Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 September 2020

10 Rekomendasi Speedometer Terbaik untuk Roadbike

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Speedometer Terbaik untuk Roadbike


Kini bersepeda sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Salah satu jenis sepeda yang sering dipakai adalah sepeda balap atau yang disebut dengan road bike.



Road bike ini biasanya dilengkapi dengan speedometer, yaitu sebuah perangkat digital yang dipasang untuk mengukur kecepatan laju sepeda serta jumlah total putaran per menit (rpm).

Dalam perkembangannya, ternyata speedometer tidak hanya sekadar untuk mengukur kecepatan. Namun juga dapat dipakai untuk mengetahui jarak, waktu, detak jantung, serta ketinggian daratan.

Bahkan beberapa produk speedometer telah menerapkan teknologi peta GPS agar pengguna dapat mengetahui posisi dengan akurat. Selain itu, dengan GPS seseorang bisa memastikan jarak dan panjang lintasan dengan mudah dan akurat.

Ada banyak pilihan speedometer yang bisa Anda temukan di marketplace Indonesia, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan produk speedometer terbaik, Anda perlu mempertimbangkan jenis, fitur, fungsi, serta teknologinya.

Oleh karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi speedometer terbaik untuk roadbike lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelum itu kami akan berbagi beberapa informasi tentang speedometer serta cara pemasangannya.

Cara memilih speedometer untuk roadbike

Berikut ini beberapa tips mudah dalam memilih produk speedometer untuk road bike, di antaranya adalah :

  • Pertimbangkan harganya

Umumnya speedometer yang memiliki kualitas dan fitur lengkap akan memiliki harga cukup tinggi. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan budget yang Anda punya untuk berbelanja gear roadbike.



Oleh karena itu, Pilihlah produk speedometer dengan harga yang tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.

  • Pilih merek speedometer terkenal

Selain harga, Anda juga harus mempertimbangkan merek dari speedometer yang akan Anda beli. Jadi pilih merek-merek yang telah banyak digunakan atau terkenal dikalangan pesepeda.

Dengan memilih merek terkenal, tentu bisa mengurangi risiko kerugian pasca pembelian. Selain itu, review merek terkenal juga pastinya akan mudah ditemukan di mesin pencari.

  • Pelajari keunggulannya melalui reviewer

Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya Anda melakukan beberapa riset terhadap produk speedometer. Anda bisa menggunakan hasil review para pengguna di kolom komentar marketplace ataupun di website reviewer khusus gear sepeda roadbike.

Perhatikan fitur penting pada speedometer roadbike

Setelah Anda menerapkan tips pemilihan produk speedometer di atas, selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan beberapa fitur utama yang harus dimiliki oleh speedometer.

Berikut ini beberapa fitur yang wajib masuk ke dalam indikator pemilihan produk, di antaranya adalah :

  • Konektivitas

Sejauh ini ada dua jenis speedometer, yakni kabel dan wireless. Pada produk dengan kabel umumnya lebih murah, namun pemasangannya jauh lebih sulit serta rentan tersangkut.

Bila Anda ingin produk yang lebih praktis, maka pilihlah speedometer jenis wireless yang umumnya menggunakan teknologi bluetooth. Namun, Anda juga harus memberi perhatian ekstra pada penggunaan baterainya.

  • Display panel

Bagi beberapa pengendara roadbike, display panel adalah bagian yang sangat penting selama bersepeda. Namun, bagi Anda yang bersepeda hanya untuk hiburan sekaligus berolahraga, tentunya tidak membutuhkan display panel dengan indikator yang detail.



Akan tetapi, bila Anda adalah seorang atlet atau memiliki hobi balapan sepeda, maka speedometer dengan display yang mencantumkan kecepatan, jarak, lokasi, serta detak jantung mutlak dibutuhkan.

  • Pengaturan

Sebelum melakukan pembelian, Anda satu hal yang harus Anda ingat. Semakin tinggi teknologi speedometer, maka semakin rumit pula pengaturannya. Oleh karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhannya Anda.

Resistensi perangkat

Sebagian besar produk speedometer saat ini telah memenuhi standar resistensi yang sangat baik. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir tentang pemakaian saat cuaca buruk atau hujan.

Akan tetapi, Anda harus ingat, sekuat apapun produk speedometer, mereka tetaplah perangkat digital yang sangat rentan terhadap air dan cuaca. Khususnya untuk produk dengan teknologi tinggi.

Cara memasang speedometer dengan benar

Speedometer merupakan perangkat digital yang cukup rentan. Pemasangan yang tidak tepat berisiko merusak atau mengurangi fungsi dari alat itu sendiri. Oleh sebab itu, perhatikan cara pemasangan speedometer yang baik dan benar berikut ini :

  • Pasang sensor speedometer di dudukan roda depan dekat bagian fork atau letakkan di seberang rem. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau oleh tangan saat berkendara. Apabila produk speedometer yang Anda beli tidak memiliki lampiran khusus, pasang kawat tambahan agar alat cukup kuat menahan goncangan.
  • Berhati-hatilah saat memasang kabel sensor, pastikan untuk menyembunyikannya di bawah frame di bagian shock absorber agar kabel tidak tertarik dan tersangkut.
  • Pasang dudukan display speedometer di bagian handlebars atau setang sepeda dengan posisi yang mudah dilihat. Pastikan untuk mengetahui kebiasaan melihat Anda. Sebab lokasi pemasangan yang tidak tepat sedikit banyak akan mengganggu konsentrasi saat bersepeda.
  • Untuk beberapa kondisi, Anda bisa menambahkan magnet pada jari-jari velg sepeda. Metode ini berfungsi untuk memastikan sensor mengukur rpm sepeda satu putaran penuh.
  • Perhatikan apakah produk speedometer yang Anda beli membutuhkan setup tambahan seperti setting diameter ukuran ban. Namun, umumnya pengaturan seperti ini hanya ada di beberapa produk berteknologi tinggi.
  • Terakhir, putarlah ban dan perhatikan apakah speedometer telah berfungsi atau tidak.

10 Rekomendasi speedometer terbaik untuk roadbike

Setelah Anda mengetahui beberapa hal penting tentang speedometer, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi produk speedometer terbaik untuk roadbike dari berbagai merek berikut ini :

10. Sigma Sport BC16.12 STS CAD

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-10

Harga : Rp 650.000



Speedometer pintar dengan 12 fungsi komputer

Sigma Sport BC16.12 STS merupakan speedometer berteknologi komputer dengan 12 fungsi yang sangat ideal untuk perjalanan di rute jarak jauh. Seperti jarak, kecepatan, cadence, dan waktu tempuh.

BC16.12 STS juga dilengkapi dengan fungsi backup data berupa storage chip agar data bisa dipindahkan ke laptop atau komputer untuk dianalisis.

Namun, secara umum speedometer ini hanya cocok untuk dua jenis ukuran ban saja. Oleh karena itu, Anda memerlukan setup serta perangkat tambahan untuk bisa memasang produk ini pada sepeda. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.

9. Cateye Strada Slim

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-9

Harga : Rp 599.000

Versi slim dari speedometer Strada series

Cateye Strada Slim merupakan produk speedometer hasil upgrade dari versi sebelumnya dengan penambahan fitur terbaru serta layar display yang lebih lebar dan catchy.

Strada Slim dirancang khusus untuk sepeda jenis roadbike yang berfokus pada kecepatan dan fleksibilitas akselerasi di jalan raya, baik di jalur datar, tanjakan, hingga turunan.

Speedometer ini memiliki fitur canggih untuk mengukur hingga tiga versi kecepatan, yakni current speed, average speed, serta maximum speed sepeda. Selain itu, layar display Strada Slim juga bisa menampilkan jarak berjalan, jarak total, waktu tempuh, serta jam.



Untuk konektivitas, Strada Slim sepenuhnya menggunakan wireless dengan teknologi Click Tech Interface, termasuk odometer yang bisa diprogram ulang secara mandiri oleh pengguna.

Bila Anda adalah penggila kecepatan atau atlet bertipe sprinter, Anda tidak perlu khawatir soal batas pengukuran kecepatan perangkat. Sebab Strada Slim dapat mengukur laju sepeda hingga 105,9 Km per jam. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.

8. Suaoki Speedometer

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-8

Harga : Rp 198.000

Speedometer roadbike starter pack untuk pemula

Suaoki merupakan produk speedometer yang memiliki kualitas baik serta menawarkan fitur yang sangat lengkap dengan harga paling murah di marketplace Indonesia.

Speedometer ini dilengkapi dengan cadence sensor berteknologi komputer transmisi 2.4G dan 21 fungsi lain, seperti track distance, speed, time, calories, temperatur, hingga CO2.

Suaoki secara umum bukanlah speedometer yang biasa dipakai untuk kompetisi road race, namun fitur yang ditawarkan kurang lebih sama dengan perangkat para biker profesional.

Selain itu, speedometer ini juga memiliki desain yang terkesan kuat, serta dilengkapi fungsi nyala-mati otomatis. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat tidak digunakan dalam jangka waktu lama.



Walaupun memiliki harga yang sangat terjangkau, nyatanya Suoaki telah juga menerapkan teknologi pintar, seperti penyimpanan data perjalanan hingga 7 hari. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.

7. Garmin Edge 520 Plus GPS

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-7

Harga : Rp 3.799.000

Speedometer dengan navigasi canggih khusus untuk para penjelajah

Garmin Edge 520 Plus merupakan produk speedometer dengan teknologi GPS Strava Live yang terhubung langsung ke satelit. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat saat berusaha menemukan rute-rute perjalanan baru di daerah tanpa sinyal seluler atau 4G.

Speedometer Edge 520 Plus juga dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi canggih, seperti pengukur kecepatan, irama cadence, hingga denyut jantung yang dikembangkan oleh ANT+.

Selain itu, Edge 520 Plus juga dilengkapi dengan fitur pesan cepat yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan kawan yang tertinggal atau memimpin jauh di depan.

Untuk faktor keamanan, Produk speedometer ini juga memiliki sensor peringatan dari Varia yang akan memberitahu ketika ada kendaraan lain berada di dekat Anda saat berkendara.

Edge 520 Plus sangatlah direkomendasikan untuk atlet road race yang ingin membuat rekor baru saat latihan. Sebab, speedometer ini dilengkapi dengan fitur Training Peaks, Best Bike Split, serta Trail Forks yang menyediakan lintasan di 80 negara. Anda bisa membeli produk Garmin Edge 520 Plus ini di Shopee.



6. XOSS G Smart GPS Speedometer

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-6

Harga : Rp 408.000

Produk speedometer terbaik dengan teknologi IPX7

XOSS G Smart merupakan speedometer berteknologi GPS dengan protokol transmisi ANT+ yang dapat mencatat hingga 15 data saat bersepeda. Speedometer ini juga tersambung dengan jaringan Beido dan GLONASS.

Pada bagian layar display, G Smart dapat menunjukkan indikator penting seperti heart rate, speed sensor, dan cadence sensor. Selain itu, ramah pada pengendara di malam hari, sebab G Smart dilengkapi auto backlight yang dapat menyala saat gelap.

XOSS G Smart merupakan speedometer dengan standar IPX7 yang anti air, debu, goncangan, serta benturan pada level tertentu. Anda bisa membeli speedometer XOSS G Smart ini Shopee dengan harga mulai dari Rp 408.000.

5. Wahoo RPM Speed Sensor

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-5

Harga : Rp 819.000

Speedometer cerdas yang terkoneksi dengan smartphone Anda

Wahoo RPM memiliki bentuk serta fitur yang sangat berbeda dengan produk speedometer di pasaran Indonesia. Perangkat ini hanya bisa dipasang di bagian as velg sepeda agar bisa mengukur jumlah rpm selama perjalanan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui data yang direkam perangkat, Anda perlu memasang App Wahoo RPM di smartphone terlebih dahulu.

Walaupun terlihat sederhana, produk ini telah menerapkan teknologi dual-band bluetooth 4.0 dan transmisi ANT+ yang memungkinkan data GPS bisa dilihat di layar smartphone. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.



4. Cateye Padrone Digital CC-PA400B

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-4

Harga : Rp 884.200

Speedometer canggih namun ergonomis dengan 3-row display

Cateye Padrone merupakan speedometer multifungsi yang dirancang untuk semua jenis pengendara sepeda.

Selain itu, Padrone juga telah menerapkan teknologi canggih yang dapat mengenali berbagai jenis ban sepeda. Oleh karena itu, Anda hampir tidak memerlukan magnet tambahan untuk dipasang di ban.

Walaupun terkesan biasa, speedometer ini juga memiliki fungsi tidak kalah lengkap dengan produk yang digunakan untuk roadbike profesional. Untuk setup, Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan pengaturan pada perangkat. Sebab, Anda juga bisa langsung men-setup langsung dari smartphone.

Anda bisa membeli Cateye Padrone Digital CC-PA400B ini di Shopee dengan harga mulai dari Rp 884.200.

3. Wahoo Elemnt Roam Bike GPS

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-3

Harga : Rp 8.019.000

Speedometer canggih dengan layar display berwarna

Wahoo Elemnt Roam merupakan produk speedometer dengan segudang teknologi canggih dalam satu perangkat.

Beberapa fitur dan teknologi terbaru bisa Anda temukan di Elemnt Roam, seperti ANT+ LEV E-Bike, ANGI Sensor, Global Maps, Saved Location, Text & Email Phone Alerts, Mountain Bike Integration, hingga Live Track Portal.

Selain itu, Elemnt Roam juga memiliki fitur teknologi navigasi cerdas yang mampu membuat perutean ulang saat Anda keluar jalur. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.

2. Garmin Edge 1030

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-2

Harga : Rp 8.990.000



Speedometer dengan teknologi navigasi komputer dan fitur training terbaik

Garmin Edge 1030 merupakan versi upgrade dari Edge 520 dengan penambahan beberapa fitur yang lebih baik.

Salah satu fungsi yang tidak bisa ditemukan pada versi dibawah 1030 adalah trendline atau perutean populer. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan jalur dan rute terbaik tanpa harus melakukan setup secara manual.

Selain itu, Edge 1030 juga memiliki fitur Live Track dan Group Track yang bisa dilacak oleh teman atau tim yang berada di pos agar bisa memeriksa lokasi dan kondisi berkendara Anda.

Edge 1030 adalah perangkat yang sempurna untuk digunakan dalam latihan.Dengan fungsi TrainingPeak, Anda bisa mendapatkan semua data hasil dari perjalanan terakhir.Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee dengan harga mulai dari Rp 8.990.000.

1. Wahoo Elemnt Bolt

foto-rekomendasi-speedometer-terbaik-untuk-road-bike-1

Harga : Rp 4.590.000

Speedometer navigasi canggih dengan layar display 2.2”

Elemnt Bolt merupakan produk speedometer navigasi dengan fungsi aerodynamic pertama dari Wahoo. Alat ini memiliki jenis mount atau dudukan yang dirancang terintegrasi dengan sistem komputer sehingga dapat menghasilkan computational fluid dynamics (CFD).

Selain itu, Wahoo Elemnt Bolt juga memiliki fitur eksternal khusus untuk digunakan mengonfigurasi sejumlah data hasil perjalanan Anda, terutama pelacakan kinerja.

Pada bagian layar display, Anda juga bisa mengatur jenis tampilan seperti kecepatan, waktu, hingga detak jantung selama bersepeda. Anda bisa membeli speedometer ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli produk speedometer sebaiknya Anda memeriksa kecocokan jenis mount, fitur, serta konektivitas perangkat. Periksa juga kecocokan sensor dengan ban sepeda yang Anda miliki.
  • Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan harga dan tujuan penggunaan produk sebelum pembelian. Sebab, speedometer dengan teknologi tinggi umumnya memiliki harga yang cukup mahal, dan beberapa fungsinya mungkin lebih cocok untuk dipakai oleh atlet profesional.
  • Bila Anda adalah pemula dalam urusan roadbike dan bersepeda hanya untuk olahraga serta hiburan, Anda bisa memilih produk dari SUAOKI yang memiliki fitur cukup lengkap namun bisa dibeli dengan harga terjangkau.
  • Akan tetapi, bila Anda menginginkan speedometer yang bisa digunakan untuk semua kegiatan, baik rekreasi maupun kompetisi, maka Anda bisa memilih Cateye Padrone Digital.
  • Khusus untuk Anda yang berniat turun di kompetisi yang sebenarnya, Anda bisa memilih Wahoo Elemnt Bolt. Selain harganya lebih murah, teknologi yang digunakan pun tidak kalah canggih dari produk dengan harga mahal.

Referensi

  1. Ben Coleman (2020), 8 Best Bike Speedometer (Review) in 2020,https://www.gearhungry.com/best-bike-speedometer/
  2. Ana Nodilo (2019), Best Bike Speedometer Reviewed and Rated for Quality, https://thegearhunt.com/best-bike-speedometers-reviewed/
  3. Bikemunk, Some of the Best Speedometer for Bike, https://bikemunk.com/best-speedometers-for-bicycles-reviews/
  4. The Geeky Cyclist (2020), The 11 Best Bike Computer and Speedometer in 2020, https://www.thegeekycyclist.com/best-things/bike-computers/
  5. Brian Richards (2020), How to Install a Bicycle Speedometer,https://www.livestrong.com/article/261514-install-bicycle-speedometer/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Speedometer Terbaik untuk Roadbike", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »