Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 April 2021

10 Rekomendasi Smartphone Terbaik untuk Hadiah Ulang Tahun Sahabat

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Smartphone Terbaik untuk Hadiah Ulang Tahun Sahabat


Ponsel cerdas atau smartphone adalah telepon genggam yang fungsinya menyerupai komputer. Keberadaannya memberikan banyak kemudahan bagi manusia, tidak hanya untuk komunikasi namun juga informasi, bisnis, hingga hiburan.



Karena itu sangat tepat jika Anda ingin menjadikan smartphone sebagai kado atau hadiah terbaik untuk sahabat di hari ulang tahunnya. Apalagi jika sahabat Anda masih menggunakan ponsel keluaran lama, tentu menerima hadiah smartphone terbaru akan membuatnya semakin senang.

Banyak tipe smartphone dari berbagai merek yang bisa Anda pilih untuk hadiah ulang tahun. Spesifikasinya pun beragam, semakin tinggi spesifikasi tentu semakin baik kualitasnya.

Meskipun demikian Anda harus cek terlebih dahulu smartphone yang biasa dipakai sahabat Anda. Tujuannya agar Anda lebih mudah mencari kado smartphone dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk itu, kami menyajikan 10 rekomendasi smartphone terbaik untuk hadiah ulang tahun sahabat Anda lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai smartphone dan cara memilihnya.

Alasan memilih smartphone sebagai hadiah ulang tahun untuk sahabat

Tidak dipungkiri bahwa sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan primer, pasalnya banyak orang tidak bisa lepas dari gadget ini. Mulai dari kerja, makan, mandi bahkan sampai menjelang-bangun tidur mereka masih menyempatkan membuka atau bermain smartphone.

Jadi sangat tepat jika Anda menjadikan smartphone sebagai hadiah buat sahabat tercinta. Berikut beberapa alasan lain kenapa memilih smartphone sebagai hadiah ulang tahun untuk sahabat.

  • Menunjang produktivitas sahabat, baik dalam belajar ataupun bekerja. Hal ini tidak lepas karena di era digital semua serba online.
  • Mudah mendapatkannya, karena banyak pabrikan mengeluarkan tipe terbaru di hampir setiap tahunnya.
  • Terdapat banyak pilihan harga, mulai dari yang murah sampai mahal sekali semuanya tersedia di pasaran.
  • Memberikan kesan spesial, apalagi jika yang Anda berikan termasuk jenis smartphone mewah dan berkelas seperti iPhone.

Perhatikan spesifikasi smartphone yang ingin dibeli

Selain alasan-alasan yang disebutkan di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi yang ditawarkan. Berikut cara memilih smartphone berdasarkan spesifikasinya.



  • Pilih sistem operasi yang tepat

Ada dua sistem operasi (OS) smartphone yang bisa Anda pilih, yakni OS Android yang umumnya terintegrasi dengan berbagai layanan Google, dan iOS yang merupakan perangkat bawaan milik iPhone.

Untuk OS Android ini hadir dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang termurah sampai dengan yang termahal seperti OS Android Go semua tersedia. Sedangkan iOS lebih eksklusif dan elegan, serta memiliki fitur keamanan yang sangat baik.

  • Pilih chipset terbaik

Memilih chipset smartphone dari iPhone mungkin lebih mudah daripada Android, karena chipset yang digunakan adalah Apple A, di mana chipset ini dikembangkan oleh iPhone sendiri.

Sedangkan untuk chipset Android bisa berbeda-beda, misalnya ada chipset Snapdragon, Mediatek, Exynos, Kirin, hinggaSpreadtrum.

Tapi jangan khawatir, karena pada umumnya chipset sekarang kualitasnya sangat bagus, tergantung dari harganya. Semakin bagus performa, tentu semakin mahal harganya.

  • Pilih RAM yang besar

RAM atau memori internal ini memiliki pengaruh terhadap kinerja smartphone. Semakin besar RAM, semakin bagus pula kinerjanya. Untuk sahabat Anda yang suka bermain game, sebaiknya Anda memilihkan RAM yang besar, minimal 3 GB.

Selain kinerja, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dalam suatu aplikasi atau program.

Smartphone dengan RAM 3 GB biasanya memiliki penyimpanan 32 GB. Kemudian untuk RAM 4 GB biasanya memiliki penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Sedangkan untuk RAM 6 GB biasanya memiliki penyimpanan mulai dari 64 GB sampai 256 GB.

  • Pilih kamera terbaik

Salah satu pertimbangan orang memilih smartphone di jaman sekarang adalah faktor kamera. Selain untuk memotret dan merekam, kamera smartphone juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti memindai, menerjemahkan bahasa asing, hingga untuk memeriksa denyut jantung.



Namun jangan khawatir, karena seiring dengan perkembangan teknologi banyak ditemui kamera smartphone dengan kualitas yang sangat bagus. Jumlahnya pun beragam, mulai dari smartphone dengan satu kamera hingga lebih dari satu kamera.

Selain spesifikasi-spesifikasi di atas, Anda juga perlu mepertimbangkan spesifikasi lain seperti tipe layar, kapasitas baterai, konektivitas, hingga fitur tambahan lain seperti tahan air, mendukung tipe Bluetooth terbaru, dan lain-lain.

10 Rekomendasi smartphone terbaik untuk hadiah ulang tahun sahabat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang smartphone dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi smartphone terbaik untuk hadiah ulang tahun sahabat dari berbagai merek berikut ini.

10. Realme7

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-10

Harga : Rp3.339.000

Mendukung produktivitas sahabat Anda

Smartphone Realme 7 ini dipersenjatai chipset Mediatek Helio G95, di mana kemampuan kinerjanya lebih cepat dan bertenaga. Sehingga sangat tepat jika Anda menjadikannya sebagai hadiah untuk sahabat Anda yang bekerja atau sedang kuliah.

Selain itu, kualitas layar yang dihasilkan sangat baik dan mulus dengan laju penyegaran 90 Hz. Belum lagi dibekali dengan touch sampling rate 180 Hz yang memungkinkan layar merespon dengan sangat cepat.

Menariknya lagi, ponsel cerdas ini sudah dilengkapi dengan fitur NFC, baterai Li-Po 5000 mAh yang tahan lama, serta desain premium dan keren. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.



9. Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Harga : Rp3.090.000

Kamera canggih dan harga terjangkau

Redmi Note 9 Pro mengusung lima kamera, yakni satu kamera depan resolusi 16 MP dan empat kamera belakang yang terdiri atas kamera sensor utama 64 MP, lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, kamera makro 5 MP, dan sensor kedalaman 2 MP.

Menariknya, pada fitur kamera depan smartphone ini sudah dibekali dengan slow-mo-fie, yaitu fitur yang bisa merekam video dalam gerak lambat (slow motion). Fitur ini mirip fungsinya seperti slofie yang dimiliki iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max.

Adapun untuk chipset menggunakan Snapdragon 720G dengan RAM hingga 8 GB. Belum lagi didukung layar 6.67 inci dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur secara maksimal sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Kelebihan lain, desain menawan dan elegan, kapasitas baterai5.020 mAh dengan fitur fast charging 30W, serta terdapat fitur NFC. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

8. Apple iPhone 12 Pro Max

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-8

Harga : Rp22.999.000

Versi termahal dan tercanggih

Sangat tepat jika Anda menjatuhkan pilihan pada Apple iPhone 12 Pro Max untuk dijadikan sebagai hadiah ulang tahun buat sahabat spesial Anda. Selain mewah dan elegan, smartphone keluaran terbaru ini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih yang pastinya bikin sahabat Anda senang saat menerimanya.



Adapun untuk ukuran layar iPhone 12 Pro Max ini 6,7 inci, lebih lebar dari iPhone 12 Pro dengan selisih mencapai 0,6 inci. Dan dilapisi Ceramic Shield dengan ketahanan jatuh empat kali lebih baik.

Selain itu resolusinya juga tinggi, yakni 1284 x 2778 piksel dengan kerapatan piksel 458 ppi. Belum lagi kualitas fotografi dengan pencahayaan rendah yang menakjubkan, serta memiliki kemampuan merekam, mengedit, dan memutar video sekelas sinema dengan Dolby Vision.

Menariknya lagi, performa gahar dengan chipset Apple A14 Bionic yang tidak hanya cepat tapi juga menawarkan kemampuan efisiensi daya, sehingga membuat baterai lebih awet dan tahan lama. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

7. Oppo A52

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-7

Harga : Rp2.499.000

Desain ergonomis dan dilengkapi fitur terbaik di kelasnya

Untuk Anda yang memiliki anggaran sekitar 3 juta bisa memilih Oppo A52. Selain harganya terjangkau, dijamin sahabat Anda akan sangat senang menerima hadiah ini di hari ulang tahunnya.

Mengapa demikian? Karena smartphone ini desainnya ergonomis, memiliki tampilan layar FHD+ dan ditambah dengan dual spaker yang dapat memberikan pengalaman menakjubkan saat menonton film.

Belum lagi kapasitas baterainya yang besar, yakni 4880/5000 mAh (min/typ). Selain itu sudah dibekali empat kamera pada bagian belakang dengan masing-masing resolusinya 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP, dan kamera depan dengan resolusi 16 MP.



Meskipun smartphone ini masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665, namun secara keseluruhan performanya sangat mendukung berbagai kebutuhan, termasuk bermain game dengan lancar. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

6. Realme C15

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-6

Harga : Rp1.699.000

Kapasitas baterai besar dan bisa dijadikan powerbank

Ponsel cerdas selanjutnya yang bisa menjadi opsi terbaik untuk hadiah ulang tahun sahabat Anda adalah Realme C15. Selain desainnya yang ciamik, Realme C15 juga dibekali kapasitas baterai yang besar 6000 mAh.

Tidak hanya kapasitasnya yang besar, kemampuan baterainya juga fast charging dan bisa difungsikan sebagai powerbank. Kemudian juga didukung dengan satu kamera depan dan empat kamera belakang dengan kualitas yang lumayan ok.

Adapun spesifikasi yang lain, menggunakan chipset MediaTek Helio G35, RAM 3 GB, dan memori ekternal yang besar hingga 256 GB. Untuk ukuran dimensi164.5 x 75.9 x 9.8 mm dengan berat sebesar 209 gr. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

5.Samsung Galaxy A31

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-5

Harga : Rp3.100.000

Kualitas layar lega, jernih dan cemerlang

Ponsel cerdas kelas menengah ini sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sehingga sangat tepat jika Anda menjadikannya sebagai hadiah ulang tahun untuk sahabat Anda.



Selain itu, kameranya mampu menghasilkan gambar yang bagus, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Belum lagi layar Super AMOLED 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel yang dapat menghadirkan kualitas warna yang jernih dan cemerlang.

Adapun untuk kapasitas baterai 5000 mAh yang awet dan tahan lama. Menariknya lagi, smartphone ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari dan juga sensor pengenalan wajah. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

4. Infinix Hot 9

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-4

Harga : Rp1.899.000

Desain modern, lebih stylish, dan berkelas

Infinix Hot 9 hadir dengan desainnya yang modern, stylish, dan berkelas. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup murah, yakni sekitar satu jutaan saja.

Smartphone ini juga dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-Core, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas baterainya pun cukup besar, yakni 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan selama 33 jam.

Kelebihan lain terletak pada kamera, di mana terdapat satu kamera bagian depan dan empat kamera pada bagian belakang dengan kualitas yang cukup bagus. Belum lagi layarnya jernih dan sudah dilengkapi dengan punch hole pada kamera depan. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

3. Samsung Galaxy M11



Harga : Rp1.525.000

Membuat tontonan lebih imersif

Untuk sahabat Anda yang hobi menonton film di smartphone, sepertinya Samsung Galaxy M11 ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain memiliki desain layar Infinity-O Display berukuran 6.4 inci, harga yang ditawarkan pun juga lebih terjangkau.

Selain itu, smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur sidik jari dan face recognition, serta kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 5000 mAh.Belum lagi triple cameradan telah menggunakan sistem Android 10. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

2. Xiaomi POCO X3 NFC

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-2

Harga : Rp3.199.000

Performa lebih bertenaga dan puas bermain game

Untuk hadiah ulang tahun sahabat tercinta Anda, POCO X3 NFC dari Xiaomi ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain harganya yang terjangkau untuk jenis ponsel cerdas di kelasnya, smartphone ini juga memiliki kualitas performa yang andal dan kencang.

Jadi sangat tepat jika teman Anda yang hobi bermain game mendapatkan hadiah POCO X3 NFC. Menariknya lagi, kapasitas baterai 5.160 mAh dan mampu bertahan lama meskipun digunakan pada mode 120 Hz.

Belum lagi kualitas suara sangat memukau dengan dual stereo speaker yang mampu menghasilkan suara dengan keras dan menggelegar. Selain itu juga konektivitasnya lengkap dengan menghadirkan fitur NFC seperti namanya POCO X3 NFC. Anda bisa membeli smartphoneini di Shopee.

1. Vivo Y20s

foto-rekomendasi-smartphone-terbaik-untuk-hadiah-ulang-tahun-sahabat-1



Harga : Rp2.000.000

Bodi memukau dan layar lebih lebar

Vivo Y20s tergolong smartphone dengan desain bodi yang mewah dan elegan. Sangat tepat jika smartphone ini Anda jadikan hadiah di ulang tahun sahabat Anda.

Selain itu, layar lebih lebar dengan ukuran 6.51 inci yang berjalan pada aspek rasio 20:9. Belum lagi kualitas warna yang dihasilkan sangat baik dan sudah dilengkapi dengan fitur Ultra All Screen yang mampu menjaga agar mata tidak cepat lelah saat menggunakannya.

Adapun spesifikasi menarik lainnya yaitu, kapasitas memori internal 128 GB, RAM 8 GB, danbaterai 5000 mAh yang didukung fitur flash charge 18W serta memiliki kemampuan pengecasan terbalik untuk pengisisan daya pada ponsel lain. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli smartphone untuk hadiah ulang tahun sahabat, sebaiknya Anda memperhatikan spesifikasinya terlebih dahulu, seperti sistem operasi, chipset, RAM, kamera, baterai, konektivitas, dan fitur tambahan lainnya.
  • Anda bisa memilih Apple iPhone 12 Pro Max, karena selain mewah dan elegan, smartphoneini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih yang pastinya bikin sahabat Anda senang saat menerimanya.
  • Namun, jika Anda ingin memberikan hadiah smartphone dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi canggih dan berkelas, maka Anda bisa memilih Xiaomi Redmi Note 9 Pro.
  • Sedangkan untuk sahabat Anda yang suka dengan produk-produk smartphone dari Samsung, Anda bisa memberikan hadiah Galaxy A31.

Referensi

1. David Nield (2019), How to Choose the Right Smartphone for You, https://www.popsci.com/choose-right-smartphone-for-you/
2. Dhriti Datta (2020),Smartphone Buying Guide – How to Buy the Best Mobile Phone, https://www.digit.in/buying-guides/mobile-phones/how-to-pick-the-right-smartphone-for-yourself-in-2020-55010.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja iPhone 12 Pro Max Realme7 Smartphone Xiaomi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Smartphone Terbaik untuk Hadiah Ulang Tahun Sahabat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »