Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 February 2021

10 Rekomendasi Vacuum Cooler Laptop Terbaik dan Murah

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Vacuum Cooler Laptop Terbaik dan Murah


Vacuum cooler merupakan salah satu alat pendingin yang sebaiknya dimiliki oleh para pengguna laptop. Mengingat laptop bisa menjadi panas bila sering digunakan. Baik untuk pekerjaan kantor maupun bermain game.



Sesuai namanya, alat ini bisa menjadi solusi untuk menurunkan suhu laptop. Sistem kerjanya adalah dengan menyerap suhu panas yang terdapat di bagian dalam laptop.

Kemudian hawa panas tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui sisi lainnya. Dengan begitu, suhu laptop dapat kembali dingin meski digunakan untuk pemakaian dalam waktu lama.

Panas yang dihasilkan laptop sendiri sebenarnya bukan hanya dari pemakaian yang terlalu lama saja. Bisa juga dikarenakan suhu di sekitar yang panas hingga membuat laptop ikut menjadi panas.

Perlu diingat bahwa mesin laptop yang overheat bisa membuat laptop menjadi mudah rusak. Jadi, penggunaan vacuum cooler pada laptop adalah hal wajib untuk mencegah rusaknya mesin laptop akibat panas.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi vacuum cooler laptop terbaik dan murah dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai vacuum cooler serta cara pemilihannya.

Mengenal perbedaan vacuum cooler dan cooling pad

Ada dua jenis pendingin laptop yang sering digunakan, yaitu vacuum cooler dan cooling pad. Meski sama-sama merupakan alat pendingin laptop, keduanya memiliki keunggulan serta cara pemakaian yang berbeda.

Sebelum Anda memutuskan akan membeli vacuum cooler atau cooling pad, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan dari kedua alat pendingin laptop tersebut. Setelahnya Anda bisa memiliki alat pendingin yang dirasa paling sesuai dengan Anda.



Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan dari vacuum cleaner dan cooling pad.

  • Tampilan/bentuk

vacuum cooler memiliki bentuk persegi panjang yang dilengkapi dengan dua buah ventilasi. Di mana kedua ventilasi tersebut merupakan tempat masuk dan keluarnya udara panas dari dalam laptop.

Sedangkan cooling pad memiliki bentuk seperti papan dengan baling-baling di bagian dalamnya. Seperti halnya kipas.

  • Cara kerja

Vacuum cooler memiliki dua ventilasi yang berada di sisi depan dan belakang. Ventilasi di sisi depan berfungsi untuk menyerap panas dari dalam laptop dan kemudian akan dikeluarkan melalui ventilasi di sisi belakang.

Sedangkan cooling pad cukup diletakkan di bagian bawah laptop. Di mana nantinya baling-baling pada cooling pad akan menyalurkan udara dingin layaknya sebuah kipas yang menghembuskan angin.

  • Efektivitas

Vacuum cooler terbilang lebih efektif dalam hal mendinginkan laptop. Karena kinerjanya yang dapat menghisap dan mengeluarkan hawa panas dari dalam laptop sehingga laptop menjadi lebih cepat dingin.

Berbeda dengan cooling pad yang udara dinginnya seringkali ‘bocor’ karena kinerjanya yang mirip dengan kipas. Akibatnya suhu panas yang dapat didinginkan hanya beberapa derajat saja.Tidak sedingin menggunakan vacuum cooler.

  • Harga

Vacuum cooler dan cooling pad memiliki harga yang berbeda. Di mana cooling pad biasanya memiliki harga yang lebih murah dibanding vacuum cooler.

Hal ini terkait dengan kelebihan yang ditawarkan dari kedua alat pendingin laptop tersebut. Semakin baik kualitasnya, tentu harganya akan semakin mahal. Anda bisa menemukan vacuum cooler dan cooling pad di toko elektronik, baik offline maupun online.



  • Keseuaian

Meski sama-sama merupakan alat pendingin laptop, tidak semua jenis dan merek laptop dapat menggunakan vacuum cooler. Hal ini karena posisi dan ukuran dari ventilasi udara panas yang sulit untuk dipasangi vacuum cooler. Terutama untuk laptop Macbook.

Sedangkan cooling pad dapat digunakan untuk semua jenis dan merek laptop. Karena cooling pad memiliki bentuk papan yang cukup diletakkan di bagian bawah laptop.

Pilih yang tepat sesuai kebutuhan laptop Anda

Perlu diingat bahwa tidak semua jenis laptop belum tentu dapat dipasangkan vacuum cooler. Karena beberapa jenis laptop memiliki tempat ventilasi yang berbeda.

Semakin sulit peletakannya, semakin tidak memungkinkan laptop tersebut untuk menggunakan vacuum cooler.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli vacuum cooler, pastikan dahulu apakah letak ventilasi udara pada laptop Anda sudah memungkinkan untuk memasang vacuum cooler.

Jangan sampai sudah membeli vacuum cooler tapi tidak bisa dipasang karena ventilasinya tidak memungkinkan.

Pilih yang tidak berisik

Layaknya alat pendingin biasa, vacuum cooler juga memiliki suara yang cukup berisik. Suara tersebut dihasilkan dari mesin vacuum cooler yang sedang bekerja. Sayangnya suara tersebut seringkali mengganggu konsentrasi. Apalagi kalau berada di tempat umum.

Karena itu, sebaiknya Anda pastikan bahwa suara yang dihasilkan tidak terlalu berisik. Anda bisa meminta tes dahulu sebelum memutuskan untuk membeli vacuum cooler tersebut.

Sesuaikan budget Anda

Saat ini Anda bisa menemukan vacuum cooler dari berbagai merek dengan keunggulan dan kualitas yang berbeda. Semakin bagus keunggulan yang ditawarkan, semakin mahal pula harga yang diberikan.



Usahakan vacuum cooler yang akan Anda beli, harganya sesuai dengan budget. Dengan begitu, tidak akan terlalu menguras isi kantong Anda.

10 Rekomendasi vacuum cooler terbaik dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang vacuum cooler lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi vacuum cooler terbaik dan murah dari berbagai merek berikut ini:

10. Taffware ICE FAN 3

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-10

Harga : Rp 51.100

Dapat diatur kecepatan udaranya

Vacuum cooler dari Taffware ini dapat menghisap hawa panas dari dalam laptop dan membuangnya melalui sisi lainnya, sehingga kinerjanya mampu membuat laptop Anda tetap dingin dan lancar.

Anda bisa mengatur kecepatan dari vacuum cooler ini dengan menggunakan knob yang posisinya ada di bagian atas. Dengan begitu, vacuum cooler ini bisa menghasilkan udara yang lebih dingin untuk laptop Anda.

Vacuum cooler ini terbuat dari material plastik ABS yang waterproof dan anti gores. Selain itu, suara yang dihasilkan pun sangat tenang karena sudah menggunakan teknologi micro-hole. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

9. Cool Cold Universal Laptop Vacuum Cooler

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-9

Harga : Rp 61.000

Memiliki kecepatan putaran kipas hingga 3000 RPM

Cool Cold Universal Laptop Vacuum Cooler memiliki knop yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan dan putaran kipas sesuai keinginan. Anda bisa memutar knop tersebut untuk kecepatan putaran kipas hingga 1500-3000 RPM.



Vacuum Cooler dari Cool cold ini efektif digunakan untuk menghisap hawa panas dari dalam laptop dan mengeluarkannya agar suhunya bisa tetap dingin.

Soal harga, Cool Cold Universal Laptop Vacuum Cooler terbilang cukup murah dan terjangkau. Hanya berkisar 60 ribuan rupiah saja. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

8. uNiQue ZT-X7 Vacuum Cooler

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-8

Harga : Rp 58.000

Desain keren, modern, dan praktis

uNiQue ZT-X7 Vacuum Cooler merupakan produk cooler yang memiliki desain modern dan praktis dengan berbagai pilihan warna, seperti hitam. Bentuknya keren dengan lampu LED bawaan yang dapat memberikan kesan menarik dan futuristik.

Vacuum cooler dari merek uNiQue ini dapat mendinginkan laptop dengan cara menghisap udara panas dan mengeluarkannya melalui sisi lainnya. Penggunaannya pun mudah. Cukup tempelkan di bagian ventilasi laptop.

Adapun kecepatan maksimal kipas mencapai 4500 RPM. Dilengkapi power dengan kabel USB dan 4 buah karet suction dengan ukuran berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai jenis laptop. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

7. Taffware LC06

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-7

Harga : Rp 215.900

Dilengkapi 13 fan speed control



Taffware LC06 memiliki fitur 13 fan speed control yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan fan dari cooler agar mendapat performa dingin yang terbaik hanya dengan memutar knobnya.

Ada pula super effective cooling system yang dapat menghisap hawa panas dari bagian dalam laptop dan kemudian dibuang melalui sisi lain vacuum cooler ini. Sehingga kinerjanya lebih baik dibanding menggunakan cooling pad biasa.

Menariknya, vacuum cooler ini memiliki tingkat kebisingan 60 dB yang sangat tenang sehingga tingkat kebisingannya sangat kecil. Selain itu, daya tahan sangat baik dan dapat menyala hingga 5000 jam non stop. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

6. Universal NC738

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-6

Harga : Rp 66.300

Praktis dan mudah dibawa ke mana saja

Tidak sedikit pengguna laptop merupakan orang yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Oleh karena itu, brand Universal menghadirkan vacuum cooler yang memiliki desain simple dengan bentuk kecil sehingga praktis untuk dibawa ke mana saja.

Universal NC738 ini bisa menjadi pilihan terbaik, karena memiliki desain kompak, inovatif, serta penuh gaya. Selain itu, vacuum cooler ini efektif melindungi laptop Anda dari risiko overheat akibat penggunaan dalam waktu lama.

Penggunaannya pun mudah, karena dapat digunakan untuk berbagai jenis laptop yang memiliki USB port.

Menariknya lagi, vacuum cooler ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi Anda dan orang di sekitar. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.



5. Ace Cooling NCV001

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-5

Harga : Rp 85.000

Dilengkapi 4 varian karet penutup

Ace Cooling NCV001 memiliki 4 varian karet penutup lubang pembuangan dalam berbagai ukuran yang dapat digunakan untuk berbagai jenis laptop dan notebook.

Penggunaannya mudah, Anda cukup menutup lubang udara di bagian samping laptop atau notebook lalu hubungkan USB Port untuk menyalakan kipasnya. Adapun untuk ukuran 8.5 x 12 x 4.5cm, tidak berisik dan terdapat spon anti selip.

Menariknya lagi, vacuum cooler ini dilengkapi juga dengan lampu LED RGB sebagai penanda bahwa alat pendingin ini sedang bekerja. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

4. FYD 738 Strong Cooling

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-4

Harga : Rp 69.000

Memiliki panjang kabel USB hingga 73 cm

FYD 738 Strong Cooling merupakan vacuum cooler yang memiliki bentuk kecil dan praktis yang membuatnya dapat dibawa ke berbagai tempat. Desain yang portable dan bobot yang ringan membuatnya sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Jangan remehkan bodi-nya yang mungil. Karena kualitas pendingin yang dihasilkannya tidak berbeda jauh dengan vacuum cooler berukuran lebih besar, sehingga dapat menjaga laptop Anda dari risiko overheat.



Vacuum cooler ini memiliki penggunaan energi yang rendah, yakni hanya 5V DC serta menggunakan ukuran kabel USB sepanjang 73 cm. Suara mesinnya pun tidak begitu bising jadi tidak akan mengganggu orang di sekitar. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

3. K-One Cooler Notebook

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-3

Harga : Rp 112.000

Menggunakan kipas berkecepatan tinggi untuk hasil maksimal

K-One Cooler Notebook merupakan alat pendingin yang dapat digunakan untuk laptop atau notebook. Desainnya yang stylish dan praktis membuat vacuum cooler ini terlihat elegan dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Alat pendingin ini dilengkapi dengan kipas berkecepatan tinggi sehingga dapat menurunkan suhu laptop atau notebook Anda dengan cepat dan maksimal. Sangat cocok untuk Anda yang laptop atau notebook-nya sering mengalami overheat.

Terdapat tombol untuk mengontrol tingkat pendinginan yang Anda inginkan. Penggunaannya cukup mudah. Tinggal sambungkan USB Port pada laptop atau notebook dan vacuum cooler ini akan langsung menyala. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

2. OEM Cooling

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-2

Harga : Rp 59.800

Atur kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan Anda!

OEM Cooling merupakan produk vacuum cooler keluaran brand OEM yang memiliki fungsi utama untuk membuat suhu laptop Anda tetap dingin sehingga dapat digunakan dengan lebih nyaman.



Tersedia fitur fan control yang memungkinkan Anda mengontrol kecepatan kipas dengan cara memutar knop di bagian atas vacuum cooler. Anda bisa memilih kecepatan kipas yang dirasa sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerja dari vacuum cooler ini adalah dengan menghisap suhu panas dari dalam laptop lalu membuangnya melalui sisi lain dari alat pendingin ini. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

1. MIMIMO V5

foto-10-rekomedasi-vacuum-cooler-terbaik-dan-murah-1

Harga : Rp 164.000

Dilengkapi dengan LCD dan sensor super canggih

MIMIMO V5 merupakan salah satu produk vacuum cooler cerdas terbaik yang dapat menjaga suhu laptop tetap dingin dengan cara membuang hawa panas dari bagian dalam laptop melalui ventilasinya.

Menariknya, vacuum cooler ini dilengkapi dengan LCD yang dapat memberikan berbagai informasi terkait kinerja dari MIMIMO V5.

Ada pula sensor yang dapat mendeteksi suhu laptop. Nantinya kecepatan dari vacuum cooler ini menyesuaikan dengan suhu laptop pada waktu tersebut. Dilengkapi dengan teknologi micro-home yang membuat suaranya menjadi sangat kecil saat digunakan.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur kecepatan kipas sesuka hati dengan menggunakan knop di bagian atas alat pendingin ini. Adapun kecepatan kipasnya 4800 RPM dan memiliki dimensi 94 x 69 x 38 mm. Anda bisa membeli vacuum cooler ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli vacuum cooler, sebaiknya Anda mempertimbangkan kesesuaian ukuran, suara yang dihasilkan serta budget yang tersedia.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan perbedaan vacuum cooler dengan cooling pad agar bisa memilih alat pendingin yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda bisa memilih FYD 738 Strong Cooling, karena memiliki ukuran kecil dan praktis yang mudah dibawa ke mana saja.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin vacuum cooler yang modern dengan fitur-fitur canggih, Anda bisa memilih MIMIMO V5.
  • Namun, jika Anda yang menginginkan vacuum cooler dengan harga murah, maka Anda bisa memilih Cool Cold Vacuum Cooler.

Referensi

  1. Techbroll (2018), Laptop Cooling Pad vs Laptop Vacuum Cooler – Which is better?
    https://techbroll.com/2018/03/laptop-cooling-pad-vs-laptop-vacuum-cooler.html
  2. InformasiAjib (2018), Tips Memilih Vacuum Cooler dan Cooling Pad Untuk Laptop
    https://www.informasiajib.info/2018/10/memilih-vacum-cooler-dan-cooling-pad.html





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Laptop Notebook Vacuum Cooler Laptop


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Vacuum Cooler Laptop Terbaik dan Murah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »