Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 February 2021

10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga untuk Hadiah Anak Usia 3 Tahun

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga untuk Hadiah Anak Usia 3 Tahun


Bermain sepeda merupakan salah satu aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bersepeda juga mampu melatih keseimbangan, kekuatan dan juga konsentrasi anak.



Tentu bukan hal yang mudah bagi seorang anak untuk menjalankan atau mengayuh sepedanya saat pertama kali. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sepeda roda tiga bisa menjadi solusi terbaik.

Dengan sepeda roda tiga, tentu Anda lebih mudah untuk mengenalkan dan mengajarkan anak cara mengayuh sepeda dengan benar. Anda bisa mengajaknya berkeliling kompleks setiap sore hari, dan ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Memang sepeda roda tiga untuk anak usia 3 tahun sedikit berbeda. Perlu ketelitian saat Anda ingin menjadikannya sebagai hadiah terbaik untuk anak Anda, terutama pada ukuran dan fitur-fitur yang bisa membuat anak merasa nyaman dan aman saat mengendarainya.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi sepeda roda tiga untuk hadiah anak usia 3 tahun lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih sepeda roda tiga yang tepat untuk hadiah anak Anda.

Memilih ukuran sepeda roda tiga yang tepat untuk anak usia 3 tahun

Ukuran sepeda untuk anak-anak bervariasi. Umumnya, ukuran paling besar yang banyak ditemui di pasaran berukuran 16 inci, di mana sepeda ini biasanya memiliki roda empat-bagian belakang memiliki roda tambahan kanan dan kiri yang bisa dilepas.

Sepeda roda empat tersebut biasanya digunakan untuk anak usia antara 4-6 tahun atau usia TK. Sepeda roda empat ini memungkinkan transisi menjadi lebih mudah saat anak akan beralih ke sepeda roda dua.

Namun sebelum anak Anda menggunakan sepeda roda empat, alangkah baiknya jika terlebih dahulu menggunakan sepeda roda tiga. Sepeda ini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan sepeda roda empat, yakni 12 inci.



Dengan ukuran 12 inci tersebut, asumsinya anak sudah bisa menginjak tanah saat menaiki sepeda. Sehingga membuat mereka lebih mudah untuk mengendarainya, bisa dengan cara berlari atau mengayuh.

Menurut federasi sepeda di Amerika Serikat, The National Center for Bicycling and Walking, pada usia anak antara 2-5 tahun, sepeda roda tiga adalah pilihan yang tepat.

Untuk itu, kami menyarankan jika anak Anda usianya masih 3 tahun, Anda bisa memilih sepeda roda tiga sebagai hadiah yang manis dan menyenangkan, sekaligus membuat mereka lebih sehat sembari bermain.

Perhatikan bagian pedal sepeda roda tiga

Beberapa pabrikan sepeda roda tiga untuk anak-anak terkadang tidak dilengkapi dengan pedal. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak, terutama bagi mereka yang baru belajar mengendarai sepeda atau anak usia di bawah 3 tahun.

Namun untuk anak usia 3 tahun atau lebih, di mana kakinya sudah bisa menjangkau pedal, tentu mengayuh adalah hal yang menyenangkan. Apalagi saat anak merasakan gelinding roda yang dapat memberikan pengalaman tersendiri.

Ketika memilih sepeda roda tiga yang memiliki pedal, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti posisi pedal dan kemudahan mereka saat mengayuh. Hal ini penting untuk melatih keseimbangan serta kekuatan kaki anak saat memainkannya.

Selain itu, pedal juga bermanfaat untuk membantu membiasakan anak saat akan beralih ke sepeda roda dua. Sehingga proses transisi adaptasi anak dari sepeda roda tiga ke roda dua menjadi lebih mudah dan lancar.



Perhatikan bagian pelek dan ban

Pelek sepeda roda tiga untuk anak usia 3 tahun ini bervariasi. Untuk lebih aman, Anda bisa memilih pelek yang dilengkapi dengan cover atau penutup agar anak terhindar dari risiko terjepit saat dibuat mainan.

Sedangkan untuk ban, Anda bisa memilih yang terbuat dari bahan karet dan berukuran tebal, bukan yang plastik karena rentan rusak dan tidak bertahan lama.

Selain nyaman dipakai, ban yang terbuat dari bahan karet ini juga mampu meredam suara, sehingga tidak menimbulkan bising saat dimainkan di dalam ruangan.

Perhatikan keamanannya

Sangat penting bagi para orang tua untuk memperhatikan keamanan sepeda roda tiga yang akan dipilih. Pertama, pastikan bahwa sepeda terbuat dari bahan yang kokoh, kuat dan bukan dari bahan plastik.

Kemudian, periksa bagian kemudi atau setang untuk memastikan aman dan tidak mudah jatuh, sehingga risiko berbahaya tidak terjadi saat dimainkan oleh anak-anak.

Selanjutnya lengkapi pembelian hadiah sepeda untuk anak Anda dengan helm, di mana helm berfungsi untuk melindungi kepada dari cedera saat terjadi kecelakaan. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak agar helm yang sudah dibeli agar mau dipakai saat bermain sepeda.

Pilih yang modern dan kekinian

Ada banyak jenis sepeda roda tiga dengan berbagai bentuk yang modern dan kekinian. Seperti model sepeda roda tiga yang bisa dilipat atau multifungsi.



Biasanya sepeda yang bisa dilipat ini selain praktis juga ringan, sehingga memudahkan Anda saat ingin membawanya kemana-mana. Sepeda yang bisa dilipat ini juga lebih efisiensi tempat, meskipun harganya masih terbilang tinggi di pasaran.

Sedangkan, sepeda multifungsi ini bisa ditemui pada jenis sepeda roda tiga yang dapat bertransisi menjadi sepeda roda dua. Biasanya, sepeda roda tiga ini dapat diubah menjadi push trike, tricycle, balance trike, bicycle, dan balance bike.

Perubahan tersebut tentunya dapat memudahkan anak belajar bersepeda secara bertahap dan membuat proses latihan menjadi lebih mudah, karena secara otomatis anak akan membangun kepercayaan diri saat belajar bersepeda.

Pilih model yang tepat sesuai dengan yang diinginkan anak

Karena sepeda roda tiga ini akan Anda jadikan hadiah untuk anak Anda, maka yang paling penting adalah Anda mengetahui sepeda model apa yang mereka inginkan dan impikan.

Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat jenis sepeda yang biasa dimainkan teman-teman mereka, atau Anda bisa menanyakan langsung kepada anak Anda. Namun jika Anda masih kebingungan, maka Anda bisa mengajaknya langsung ke toko sepeda.

10 Rekomendasi sepeda roda tiga untuk hadiah anak usia 3 tahun

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih sepeda roda tiga, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi sepeda roda tiga untuk hadiah anak usia 3 tahun dari berbagai merek berikut ini.

10. Sepeda Happy Baby

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-10

Harga : Rp 425.000

Berkualitas dan sangat nyaman bagi anak-anak



Sepeda dari Happy Baby tersedia dalam tiga pilihan warna yang berbeda, yakni kuning, merah, dan putih. Sepeda roda tiga ini dirancang unik dengan bagian roda belakang yang bisa dibuka dan ditutup kembali.

Selain itu, bagian roda terbuat dari bahan Eva Foam yang tidak membuat lantai rumah Anda menjadi lecet atau rusak, serta tidak menimbulkan bising saat dimainkan. Belum lagi tempat duduk yang bisa diatur sesuai dengan ketinggian anak.

Yang menarik lagi adalah, sepeda ini efektif untuk melatih keseimbangan anak saat menggunakan sepeda roda dua, sekaligus menjadikan aktivitas anak lebih sehat dan menyenangkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda roda tiga ini di Shopee.

9. Sepeda Xiaomi Bebehoo 5in1 Multifunctional Deformation

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-9

Harga : Rp 959.000

Canggih dan dapat diubah menjadi 5 mode bersepeda yang berbeda

5 Mode yang bisa diubah dari sepeda Xiaomi Bebehoo antara lain mode sepeda roda tiga, skuter roda tiga, skuter roda dua, mobil keseimbangan roda tiga, dan mobil keseimbangan roda. Cocok digunakan untuk anak usia 2-6 tahun.

Kelima mode tersebut tentu sangat menyenangkan bagi anak-anak, sehingga mereka memiliki pilihan dan dapat membantu anak untuk mencapai semua aspek gerakan tubuh serta mendorong pertumbuhan menjadi lebih sehat.

Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan fitur menarik seperti ketinggian pegangan yang bisa diatur, nyaman dan anti selip. Belum lagi bagian roda yang tertutup sehingga aman dari risiko terjepit. Anda bisa membeli sepeda roda tiga ini di Shopee.



8. Sepeda Mini Cooper Tricycle

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-8

Harga : Rp 1.519.000

Cocok digunakan untuk anak usia 3 tahun ke atas

Sepeda Mini Cooper Tricycle ini cocok dijadikan sebagai hadiah untuk anak Anda. Memiliki ukuran 14 inci dan berat 4.5 kg. Sehingga dapat digunakan untuk anak usia 3 tahun, bahkan usia di atasnya juga bisa.

Sepeda ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi, bentuknya praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, memiliki fitur yang sudah dilengkapi dengan kotak kunci pas. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

7. Sepeda Exotic 602-7-8

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-7

Harga : Rp 385.000

Dilengkapi dengan musik dan lampu warna-warni

Exotic 602-7-8 merupakan sepeda yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun. Jenisnya unisex, memiliki keranjang musik serta lampu warna-warni yang menarik. Cocok digunakan sebagai hadiah untuk anak di hari spesial mereka.

Selain itu, sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaman badan, tatakan kaki yang bisa dilipat, serta jok dan sandaran yang empuk. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

6. Sepeda Pacific LMX-805

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-6

Harga : Rp 390.000

Bisa dilipat dan mudah dibawa kemana-mana



Pacific LMX-805 bisa digunakan untuk anak Anda yang berusia 3 tahun. Desainnya unik, mudah digunakan, dan cocok digunakan sebagai hadiah yang menarik untuk anak Anda.

Selain itu, sepeda ini memiliki bobot yang ringan, bisa dilipat dan mudah dibawa kemana-mana. Bagian rangka terbuat dari besi yang kuat, ban dari bahan karet serta memiliki tempat duduk yang empuk. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Sepeda Land Rover Tricycle

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3

Harga : Rp 1.519.000

Desain modern dan kekinian

Sepeda Land Rover Tricycle ini berukuran 10 inci dan mampu menahan berat hingga 45 kg. Cocok digunakan untuk anak usia 3 tahun keatas. Selain itu, desain kekinian yang pas dijadikan hadiah untuk anak Anda di rumah.

Menariknya lagi, sepeda ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi, bentuknya praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, Land Rover Tricycle sudah dilengkapi dengan kotak kunci pas. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. Sepeda Alfrex Arava

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-4

Harga : Rp 300.000

Pilihan warnanya banyak dan menarik

Sepeda roda tiga Alfrex Arava ini termasuk jenis sepeda BMX. Memiliki roda ban pejal dari bahan karet yang nyaman dipakai, serta terdapat pengaturan jarak pada bagian sadel ke setang sehingga memudahkan untuk menemukan posisi yang tepat sesuai yang anak inginkan.



Alfrex Arava juga dilengkapi dengan sandaran, spakbor, serta tameng di bagian depan sepeda dengan bentuk yang unik dan lucu. Cocok dijadikan hadiah untuk anak Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

3. Sepeda YOE YOE

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-3

Harga : Rp 250.000

Nyaman dan aman dipakai anak-anak

Sepeda dari YOE YOE ini cocok dipakai untuk anak yang baru belajar bermain sepeda. Karena memiliki besi pengaman dan tongkat pendorong yang memudahkan Anda saat mengajarkan anak bersepeda.

Menariknya, tongkat tersebut dapat dilepas jika nantinya sudah tidak diperlukan lagi. Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan sandaran dan pijakan kaki yang nyaman, serta ban karet yang awet dan padat.

Belum lagi frame besi-nya yang kuat dan kokoh, serta sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

2. Sepeda GEKO 5 in 1 Compact Folding Trike

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-2

Harga : Rp 1.120.000

Multifungsi dan memudahkan anak belajar sepeda secara bertahap

Sepeda dari GEKO ini merupakan sepeda roda tiga yang bisa bertransisi menjadi sepeda roda dua. Secara keseluruhan Anda bisa mengubah sepeda ini menjadi push trike, tricycle, balance trike, bicycle, dan balance bike.



Dengan fungsi tersebut, tentu anak lebih mudah belajar bersepeda secara bertahap dan dapat membangun kepercayaan diri anak Anda. Selain itu, sepeda ini juga cocok dijadikan hadiah di hari spesial anak.

Adapun untuk fitur lainnya, sepeda ini memiliki roda soft ride wheel yang nyaman digunakan di berbagai permukaan jalan. Lalu lebih mudah dan cepat ketika Anda ingin melipatnya, praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.

1. Sepeda Anak Roda Tiga PMB

foto-rekomendasi-sepeda-roda-tiga-untuk-hadiah-anak-usia-3-tahun-1

Harga : Rp 338.000

Desain fun, aman dan nyaman dipakai anak-anak

Sepeda roda tiga yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi ini berasal dari brand PMB. Memiliki desain fun dan cute yang pastinya anak-anak akan menyukainya saat Anda memilih sepeda ini untuk dijadikan hadiah.

Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan sandaran dan pedal yang nyaman, serta keranjang dengan bentuk unik dan lucu. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepeda roda tiga ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepeda roda tiga untuk anak usia 3 tahun, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti ukuran, pedal, ban dan pelek, keamanan serta modelnya.
  • Selain itu, pastikan anak Anda menyukainya dengan cara memilih sepeda roda tiga yang tepat dan sesuai dengan selera mereka.
  • Anda bisa memilih sepeda GEKO 5 in 1 Compact Folding Trike, karena multifungsi, nyaman dipakai dan memudahkan anak saat ingin berlatih sepeda secara bertahap.
  • Namun, jika Anda yang ingin membelikan sepeda yang bisa dilipat dengan desain yang modern dan kekinian, Anda bisa memilih sepeda roda tiga dari Pacific.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin mendapatkan sepeda roda tiga dengan harga terjangkau dan berkualitas, Anda bisa memilih sepeda dari PMB.

Referensi

  1. Kristina Cappetta(2020),Toddler Pedal Power: 12 Best Tricycles for Toddlers,https://www.thebump.com/a/tricycles-for-toddlers
  2. Brittany Spalding (2020), Best Tricycles for Toddlers 2021 https://www.experiencedmommy.com/best-tricycles-toddlers/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kado Mainan Anak Sepeda


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga untuk Hadiah Anak Usia 3 Tahun", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »