Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 September 2020

10 Rekomendasi Wetsuit Terbaik untuk Menyelam di Laut Indonesia

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Wetsuit Terbaik untuk Menyelam di Laut Indonesia


Untuk menyelam di laut Indonesia, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda persiapkan, salah satunya adalah baju selam atau yang biasa disebut dengan wetsuit.



Wetsuit merupakan pakaian khusus yang digunakan untuk menyelam di bawah air. Ada beberapa fungsi wetsuit; Pertama, untuk melindungi penyelam agar tidak terluka; Kedua adalah menjaga kondisi suhu penyelam agar tetap stabil.

Selain itu, wetsuit juga berfungsi untuk meningkatkan akselerasi serta fleksibilitas gerak di dalam air selama observasi. Dengan begitu para penyelam tidak akan cepat lelah selama penyelaman berlangsung.

Ada banyak pilihan wetsuit yang bisa Anda temukan di marketplace, mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta rupiah. Demikian dengan tipe dan kedalamannya juga bervariasi dan banyak jenisnya.

Namun, untuk mendapatkan wetsuit terbaik serta sesuai dengan kebutuhan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti model, material, serta fungsinya.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi wetsuit terbaik untuk menyelam di laut Indonesia lengkap dengan harga dan ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih wetsuit serta tata cara perawatannya.

Pilih wetsuit yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda

Sebelum membeli wetsuit, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah baju selam tersebut pas dan cocok atau tidak dengan bentuk tubuh Anda. Berikut ini tips memilih wetsuit, yaitu :

  • Perhatikan apakah bagian wrist atau pergelangan dari wetsuit telah pas dengan ukuran lengan Anda. Ini merupakan bagian yang sangat penting, sebab bila ada sedikit saja celah di lengan, maka air akan mudah masuk ke dalam baju dan menyebabkan suhu tubuh Anda turun.
  • Selain wrist, Anda juga harus memperhatikan keketatan di bagian neck atau leher baju selam. Pastikan bagian tersebut cukup ketat tanpa membuat Anda tercekik dan susah bernapas.
  • Pilihlah baju selam dengan material yang sesuai dengan kebutuhan selam. Material seperti karet sangatlah baik dan tahan lama, namun bisa menjadi cukup berat untuk beberapa orang. Pilih material neoprene untuk baju selam yang lebih ringan.

Perhatikan jenis material yang digunakan

Berikut beberapa material yang umum digunakan pada produk wetsuit yang tersedia di pasaran:



  • Nylon Lined Neoprene

Nylon neoprene merupakan jenis material yang paling umum digunakan pada wetsuit generasi setelah nilon karet murni. Pada produk baju selam jenis ini, nilon digunakan sebagai pelapis neoprene agar tidak mudah rusak dan mudah dipakai.

  • Smooth Skin Neoprene

Smooth skin merupakan salah satu jenis material neoprene yang memiliki kelembutan terbaik. Selain lembut, smooth skin juga mampu menahan angin dan air, serta mampu menyerap panas matahari.

Namun, smooth skin neoprene memiliki kekurangan pada daya tahan karena terlalu lembut dan mudah rusak karena gesekan karang atau kuku tangan.

  • Air Neoprene

Air neoprene merupakan jenis material yang biasa ditemukan pada wetsuit kelas atas yang biasa digunakan oleh para penyelam profesional.

Baju selam dengan teknologi ini menerapkan sistem sandwich kain yang dibungkus dengan neoprene sehingga udara dapat terperangkap untuk menjaga panas di dalam wetsuit.

  • Yulex

Yulex merupakan material alternatif pengganti neoprene yang lebih ramah lingkungan karena tidak banyak menghasilkan jejak karbon.

Cara merawat wetsuit dengan benar

Supaya wetsuit Anda selalu aman digunakan dan tahan lama, maka Anda perlu memberikan perawatan khusus secara berkala setelah pemakaian. Berikut ini beberapa cara merawat wetsuit, yaitu :



  • Bilaslah wetsuit dengan air bersih setelah dipakai untuk menyelam, serta pastikan semua kotoran telah benar-benar hilang sebelum dikeringkan.
  • Material neoprene pada baju selam sangatlah sensitif dengan suhu, oleh karena itu bersihkan wetsuit dengan air dingin atau hangat.
  • Jangan pernah mencuci baju selam dengan mesin cuci.
  • Hindari pengeringan dengan sinar matahari secara langsung. Sebab, panas dan UV dari matahari akan merusak lapisan neoprene serta membuatnya lebih cepat aus.
  • Jangan lupa melumasi gerigi di bagian resleting dengan minyak atau gel khusus agar logam pada bagian tersebut tidak rusak karena garam dan klorin air laut.
  • Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada bagian dalam wetsuit, cukup celupkan baju selam di ember air yang telah diberi pewangi pakaian, kemudian keringkan.
  • Jangan menyetrika baju selam.
  • Jauhkan baju selam dari bensin atau zat kimia kuat lain, sebab noda yang ditimbulkan oleh cairan kimia tidak bisa dihilangkan serta melemahkan material wetsuit.

10 Rekomendasi wetsuit terbaik untuk menyelam di laut Indonesia

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih wetsuit lengkap serta tata cara perawatannya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi wetsuit terbaik untuk menyelam di laut Indonesia, antara lain adalah :

10. Scubapro Oneflex 3mm

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-10

Harga : Rp 2.500.000

Wetsuit fungsional dengan ketahanan maksimal

Scubapro Oneflex merupakan baju selam yang didesain untuk melakukan pekerjaan berat di bawah air. Material yang diterapkan pada Oneflex adalah neoprena X-foam yang sangat kuat, serta dilapisi dengan nilon untuk menambah fleksibilitas penggunaan.

Oneflex juga menawarkan masa pakai yang panjang, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai baju selam rental. Untuk fitur kenyamanan, Oneflex menerapkan fitur standar Scubapro seperti bahan anti abrasi pada bagian bahu, tempat duduk, dan kneepad.

Selain itu, baju selam ini juga tersedia dalam semua ukuran untuk laki-laki dan perempuan. Anda bisa membeli wetsuit ini di Shopee.

9. Mares Flexa Wetsuit 3.2.2

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-9

Harga : Rp 2.000.000

Wetsuit ergonomis dengan jaminan fitur keamanan tinggi

Mares Flexa merupakan baju selam yang dirancang dengan teknologi trilastic material yang dapat memproteksi Anda dari efek UV.

Selain itu, Flexa juga memiliki ketebalan yang berbeda di setiap bagian.Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan fleksibilitas, kenyamanan, dan keamanan penyelam.

Khusus untuk keamanan, Flexa menerapkan tiga teknologi baju selam mutakhir, seperti back protection system, thermo plush, serta hood keeper. Selain itu, Flexa juga menggunakan bahan neoprene untuk meningkatkan kenyamanan di bagian punggung dan bahu penyelam.



Baju selam ini juga memiliki fitur smart pocket yang dijual secara terpisah dari produk utama.Anda bisa membeli Mares Flexa di marketplace Indonesia seperti Shopee dengan harga mulai dari Rp 2.000.000.

8. Bare Velocity Full Suit

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-8-1

Harga : Rp 3.000.000

Diving suit dengan teknologi mutakhir

Bare Velocity merupakan baju selam yang menerapkan teknologi progressive full stretch. Dengan teknologi ini, penyelam akan merasa semakin nyaman dan aman saat melakukan kegiatan di bawah air.

Velocity juga dirancang dengan desain ergonomis serta membentuk pola rumit yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh penyelam.

Selain itu, baju selam ini tidak hanya memiliki teknologi tinggi, tetapi juga dibangun dengan material yang kuat dan tahan lama. Anda bisa membeli wetsuit ini di Shopee.

7. Proteus Fourth Element

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-7

Harga : Rp 4.650.000

Professional wetsuit yang sempurna untuk diving di laut dalam

Proteus merupakan produk wetsuit terbaik dari Fourth Element khususnya untuk kegiatan penyelaman di laut dalam dan malam hari. Tersedia dengan ketebalan material hingga 5mm, Proteus dipastikan dapat menjamin tubuh penyelam tetap hangat saat berada di bawah air.

Teknologi thermal yang digunakan adalah hexcore di bagian dada, serta diperkuat dengan thermoflex di bagian lining wetsuit. Fitur lain yang dimiliki oleh Proteus adalah taped waterproof seams, internal ankle seal, ultra stretch kneepad, serta hydrolock neck seal system.



Selain memiliki performa yang sangat baik, Proteus juga sangat mudah dipakai atau dilepas. Anda bisa membeli Proteus Fourth Element di marketplace Indonesia seperti Shopee dengan harga mulai dari Rp 4.650.000.

6. Aqua Lung Aquaflex

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-6

Harga : Rp 2.300.000

Wetsuit berteknologi X-Tend dengan standar neoprene hingga 3 kali lipat

Aquaflex merupakan salah satu wetsuit terbaik bahkan di kelas advance. Keunggulan paling menonjol dari baju selam ini adalah kerenggangan maksimalnya yang bisa mencapai 3 kali wetsuit neoprene standar.

Khusus di bagian jahitan, Aquaflex menerapkan perekat jenis karet cair yang kuat dan tahan lama, serta membuat wetsuit semakin fleksibel saat digunakan.

Aquaflex juga menerapkan material berteknologi X-Tend agar baju selam tidak menimbulkan kerutan saat digunakan. Fungsi ini juga dapat menjaga kondisi temperatur tubuh penyelam dan meningkatkan akselerasi di bawah air.

Anda bisa membeli Aqua Lung Aquaflex di marketplace Indonesia seperti Shopee dengan harga mulai dari Rp 2.300.000.

5. Xenos Fourth Element

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-5

Harga : Rp 5.716.250

Wetsuit fast transition terbaik untuk penyelaman liveaboard dan liburan

Xenos merupakan produk baju selam Fourth Element yang cocok digunakan untuk kegiatan eksplorasi bawah air profesional dan amatir.

Wetsuit jenis ini juga dirancang dengan material yang cepat kering, serta memiliki lapisan thermal yang baik sehingga mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat dan stabil.



Xenos memiliki beberapa fitur berteknologi cerdas untuk menjamin keamanan penyelaman seperti hard wearing knee panels, hydrolock wrist seals, glideskin neck, hingga thermocore chest panel. Anda bisa membeli wetsuit ini di Shopee dengan harga mulai dari Rp 5.716.250.

4. Scubapro Sport Steamer Wetsuit

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-4

Harga : Rp 2.560.000

Wetsuit terbaik untuk diver pemula

Sport Steamer merupakan produk generasi terbaru dari Scubapro yang dirancang dengan beberapa peningkatan pada fitur dan penampilan yang lebih segar.

Wetsuit Sport Steamer sangatlah cocok untuk penyelaman casual di pantai atau laut yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 10 meter. Oleh karena itu, produk ini direkomendasikan untuk para diver pemula.

Produk ini tidak hanya mengutamakan keselamatan, dengan material surf foam neoprene yang sangat lembut dan triathlon cut, penyelam dipastikan akan merasa nyaman saat berada di bawah air.

Selain itu, baju selam Sport Steamer juga dirancang untuk mudah dipakai ataupun dilepas, sehingga sangat cocok untuk Anda yang pertama kali menggunakan wetsuit. Anda bisa membeli Scubapro Sport Steamer ini di Shopee.

3. Beuchat Optima Wetsuit

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-3

Harga : Rp 3.397.000



Wetsuit profesional untuk penyelaman bertemperatur rendah

Beuchat merupakan wetsuit berjenis semi-dry yang dirancang khusus untuk dapat menjaga kondisi suhu tubuh penyelam saat berada di bawah air.

Bila Anda menyangka wetsuit ini adalah Focea Comfort 5, Anda tidak sepenuhnya salah. Sebab Beuchat merupakan versi downgrade dari Focea dengan beberapa penambahan fitur dan material baru.

Perbedaan paling mencolok dari Focea adalah, Beuchat menggunakan material Elaskin 6.4 Neoprene dengan tingkat kerenggangan lebih tinggi di bawah lengan.

Produk wetsuit semi-dry ini juga telah tersertifikasi EN14225-1 Kelas B yang sangat baik untuk penyelaman dengan suhu 14-22 derajat celcius. Anda bisa membeli Beuchat Optima ini di Shopee dengan harga mulai dari Rp 3.397.000.

2. Scubapro Thermal Tec 3mm

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-2

Harga : Rp 4.368.000

Thermal Tec, wetsuit yang dirancang khusus untuk para profesional

Bila Anda adalah seorang diver profesional atau berniat untuk melakukan eksplorasi bawah air dengan tingkat kesulitan tinggi, maka Scubapro Thermal Tec adalah pilihan yang tepat.

Thermal Tec didesain dengan kombinasi material terbaik serta konstruksi yang sempurna agar penyelam bisa mendapatkan pengalaman eksplorasi yang lebih nyaman dan aman.



Wetsuit ini juga dilengkapi dengan material neoprene N25 serta pori dengan bahan fair skin yang dapat mempercepat pengeringan dan mencegah hilangnya panas.

Selain itu, Thermal Tec juga dilengkapi dengan material everflex stretch panel yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan akselerasi penyelaman. Anda bisa membeli Scubapro Thermal Tec ini di Shopee dengan harga mulai dari Rp 4.368.000.

1. Cressi Tracina Wetsuit

foto-rekomendasi-wetsuit-terbaik-untuk-menyelam-di-laut-Indonesia-1

Harga : Rp 2.248.800

Super wetsuit untuk kompetisi menyelam

Cressi Tracina merupakan wetsuit yang dirancang khusus untuk kegiatan eksplorasi bawah air dengan tingkat keamanan tinggi.

Selain memakai material dan bahan yang sangat nyaman digunakan, Tracina juga memiliki desain unik nan elegan serta dapat dipakai untuk berkamuflase di antara terumbu karang.

Selain itu, wetsuit ini juga menerapkan 100% ultraspan lining yang sangat fleksibel serta teknologi hydrodynamic untuk meningkatkan kecepatan waktu pengeringan permukaan dari wetsuit. Anda bisa membeli wetsuit ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli baju selam ada baiknya Anda perlu memeriksa kecocokan wetsuit dengan bentuk dan ukuran tubuh.
  • Selain itu, Anda juga harus memilih material dengan cermat serta mempertimbangkan cara dan tingkat kesulitan perawatannya.
  • Anda bisa memilih produk Scubapro Oneflex untuk pembelian pertama kali dengan pertimbangan jangka panjang. Sebab, wetsuit ini memiliki teknologi dan material yang cukup baik, tahan lama, serta fitur keamanan yang lengkap.
  • Bila Anda menginginkan wetsuit bertipe semi-dry, maka pilihlah produk Beuchat dari Optima. Selain sangat fungsional, produk ini juga telah tersertifikasi standar Eropa dan nyaman dipakai menyelam di bawah air dengan suhu menengah.
  • Namun, bila Anda menginginkan wetsuit berteknologi cerdas agar selalu aman selama penyelaman, maka Anda bisa memilih produk Xenos dari Fourth Element.

Referensi

  1. Roger Roy and Robby Myers (2019), The Best 5 mm Scuba Wetsuits Reviewed by ScubaLab,https://www.scubadiving.com/best-scuba-wetsuits-5-mm
  2. Aqua Views (2020), 10 Best Suits for Diving https://www.leisurepro.com/blog/scuba-gear/10-best-wetsuits-for-diving/
  3. The Adventure Junkies (2020), Top 10 Best Wetsuit for Diving,https://www.theadventurejunkies.com/best-wetsuits-for-diving/
  4. Kirsty Wood (2020), Best Scuba Wetsuit for Diving,https://oceanscubadive.com/best-wetsuits-for-diving/
  5. PADI (2020), Best Scuba Diving Wetsuit,https://www.padi.com/guides/gear/best-scuba-diving-wetsuits
  6. Mary Marlowe Leverette (2019), How to Wash and Care for Your Wet Suit, https://www.thespruce.com/how-to-care-for-wetsuits-2146995
  7. Swimming, How to Choose a Wetsuit, https://www.swimming.org/openwater/how-to-choose-a-wetsuit/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Wetsuit Terbaik untuk Menyelam di Laut Indonesia", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »