Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 August 2020

10 Rekomendasi Sirup Lezat yang Menyegarkan di Bulan Ramadhan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Sirup Lezat yang Menyegarkan di Bulan Ramadhan


Sirup adalah minuman manis yang banyak digemari masyarakat. Bukan hal aneh bila Anda bisa menemukan berbagai merek sirup yang berjejer di tempat perbelanjaan. Mulai dari toko swalayan besar hingga warung kecil.



Minuman ini banyak dicari oleh masyarakat terutama di bulan Ramadhan. Karena rasa manis dan menyegarkan dari sirup sangat cocok dijadikan menjadi salah satu hidangan berbuka puasa.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi sirup terbaik dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sirup serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik sirup

Secara umum, sirup memiliki tiga jenis. Pertama, sirup simplex yang memiliki kandungan gula hingga 65%. Kedua, sirup obat yang memiliki kandungan obat-obatan. Ketiga, sirup pewangi yang memiliki kandungan pewangi.

Selain digunakan untuk menyegarkan diri selepas berpuasa, sirup juga dapat digunakan sebagai obat. Hal ini tidak lepas dari karakter sirup yang manis dan menyehatkan sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih sirup simplex. Karena jenis ini memiliki rasa manis yang menyegarkan. Namun untuk Anda yang sedang dalam kondisi kurang fit, sirup obat bisa menjadi pilihan Anda.

Oleh karena itu, saat Anda memilih sirup perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah sirup hanya akan digunakan sekadar sebagai minuman yang menyegarkan atau sebagai obat-obatan.

Perhatikan kemasannya

Hal penting yang harus diperhatikan saat membeli produk makanan dan minuman adalah kemasan dari produk tersebut. Karena kemasan tersebut akan memperlihatkan seberapa baik kualitas produk yang berada di dalamnya. Termasuk pada sirup.



Kemasan produk yang baik adalah yang bersih dan masih tertutup rapat. Untuk sirup sendiri bisa dibilang lebih mudah terlihat karena biasanya dikemas dalam botol yang transparan. Anda bahkan bisa memastikan keberadaan gumpalan atau benda asing di dalam sirup dengan mudah.

Perhatikan kandungan gulanya

Kandungan yang paling banyak terkandung pada sirup adalah air dan gula. Maka tak heran kalau rasa dari sirup cenderung manis dan menyegarkan. Meski begitu, Anda harus memastikan kandungan air dan gula pada sirup tersebut sebelum membelinya.

Sebaiknya, sirup tersebut harus memiliki kandungan gula minimal 65%. Artinya, pada setiap 100 gram sirup harus memiliki kandungan gula hingga 65%. Anda bisa melihat kandungan gula pada komposisi yang terdapat pada label sirup.

Pastikan jenis gula yang digunakan

Gula memang merupakan kandungan terbanyak pada tiap botol sirup. Kandungannya bahkan bisa mencapai 65% pada tiap botolnya. Namun gula yang digunakan pada sirup tidaklah sembarangan.

Penggunaan gula yang diperbolehkan adalah yang sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Kategori Pangan BPOM RI. Gula tersebut adalah gula tebu (sukrosa dan sakarosa). Selain itu, tidak boleh digunakan pemanis buatan lain dalam sirup tersebut.

Perhatikan bahan pengawet yang digunakan

Biasanya orang tidak akan terlalu memperhatikan penggunaan bahan pengawet pada sirup. Hal ini karena mereka menganggap bahwa kandungan gula pada sirup sudah menjadi pengawet tersendiri pada sirup tersebut.

Tetapi beberapa produsen tetap menggunakan pengawet pada produk sirupnya. Pengawet yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Harus yang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan yaitu benzoat dengan aturan pakai tertentu.



Cara merawat sirup agar lebih awet

Agar sirup Anda tetap awet dan bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sirup:

  • Sebaiknya tidak menyimpan sirup di kulkas apalagi freezer. Karena hal ini dapat memicu munculnya jamur yang dapat merusak sirup.
  • Simpanlah botol sirup di tempat yang kering atau khusus. Sebaiknya tempat tersebut memiliki suhu ruang sebesar 20° C. Anda bisa membungkus botol sirup dengan kertas atau kantung plastic hitam untuk membuatnya lebih awet.
  • Selalu tutup botol sirup serapat mungkin untuk mencegah masuknya udara dari luar. Karena udara yang masuk ke dalam sirup tersebut kemungkinan akan membawa bakteri dari luar yang nantinya akan tumbuh di media air. Bakteri ini nantinya bisa membuat sirup mudah rusak.
  • Hindari peletakkan botol sirup yang berdekatan dengan sinar matahari atau cahaya langsung secara terus menerus. Simpanlah di tempat yang tidak terkena cahaya langsung.
  • Jangan sekali-sekali memindahkan isi sirup dari satu botol ke botol lain, kecuali bila langsung diminum. Hal ini dapat membuat sirup menjadi mudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman.
  • Biasanya botol sirup terbuat dari bahan kaca yang tebal. Karena itu, letakkan botol sirup di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

10 Rekomendasi sirup yang lezat dan menyegarkan di bulan ramadhan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sirup lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sirup yang lezat dan menyegarkan dari berbagai merek berikut ini:

10. Marjan Rose with Milk Sirup [460 mL]

marjan_rose_with_milk_sirup_460ml

Harga : Rp 23.000

Perpaduan rose dan milk yang unik

Sirup merupakan minuman dengan rasa manis yang biasa ditambahkan pada berbagai menu makanan atau minuman lainnya. Mulai dari sup buah, hingga pancake. Selain sirup, ada pula yang menambahkan susu agar bisa mendapat cita rasa yang menarik.

Kini, Anda tidak perlu lagi repot-repot menyediakan bahan sirup dan susu secara terpisah. Karena saat ini, sudah ada produk sirup yang memiliki varian rasa bercampur dengan susu. Yaitu Marjan Rose with Milk Sirup.

Seperti namanya, sirup yang dibuat oleh merek Marjan ini merupakan perpaduan rasa rose yang unik serta rasa susu yang manis, sehingga sangat cocok disajikan untuk keluarga atau pun tamu-tamu Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sirup ini di Blibli.

9. ABC Squash Leci Sirup [525 mL]

abc_squash_leci_sirup_525ml

Harga : Rp 11.500

Rasakan kesegaran buah leci dalam sebotol sirup



Ada berbagai buah yang memiliki rasa nikmat dan bisa memberikan sensasi kesegaran di cuaca panas. Apalagi bila dinikmati di bulan Ramadhan sebagai salah satu hidangan berbuka puasa.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati kesegaran buah di kala berbuka puasa. Salah satunya dengan minuman sirup rasa buah yang sudah banyak beredar, seperti ABC Squash Leci Sirup ini.

Sirup squash yang merupakan kombinasi dari buah-buahan segar dan konsentrat ini dapat memberikan rasa leci yang manis dan menyegarkan. Apalagi bila diminum dengan es batu atau es buah. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

8. Denali Rasa Cranberry Sirup

denali_rasa_cranberry_sirup

Harga : Rp 99.000

Dengan cita rasa cranberry yang penuh manfaat

Nama cranberry mungkin tidak terlalu terdengar umum. Namun seperti namanya, cranberry merupakan salah satu jenis beri-berian yang kaya akan anti oksidan serta memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh.

Berbagai khasiat yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi cranberry antara lain, mencegah tumor, mengurangi risiko munculnya infeksi kantung kemih, meningkatkan kesehatan jantung dan gigi, mencegah penyakit penapasan dan obesitas, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menikmati buah cranberry dalam bentuk sirup seperti pada Denali Rasa Cranberry Sirup ini. Tidak hanya sebagai manisan pada gourmet, Anda juga bisa mendapat berbagai manfaatnya. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.



7. SYUKUR Blueberry Sirup [600 mL]

syukur_blueberry_sirup_600ml

Harga : Rp 15.500

Penuhi hasrat visual dan cita rasa dengan warna biru blueberry

Buah-buahan jenis beri memang lebih nikmat bila dibuat dalam bentuk minuman. Sebut saja sirup. Di antara berbagai pilihan buah beri dalam sirup yang memiliki cita rasa unik dan menyegarkan, blueberry adalah salah satunya.

Seperti namanya, beri ini memiliki warna biru yang indah dan menarik mata. Selain itu, ada pula berbagai khasiat yang bisa Anda dapat, antara lain menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolestrol, dan lain sebagainya.

SYUKUR Blueberry Sirup bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menikmati kesegaran dan khasiat buah blueberry. Dengan warna birunya yang unik, Anda bisa mencampurkannya pada berbagai menu berbuka puasa.Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

6. Denali Rasa Green Apple Sirup

denali_rasa_green_apple_sirup

Harga : Rp 99.000

Memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan

Siapa yang suka buah apel? Hampir semua orang menyukai buah dengan kulit berwarna merah khas serta rasanya yang manis asam. Daging buahnya yang lembut juga membuat orang mudah memakannya.

Tidak hanya berwarna merah, ada juga buah apel yang memiliki kulit berwarna hijau. Apel jenis ini biasa memiliki bentuk sedikit lebih kecil serta memiliki rasa yang agak asam. Sangat cocok dijadikan minuman seperti Denali Rasa Green Apple Sirup ini.



Sirup ini biasanya digunakan sebagai sirup gourmet berbagai hidangan di hotel atau restoran ternama. Sensasi asam serta manis pada sirup ini memberikan rasa yang tak terlupakan bagi siapapun yang menikmatinya. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

5. Torani Syrup Caramel Sirup [750 mL]

torani_syrup_caramel_sirup_750ml

Harga : Rp 108.000

Terbuat dari bahan caramel yang manis

Biasanya sirup identik dengan rasa buah-buahan. Hal ini karena buah memiliki varian rasa asam dan manis yang unik sehingga sangat cocok untuk menjadi bahan minuman atau hidangan gourmet tertentu.

Namun, tahukah Anda kalau selain buah-buahan ternyata sirup juga bisa terbuat dari bahan lainnya. Sebut saja caramel. Anda bisa menemukan rasa ini pada Torani Syrup Caramel Sirup.

Sesuai namanya, sirup ini terbuat dari bahan gula yang dikaramelisasi sehingga memiliki rasa manis yang unik dan lezat. Sirup ini bisa digunakan pada hidangan makanan maupun minuman. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

4. Jeniper Jeruk Nipis Peras [120 mL]

jeniper_jeruk_nipis_peras_120ml

Harga : Rp 15.000

Untuk menjaga stamina dan kesegaran tubuh di bulan puasa

Saat berpuasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi segala sesuatu yang dianggap dapat meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh secara alami. Salah satunya adalah dengan jeruk nipis.



Jeruk nipis selama ini dipercaya sebagai buah yang memiliki anti oksidan sehingga dapat menetralisir nikotin, mencegah batu ginjal, mengurangi kolestrol, menghaluskan kulit, hingga menjaga kesegaran dan stamina.

Oleh karena itu, Jeniper Jeruk Nipis Peras Sirup ini bisa menjadi solusi kesegaran di bulan Ramadhan Anda. Sirup ini terbuat dari perasan jeruk nipis asli tanpa menggunakan bahan pengawet. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

3. ABC Squash Orange Sirup [460 mL]

abc_squash_orange_sirup_460ml

Harga : Rp 11.000

Dapatkan kesegaran jeruk alami dalam sebotol sirup

Bila membahas soal sirup, rasanya tidak lengkap bila meninggalkan merek ABC. Ya, sirup dari brand ABC memang dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan bila bukan termasuk bulan Ramadhan sekali pun.

Untuk varian rasa, yang paling sering ditemui adalah rasa jeruk. Anda mungkin sering menyuguhkan minuman sirup ini kepada tamu yang berkunjung atau sekadar untuk menikmati waktu santai bukan?

Sirup ini memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, layaknya buah jeruk pada umumnya. Akan terasa semakin nikmat bila disajikan dengan tambahan es batu. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

2. Davinci Lemonade Flavoured Syrup [ 1 L ]

davinci_lemonade_flavoured_syrup_1l

Harga : Rp 189.000

Memiliki kandungan buah lemon yang lebih banyak



Sepertinya penggunaan varian buah jeruk sebagai bahan dalam pembuatan sirup sudah menjadi tren tersendiri. Memang jeruk memiliki rasa manis asam yang menyegarkan. Sangat cocok dijadikan bahan pembuat sirup yang lezat.

Salah satu varian jeruk yang menjadi favorit banyak kalangan adalah lemon. Buah berwarna kuning ini terkenal akan rasa asam namun segar dan nikmat. Sehingga banyak orang yang meminatinya. Seperti yang terdapat pada Davinci Lemonade Flavoured Syrup.

Sirup satu ini terbuat dari bahan lemon asli. Menariknya, kandungan buah lemon sebagai bahan dalam sirup ini lebih banyak daripada sirup lain. Sehingga sirup ini lebih kental dan bisa memiliki rasa yang nikmat. Anda bisa membeli sirup ini di Shopee.

1. Tropicana Slim Leci Sirup

tropicana_slim_leci_sirup

Harga : Rp 33.000

Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Selain buah, sirup juga identik dengan penggunaan gula sebagai bahan bakunya. Hal ini seringkali membuat beberapa orang merasa khawatir. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes.

Tapi tenang. Sekarang sudah ada produk sirup bebas gula yang tentunya lebih sehat namun tetap memiliki rasa segar dan lezat yang nikmat. Perkenalkan, Tropicana Slim Sirup Leci Sirup.

Seperti namanya, sirup ini memiliki rasa leci yang lezat. Menariknya lagi, sirup ini juga rendah kalori sehingga dijamin tidak akan membuat badan gemuk atau gula darah naik. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli sirup, sebaiknya Anda mempertimbangkan kemasan, kandungan gula, jenis gula, serta bahan pengawet yang digunakan.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar sirup Anda lebih awet dan dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Torani Syrup Caramel Sirup, karena sudah memiliki rasa caramel yang unik.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin sirup dengan kandungan buah yang banyak, Anda bisa memilih Davinci Lemonade Flavoured Syrup.
  • Namun, jika Anda yang ingin sirup yang lezat dan bebas gula, maka Anda bisa memilih Tropicana Slim Sirup Leci Sirup.

Referensi

  1. Dunia Farmasiku (2014), Sirup, https://duniafarmasiku.wordpress.com/2014/04/13/sirup-2/
  2. Mommies Daily (2012), Cara Efektif Penyimpanan Obat Sirup, https://mommiesdaily.com/2012/05/14/cara-efektif-penyimpanan-obat-sirup/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Sirup Lezat yang Menyegarkan di Bulan Ramadhan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »