Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 April 2021

10 Rekomendasi Voer Terbaik yang Sehat dan Bergizi untuk Makanan Burung Berkicau

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Voer Terbaik yang Sehat dan Bergizi untuk Makanan Burung Berkicau


Selain hobi, memelihara burung berkicau bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Sehingga tidak heran jika banyak penghobi burung berkicau memperlakukan burung peliharaannya dengan sangat istimewa layaknya anak sendiri.



Banyak hal yang perlu dilakukan untuk merawat burung berkicau. Salah satunya adalah pemberian pakan atau voer dengan memperhatikan kandungan nutrisinya secara seimbang dan tepat.

Selain itu, pastikan voer memiliki kualitas yang sangat baik, sehat, dan bergizi. Karena jika kualitasnya rendah atau buruk bisa berakibat pada tingginya tingkat kerentanan terhadap penyakit, terganggunya pertumbuhan, hingga hilangnya gairah atau semangat burung.

Berikut ini kami sajikan 10 rekomendasi voer terbaik yang sehat dan bergizi untuk makanan burung berkicau lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait pakan burung berkicau dan cara memilihnya.

Mengenal bahan-bahan makanan burung berkicau

Burung berkicau yang sehat, tentu memiliki nilai tambah tersendiri.Maka tidak heran jika burung bersuara merdu dihargai sangat tinggi di pasaran.

Murai batu misalnya, burung eksotis yang memiliki kicauan merdu ini masuk ke dalam kategori burung termahal, harga satu ekor murai batu dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Harga murai batu akan semakin mahal jika sering memenangkan lomba dan mampu mengeluarkan kicauan yang lantang. Kemampuan burung ini meniru kicauan burung lain juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung berkicau.

Selain murai batu, burung cucak rowo juga menjadi incaran para kolektor. Cucak rowo merupakan salah satu burung endemik di Indonesia. Burung ini disukai karena mampu menghasilkan kicauan yang merdu.



Jika dilatih secara intensif, cucak rowo mampu mengeluarkan suara yang keras dan menggema dalam durasi yang panjang. Sehingga tidak heran jika harga seekor burung cucak rowo mencapai jutaan rupiah.

Nah, agar kicauan burung semakin merdu dan nyaring, Anda harus memberikan pakan burung berkualitas. Bagi para peternak, pakan burung yang berkualitas umumnya mengandung beberapa bahan makanan, antara lain:

  • Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan burung. Pakan burung yang mengandung sayuran hijau digunakan untuk memelihara kulit dan bulu. Sehingga warna bulu akan semakin cerah dan menarik.

Selain sayuran hijau, Anda juga bisa memberikan wortel sebagai vitamin tambahan. Wortel dapat melatih kekuatan otot paruh burung dan menjaga daya tahan tubuhnya dari berbagai penyakit.

  • Buah

Memberikan buah sebagai camilan, berguna untuk menjaga sistem pencernaan burung kesayangan. Beberapa buah yang bisa Anda berikan di antaranya, semangka, melon dan labu. Buah-buah tersebut menjadi sumber mineral, vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan burung.

Anda juga bisa memberikan buah berwarna gelap seperti blueberry dan anggur untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dan vitamin K yang tinggi pada buah berwarna gelap, dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh burung. Namun, janganlah terlalu sering memberikan buah-buahan berwarna gelap, karena kandungan gula yang terlalu tinggi dapat menjadi masalah bagi kesehatan burung.

  • Kacang dan biji-bijian

Beberapa pakan burung biasanya mengandung kacang dan biji-bijian. Selain membutuhkan mineral, burung juga membutuhkan protein.



Maka dari itu, memberikan kacang dan biji-bijian menjadi sumber protein terbaik untuk burung kesayangan. Jika burung peliharaan Anda tidak menggemari kacang, Anda bisa memberikannya kecambah sebagai pengganti.

  • Ulat dan serangga

Bagi penghobi burung, tentu tidak asing dengan ulat hongkong. Pakan burung yang satu ini menjadi salah satu sumber protein yang mudah didapat. Walaupun cukup murah, ulat hongkong mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk suara burung berkicau.

Selain ulat hongkong, memberikan serangga seperti jangkrik juga dapat meningkatkan stamina burung dan meningkatkan nafsu makannya. Sehingga burung akan selalu enerjik dan bersemangat setiap hari.

  • Kroto

Kroto atau telur semut rangrang ini sangat baik untuk menjaga kualitas suara kicauan burung. Namun, kroto tidak bisa disimpan sembarangan karena mudah busuk. Jika ingin memberikan kroto, anda harus mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Setelah itu, Anda harus menyimpan kroto yang sudah kering dalam wadah yang bersih dan terlindung dari hewan lain. Hewan rumahan seperti cicak dan semut juga gemar memakan kroto.

Cara memilih voer atau pakan burung

Selain sumber makanan di atas, Anda juga harus memberikan voer atau pakan burung buatan agar burung berkicau semakin sehat. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih voer atau pakan burung buatan, antara lain:

  • Perhatikan kemasannya

Poin pertama ini sangat mudah Anda lakukan. Untuk menjamin kualitas voer atau pakan burung, Anda bisa memperhatikan kemasannya.



Pilihlah voer yang dikemas dalam wadah rapi dan tidak kempes. Karena, kemasan yang kempes menandakan voer tersebut bocor karena tergencet benda berat.

Kemasan yang kempes tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa voer yang Anda pilih merupakan stok lama, sehingga sudah tidak layak diberikan kepada burung kesayangan.

Jangan pernah membeli voer yang memiliki kemasan berlubang atau sobek. Selain sudah tidak layak jual, voer yang kemasannya sobek tentu sudah terkontaminasi udara luar, sehingga sangat mungkin menjadi sarang bakteri dan sumber penyakit yang berbahaya bagi burung.

  • Perhatikan warna voer

Jika diamati, umumnya, voer terlihat memiliki warna yang monoton, yaitu kuning, hijau atau cokelat. Warna tersebut bisa menjadi tanda bahan apa saja yang digunakan pada pembuatan voer atau pakan burung.

Walaupun tidak bisa dijadikan patokan, sebaiknya jangan membeli voer yang memiliki warna di luar ke tiga warna tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan warna pada voer yang terlalu mencolok menandakan voer tersebut sudah diberi pewarna buatan. Atau bisa saja, voer tersebut sudah terkontaminasi zat kimia lain yang dapat membahayakan kesehatan burung kesayangan.

  • Perhatikan kandungan nutrisinya

Satu lagi poin penting yang wajib Anda ikuti ketika membeli voer atau pakan burung. Memperhatikan kandungan nutrisi dan gizi pada voer sangat menentukan kualitas pakan burung tersebut.

Caranya, Anda bisa melihat nilai kandungan nutrisi yang tertera pada kemasannya, dari situ, Anda bisa mengetahui secara rinci, apakah voer tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan burung kesayangan Anda.



  • Perhatikan tanggal kedaluwarsanya

Voer yang berkualitas tentu terbuat dari bahan-bahan organik. Maka dari itu, beberapa voer tidak bisa disimpan dalam waktu lama.

Untuk menghindari pemberian pakan burung yang tidak layak, sebaiknya Anda memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Pilihlah voer dengan masa kedaluwarsa yang masih panjang, agar dapat dikonsumsi burung dalam waktu lama.

  • Perhatikan ulasan pelanggan

Yang terakhir, sebelum memutuskan untuk membeli pakan burung terbaik, Anda bisa memperhatikan ulasan para pelanggan yang sudah menggunakan voer yang akan Anda pilih.

Anda bisa melihat berbagai ulasan tentang voer tersebut di berbagai forum online, grup sosial media hingga ulasan artikel seperti ini.

Cara menyimpan voer dengan benar

Setelah memilih voer terbaik, Anda juga harus mengetahui cara menyimpan voer agar tetap terjaga kualitasnya sebagai berikut:

  • Tutup kembali kemasan voer setelah digunakan. Jika kemasannya plastik, usahakan ikat bungkus yang sobek dengan karet atau dijepit menggunakan penjepit.
  • Simpanlah voer dalam wadah yang rapat. Anda bisa menggunakan toples atau botol plastik bekas yang sudah dibersihkan.
  • Masukkan silica gel ke dalam wadah penyimpanan voer, agar voer tetap kering dan tidak berjamur.
  • Simpan wadah berisi voer tadi pada tempat yang kering dan jangan biarkan terpapar sinar matahari langsung.
  • Jauhkah voer dari tempat yang basah atau dekat sumber air, agar voer tidak melempem karena lembab.

10 Rekomendasi voer terbaik yang sehat dan bergizi untuk makanan burung berkicau

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang pakan burung berkicau dan cara menyimpannya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi voer terbaik yang sehat dan bergizi untuk makanan burung berkicau dari berbagai merek berikut ini.

10. Voerzoo Insect Blend

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-10

Harga : Rp 18.000

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan kemampuan burung berkicau

Merek voer yang satu ini cukup terkenal di kalangan para pecinta burung. Voerzoo Insect Blend terbuat dari campuran serangga dan vitamin yang cocok diberikan pada burung seperti murai batu, kacer, dan lai-lain.



Pakan burung ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan berkicau pada burung, melengkingkan suara, menjaga stamina, hingga membuat burung lebih aktif. Anda bisa membeli voer ini di Shopee.

9. Cilo-X

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-9

Harga : Rp 68.000

Mengandung protein dan vitamin yang lengkap

Pakan burung ini dibuat dari berbagai bahan makanan yang bernutrisi. Satu bungkus Cilo-X mengandung protein, serat, kalsium, lemak hingga aneka vitamin yang lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Omega 6, Omega 3 dan Vitamin E.

Kandungan nutrisi yang seimbang ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh burung kesayangan. Voer ini juga sering digunakan untuk merangsang anakan burungmurai batu agar semakin lincah dan mempercepat pertumbuhan bulu. Anda bisa membeli Cilo-X di Shopee.

8. Nanjung

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-8

Harga : Rp 14.900

Terbuat dari bahan organik

Tidak hanya manusia, burung juga perlu mendapatkan asupan nutrisi sehat dari bahan-bahan organik. Nanjung menjadi satu di antara pakan burung terfavorit yang dibuat dari bahan non kimiawi. Voer yang cocok untuk burung berkicau ini mengandung vitamin, mineral, karbohidrat dan protein yang kompleks.

Nanjung mengandung ekstrak buah-buahan yang kaya mineral, serangga dan ulat sebagai sumber protein. Kandungan bahan organiknya berguna untuk menjaga kekebalan tubuh burung, meningkatkan kemampuan berkicau hingga meningkatkan kecerdasan burung kesayangan. Anda bisa membeli Nanjung di Shopee.



7. Nutribird

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-7

Harga : Rp 225.000

Cocok untuk burung pemakan buah

Bagi Anda penggemar burung kicau pemakan buah, tentu sudah tidak asing dengan merek pakan burung ini. Nutribird menjadi satu di antara pilihan terbaik bagi para penghobi burung herbivora seperti Prenjak, Ciblek dan Tledekan.

Kandungan nutrisi yang diekstrak dari buah-buahan pada Nutribird, dapat menjaga vitalitas burung kesayangan. Nutribird juga dapat mengembalikan semangat burung yang mengalami stres. Anda bisa membeli voer Nutribird ini di Shopee.

6. Super Power

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-6

Harga: Rp 60.000

Membuat burung semakin gacor

Sesuai namanya, Super Power menjadi salah satu pakan burung andalan yang dapat meningkatkan kemampuan berkicau. Kandungan nutrisi pada voer ini sangat baik sebagai sumber energi burung kesayangan. Sehingga, burung kicau semakin gacor dan berstamina.

Tidak hanya itu, Super Power juga dapat meningkatkan volume dan kualitas kicauan burung kesayangan. Anda bisa membeli pakan burung ini di Shopee.

5. Top Fighter

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-5

Harga : Rp 25.000

Cocok untuk penghobi kontes

Memberikan satu takaran Top Fighter setiap hari, dapat memaksimalkan performa burung. Voer yang satu ini menjadi salah satu pakan burung favorit para penghobi kontes. Anda bisa meningkatkan takaran Top Fighter pada beberapa hari sebelum kontes, agar performa burung kesayangan semakin prima.



Selain itu, nutrisi yang terkandung pada voer ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pada burung, mengurangi stress dan membuat burung semakin rajin berkicau. Anda bisa membeli Top Fighter di Shopee.

4. Kentir

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-4

Harga: Rp 50.000

Menjaga kesehatan pencernaan burung

Salah satu sumber masalah yang sering menyerang burung adalah sistem pencernaannya. Pemberian pakan yang asal-asalan dapat meningkatkan resiko penyakit pada pencernaan burung. Jika sudah begini, burung kesayangan pun mulai enggan berkicau dan terlihat lemas.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan burung, voer yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kentir dibuat dari berbagai bahan berkualitas untuk memenuhi nutrisi harian burung kesayangan. Selain menyehatkan pencernaan, Kentir juga menjaga daya tahan tubuh dan menjernihkan kicauan burung. Anda bisa membeli pakan burung ini di Shopee.

3. AMS American

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-3

Harga: Rp 57.000

Menjaga stamina dan memperbaiki metabolisme burung

Merek voer yang satu ini sangat cocok bagi burung pemakan serangga. Memiliki kandungan nutrisi dan vitamin kompleks yang dapat meningkatkan stamina serta memperbaiki metabolisme burung kesayangan Anda.

Nutrisi yang lengkap pada AMS American ini membuat burung tidak lagi membutuhkan asupan tambahan seperti jangkrik maupun kroto. Sehingga lebih praktis dan bisa membuat Anda lebih hemat biaya.



Selain itu, memberikan AMS American dengan takaran yang tepat akan membuat burung semakin lincah, bertenaga, dan semakin gacor. Anda bisa membeli AMS American ini di Shopee.

2. Evolution Shama Food Fighter

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-2

Harga: Rp 75.000

Membuat burung lebih bertenaga saat kontes

Evolution Shama Food Fighter dibuat dari berbagai bahan berkualitas yang mengandung protein, mineral dan vitamin yang lengkap. Kandungannya mampu membuat burung rajin berkicau dan lebih berenergi.

Sangat tepat jika Anda menggunakan Evolution Shama Food Fighter selama periode kontes burung, di mana kemampuannya akan semakin meningkat dan tentunya harapan untuk menang akan menjadi lebih mudah. Anda bisa membeli pakan burung ini di Shopee.

1. Superfit

foto-voer-terbaik-yang-sehat-dan-bergizi-untuk-makanan-burung-berkicau-1

Harga: Rp 11.000

Terbuat dari serangga murni dan mengandung prebiotik

Voer yang satu ini sangat cocok diberikan pada burung kicau pemakan serangga seperti prenjak, kacer, dan cililin. Pakan burung yang mengandung serangga murni Dhypthtera dan Orthophera ini sangat baik untuk menjaga kesehatan burung kesayangan.

Superfit juga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung dari serangan penyakit berbahaya. Selain itu, pakan burung ini telah teruji klinis di laboratorium, sehingga aman dijadikan suplemen burung setiap hari. Anda bisa membeli pakan burung ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli produk voer atau pakan burung, sebaiknya perhatikan kemasan, kandungan nutisi, hingga tanggal kedaluwarsanya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan pakan burung agar lebih awet dan tidak berjamur.
  • Anda bisa memilih Voerzoo Insect Blend, Cilo-X, dan Superfit untuk burung murai batu dan burung pemakan serangga lainnya.
  • Bagi Anda, penghobi burung yang ingin menjaga daya tahan tubuh sekaligus meningkatkan kemampuan berkicau burung, Anda bisa memilih Nanjung, Super Power, Kentir, dan Nutribird.
  • Khusus bagi Anda penghobi kontes burung, Anda bisa memilih Top Fighter, AMS American, dan Evolution Shama Food Fighter sebagai pakan menjelang kontes.

Referensi

1. Youtube, Om Bro Lovers (2020), Cara Memilih Voer Yang Baik Buat Burung Ocehan, https://www.youtube.com/watch?v=T95WNn4YICY
2. Youtube, Stars Indonesian and English Tutorial (2020), Apakah Voer Terbaik 2020 Buat Murai Batu?, https://www.youtube.com/watch?v=d1GLiMQARmc



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Hobi Pelet Ternak


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Voer Terbaik yang Sehat dan Bergizi untuk Makanan Burung Berkicau", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »