Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 August 2020

10 Rekomendasi Soy Sauce untuk Menambah Cita Rasa Makanan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Soy Sauce untuk Menambah Cita Rasa Makanan


Ada banyak bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menambah citarasa makanan, salah satunya soy sauce. Soy sauce biasanya digunakan sebagai perasa makanan agar lebih enak, sehingga tidak heran jika soy sauce selalu ada di dapur.



Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membeli soy sauce, seperti bahan, keunggulan, harga, dan yang tidak kalah penting adalah, Anda juga harus memperhatikan mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa rekomendasi soy sauce terbaik dengan harga serta ulasan nya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai soy sauce serta cara memilihnya yang tepat.

Mengenal soy sauce dan manfaatnya

Sudah tahukah Anda, bahwa soy sauce sebenarnya terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan garam dan air. Pada kedelai terdapat rasa umami yang mana dapat menjadikannya ideal untuk semua jenis bumbu.

Karena itu lah soy sauce banyak digunakan untuk menambah citarasa makanan. Umumnya digunakan bersamaan aneka makanan berkuah, saus ikan, daging dan lain-lain.

Buat Anda yang belum tahu, soy sauce berasal dari saus cina yang biasa disebut chiang. Saus tersebut sudah digunakan untuk kebutuhan memasak selama lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Walaupun sebenarnya ada produk serupa yang dikembangkan di Jepang, Korea, Indonesia dan negara-negara lainnya.

Soy sauce sendiri adalah bahan pokok yang kerap dimanfaatkan untuk melengkapi hidangan yang dimasak, mulai dari rebusan, tumisan hingga makanan berkuah. Soy sauce juga bisa Anda jadikan bumbu sehari-hari sebagai pengganti garam.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan soy sauce, di antaranya adalah :

  • Mengandung antioksidan

Penelitian menunjukkan jika mengonsumsi soy sauce dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus supaya bisa lebih baik lagi dalam mencerna makanan. Soy sauce mengandung sejumlah antioksidan yang juga memiliki efek positif bagi tubuh Anda.



Kandungan antioksidannya sendiri dapat secara alami melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan, serta berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau kanker. Dengan mengonsumsi soy sauce Anda bisa terhindar dari semua itu.

  • Bersifat anti alergi

Soy sauce memiliki sifat anti alergi. Sebuah studi menyatakan jika setelah melalui proses fermentasi, soy sauce terbukti memiliki kemampuan anti alergi yang ampuh.

Selain itu, para ilmuwan juga menyimpulkan jika soy sauce sangat menjanjikan untuk mengobati alergi pada tubuh Anda.

  • Mengobati peradangan

Ternyata soy sauce juga bermanfaat untuk mengurangi efek peradangan pada tubuh Anda loh. Secara tidak langsung, ketika Anda menggunakan soy sauce pada masakan, khasiatnya bagi tubuh adalah bisa meningkatkan produksi asam lambung secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, kandungan antimikroba pada saus kedelai juga dirasa efektif untuk melindungi tubuh dari bakteri.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Apabila Anda mengonsumsi soy sauce, khasiatnya adalah bisa mengurangi kadar kolesterol. Nah, jika soy sauce dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, Anda juga akan mendapatkan khasiat terhindar dari risiko terkena kanker payudara.

  • Menyembuhkan diare

Soy sauce dapat secara efektif menyembuhkan keluhan diare. Tentunya tidak dikonsumsi begitu saja, Anda bisa mengaplikasikannya pada semangkuk sup panas untuk membuat keluhan Anda itu teratasi. Dijamin setelah itu keluhan Anda akan mereda.

Cara menggunakan soy sauce yang benar

Ketika hendak membeli soy sauce, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara menggunakan soy sauce yang tepat, supaya yang dilakukan tidak salah, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Anda dapat menggunakan soy sauce untuk bumbu serta saus sayuran. Misalnya untuk bumbu nasi goreng. Sebab nasi goreng akan terasa lebih enak apabila menggunakan soy sauce, karena keduanya bisa saling melengkapi.
  • Soy sauce punya kandungan garam yang cukup tinggi, jadi jangan menggunakannya secara berlebihan. Karena apabila menggunakan terlalu banyak soy sauce nantinya malah jadi menghilangkan rasa dari makanan Anda.
  • Anda dapat menggunakan soy sauce sebagai pengganti celupan. Soy sauce bisa menjadi saus celup untuk makanan ringan seperti lumpia, gorengan, dan lain sebagainya.
  • Soy sauce juga bisa Anda jadikan sebagai saus untuk membuat salad. Caranya adalah masukkan soy sauce dalam salad untuk menambah kompleksitas. Jangan lupa untuk memastikan menambahkan kecap sebelum memasukkan garam.
  • Tak hanya itu saja, soy sauce juga bisa dicampurkan untuk membuat saus barbeque jika Anda berniat memanggang sesuatu. Sesuaikan saja takarannya sebagaimana yang Anda butuhkan.

10 Rekomendasi soy sauce untuk menambah cita rasa makanan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang soy sauce serta cara menggunakannya yang tepat, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi soy sauce terbaik dari berbagai merek berikut ini:



10. Lee Kum Kee Premium Soy Sauce

lee_kum_kee_premium_soy_sauce

Harga : Rp 25.000

Dapat menyeimbangkan rasa

Lee Kum Kee Premium Soy Sauce merupakan produk soy sauce yang diproduksi di Cina. Saus kedelai ini merupakan produk non-GMO premium soybean yang mana telah teruji bebas dari bahan pengawet di dalamnya. Produknya sendiri berkhasiat untuk menyeimbangkan rasa pada masakan Anda.

Ketika Anda menggunakannya pada masakan Anda, secara tidak langsung akan membuatnya cara melized. Kenapa begitu? Hal itu dikarenakan pada soy sauce ini terdapat kandungan karamel yang membuatnya bisa menjadi caramelized. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

9. Kikkoman Soy Sauce Shoyu Premium

kikkoman_soy_sauce_shoyu_premium

Harga : Rp 155.000

Cocok jadi pendamping makan sushi

Kikkoman Soy Sauce Shoyu Premium merupakan produk premium dari brand Kikkoman yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk ini terbuat dari saus kedelai Jepang dengan warna coklat kemerahan.

Tentunya produk yang satu ini sudah memiliki label halal, jadi Anda tidak perlu ragu jika ingin menggunakannya pada masakan Anda. Produk soy sauce dari Kikkoman ini juga akan enak bisa digunakan untuk pendamping Anda makan sushi.

Proses pembuatannya sendiri dilakukan secara tradisional, yakni dengan mencampurkan kacang kedelai, gandum, air dan garam. Karena itu lah rasa yang dihasilkan pun sangat istimewa. Soy sauce dari Kikkoman mengandung sodium benzoate yang berfungsi sebagai pengawet, sama seperti soy sauce pada umumnya.



Karenanya rasa yang dihasilkan cenderung lebih asin dibandingkan dengan soy sauce lainnya. Apabila mencampurkannya dengan masakan Anda, tak perlu menggunakannya banyak-banyak, sebab sedikit saja pun akan membuat masakan Anda lebih terasa istimewa. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

8. Dark Soya Sauce Kwong Cheong Thye

dark_soya_sauce_kwong_cheong_thye

Harga : Rp 60.500

Menghasilkan rasa yang ringan

Dark Soya Sauce dari Kwong Cheong Thye merupakan produk yang dirancang khusus oleh para koki top di dunia untuk membuat masakan sehari-hari Anda menjadi lebih lezat dan istimewa.

Ketika Anda memasaknya bersama masakan Anda, Anda akan merasakan bau yang harum. Karenanya soy sauce ini bisa dijadikan sebagai pendamping yang sempurna ketika Anda hendak makan bersama keluarga.

Produk ini disinyalir merupakan produk soy sauce terbaik kedua di dunia. Rasanya yang ringan dijamin membuat panganan hidangan yang Anda buat terasa lebih sempurna dan berkesan di mata mereka yang memakannya. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

7. ABC Sweet Soy Sauce

abc_sweet_soy_sauce

Harga : Rp 12.765

Terlaris di pasaran

Produk yang satu ini tentu sudah tidak asing, sebab brandnya sendiri termasuk salah satu yang paling laris di pasaran. ABC Sweet Soy Sauce bisa jadi pilihan Anda dalam mendapatkan produk soy sauce berkualitas tapi dengan harga yang terjangkau. Soy sauce ini cocok digunakan sebagai pendamping panganan steak, barbeque, atau beraneka saus bumbu lainnya.



Pada soy sauce ini terdapat kandungan gula tebu yang mana akan membuatnya memiliki after taste rasa umami yang manis, tidak hanya asin saja. Soy sauce ini juga diproduksi di Indonesia dan merupakan produk yang banyak digemari oleh masyarakat. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

6. Pearl River Bridge Superior Soy Sauce

pearl_river_bridge_superior_soy_sauce

Harga : Rp 27.000

Cocok dijadikan sebagai celupan

Pearl River Bridge Superior Soy Sauce merupakan saus kedelai yang dibuat dari jamur hitam yang mana cocok dijadikan sebagai celupan.

Soy sauce ini difermentasi hingga menghasilkan rasa dan karakter warna yang premium, karena itu Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya. Sebab penambahan jamur pada soy sauce ini dipastikan bisa membuat rasa masakan menjadi lebih kuat dan khas, dibandingkan dengan soy sauce yang ada di pasaran.

Tidak hanya untuk celupan saja, Anda juga tetap bisa menggunakan soy sauce ini pada masakan Anda yang lain, seperti tumisan atau sayuran berkuah. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

5. Yamasa Soy Sauce

yamasa_soy_sauce

Harga : Rp 40.000

Soy sauce berwarna merah

Yamasa Soy Sauce merupakan soy sauce yang diproduksi di Jepang. Produk ini memiliki karakter warna merah yang khas namun tetap menghasilkan rasa yang kaya. Produk ini tidak mengandung zat tambahan sebagai perasa, hanya saja soy sauce ini menggunakan alkohol yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami.

Walaupun menggunakan alkohol, tapi soy sauce ini tetap enak jika dicampur dengan masakan yang Anda buat. Rasa masakan pun akan menjadi lezat dan lebih istimewa. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.



4. Soy Sauce Angsa

soy_sauce_angsa

Harga : Rp 17.000

Soy sauce legendaris di kelasnya

Soy sauce dengan label Angsa ini bisa dibilang menjadi salah satu soy sauce legendaris. Pada umumnya, soy sauce banyak digunakan oleh orang-orang yang berjualan, mulai dari bakso, mie ayam, dan makanan lainnya yang banyak dijumpai di jalanan.Harganya yang murah dengan isi yang banyak membuat soy sauce ini menjadi primadona di kalangan para pedagang.

Walaupun harganya murah, tapi kualitasnya dijamin tidak kalah dengan soy sauce lain dari brand ternama. Anda bisa membuktikannya ketika menggunakannya nanti pada masakan Anda di rumah. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

3. Thin Soy Sauce Healthy Boy Brand

thin_soy_sauce_healthy_boy_brand

Harga : Rp 19.200

Digunakan untuk masakan Thailand

Thin Soy Sauce Healthy Boy Brand lebih sering digunakan untuk pendamping masakan Thailand, sebab teksturnya cenderung lebih kental dan warnanya hitam pekat. Selain itu, soy sauce jenis ini dikenal lebih bisa menyeimbangkan rasa secara sempurna dan rasanya lebih asin daripada soy sauce lainnya.

Anda bisa menggunakan soy sauce ini untuk masakan yang digoreng, marinate hingga dicelup. Soy sauce ini juga ideal dijadikan sebagai pengganti sayuran untuk saus ikan.

Perlu diketahui, soy sauce Thailand ini rasanya juga cenderung kuat dibandingkan soy sauce Jepang. Karenanya tak heran banyak makanan khas negara tersebut yang menggunakan produk soy sauce yang satu ini. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.



2. Soy Sauce Indofood

soy_sauce_indofood

Harga : Rp 8.000

Difermentasi dengan nabati berprotein tinggi

Siapa yang tidak kenal dengan brand yang satu ini. Indofood juga memiliki produk soy sauce dengan kualitas yang terjamin. Indofood Soy Sauce bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Dijual dengan harga yang sangat terjangkau, soy sauce ini dirasa bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menggunakan soy sauce pada masakan tapi tidak ingin mengeluarkan budget yang terlalu mahal.

Soy sauce yang satu ini merupakan produk spesial yang mana fermentasinya menggunakan bahan nabati dan hewani dengan kandungan protein yang tinggi. Jadi, Anda sudah pasti akan mendapatkan produk yang berkualitas.

Adapun warna dari soy sauce nya adalah coklat tua, lengkap dengan aroma khas ala soy sauce pada umumnya. Rasanya yang lezat dijamin bisa membuat masakan Anda menjadi lebih enak dan sempurna. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

1. Sempio Jin Gold Soy Sauce

sempio_jin_gold_soy_sauce

Harga : Rp 32.000

Soy sauce terlaris di Korea

Sempio Jin Gold Soy Sauce merupakan produk soy sauce terlaris di negara Korea. Bagaimana tidak, dengan label premium, produk ini memiliki kandungan nitrogen sekitar 1,3% di dalamnya.



Oleh sebab itu, ketika menggunakan soy sauce ini pada masakan yang Anda buat, secara tidak langsung akan menambah aroma dan warna yang lebih sempurna. Selain itu, rasa yang dihasilkan pun akan lebih pekat dan kaya berkat bahan-bahan premium pada produk ini.

Dengan menggunakan soy sauce ini masakan Anda dapat menghasilkan intensitas rasa yang sama, namun dengan jauh lebih sedikit garam. Karena itu masakan pun akan jauh lebih sehat untuk tubuh. Anda bisa membeli soy sauce ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli soy sauce, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti bahan, merek, harga, keunggulan, agar nantinya dapat memudahkan Anda ketika membelinya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara menggunakan soy sauce yang tepat pada masakan yang dibuat, agar Anda bisa merasakan rasa yang lezat.
  • Anda bisa memilih Pearl River Bridge Superior Soy Sauce, karena merupakan saus kedelai yang dibuat dari jamur hitam yang dipastikan bisa membuat rasa masakan menjadi lebih kuat dan khas, dibandingkan dengan soy sauce lainnya.
  • Namun, jika Anda ingin membeli soy sauce yang bagus, tapi dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih ABC Sweet Soy Sauce, karena merupakan produk soy sauce berkualitas tapi dengan harga yang terjangkau. Soy sauce ini cocok digunakan sebagai pendamping panganan steak, barbeque, atau beraneka saus bumbu lainnya.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin soy sauce terbaik dengan berbagai macam keunggulan, Anda bisa memilih Kikkoman Soy Sauce Shoyu Premium.

Referensi

  1. Food Shark Mafia (2020), The 10 Best Soy Sauces in 2020,https://www.foodsharkmarfa.com/best-soy-sauce/
  2. Health Benefits Times (2020), Health facts about Soy Sauce,https://www.healthbenefitstimes.com/soy-sauce/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Soy Sauce untuk Menambah Cita Rasa Makanan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »