Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


2 July 2021

10 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik


Smartphone sekarang ini tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja, namun juga untuk kebutuhan lain seperti mengabadikan objek melalui bidikan kamera. Terkadang malah kamera ini yang menjadi faktor penentu seseorang saat memilih smartphone terbaik.



Karena itu, kami menyajikan beberapa smartphone dengan kamera terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya. Namun, sebelumnya kami akan menyajikan informasi seputar jenis-jenis kamera smartphone dan juga cara menghasilkan foto yang bagus melalui smartphone.

Mengenal jenis kamera smartphone dan fungsinya

Seperti diketahui bahwa kebanyakan kamera utama smartphone saat ini berjumlah 4 buah. Masing-masing disertai dengan lensa yang berbeda. Perpaduan 4 jenis kamera ini diharapkan bisa memberi hasil jepretan yang bagus.

  • Kamera makro

Kamera makro ini berguna untuk mengambil objek yang berukuran kecil. Cara penggunaannya adalah dengan memotret objek dari jarak dekat agar menghasilkan kualitas gambar yang sempurna.

  • Kamera telephoto

Lensa telephoto dirancang khusus agar bisa membidik objek lebih detail. Hasil foto seringkali disebut foto bokeh yang fokus pada objek dan memberi efek blur di belakang objek. Kamera ini memiliki kemampuan yang bagus dalam mengambil foto jarak jauh.

  • Kamera ultrawide

Kamera ultrawide mampu menangkap gambar lebih luas dibandingkan dengan kamera wide. Kamera ini memiliki spesifikasi megapiksel yang cukup tinggi dengan gambar yang tajam. Cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengambil gambar pemandangan alam.

  • Kamera wide

Jika Anda ingin mengambil foto dengan sudut yang luas, maka kamera wide lebih cocok. Dalam satu kali jepret, Anda bisa menangkap banyak objek di dalam satu frame.

Cara menghasilkan bidikan sempurna dengan kamera smartphone

Membidik objek untuk hasil yang bagus tidak bisa sembarangan. Setidaknya membutuhkan sedikit basic fotografi. Tips dan trik ini bisa Anda pelajari secara otodidak, antara lain:



  • Faktor pencahayaan

Setiap kamera pada smartphone memiliki kemampuan menangkap cahaya yang berbeda. Kemampuannya memang lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera Cannon tentu saja. Hal ini tentu mengharuskan pengguna untuk mempertimbangkan besar kecilnya cahaya saat mengambil gambar.

Jika berada di dalam ruangan, cobalah untuk melakukan pengaturan agar cahaya bisa jatuh di atas subjek seperti menggunakan cahaya dari jendela. Cara ini akan memberi efek yang lebih pada foto Anda meski smartphone tidak dilengkapi atau tidak menggunakan LED flash.

  • Gunakan kontrol exposure

Dasar yang paling utama dari kamera smartphone ini adalah pengaturan exposure. Atur terang dan gelap dari sebuah foto dan tetapkan pengaturan dasar ini.

Akan lebih efektif untuk menghasilkan bidikan yang sempurna jika Anda mampu mengontrol exposure. Meski fitur ini tidak selalu sama di setiap smartphone.

  • Tambahkan lensa

Meski banyak smartphone dengan kamera terbaik yang memuat tiga hingga empat lensa, Anda masih bisa memberinya lensa tambahan.

Pilih lensa yang berbeda dari yang sudah ada pada smartphone. Bisa menggunakan lensa fish-eye, telephoto conversion lens, atau jenis lainnya. Tetapi ingat bahwa kegunaan lensa bergantung pada objek apa yang akan Anda bidik.

  • Atur fokus

Meskipun tanpa menggunakan tambahan lensa makro, beberapa smartphone dengan kamera terbaik sudah dilengkapi dengan fitur auto fokus. Fitur ini memudahkan pengguna mendapat foto yang bagus.



Namun, pengaturan fokus secara manual juga tetap bisa Anda lakukan. Cara ini lebih cocok untuk mereka yang sudah menguasai atau ingin belajar fotografi lebih dalam.

  • Melakukan pengeditan

Mengedit foto melalui smartphone saat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengunduh berbagai software atau aplikasi yang ada di Playstore.

Pada aplikasi tersebut seringkali terdapat beberapa elemen untuk pengeditan. Misalnya saja seperti filter, blur tidaknya background, bingkai, ketajaman dan lain sebagainya.

Tips mengedit foto hasil kamera smartphone

Mengedit foto di smartphone mungkin terdengar mudah. Sayangnya meski mudah, pengguna harus mempertimbangkan dengan baik apakah hasil foto tersebut membutuhkan sentuhan edit atau tidak.

Dasar-dasar pengeditan foto menggunakan smartphone dengan kamera terbaik harus dipelajari terlebih dahulu karena tidak semua foto butuh sentuhan pengeditan.

  • Fitur cropping

Cropping merupakan cara memilah bagian foto mana yang bisa Anda masukkan atau dibuang. Sebab ketika memotret, terkadang ada bagian foto yang bocor atau menangkap bagian yang tidak diperlukan.

Hanya saja untuk menggunakannya, ikuti aturan rule of third yang akan menjadi acuan komposisi di dalam foto. Smartphone dengan kamera terbaik biasanya memiliki aspek rasio 4:3. Aturan ini bisa Anda ubah menjadi 3:2 DSLR atau 1:1 square.



  • Pencahayaan dan kontras

Memotret menggunakan aturan manual dikhususkan bagi yang sudah berpengalaman. Pahami bahwa kamera bisa tertipu oleh cahaya yang dipantulkan dari objek. Hasil foto yang muncul biasanya terlalu gelap atau terlalu terang.

Atur tingkat kecerahan atau exposure dan perbedaan cahaya atau kontras pada foto Anda. Tingkat kecerahan ini juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan foto. Edit secukupnya, sebaiknya tidak terlalu tinggi karena bisa menimbulkan efek noise.

  • Seimbangkan shadow dan highlight

Exposure memang bisa mencerahkan keseluruhan bagian foto. Tetapi jika ingin mengatur kecerahan di bagian tertentu, gunakan editing shadow dan highlight pada foto.

Jika ingin mengurangi cahaya di area yang terlalu terang maka atur tingkat highlight-nya. Efek shadow atau highlight ini bisa kurang nyata untuk format JPEG. Jika menginginkan hasil yang lebih terlihat, pilih format foto RAW.

  • Atur warna

Pencahayaan saat pengambilan foto terkadang tidak stabil terutama pada kondisi gelap atau minim cahaya. Anda bisa mengedit dari tone kebiruan, kekuningan ataupun foto hitam putih yang diatur dari color balance. Smartphone dengan kamera terbaik tentu memiliki editing dasar ini.

Warna-warna umum juga bisa Anda pilih agar pengaturan warna lebih mudah. Tone pada editing ini digunakan agar foto memiliki warna senada baik untuk posting Instagram atau portofolio Anda. Mengatur warna foto pada proses editing juga harus teliti agar tidak terkesan berlebihan.

  • Leveling

Leveling digunakan untuk memperbaiki foto yang terlihat miring. Teknik level atau straighten banyak dimiliki aplikasi edit foto smartphone yang berupa garis horizon pada layar untuk meluruskan posisi foto.



Apabila posisi foto sudah proporsional, Anda tak membutuhkan editing yang satu ini. Gunakan secukupnya dan luruskan dengan cermat agar hasil editing tidak berlebihan.

10 Rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kamera smartphone hingga tips menggunakannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik dari berbagi merek berikut ini.

10. Sony Xperia 1 II

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-10

Harga: Rp 16.490.000

Hasil video terbaik

Smartphone dengan kamera terbaik seperti Sony Xperia 1 II merupakan pilihan terbaik untuk para profesional. Bahkan dalam menghasilkan video yang menarik, Sony memberi jawabannya. Pengguna bisa merekam hingga 21:9 yang bergaya bioskop.

Ada kontrol manual yang memudahkan pengguna untuk mengaturnya. Layar dari Sony Xperia 1 II ini adalah HDR 4K 21:9 dengan UI dan chipset andalan. Apabila Anda mencari smartphone dengan hasil kamera atau video terbaik, Xperia 1 II piihan tepat.

9. Huawei P40 Pro

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-9

Harga: Rp 9.797.000

Resolusi tinggi meski dilakukan zoom

Huawei memiliki seri P40 Pro dengan kualitas tinggi. Kamera dari Huawei ini memiliki fokus yang bagus untuk menghasilkan bidikan tajam. Anda juga bisa menggunakan zoom optik 5x dengan resolusi foto tinggi sampai 50 MP.



Seri P40 pro ini menggantikan Huawei P30 Pro yang juga disertai kamera handal. Dengan adanya seri baru, pengguna bisa menemukan fitur lebih canggih terutama dari segi kamera. Huawei P40 Pro bisa Anda dapatkan dengan harga di kisaran sembilan juta rupiah.

8. Samsung Galaxy S10 5G

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-8

Harga: Rp 10.650.000

Tampilan tetap stunning dengan teknologi lebih canggih

Samsung terkenal akan smartphone dengan kamera terbaik. Meski tidak ada fitur all-singing, all-dancing, Anda bisa mendapat teknologi yang canggih dari smartphone. Di bagian belakang smartphone, ada lensa ultrawide, telephoto dan wide lens.

Rear cameras dari Samsung Galaxy S10 5G ini adalah 12 MP, 16 MP dan 12 MP. Dilengkapi dengan penyimpanan 256/512 GB dan dimensi berukuran 162.6 x 77.1 x 7.9 mm. Pengguna bisa mendapat kamera terbaik, tampilan yang stunning dan kecanggihan lainnya.

7. Oppo Find X2 Pro

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-7

Harga: Rp12.499.000

Hasil bidikan terbaik menggunakan lensa telephoto

Oppo mengeluarkan smartphone Find X2 Pro. Gawai ini memiliki tiga kamera dengan besaran 48 MP, 13 MP dilengkapi lensa telephoto dan 12 MP lainnya. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan zoom optik hingga 5x, zoom hibrida 10x dan zoom digital 60x.

Apabila Anda ingin menghasilkan foto-foto yang tajam, Oppo Find X2 Pro ini merupakan pilihan tepat. Selain kamera yang mumpuni, Oppo juga menyematkan sistem yang ringan sehingga membuat pengoperasiannya mudah dan cepat.



6. Asus ROG Phone 3

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-6

Harga: Rp 14.899.000

Meski khusus gaming, segi kamera juga handal

Kamera smartphone dari Asus juga tak kalah hebat. Meski didesain sebagai smartphone khusus gaming, tetapi kemampuannya dalam menghasilkan jepretan cukup diperhitungkan.

Belum lagi dengan adanya daya baterai yang besar yaitu 6000 mAh. Asus juga memberikan snapdragon 865 untuk kemudahan dan kecepatan akses.

Pengguna bisa menghasilkan foto dari kamera yang berkekuatan 64 Mp, 13 MP dan 5 MP. Sementara kamera depan atau selfie adalah 24 MP. Besaran storage dari Asus ROG Phone 3 hingga 128 GB dengan RAM 8 GB.

5. Vivo X50 Pro

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-5

Harga: Rp 7.799.000

Desain andalan Vivo dengan quad camera

Vivo X5 Pro merupakan bagian dari Vivo X series yang cukup diminati di pasar kelas menengah atas. Jika dilihat secara tampilan, smartphone ini dilengkapi dengan layar S AMOLED dengan resolusi full HD Plus dan desain punch hole untuk kamera depan.

Layak disebut sebagai smartphone dengan kamera terbaik karena didukung 48 MP, 8 MP, 13 MP dan 8 MP. Sementara di bagian kamera depan didukung 32 MP dengan f/2.5. Pengguna bisa memilih warna dark blue dan white blue yang terlihat makin kekinian.

4. Xiaomi Mi 10 Pro

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-4



Harga : Rp 6.999.000

Layar super AMOLED, makin betah hasilkan jepretan kamera

Tidak kalah dengan smartphone lainnya, Xiaomi merilis Mi 10 Pro yang disebut sebagai smartphone dengan kamera terbaik.

Kamera primer dari smartphone ini adalah 108 MP, short telephoto 12 MP, long telephoto 8 MP dan ultra wide 20 MP. Dilengkapi juga dengan processor Qualcomm Snapdragon 865 chipset.

Xiaomi Mi 10 Pro juga didukung glass front, gorilla glass 5, glass black dan aluminium frame. Layar smartphone ini adalah Super AMOLED dan dilengkapi Android 10. Pengguna juga bisa menggunakan triple LED dual-tone flash.

3. Realme X3 SuperZoom

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-3

Harga : Rp4.799.000

Detail foto tetap tajam dengan SuperZoom

Nama smartphone Realme di pasaran makin diperhitungkan. Menggunakan nama khas SuperZoom, realme dilengkapi kamera telephoto 5 kali dari jenis periskop. Gambar yang bisa dihasilkan dari kamera ini sangat tajam meski diperbesar.

Kamera utama Realme X3 SuperZoom adalah 64 MP dan dilengkapi kamera ultrawide serta kamera makro. Kecanggihan yang dimiliki realme menjawab keinginan pengguna dalam menghasilkan foto tetap tajam meski saat dilakukan zoom.

2. Oppo Reno 10x Zoom

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-2

Harga: Rp 7.490.000

Kamera optical zoom membuat foto makin tajam

Oppo memiliki kualitas kamera yang baik untuk smartphonenya. Terutama seri Reno 10x Zoom. Mirip dengan spesifikasi kamera Oppo Reno 5G, tetapi keunggulan lain yang dimiliki Reno 10x Zoom ini adalah adanya periscope yang dilengkapi sensor 13 Mp.



Jika dijelaskan lebih detail, Oppo Reno 10x Zoom ini memiliki kamera optical zoom 5x yang merupakan kombinasi dari optical zoom ataupun hybrid zoom. Pengguna juga bisa melakukan rekaman video hingga 4K karena kameranya yang mengusung gyro-EIS.

1. Samsung Galaxy S21 Ultra

foto-smartphone-dengan-kamera-terbaik-1

Harga: Rp15.499.000

Smartphone andalan dengan 108 MP

Masih menjadi andalan di kalangan menengah atas yakni Samsung Galaxy S21 Ultra. Terutama bagi yang ingin mendapatkan detail yang bagus, kamera dari smartphone ini adalah terbaik. Didukung dengan 100x digital zoom yang akan membantu pengguna untuk tetap fokus dalam mengambil foto.

Samsung Galaxy S21 Ultra juga dilengkapi dengan lensa 108 MP. Kemampuan dalam merekam video adalah 9K dan bisa menggunakan lensa zoom. Bagi para pengguna smartphone kelas atas, Samsung menawarkan teknologi yang lebih daripada yang lain.

Kesimpulan

  • Kebanyakan kamera pada smartphone saat ini berjumlah 4 buah, yang terdiri atas kamera makro, kamera telephoto, kamera ultrawide, dan kamera wide.
  • Beberapa basic fotografi yang harus diperhatikan antara lain, pengaturan cahaya, exposure, fokus, tambahan lensa dan pengeditan.
  • Jika basic fotografi telah Anda kuasai, mulailah memperhatikan cara pengeditan yang benar. Bisa menggunakan fitur cropping, atur pencahayaan dan kontras, shadow and highlight, atur warna, dan gunakan leveling untuk memperbaiki hasil foto yang miring.
  • Suka gaming tetapi juga membutuhkan smartphone dengan kamera terbaik, Anda bisa mempertimbangkan Asus ROG Phone 3.
  •  Jika Anda ingin menghasilkan bidikan tajam meski dilakukan zooming, maka Oppo Reno 10x Zoom atau Oppo Find X2 Pro bisa menjadi pilihan.
  • Berbeda halnya jika ingin menggunakan kamera smartphone dengan ukuran megapixel besar, maka Samsung Galaxy S21 Ultra adalah yang paling tepat.

Referensi

1. Pcmag (2019), 10 Easy Tips and Tricks for Better Smartphone Photos, https://sea.pcmag.com/apps/28579/10-easy-tips-and-tricks-for-better-smartphone-photos
2. Okezone (2020), Smartphonedengan Kamera Terbaik di 2020, https://techno.okezone.com/read/2020/08/21/16/2265481/9-smartphone-dengan-kamera-terbaik-di-2020



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Asus Elektronik Handphone Huawei Oppo Realme ROG Samsung Samsung Galaxy Vivo Xiaomi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »