 16 cm dengan model USB port, ring light ini cukup memberikan extra penerangan dengan kualitas yang mumpuni. Terlebih dibekali pula dengan 3 pengaturan temperatur warna yang dapat disesuaikan dengan kondisi cahaya yang dibutuhkan.

Ring light ini juga dilengkapi dengan spherical head yang dapat diputar sampai 360 derajat, sehingga dapat dengan mudah membantu Anda mengarahkan sorotan lampu tersebut pada objek yang Anda inginkan.

Selain itu, adanya tombol swich on off dan pengaturan dimmer pada ring light ini juga dapat memudahkan Anda untuk mengatur kecerahan atau keredupan pada lampu serta mengaktif atau mematikannya. Anda dapat membeli produk ring light ini di Shopee

5. Rockware G3 Ring Light

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-5

Harga : Rp 89.999

Desainnya portable, lengkap dengan kaca cermin di tengahnya

Rockware G3 ini dirancang menggunakan lampu LED sebanyak 64 titik dengan kekuatan 6 hingga 12 watt yang mampu menerangi objek secara lebih jelas. Desainnya yang portable dengan kaca cermin yang terpasang di tengah ring membuat lampu ini semakin multifungsi.

Dibekali dengan Built-in Foldable Stand sepanjang 30-58 cm, membuat Anda tidak perlu repot membawa tripod secara terpisah. Selain itu, tersedia pula phone holder yang berguna untuk memberi kestabilan pada ponsel Anda ketika berfoto atau video meeting online.

Dari 3 pilihan temperatur warnanya, Anda dapat mengatur tingkat kecerahannya hingga 10 level melalui In-Line Controller yang bisa dihubungkan melalui USB port. Anda juga dapat membawa dan menyimpan benda ini secara praktis setelah melipatnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli alat ini di Shopee.



4. Inbex Ring Light 20 Cm

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-4

Harga : Rp 171.700

Memiliki stand tripod yang dapat diperpanjang hingga 210 cm

Ring light LED dari Inbex ini memiliki ukuran yang cukup ideal dengan panjang diameter 20 cm. Cahayanya tersedia dalam 3 mode, yaitu warm light, natural light, dan white light dengan temperatur warna 3.200 hingga 6.500 K.

Setiap mode pencahayaannya memiliki 10 tingkat kecerahan yang dapat Anda ubah dan sesuaikan sendiri. Ring light ini juga dilengkapi dengan stand tripod lock catch terbaru dari bahan aluminium berkualitas tinggi yang dapat diperpanjang dari 68 cm hingga 210 cm.

Tidak hanya itu, tripod ini mengadopsi kunci sekrup penahan dan alas tripod berbobot yang dapat meningkatkan stabilitas sehingga tidak akan mudah terbalik. Anda dapat membeli Inbex Ring Light ini di Shopee.

3. Inbex Mini Ring Light

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-3

Harga : Rp 51.000

Ringan dan mudah dibawa kemana saja

Selain yang berukuran ideal, Inbex juga menghadirkan produk ring light dengan ukuran mini. Meskipun bentuknya lebih kecil, namun ring light ini juga mumpuni dalam memberikan efek cahaya yang bagus.

Ring light mini ini didesain dengan model clip on yang dapat Anda jepitkan pada ponsel, tablet, atau perangkat laptop Anda. Tingkat kecerahannya terdiri atas 3 level, namun sayangnya light color nya hanya tersedia untuk warna putih saja.



Bentuknya yang kecil dan ringan dengan penggunaan tenaga baterai 100 mAh yang dapat diisi ulang melalui kabel USB, membuat ring light ini praktis untuk dibawa kemana-mana. Anda dapat membeli Inbex Mini Ring Light ini di Shopee.

2. Mixio Q10 Ring Light

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-2

Harga : Rp 480.000

Menggunakan tenaga baterai kapasitas hingga 7200 mAh

Ring light satu ini bisa dibilang paket komplitnya produk lampu cincin. Karena, selain dibekali dengan kualitas lampu yang super terang, Mixio Q10 Ring Light ini juga dirancang menggunakan tenaga baterai dengan kapasitas 7200 mAh yang dapat Anda gunakan selama 3 sampai 4 jam.

Dengan demikian, Anda tidak perlu repot lagi mencari colokan charger ketika ingin membawa benda ini kemana saja. Selain itu, ring light ini juga dilengkapi dengan folding lipat sepanjang 1,8 m yang dapat dinaik atau turunkan sehingga tidak memakan banyak tempat.

Untuk mode pencahayaannya, ring light ini tersedia dalam 3 warna, yaitu cold white, warm yellow, dan mixed. Anda bisa mendapatkan Mixio Q10 Ring Light ini di Shopee.

1. Godox Ring Light LR150

foto-ring-light-yang-bagus-untuk-penerangan-saat-video-conference-1

Harga : Rp 624.000

Pencahayaan lembut, hampir tanpa bayangan

Godox Ring Light LR150 ini merupakan lampu cincin LED portable dengan diameter 18 inci yang terbuat dari bahan ABS berkualitas tinggi danjuga ringan, sehingga ideal untuk Anda bawa kemana saja.



Ring light ini memiliki LED dua warna bawaan dari 300K hingga 6000K dengan rentang kecerahan yang dapat disesuaikan. Hasil pencahayaannya lembut merata serta menciptakan binar cahaya melingkar sempurna pada mata yang dapat membuat hasil potretan Anda lebih menarik.

Rotasi kepalanya yang fleksibel hingga 180 derajat, memungkinkan Anda menemukan sudut untuk penerangan yang lebih optimal. Anda dapat membeli Godox Ring Light LR150 ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Selain untuk penerangan pada saat perjumpaan virtual, ring light juga bermanfaat untuk membuat hasil riasan lebih bagus dan memberikan hasil foto yang keren.
  • Sebelum membeli ring light, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu ukuran, fleksibelitas pencahayaannya, serta suhu warnanya.
  • Anda bisa membeli Mixio Q10 Ring Light, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan juga penggunaan tenaga baterai dengan kapasitas yang sangat besar.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih Ring Light Laptop Model Jepit, karena ring light ini lebih praktis pemakaiannya, yaitu dengan dijepitkan saja pada laptop.
  • Namun, jika Anda ingin mencari ring light dengan ukuran yang mini, maka Anda bisa memilih Ring Light Mini Selfie atau Inbex Mini Ring Light.

Referensi

1. Studiobinder (2019), What is a Ring Light, Who Relies on Them and Why?,https://www.studiobinder.com/blog/what-is-a-ring-light/
2. DIY Video Studio,Choosing the Best Ring Light for YouTube Videos, https://www.diyvideostudio.com/choosing-the-best-ring-light-for-youtube-videos/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Beauty Vlog Ring Light WFH


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Ring Light yang Bagus untuk Penerangan saat Video Conference", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »