Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 October 2021

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D yang Efektif Bantu Naikkan Imun Tubuh

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D yang Efektif Bantu Naikkan Imun Tubuh


Kini, di tengah wabah pandemi Covid-19, banyak orang mencari suplemen vitamin D terbaik. Selain bagus untuk kesehatan, suplemen vitamin D juga mampu meningkatkan daya imun tubuh. Mencarinya pun mudah, bisa dibeli di supermarket maupun toko-toko online kesayangan Anda.



Untuk memudahkan Anda, berikut kami sajikan rekomendasi suplemen Vitamin D terbaik dari berbagai merek lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, simak berbagai hal terkait vitamin D berikut ini.

Mengenal vitamin D dan manfaatnya bagi tubuh

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh, terutama dalam hal meningkatkan imun dan perlindungan terhadap penyakit.

Pandemi Covid-19 membuat semua orang sadar bahwa imunitas tubuh terhadap serangan virus sangatlah penting. Dengan demikian, asupan nutrisi, vitamin, dan beragam mineral menjadi salah satu cara untuk membentengi diri.

Terutama pada Vitamin D yang memiliki beberapa manfaat seperti berikut ini.

  • Meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh
  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
  • Mengurangi risiko keparahan gangguan pernapasan
  • Melindungi tubuh terhadap serangan virus
  • Mencegah diabetes tipe 1 dan 2

Fungsi meningkatkan kekebalan tubuh yang ada pada vitamin ini membuatnya menjadi salah satu incaran nutrisi tambahan pendukung tubuh menghadapi virus Covid-19. Imun tubuh merupakan pertahan pertama terhadap serangan penyakit.

Namun, bukan berarti Vitamin D adalah obat penyakit Covid. Hanya saja, risiko keparahan pada penderita dapat berkurang jika imun tubuh baik. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan hariannya sangatlah penting.

Risiko akibat kekurangan vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beragam keluhan dan gangguan kesehatan. Di antaranya adalah pertumbuhan abnormal pada kaki, sehingga menjadi bentuk O atau X. Selain itu, meningkatkan risiko terjadinya demensia, gangguan pertumbuhan, hingga penyakit jantung.

Pada sebuah studi, tampak bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D akan lebih mudah terserang virus. Pada saat ini terjadi, tingkat keparahannya lebih tinggi, karena daya tahan tubuhnya lemah.



Penelitian lain membuktikan bahwa tambahan konsumsi suplemen vitamin D yang mengandung dosis cukup, membuat respon imun seseorang meningkat. Kemudian, tubuh juga lebih mampu menangkal infeksi virus yang menyerang organ pernapasan.

Cara mendapatkan asupan vitamin D

Lalu, bagaimana cara mendapatkan asupan vitamin D? Pada dasarnya, tubuh tidak bisa memproduksi vitamin D sendiri. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh, manusia harus mendapatkannya dari sumber luar.

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut. Anda juga bisa membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D dengan cara berjemur di bawah matahari pagi.

Sinar matahari pagi masih tergolong tidak terlalu terik dan aman bagi kulit. Sinar UV B yang masuk ke tubuh melalui pori-pori kulit dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan vitamin ini.

Adapun makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah ikan salmon, sarden, jamur, susu sapi, kuning telur, jus jeruk, dan sebagainya. Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Sayangnya, pada kondisi tertentu, jumlah vitamin D yang masuk ke dalam tubuh tidak mencukupi kebutuhan harian. Idealnya, rata-rata kebutuhan harian terhadap vitamin ini pada orang dewasa sehat adalah 600-800 IU. Pada orang yang sakit, kebutuhannya bisa meningkat.

Oleh sebab itu, untuk membantu pemenuhan kebutuhan harian, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D yang bagus sebagai tambahan. Ketahui cara memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh saat ini.



Pilih suplemen vitamin D3

Salah satu saran bagi Anda yang ingin membeli tambahan vitamin D, ada baiknya memilih yang paling mirip dengan apa yang ada pada kulit, yaitu cholecaloferol. Sebutan umum untuk zat ini adalah vitamin D3.

Namun, biasanya suplemen vitamin D3 tidak ramah bagi konsumen vegan, karena ada kandungan hewani di dalamnya. Meskipun demikian, orang-orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian masih bisa mengonsumsi suplemen vitamin D2 yang biasanya terbuat dari tumbuhan.

Perhatikan dosisnya

Kekurangan asupan vitamin D bisa mengakibatkan banyak gangguan dalam hal kesehatan. Namun, kelebihan dosis juga bisa merugikan, terutama bagi penderita penyakit ginjal. Cara paling aman adalah mengonsumsinya dalam dosis 75% dari kebutuhan harian.

Tidak ada salahnya juga bila Anda mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mengetahui kondisi kesehatan dan kebutuhan vitamin harian secara tepat. Hal ini karena pada beberapa kondisi, bisa jadi Anda membutuhkan suplemen vitamin D dosis tinggi.

Beberapa produk suplemen vitamin D memiliki kandungan 400 IU. Ini merupakan dosis yang relatif aman. Jumlahnya membantu mencukupi kebutuhan harian, tetapi tidak berisiko membuat Anda overdosis vitamin.

Suplemen vitamin D hadir dalam beberapa bentuk

di pasaran terdapat beragam bentuk suplemen yang mungkin bisa membuat Anda bingung dalam memilihnya. Namun, bentuk ini bukanlah patokan mengenai kualitas maupun daya serapnya. Biasanya, bentuk suplemen tersebut lebih berkaitan dengan preferensi masing-masing orang.

Ada beberapa orang yang lebih menyukai tablet hisap. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki lidah sensitif, terkadang rasanya kurang nyaman. Maka dari itu, mereka memilih suplemen dalam bentuk evervescent yang larut dalam air dan terasa seperti minuman ringan.



Ada juga suplemen vitamin D dalam bentuk softgel. Biasanya softgel menggunakan bahan dari minyak extra virgin zaitun atau sawit organik. Oleh karena vitamin D memiliki sifat larut minyak, produk jenis ini dianggap lebih efektif.

Cek sertifikasi suplemen pilihan Anda

Salah satu cara untuk memastikan kualitas suplemen ini adalah dengan memperhatikan sertifikasi yang menyertainya. Contohnya adalah sertifikat dari FDA (Food and Drug Assosiation) atau badan kesehatan lainnya.

Produk yang telah memiliki sertifikasi sudah pasti telah melewati serangkaian tes untuk membuktikan kualitasnya. Oleh sebab itu, keberadaan sertifikat ini bisa membantu dalam memutuskan produk mana yang akan Anda pilih.

Konsumsi hanya satu multivitamin

Mungkin Anda sering menemukan jenis multivitamin dengan komposisi lengkap yang terdiri dari beragam vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Apabila Anda memilih multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, ada baiknya memperhatikan komposisinya.

Pilih dosis masing-masing vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengonsumsi satu jenis multivitamin saja. Kombinasi antara vitamin D dan beberapa mineral seperti zink, dan magnesium juga baik untuk mengoptimalkan penyerapannya.

Ada baiknya mengonsumsi satu jenis multivitamin saja dalam sehari. Mengonsumsi lebih dari satu multivitamin dapat mengakibatkan Anda mengalami kelebihan dosis zat atau vitamin tertentu.

Konsultasikan kontraindikasi suplemen yang Anda konsumsi

Suplemen vitamin D yang Anda minum bisa jadi bereaksi negatif terhadap obat lain. Bisa juga berlaku sebaliknya, yaitu jenis obat tertentu dapat mengganggu penyerapan vitamin yang Anda konsumsi.



Oleh sebab itu, ada baiknya mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, terkait adanya reaksi negatif apabila obat-obatan dan suplemen vitamin Anda konsumsi bersamaan. Bisa juga menanyakan jenis suplemen mana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Rekomendasi suplemen vitamin D yang bisa membantu meningkatkan imun

Setelah memahami manfaat, dosis, dan hal-hal lainnya, tentu bisa menjadi acuan dalam memilih suplemen vitamin D terbaik bagi Anda dan keluarga. Agar bisa memudahkan, berikut ini ada sepuluh rekomendasi merek yang bisa menjadi pilihan.

10. Sido Muncul Suplemen Natural Vitamin D

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-10

Harga : Rp 90.000

Produk herbal buatan anak negeri

Siapa yang tidak kenal Sido Muncul? Perusahaan produk herbal yang terkenal dengan jamu ini ternyata juga memiliki produk suplemen vitamin D yang murah. Hanya dengan harga seratus ribuan, Anda sudah memperoleh 50 kapsul dengan dosis masing-masing 400IU.

Suplemen ini cukup untuk membantu pemenuhan kebutuhan vitamin D harian Anda. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih siap menghadapi serangan virus yang ada di sekitar. Hal ini karena imunitasnya mengalami peningkatan.

Produk vitamin dari Sido Muncul ini menggunakan soft capsule, sehingga lebih ramah bagi Anda yang sering merasa kesulitan menelan tablet atau pil. Anda bisa membeli suplemen ini melalui Shopee.



9. D-Vit FT Tablet 400 IU

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-9

Harga : Rp 75.000

Membantu mengatasi alergi

Produk suplemen vitamin yang satu ini juga bagus untuk membantu memenuhi asupan vitamin D3. Manfaatnya adalah mampu mencegah terjadinya keluhan kesehatan akibat kekurangan zat tersebut. Contohnya, gangguan tulang dan sendi, diabetes tipe 1, dan kerusakan gigi dini.

Selain itu, vitamin D yang terpenuhi juga bisa mengurangi risiko terjadinya alergi, baik pada kulit maupun pernapasan. Oleh sebab itu, mengonsumsi vitamin D berisi 30 tablet ini dapat membantu meningkatkan imun Anda. Anda bisa membelinya di Shopee.

8. Prove D3-1000 IU Vitamin D3 Strip Isi 10 Tablet

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-8

Harga : Rp 34.000

Vitamin D dosis tinggi untuk kondisi khusus

Anda sedang mengalami infeksi virus? Apabila dokter menyarankan Anda mengonsumsi Vitamin D dosis tinggi, produk Prove ini bisa menjadi pilihan. Dosis 1000 IU memang cukup tinggi dan lebih tepat untuk orang-orang yang sedang menderita gangguan kesehatan.



Adanya alergi, infeksi virus, lansia yang mengalami defisiensi vitamin D, atau ibu hamil adalah beberapa kondisi yang memerlukan konsumsi dosis tinggi. Anda bisa membeli suplemen vitamin D di apotek maupaun secara online. Vitamin D ini tersedia juga di Shopee.

7. Natures Plus Vitamin D3 400 Iu 90 Softgel

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-7

Harga : Rp 184.000

Sediaan suplemen mencukupi tiga bulan

Cara tepat untuk mendukung imunitas tubuh melalui vitamin D adalah dengan mengonsumsinya secara rutin. Hal ini lebih efektif dibandingkan jika mengonsumsinya dalam dosis tinggi, tetapi jarang-jarang.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya menyediakan vitamin D dalam jumlah mencukupi. Produk Natures Plus ini bisa menjadi pilihan. Dalam satu botol terdapat 90 kapsul yang bisa menjadi stok suplemen selama tiga bulan.

Kekebalan tubuh lebih terjaga, termasuk kesehatan tulang dan gigi, karena vitamin D bisa membantu penyerapan kalsium. Anda bisa membeli vitamin ini di Shopee.

6. Vitamin D Natures Way Kids Smart Drops

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-6

Harga : Rp 190.000



Menjaga imun tubuh anak mulai usia 4 minggu hingga 2 tahun

Anak-anak berada pada fase perkembangan optimalnya. Itulah sebabnya, sangat penting jika memastikan imun tubuhnya bagus, sehingga pertumbuhannya tidak terganggu. Apabila mereka sering sakit atau mengalami alergi, biasanya akan terjadi hambatan pertumbuhan.

Vitamin D dalam bentuk tetes ini bisa menjadi pilihan suplemen untuk mencegah anak usia 4 bulan-2 tahun mengalami kekurangan. Selain menjaga tulang dan giginya, juga membuat mereka lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Doctors Best Vitamin D3 Suplemen

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-5

Harga : Rp 342.000

Bebas GMO dan gluten

Rekomendasi selanjutnya adalah suplemen vitamin D3 5000 IU. Produk ini tepat untuk anda yang memerlukan vitamin D dalam dosis tinggi. Di dalam satu botol, terdapat 180 softgels dengan takaran konsumsi satu per hari.

Apabila Anda jarang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau jarang terkena sinar matahari, maka risiko kekurangan vitamin D lebih tinggi. Oleh sebab itu, ketika mengalami sakit akibat virus, biasanya imun tubuh tidak dapat mengatasinya.



Mengonsumsi vitamin D3 dosis tinggi ini dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Keunggulan lainnya adalah bebas GMO dan gluten, sehingga aman untuk konsumsi harian. Vitamin D3 ini bisa Anda beli di Shopee.

4. Natures Plus Vitamin D3 1000IU

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-4

Harga: Rp 355.000

Softgel yang menyenangkan saat dikunyah

Salah satu manfaat vitamin D adalah mencegah dan mengobati penyakit rakitis. Ini merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Suplemen yang membantu mengatasi penyakit rakitis ini berbentuk softgel yang memudahkan anak mengunyahnya.

Cara ini lebih menyenangkan bagi mereka, karena mungkin mereka belum bisa menelan pil. Di dalam satu botol terdapat 180 softgel yang cukup sebagai sediaan suplemen Anda sekeluarga. Dapatkan vitamin ini melalui Shopee.

3. Now Foods Vit D3 2000 IU 120 Softgels

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-3

Harga : Rp 180.000

Versi lebih hemat dari kemasan 240



Apabila Anda ingin membeli produk suplemen vitamin D dengan brand Now ini, ada dua pilihan kemasan. Pertama adalah botol berisi 240 softgel. Adapun produk yang ini berisi 120 softgels. Namun, tidak perlu ragu, karena kualitasnya sama saja.

Botol kecil ini bertujuan agar konsumen tetap bisa memenuhi kebutuhannya akan vitamin D dengan harga yang lebih ekonomis. Harganya hampir separuh dari kemasan yang lebih besar.

Vitamin D pada produk ini mampu mendukung daya tahan tubuh Anda agar lebih kuat menghadapi serangan virus. Dosisnya mencapai 2000 IU, sehingga cukup memadai untuk menjaga kesehatan. Anda bisa membeli vitamin D ini di Shopee.

2. Puritan’s Pride Vitamin D3 5000 IU

foto-suplemen-vitamin-D-efektif-bantu-naikkan-imun-tubuh-2

Harga : Rp 345.000

Tanpa pengawet, pewarna buatan, dan pemanis

Rekomendasi suplemen vitamin D yang selanjutnya ini merupakan produk impor dari USA. Keunggulannya adalah tidak mengandung tambahan pengawet, pewarna, maupun pemanis buatan, sehingga lebih sehat bagi penderita diabetes.

Produk ini sangat efektif dalam membantu meningkatkan imun tubuh dalam menghadapi virus, karena dosisnya adalah 5000 IU. Dalam sehari, Anda cukup mengonsumsi satu tablet saja, sehingga per botol bisa untuk sediaan hingga 6 bulan. Dapatkan vitamin ini di Shopee.



1. Solgar Vitamin D3 1000 IU

Harga : Rp 380.000

Cocok untuk orang usia lanjut

Produk selanjutnya merupakan suplemen vitamin D yang sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu 70 tahun lalu. Produk ini terbukti membantu pemenuhan kebutuhan vitamin D, bahkan bagi orang lanjut usia.

Tidak hanya meningkatkan imun tubuh, tetapi juga mampu meningkatkan dan memperbaiki fungsi saraf motorik. Jadi, para lansia akan lebih sehat dan semakin bebas bergerak. Suplemen ini bebas GMO, gluten, produk dairy, dan wheat.

Di dalam satu botol terdapat 250 softgels yang membantu Anda menurunkan risiko infeksi virus dengan meningkatkan kekebalan. Anda bisa mendapatkan vitamin ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin D.
  • Pilih suplemen vitamin D3 yang memiliki dosis memadai, setidaknya dengan dosis 400 IU.
  • Bagi Anda yang berusia lanjut dan membutuhkan dosis lebih tinggi, pilihannya adalah Solgar Vitamin D3 1000 IU, karena juga bermanfaat meningkatkan fungsi saraf motorik.
  • Namun, jika memerlukan pendukung imun tubuh untuk konsumsi harian dan tidak mengalami kekurangan vitamin D, Anda bisa memilih D-Vit FT Tablet 400 IU.
  • Adapun suplemen yang cocok untuk anak batita adalah Natures Way Kids Smart Drops Vitamin D.

Referensi

  1. Alan L Rubin (2021), How to Choose the Best Vitamin D Supplement, https://www.dummies.com/health/nutrition/vitamins/how-to-choose-the-best-vitamin-d-supplement/
  2. Jillian Kubala. MS. RD (2020), Can Vitamin D Lower Your Risk of Covid 19? https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-coronavirus
  3. Lisa Turner (2020), How to Pick the Best Vitamin D supplement, Lisa Turner 2020, How to Pick the Best Vitamin D supplement, https://www.cleaneatingmag.com/clean-diet/vitamin-d/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Medis Obat Vitamin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D yang Efektif Bantu Naikkan Imun Tubuh", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »