Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 February 2021

10 Rekomendasi Smart Lock Door Terbaik untuk Keamanan Rumah

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Smart Lock Door Terbaik untuk Keamanan Rumah


Smart lock door atau kunci pintu digital ini merupakan jenis kunci yang menerapkan model penggunaan dan sistem operasi yang lebih modern dibanding dengan kunci konvensional pada umumnya.



Bila biasanya Anda sering menggunakan anak kunci sebagai alat untuk membuka dan menutup pintu rumah, maka dengan smart lock door Anda tidak perlu repot-repot mencari anak kunci sebelum masuk ataupun keluar rumah.

Smart lock door menggunakan sistem keamanan yang lebih praktis dan efisien dibanding dengan kunci konvensional, yakni dengan menggunakan kata kunci (pola atau PIN), sidik jari, kartu, dan sebagainya.

Kata kunci tersebut nantinya dapat Anda atur dan ubah sesuka hati, kapan pun dan di manapun, dengan menggunakan perangkat smartphone Anda. Penggunaan smart lock door pun terbilang lebih aman dibanding menggunakan kunci konvensional.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi smart lock door terbaik untuk keamanan rumah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai smart lock door dan cara memilihnya.

Mengenal kelebihan smart lock door

Penggunaan smart lock door dalam keamanan rumah sebenarnya sudah banyak diterapkan pada berbagai hunian modern, seperti hotel atau apartemen. Smart lock door dianggap memiliki teknologi mutakhir yang membuatnya lebih aman dibanding kunci konvensional.

Sebelum melakukan pergantian dari kunci konvensional ke smart lock door, tidak ada salahnya Anda mengetahui berbagai kelebihan dari penggunaan smart lock door yang membuatnya lebih menjamin keamanan rumah.

Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dari penggunaan smart lock door yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki variasi cara

Umumnya, smart lock door yang beredar di pasaran memiliki berbagai cara untuk membuka dan mengunci pintu yang bisa dipilih oleh penggunanya sesuka hati.



Cara tersebut antara lain adalah menggunakan kartu, sidik jari, remote control (pengendali jarak jauh), password, atau smartphone.

  • Meningkatkan sistem keamanan rumah

Banyaknya pilihan yang tersedia untuk membuka dan mengunci pintu dengan menggunakan smart lock door tentu akan membuat sistem keamanan rumah dapat semakin meningkat.

Anda dapat membatasi akses keluar masuk rumah dengan menggunakan sistem penguncian yang modern. Misalnya saja sidik jari. Hanya orang yang sidik jarinya sudah terdaftar oleh sistem sajalah yang dapat membuka pintu tersebut.

  • Menjaga privasi

Ada kalanya seseorang merasa ingin sendiri, tanpa ada siapapun yang mengganggu. Nah, smart lock door bisa menjadi solusi untuk menjaga privasi Anda di dalam rumah.

Biasanya smart lock door sudah dilengkapi dengan fitur privacy yang membuat pintu akan tetap terkunci walau dibuka oleh yang sudah memiliki akses. Anda dapat mematikan fitur tersebut apabila sudah tidak memerlukannya.

  • Memberikan tampilan estetik pada rumah

Smart lock door biasanya memiliki desain modern yang menampilkan kesan elegan dan futuristik pada pintu rumah. Berbeda dengan kunci konvensional yang cenderung lebih sederhana.

Oleh sebab itu, penggunaan smart lock door secara tidak langsung dapat memberikan tampilan yang estetik pada rumah Anda

  • Mengurangi rasa khawatir

Dengan menggunakan smart lock door, Anda tidak perlu khawatir apabila merasa lupa sudah mengunci pintu rumah atau belum.

Anda juga tidak perlu repot-repot kembali ke rumah hanya untuk memastikan apakah rumah tersebut sudah terkunci atau apakah kuncinya masih tersangkut di lubang kunci. Karena smart lock door akan mengunci pintu rumah Anda secara otomatis setelah tertutup.



Perhatikan cara membuka kuncinya

Berbeda dengan jenis kunci konvensional, smart lock door memiliki beragam cara untuk membuka kunci. Mulai dari menggunakan kata sandi, menggunakan sidik jari, hingga menggunakan alat seperti kartu.

Anda dapat memilih cara yang dirasa paling nyaman dan mudah untuk akses keluar masuk rumah. Sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu kelebihan dan fitur apa yang akan didapat bila menggunakan cara membuka pintu tersebut saat membelinya

Lakukan pengecekan fitur

Smart lock door biasanya telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat meningkatkan rasa aman Anda. Misalnya saja fitur kondisi darurat, seperti saat terjadinya kebakaran atau bencana alam.

Fitur ini memungkinkan kunci pintu terbuka secara otomatis apabila sudah mencapai suhu tertentu. Pastikan bahwa fitur tersebut masih berfungsi normal. Anda bisa meminta penjual untuk melakukan percobaan kecil atau sebagainya

Sesuaikan budget Anda

Smart lock door atau kunci pintu digital ini memiliki harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kunci konvensional. Bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Semakin canggih fitur dan keunggulan dari smart lock door tersebut, harga yang diberikan tentu akan semakin tinggi.

Demikian juga dengan pemasangannya yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional dan membutuhkan biaya tambahan lebih tentunya.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan smart lock door, pastikan Anda sudah menyiapkan budget yang cukup besar.

10 Rekomendasi smart lock door terbaik untuk keamanan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang smart lock door dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi smart lock door terbaik untuk keamanan rumah dari berbagai merek berikut ini.

10. SEYVEN Fingerprint Door Digital Smart Lock

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-10

Harga : Rp 1.500.000

Dilengkapi dengan USB port untuk sumber daya darurat



Smart lock door dari Seyven ini merupakan jenis kunci pintu digital yang dapat digunakan dari jarak jauh dengan menggunakan remote tambahan, tergantung pada varian yang Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan kunci ini untuk berbagai jenis pintu, baik kaca maupun kayu. Instalasi pun sangat mudah sehingga bisa langsung digunakan dan Anda hanya memerlukan baterai A2 x 4 saja untuk menyalakan kunci digital ini.

Selain itu, tersedia pula USB port yang dapat Anda gunakan sebagai sumber daya darurat apabila baterainya habis mendadak. Menariknya, smart lock door ini juga dapat digunakan sebagai mesin absen di kantor. Anda bisa membeli smart lock door ini di Blibli.

9. OEM Lock Smart Digital Biometric Keypad Door Entry

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-9

Harga : Rp 1.390.000

Dapat mendeteksi sidik jari palsu

Smart lock door OEM ini termasuk salah satu jenis kunci pintu digital yang support untuk 4 akses, yakni menggunakan kata kunci, menggunakan kartu, menggunakan aplikasi, serta menggunakan remote.

Selain itu, kunci digital ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih sidik jari biometric yang terbukti efektif dalam mendeteksi sidik jari palsu. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.

8. Outdoor IP65

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-8

Harga : Rp 1.709.500

Tidak memerlukan perangkat komputer maupun smartphone



Outdoor IP65 merupakan smart lock door yang banyak digunakan pada rumah, toko, perkantoran hingga unit apartemen. Penggunaan kunci digital ini terbilang lebih mudah dan efisien dibanding dengan kunci konvensional biasa.

Anda tidak membutuhkan perangkat seperti komputer atau smartphone. Cukup menggunakan remote pengendali untuk mendaftarkan sekaligus menghapus akses masuk pengguna lain. Kapanpun dan di manapun.

Smart lock door ini memiliki dua metode verifikasi, yakni menggunakan sidik jari atau kartu. Cukup dengan satu sentuhan saja, Anda dapat langsung membuka kunci ruangan tanpa harus repot-repot lagi mencari kunci. Anda bisa membelinya di Shopee.

7. DOWS 8871 BK

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-7

Harga : Rp 1.700.000

Tidak memerlukan kabel listrik

Smart lock door ini memiliki bentuk seperti handle pintu sehingga pemasangannya bisa lebih mudah. Untuk akses masuknya, Anda bisa memilih akan menggunakan sidik jari atau ID Card.

Kunci digital ini juga tidak memerlukan kabel listrik untuk sumber dayanya, cukup menggunakan batu baterai alkaline A3 sebagai sumber energinya.

Adapun untuk ukuran dimensi kunci ini 170 x 65 x 20 mm dan memiliki temperatur kerja 10- 60oC. Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.



6. SonOff Door Lock

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-6

Harga : Rp 760.000

Dapat merekam data hingga 2000 pengguna

Smart lock door dari brand Son Off ini memiliki desain modern dan futuristik. Sumber tenaganya pun simple, hanya menggunakan tenaga 4 buah baterai yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko terdekat.

Yang menarik dari kunci digital ini adalah dapat merekam data hingga 2000 orang, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan kantor Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.

5. DINGS Smart Door Lock

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-5

Harga : Rp 1.699.000

Support untuk iOS dan Android

DINGS Smart Door Lock adalah kunci digital yang sudah dilengkapi dengan IP65 Splash proof yang membuatnya lebih tahan akan percikan air, sehingga tetap aman walau masuk musim penghujan.

Terdapat 4 metode akses yang bisa Anda gunakan, yakni dengan kata sandi, sidik jari, kartu RFID, atau dengan kunci biasa (manual). Smart lock door ini juga bersifat multi user, artinya dapat dikendalikan oleh seluruh anggota keluarga secara online.

Untuk mengontrolnya, Anda perlu menggunakan aplikasi Smart Life App yang sudah support untuk iOS dan Android. Kunci digital ini juga sudah support untuk Google atau Alexa. Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.



4. Bardi Indonesia IP54 Smart Home Door Lock Handle

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-4

Harga : Rp 1.500.000

Dilengkapi fungsi anti-peeping dan alarm

Bardi Indonesia IP54 Smart Home Door Lock Handle merupakan kunci digital yang memungkinkan Anda untuk membuka dan mengunci pintu hanya dengan menggunakan aplikasi.

Smart lock door ini akan membuat pintu langsung terkunci hanya 3 detik setelah pintu tertutup. Tersedia juga 4 metode penguncian yang bisa Anda pilih, yakni menggunakan kata sandi, kartu RFID, sidik jari, serta kunci biasa (manual).

Selain itu, kunci digital ini memungkinkan Anda untuk mendapat perlindungan privasi karena memiliki fungsi anti-peeping yang baik. Ada pula alarm yang akan berbunyi apabila daya baterainya sudah hampir habis.

Untuk sumber tenaganya, Anda bisa menggunakan baterai kering dari Alkaline, tidak disarankan menggunakan baterai isi ulang. Untuk mendapatkan smart lock door ini, Anda bisa membelinya di Shopee.

3. Xiaomi Mijia Smart Door Lock

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-3

Harga : Rp 1.450.000

Dapat terhubung dengan perangkat elektronik di dalam rumah

Selain smartphone, Xiaomi juga merambah smart lock door sebagai salah satu produknya. Seperti Xiaomi Mijia Smart Door Lock ini yang dipersenjatai dengan silinder C Class Lock Cylinder with Ferrulle, di mana merupakan level tertinggi di kelasnya.



Tipe kunci digital ini dilengkapi dengan 7 sensor yang dapat mendeteksi apabila ada yang memaksa membuka kunci rumah Anda. Salah satunya adalah sensor anti-damage yang akan membuat alarm berbunyi bila terjadi pemaksaan masuk.

Selain itu, smart lock door ini dirancang khusus sehingga dapat terhubung ke berbagai perangkat elektronik di rumah Anda. Jadi, setelah membuka pintu, otomatis peralatan elektronik seperti AC dan lampu akan langsung menyala. Anda bisa membelinya di Shopee.

2. Igloohome Smart Lock Deadbolt V2

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-2

Harga : Rp 1.799.000

Tidak membutuhkan koneksi Wi-Fi dalam penggunaannya

Smart Digital Lock Deadbolt V2 adalah kunci digital yang dilengkapi dengan layar sentuh LED sehingga membuatnya terlihat modern dan futuristik. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk membuka pintu, yakni menggunakan PIN atau bluetooth.

Penggunaan dua metode tersebut terbilang lebih nyaman dan praktis karena tidak perlu repot-repot mencari kunci konvensional yang sering dilupakan.

Selain itu, juga dapat memberikan rasa aman yang lebih baik karena hanya bisa dibuka oleh pengguna yang memiliki akses masuk.

Menariknya, smart lock door ini tidak memerlukan koneksi Wi-Fi dalam penggunaannya.Hal ini untuk mencegah peretasan yang biasanya terjadi melalui jaringan internet. Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.

1. KeyWe Digital Door LockGKW 1000a

foto-rekomedasi-smart-lock-door-terbaik-untuk-keamanan-rumah-1

Harga : Rp 5.460.000

Desain modern dan mudah digunakan



KeyWe Digital Door Lock GKW 1000a merupakan kunci digital yang terbuat dari material besi kualitas terbaik yang didesain sedemikian rupa agar terlihat lebih modern dan mudah untuk digunakan. Termasuk bila Anda sedang berada di luar rumah.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunuh aplikasi Keywe di smartphone Anda. Nantinya aplikasi tersebut dapat memungkinkan Anda member akses sementara pada tamu yang akan datang serta mencatat waktu kedatangan mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat peringatan apabila ada yang berusaha membuka paksa pintu rumah. Dengan begitu, Anda akan merasa aman dan nyaman walau sedang tidak berada di dalam rumah. Anda bisa membeli smart lock door ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli smart lock door, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti sistem operasi membuka dan menutupnya, harga dan juga mereknya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan sehingga lebih mudah dan praktis saat menggunakannya.
  • Anda bisa memilih Bardi Indonesia IP54 Smart Home Door Lock Handle, karena memiliki fitur anti-peeping yang bisa memberikan ruang privasi bagi penggunanya.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin smart lock door digital dengan silinder kunci dari kelas tertinggi, Anda bisa memilih Xiaomi Mijia Smart Door Lock.
  • Namun, jika Anda yang menginginkan smart lock door digital yang tidak membutuhkan koneksi internet, maka Anda bisa memilih Smart Digital Lock Deadbolt V2.

Referensi

  1. SpaceStock (2018), Pintu Smart Lock Tanpa Kunci, Demi Kemudahan dan Keamanan Hunianmu, https://blog.spacestock.com/pintu-smart-lock/#:~:text=Dari%20sisi%20komersial%2C%20penggunaan%20pintu,kunci%2C%20atau%20pemograman%20ulang%20kunci
  2. KunciRumahku(2020), Cara Memilih Digital Smart Door Lock yang Baik Untuk Toko, https://kuncirumahku.com/igloo/cara-memilih-digital-smart-door-lock-yang-baik-untuk-toko/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Keamanan Smart Home Smart Lock Door


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Smart Lock Door Terbaik untuk Keamanan Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »