Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 August 2021

10 Rekomendasi Softlens Keren yang Aman untuk Mata

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Softlens Keren yang Aman untuk Mata


Banyak sekali produk softlens keren yang dapat ditemukan di pasaran,baik dari merek lokal maupun luar negeri. Namun, sebagai smart buyer, tentu Anda harus mempertimbangkan kualitas softlens saat membelinya, agar apa yang Anda pilih benar-benar aman untuk mata.



Hal itu penting, karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat sensitif. Mata akan mudah teriritasi apabila ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Sehingga ketika akan membeli softlens, pastikan softlens tersebut tidak mengandung bahan yang membahayakan untuk mata.

Perhatikan kandungan bahan softlens yang digunakan

Bahan lensa pada softlens menjadi faktor terpenting dalam memberikan kenyamanan saat pemakaian. Softlens atau soft contact lenses sendiri sebenarnya merupakan satu dari dua jenis lensa kontak yang ada, yaitu softlens dan hardlens.

Sesuai dengan namanya, softlens terbuat dari bahan yang lembut dan fleksibel agar oksigen dapat dengan mudah menembus kornea. Bahan softlens yang lebih bagus dan aman biasanya berbahan dasar hydrogel, HEMA (Hydroxyethyl methacrylate), dan vinyl copolymer.

Bahan-bahan tersebut, memungkinkan lebih banyak lagi oksigen yang dapat masuk ke mata selama Anda menggunakan lensa tersebut. Oleh karenanya, mata akan tetap bisa bernapas meski dipasang lensa.

Perhatikan kadar air softlens

Kadar air menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda membeli softlens. Karena, kadar air pada softlens berperan dalam mentransfer oksigen ke mata, agar mata tidak kering dan kornea tidak rusak.

Standar kadar air pada softelns yang bagus dan aman berkisar antara 38-75%. Sebab, di bawah rentang kadar air tersebut, mata kurang bisa mendapatkan oksigen dengan baik sehingga menyebabkan mata kering dan tidak nyaman saat memakai softlens.

Pilih power pada softlens yang sesuai dengan kondisi mata Anda

Pada dasarnya softlens memiliki kegunaan yang sama dengan kacamata, yaitu sebagai alat bantu penglihatan. Namun dalam istilah softlens, ukuran minus disebut dengan power. Anda dapat memilih power pada softlens sesuai dengan kondisi mata Anda.



Jika tidak tersedia power yang sesuai dengan ukuran minus pada mata Anda. Maka lebih baik pilihlah ukuran yang sedikit lebih kecil agar mata tidak bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan daya lensa yang tidak sesuai.

Perhatikan diameter pada lensa softlens

Ukuran diameter lensa yang sesuai juga menjadi faktor penting dalam memperoleh kenyamanan saat memakai softlens. Semakin besar diameter lensa, maka akan semakin banyak pula bagian mata yang tertutupi.

Lensa yang terlalu lebar dapat menghalangi bola mata untuk mendapatkan cukup udara. Oleh karena itu, pilih ukuran diameter yang sesuai dengan bola mata Anda. Rata-rata ukuran diameter bola mata adalah sekitar 14 mm.

Perhatikan waktu masa pakainya

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli softlens ialah masa pakainya. Perhitungan masa pakai softlens dimulai ketika produk tersebut dibuka dan dikeluarkan dari kemasannya.

Beberapa produk softlens memiliki masa pakai dalam bentuk daily wear yang artinya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 3-6 bulan.

Selain itu, ada pula merek softlens harian atau yang hanya sekali pakai. Keduanya sama-sama aman digunakan selama kebersihan softlens tetap terjaga.

Cara merawat softlens agar lebih awet dan tetap aman saat digunakan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti saat memilih produk softlens yang aman untuk mata. Setelah mengetahui cara memilihnya, ada baiknya jika Anda mengetahui juga cara merawat softlens agar lebih awet dan tetap aman ketika digunakan, sebagai berikut :



  • Cuci tangan Anda menggunakan sabun sampai bersih sebelum Anda menyentuh lensa kontak.
  • Bersihkan dan sterilkan softlens Anda ketika selesai dipakai. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang menumpuk setelah pemakaian beberapa waktu.
  • Jangan bilas atau simpan softlens Anda di dalam air keran biasa, gunakan larutan khusus untuk kontak lensa.
  • Gunakan metode pembersihan “gosok dan bilas” untuk apapun jenis larutan pembersih lensa yang Anda pakai.
  • Gosok softlens Anda dengan jari bersih secara lembut dan tidak terburu-buru agar tidak menggores lapisan lensa.
  • Jangan gunakan larutan garam untuk mendisinfeksi lensa Anda, karena larutan tersebut justru akan merusak dan membahayakan mata.
  • Jangan pernah menggunakan kembali larutan bekas pembersihan sebelumnya, gunakan larutan baru setiap kali Anda membersihkan lensa kontak Anda, dan
  • Jaga kebersihan wadah lensa kontak Anda, ganti setidaknya setiap 3 bulan atau segera jika wadah sudah retak atau rusak.

10 Rekomendasi softlens keren yang aman untuk mata

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih softlens lengkap dengan cara merawatnya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi softlens keren yang aman untuk mata dari berbagai merek berikut ini.

10. Omega Oxi-Five Softclear

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-10

Harga : Rp94.525 – Rp 104.025

Mengandung hydrogel dan anti UV blocking

Omega Oxifive Softclear menjadi pilihan softlens terbaik bagi Anda yang memiliki aktivitas diluar ruangan. Karena produk ini sudah mengandung anti UV blocking yang dapat melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari.

Softlens bening dari Omega Oxifive ini terbuat dari bahan hydrogel yang kenyal dan lembut di mata. Teksturnya yang lembut dan bentuknya yang sangat tipis membuat softlens ini terasa nyaman ketika digunakan.

Untuk satu kotak produk tersebut, berisi 3 pasang softlens yang dimana setiap buahnya mampu untuk pemakaian selama 2 bulan, sehingga untuk 3 pasangnya Anda bisa gunakan selama 6 bulan. Anda bisa membeli Omega Oxi-Five Softclear ini di Shopee.

9. Softlens MAC by Exoticon

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-9

Harga : Rp22.050

Softlens big eyes berdiameter 16 mm

Softlens MAC by Exoticon ini merupakan produk softlens asli buatan Korea. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya. Karena produk ini telah mengantongi izin pemerintah dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.



Produk softlens dari Exoticon ini memiliki diameter cukup besar yaitu 16 mm dengan kurva dasar 9.0 mm. Kadar air nya 42% dan masa pemakaiannya selama 6 bulan setelah kemasan dibuka.

Produk ini tersedia dengan pilihan warna hitam anggun, biru jelita, coklat manis, dan abu ayu. Sedangkan untuk ukuran lensanya tersedia mulai dari lensa normal hingga minus 5. Anda dapat membelinya di Shopee.

8. Illustro Comfort

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-8

Harga : Rp 150.000

Tingkat kontras yang tinggi menciptakan penglihatan lebih natural

Lensa kontak ini dibuat dengan teknologi Aspheric yang dapat membuat penglihatan Anda menjadi lebih tajam dan stabil. Sehingga cocok untuk Anda yang memiliki minus tingggi.

Selain itu, lensa kontak ini juga telah dilengkapi dengan bahan UV Blocking dan Handling Tint yang dapat membuat mata Anda terlindungi dari sinar UV dan tampak lebih jernih.

Kadar air pada softlens ini cukup tinggi yaitu sebanyak 55%. Dengan begitu produk ini aman untuk dipakai, karena tidak membuat mata mudah kering. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. NewLook Charm 3 Tones Color Lens

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-7



Harga : Rp 45.000

Memiliki perpaduan warna 3 tones yang menarik

Hasil perpaduan warna dari beberapa tones yang menarik, membuat Softlens ini mampu mengubah tampilan mata Anda tampak lebih indah. Softlens dari Newlook ini nyaman dipakai serta berkualitas tinggi dengan kandungan bahannya berupa Polyhema 57%.

Softlens Newlook Charm memiliki kadar air 43%, sehingga meskipun dipakai setiap hari , mata tidak akan mudah lelah dan kering. Produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki mata minus, karena produk ini memiliki power sampai dengan minus 8.

Untuk satu kotak Newlook Charm ini berisi satu pasang softlens yang memiliki masa pakai sampai 6 bulan. Anda dapat membeli produk tersebut di Shopee.

6. Acuvue OASYS – 2 Week With Hydraclear Plus

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-6

Harga : Rp 330.000

Mendukung mata untuk aktivitas yang menggunakan perangkat digital

Acuve Oasys merupakan brand lensa kontak dengan teknologi Hydraclear Plus yang dirancang untuk Anda yang menghabiskan waktu cukup lama pada layar komputer, ataupun seperti ketika bekerja di ruangan ber AC.

Terinspirasi dari cara air mata Anda bekerja, hydraclear plus memiliki pembasah yang kaya akan kelembapan di seluruh lensa untuk membantu mempertahankan film air mata yang stabil, menjaga mata Anda tetap lembap dan nyaman dari ketegangan karena perangkat digital.

Acuva Oasys memiliki kadar air cukup bagus yaitu 38% dengan diameter lensa 14.0 mm dan kurva dasar 8.0 mm atau 8.88 mm. Sementara masapakainya ialah selama 2 minggu. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.



5. Ageha Natural Brown

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-5

Harga : Rp 225.000

Memberikan kesan bola mata besar

Look mata belo bisa Anda dapatkan dengan mengenakan softlens dari Ageha Natural Brown ini. Selain itu, softlens ini juga memiliki warna yang mirip seperti bola mata asli orang Asia (Indonesia). Sehingga ketika dipakai, mata akan terlihat alami seperti tidak memakai softlens.

Softlens ini hanya memberi kesan pada bola mata agar tampak lebih besar. Dengan demikian, Ageha Natural Brown cocok untuk Anda pergi ke sekolah, kampus atau ke kantor.

Softlens yang nyaman ini juga diproduksi dengan menggunakan proses cast moulding. Sehingga, apabila dipakai dari pagi sampai malam tanpa tetes air mata pun tetap nyaman. Anda dapat membeli produk Ageha Natural Brown ini di Shopee.

4. FreshKon Alluring Eyes Winsome Brown

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-4

Harga : Rp 95.000

Lensa kontak dengan konsep briliant

Freshkon Alluring adalah lensa kontak warna dengan konsep briliant yang memberikan keindahan natural pada mata Anda serta membuat mata tampak lebih besar dan menarik. Freshkon Alluring Eyes ini memiliki 3 pilihan warna, yaitu winsome brown, magnetic grey, dan mystical black.

Dari ketiga warna Freshkon Alluring tersebut, winsome brown adalah warna yang paling menarik. Karena warna tersebut jatuhnya sangat natural. Ketika di lihat langsung, corak dari winsome brown ini cukup kelihatan strong.



Softlens ini memiliki kadar air cukup tinggi, yaitu sebesar 55%, dengan tipe lensa monthly disposible soft contact lenses yang berusia 6 bulan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Naturalens Ruby Brown Softlens

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-3

Harga : Rp 210.000

Alami seperti asli terlahir dengan mata coklat muda

Naturalens Ruby Brown merupakan produk softlens yang dirancang khusus baik untuk pria maupun wanita. Softlens ini memiliki warna coklat muda serta mampu memberikan kesan natural pada mata Anda.

Produk softlens dari Naturalens ini dibuat dengan teknologi terbaru dan bahan terbaik yang berdasar pada standar Australia. Kandungan airnya 43% dan telah dilengkapi juga dengan UV protection.

Selain itu, peroduk ini juga memiliki tampilan yang tipis sehingga nyaman dipakai dan cocok untuk segala jenis acara. Untuk tipe lensanya tersedia dengan ukuran pupil 5.2 mm dan 5.6 mm. Anda dapat membeli Naturalens Ruby Brown Softlens ini di Shopee.

2. Lumiere Softlens Winter Melon

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-2

Harga : Rp 25.000 – 85.000

Memiliki corak indah dan tidak membuat efek mata belo

Winter Melon merupakan varian softlens paling best seller dari produk Lumiere. Softlens ini tidak memiliki garis tepi melingkar pada coraknya, sehingga tidak memberi kesan mata belo. Warnanya pun tidak begitu mencolok dan terasa menyatu dengan mata ketika dipakai.



Softlens ini memiliki kadar air 43% dengan diameter 14.5 mm dan base curve 8.6 mm. Untuk satu kotaknya ini berisi 2 pcs (sepasang) lensa dengan masa pakai 6 bulan. Sedangkan untuk ukuran powernya, produk ini tersedia mulai dari ukuran 0.00 (normal) hingga -6.00.

Selain itu, produk softlens Winter Melon dari Lumiere ini dijamin aman. Karena telah mengantongi izin pemasaran dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Softlens X2 Bio Brown Byonce

foto-softlens-keren-yang-aman-untuk-mata-1

Harga : Rp 63.000

Memberi efek natural dan kalem dengan kualitas premium

Softlens X2 Bio Brown Byonce adalah salah satu varian warna dari produk softlens X2 Bio yang memiliki kualitas premium dan paling best seller. Produk ini dikemas dengan kotak dus bernuansa putih biru dan berisi satu pasang lensa dengan masa pakai 6 bulan.

Softlens dari X2 Bio ini memiliki 1 tone colour dengan desain seperti bunga dan warna yang kecoklatan. Kadar air softlens ini adalah 45% dengan ukuran diameter 14.5 mm.

Sedangkan untuk ukuran powernya, softlens ini tersedia mulai dari ukuran normal sampai dengan minus 10. Anda dapat membeli produk softlens dari X2 ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika membeli softlens, sebaiknya Anda mengetahui cara memilih softlens dengan benar agar mata Anda tetap aman dan nyaman.
  • Agar softlens yang Anda beli tetap higenis meski setelah dipakai, maka perhatikanlah cara perawatannya.
  • Anda bisa membeli softlens MAC dari Exoticon, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan juga harga yang terjangkau.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih softlens dari Acuvue Oasys, karena softlens ini cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas panjang di depan layar digital.
  • Namun, jika Anda ingin mencari softlens yang tidak memberi kesan belo pada mata, maka Anda bisa memilih softlens dari Lumiere yang Winter Melon.

Referensi

1. Perfectlens (2021), How to Choose Contact Lenses You’ll Love, https://www.perfectlens.ca/articles/how-to-choose-contact-lenses
2. American Academy Of Ophthalmology (2021), How to Take Care of Contact Lenses, https://www.aao.org/eye-health/glasses-contacts/contact-lens-care





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Fashion Kacamata Soft Lens


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Softlens Keren yang Aman untuk Mata", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »