Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 June 2021

10 Rekomendasi Senter Kepala yang Bagus untuk Petualangan di Alam Bebas

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Senter Kepala yang Bagus untuk Petualangan di Alam Bebas


Senter kepala adalah salah satu alat yang wajib dibawa saat melakukan aktivitas berpetualang di alam bebas, terutama ketika menyusuri area yang gelap atau minim cahaya. Saat Anda ingin membelinya, pastikan kualitasnya bagus dan berasal dari merek terpercaya.



Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi senter kepala yang bagus untuk petualangan di alam bebas lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai senter kepala dan cara merawatnya.

Manfaat senter kepala saat berpetualang di alam bebas

Petualangan di alam bebas sendiri memang jadi tantangan tersendiri bagi yang melakukannya. Agar momen petualangan Anda makin berkesan, pastikan untuk membawa peralatan outdoor yang lengkap.

Memang senter kepala tidak akan diperlukan pada perjalanan di siang hari atau untuk rute perjalanan yang singkat. Namun, bila Anda ingin menelusuri area yang gelap dan minim cahaya dalam waktu lama, senter kepala menjadi barang wajib yang harus dibawa.

Sebenarnya, akan lebih aman bila Anda tetap menyiapkan barang tersebut walau hanya untuk perjalanan singkat di siang hari. Sebagai jaga-jaga akan kemungkinan yang bisa terjadi di alam bebas.

Ketimbang senter biasa atau smartphone, senter kepala tentu lebih praktis untuk digunakan di alam bebas. Hal ini karena senter kepala telah didesain khusus sehingga bisa disematkan pada bagian tubuh penggunanya, seperti kepala. Jadi, Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Perhatikan tingkat kecerahannya

Poin penting dari alat penerang seperti senter kepala adalah tingkat kecerahan yang dimilikinya. Agar bisa memberikan pencahayaan yang lebih maksimal, disarankan untuk memilih senter kepala dengan tingkat kecerahan tidak kurang dari 50 lumen.

Selain itu, Anda juga bisa memilih produk senter kepala yang telah dibekali fitur untuk mengatur intensitas pencahayaannya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur pencahayaannya di berbagai kondisi penerangan. Bahkan di kondisi tergelap sekalipun.



Periksa tali strap yang digunakan

Strap merupakan bagian penting yang berfungsi untuk mempertahankan posisi senter kepala. Dengan begitu, tangan Anda bisa lebih leluasa karena tidak harus memegangnya terus-menerus.

Agar tidak mudah bergeser, sebaiknya Anda memilih senter kepala yang memiliki strap tebal dan kuat. Disarankan juga untuk memilih strap yang mudah dilepas-pasang dalam berbagai kondisi. Jadi, Anda bisa segera melepas atau memasang tali pengikat tersebut dalam situasi darurat.

Cek ketahanannya

Tidak ada yang bisa menebak apa yang ada di alam bebas. Termasuk dengan medan-medannya. Karena itu, dibutuhkan senter kepala yang memiliki tingkat ketahanan yang baik agar tetap aman digunakan dalam berbagai kondisi, misalnya hujan deras atau tempat berair.

Anda bisa mengetahui tingkat ketahanannya melalui skala nilai IPX (standar internasional), yang terdiri dari IPX1 sampai IPX8.

Semakin tinggi nilainya, tingkat ketahanannya pun makin baik. Namun, tidak semua produk melampirkan detail mengenai nilai IPX ini. Kalau produk yang diinginkan tidak mencatutkan nilai IPX, Anda bisa bertanya langsung pada penjualnya.

Pertimbangkan fitur tambahannya

Agar bisa memberi fungsi yang lebih maksimal, produsen biasa memberi fitur tambahan pada produk senter kepalanya. Fitur tambahan yang sering dimasukkan adalah red light dan blinking mode (mode kedip).

Red light berfungsi untuk merangsang pupil mata seseorang sehingga dapat membantu penglihatan di kala gelap. Cahaya yang dihasilkan pun tidak akan mengganggu pandangan orang lain.

Sementara blinking mode dipakai sebagai pemberi tanda kepada orang lain. Biasanya diperuntukkan untuk jaga-jaga apabila ada yang terpisah dari rombongan perjalanan.



Cara merawat senter kepala agar lebih awet

Agar senter kepala tidak mudah rusak dan bisa digunakan berpetualang dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat senter kepala, antara lain:

  • Meski memiliki ketahanan yang baik, sebaiknya hindari kemungkinan senter kepala terjatuh atau terbentur saat sedang melakukan penelusuran. Benturan yang terlalu sering dan kuat bisa memicu kerusakan pada senter kepala.
  • Letakkan wadah berisi senter kepala di tempat yang kering dan tidak lembab. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya jamur, terutama di bagian strap yang mudah lembap.
  • Apabila senter kepala sudah tidak dipakai, segera lepas bagian kepala dan strap-nya agar bisa dibersihkan. Terutama bila Anda menggunakan strap yang terbuat dari bahan karet. Bahan tersebut lebih mudah lembap ketika dipakai berpetualang.
  • Setelah dibersihkan, simpanlah senter kepala pada wadah tertutup, misalnya kontainer plastik.
  • Kalau sudah selesai dipakai, matikan lampu dari senter kepala tersebut. Dengan begitu, pemakaian dayanya bisa lebih hemat.
  • Walau sedang tidak digunakan, jangan biarkan senter kepala Anda mati total karena kehabisan daya. Selalu isi ulang atau ganti baterainya secara berkala agar dayanya tetap terisi penuh ketika hendak digunakan mendadak.

10 Rekomendasi senter kepala yang bagus untuk petualangan di alam bebas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang senter kepala, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 senter kepala yang bagus untuk petualangan di alam bebas berikut ini.

10. Eiger Horagalles Headlamp

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-10

Harga : Rp 129.000

Mengikuti gerakan pengunanya

Urusan perlengkapan aktivitas outdoor, seperti senter kepala, Eiger memang masih jadi juaranya. Brand asal Indonesia ini telah merilis banyak produk senter kepala dengan kualitas terbaik. Salah satu yang harus Anda coba adalah Eiger Horagalles.

Produk ini bisa jadi solusi bagi Anda yang hendak mendaki gunung, susur gua, atau sekadar berkemah santai.Senter kepala ini siap mengikuti pergerakan aktif Anda dengan lampu yang dapat dimiringkan hingga 90 derajat.

Tersedia juga lima fungsi pencahayaan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitas Anda, yaitu 4 LED, 8 LED, 14 LED, serta 14 LED Flashing/Off. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli senter kepala ini di Shopee.



9. Kawachi LY510A 10W

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-9

Harga : Rp138.000

Dibekali fitur music via Bluetooth

Kawachi termasuk salah satu produsen peralatan elektronik yang cukup banyak dicari. Dari beragam jenis senter kepala dari Kawachi, produk ini wajib masuk dalam list Anda.

Senter kepala ini hadir dengan fitur musik yang bisa disambungkan ke ponsel melalui koneksi Bluetooth. Sangat cocok bila Anda ingin berpetualang dengan santai di alam bebas.

Bukan hanya itu, ada juga baterai dengan kekuatan 2000 mAh yang bisa bertahan hingga 14 jam pemakaian. Tipe pencahayannya ada tiga, yakni pencahayaan yang super terang, normal serta kedip-kedip yang bisa Anda gunakan untuk situasi darurat atau sejenisnya.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Headlamp Consina Micro LED

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-8

Harga : Rp 55.000

Jarak jatuh cahayanya sampai 10 meter



Untuk berpetualang di dunia luar yang tidak umum dijamah, peralatan pendukung yang praktis dan mumpuni menjadi barang wajib. Senter kepala jenis Micro LED yang dimiliki Consina ini memenuhi semua kriteria tersebut. Harganya pun masih cukup terjangkau.

Ukurannya yang mini dengan berat hanya 21 gram, membuat senter kepala ini praktis dibawa dan diselipkan. Meski hanya terdapat dua tipe pencahayaan, yaitu cahaya super terang dan cahaya redup, tapi jarak jatuh cahayanya bisa sampai 10 meter.

Selain itu, produk ini memiliki ketahanan terhadap air.Dengan skor IPX4, senter kepala ini memiliki ketahanan cipratan air dari arah manapun. Anda bisa membeli senter kepala ini di Shopee.

7.Fenix HM65R-T Trail Running Headlamp LED

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-7

Harga : Rp2.266.700

Aktivitas lebih maksimal dengan bobot minimal

Selain mumpuni dan tahan banting, perangkat aktivitas outdoor juga mesti nyaman digunakan supaya tidak mengganggu. Senter kepala Fenix HM65R-T ini dibuat dengan mode headband yang berongga sehingga nyaman dikenakan saat beraktivitas berat di luar ruangan.

Bagian lampunya juga dibuat dari bahan magnesium yang ringan sehingga cocok dipakai untuk Anda yang gemar lari lintas alam atau trail running.



Dilengkapi dengan dua mode pencahayaan, spotlight dan floodlight. Keduanya dioperasikan dengan dua sakelar terpisah untuk maksimalkan jelajah alam Anda dengan cepat.

Model senter kepala ini juga dirancang sedemikian rupa agar bisa dioperasikan dengan satu tangan, memudahkan Anda untuk lebih fokus pada kegiatan penjelajahan Anda. Pengisian daya juga mendukung fast charging. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli senter kepala ini di Shopee.

6. Arei Headlamp VS80/L40S + Sensor

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-6

Harga : Rp 199.000

Dengan tiga pengaturan cahaya yang dapat disesuaikan

Harga produk ini memang tidak sampai Rp 200 ribu, namun kemampuan dan ketahanan senter kepala ini tidak boleh diragukan. Dengan lima pencahayaan yaitu spotlight, floodlight, redlight, serta SOS Sensor. Pilihan tepat untuk tiap aktivitas outdoor Anda.

Dari segi ketahanan, senter kepala ini sangat kuat. Bahkan bisa tahan saat dijatuhkan dari ketinggian 1 meter serta di suhu ekstrem antara -15 derajat celcius hingga 55 derajat celcius.

Bukan itu saja, terdapat tiga pengaturan pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda mengeksplor dalam jarak 65 meter dengan ketahanan daya hingga 40 jam. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



5. Fenix HL16 Headlamp Ultralight Yellow

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-5

Harga : Rp420.000

Aman digunakan oleh anak-anak

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada beraktivitas di luar ruangan bersama teman dan anak-anak. Sambil mengenalkan lingkungan baru kepada anak, pastikan perangkat outdoor pilihan Anda tepat dan aman pula untuk anak.

Karena itu, Anda bisa memilih Fenix HL16 bersertifikat CPSIA dan REACH yang sudah dilengkapi dengan kunci pengaman di bagian kompartemen baterai.

Selain itu, senter kepala ramah anak ini memiliki spesifikasi mumpuni untuk beraktivitas di alam liar. Runtime-nya juga masih jadi yang terbaik dengan ketahanan hingga 60 jam. Dilengkapi juga lampu merah untuk mendukung perjalanan di malam hari atau di tempat gelap, serta perlindungan cerdas dari overheat.

Bobotnya yang hanya 55 gram membuatnya jadi makin praktis untuk dibawa bepergian. Anda bisa membeli produk senter kepala ini di Shopee.

4. Eiger Yupiter Headlamp

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-4

Harga : Rp179.000

Tahan akan benturan dan antiselip



Produk senter kepala satu ini wajib masuk daftar belanja Anda yang gemar beraktivitas outdoor menantang di trek ekstrem. Dengan bodinya yang tahan terhadap benturan dan nilai skor waterproof mencapai IPX4, Eiger Yupiter ini siap diajak bertualang tanpa batas!

Tahan banting tidak serta merta membuat daya pencahayaanya jadi berkurang. Senter kepala ini bisa menjangkau jarak hingga 117 meter dan output mencapai 250 lumens.

Semua fitur tersebut ditopang oleh headband yang nyaman dan antiselip. Harganya juga hanya di kisaran 100 ribuan. Anda bisa membeli produk senter kepala ini di Shopee.

3. Head Lamp Phantom

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-3

Harga : Rp 175.000

Desain cantik dengan daya guna ciamik

Bukan hanya mengembangkan segi fungsional saja, brand Arei juga begitu memperhatikan sisi estetika dari produk senter kepalanya. Dengan pilihan warna biru dan merah, cocok untuk yang mau beraktivitas outdoor tapi tetap stylish.

Bahan headband yang elastis juga mendukung gerak-gerak Anda di alam bebas. Karena tidak dibekali dengan baterai, bobot produk ini hanya 60 gram saja.



Produk Phantom ini juga memiliki ketahanan bodi yang patut diacungi jempol. Karena senter ini dapat bertahan di suhu ekstrem mulai dari -15 derajat celcius hingga 55 derajat celcius.

Selain itu tahan akan bantingan dan benturan, bahkan jika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter. Ketahanan lampunya sendiri bisa sampai 40 jam lamanya. Anda bisa membeli senter kepala ini di Shopee.

2. Energizer Vision HD

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-2

Harga : Rp 113.000

Siap dibawa ke lingkungan berair

Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan senter kepala Energizer dengan kualitas daya dan pencahayaannya yang sangat baik. Hadirkan tingkat pencahayaan hingga 350 lumens, produk ini sempurna untuk melalui area gelap manapun. Daya jangkauannya bisa sampai 70 meter dengan ketahanan 6 jam.

Produk ini dilengkapi dengan tujuh mode penerangan. Mulai dari super terang hingga sangat redup. Terdapat pula lampu flash merah yang dapat menyesuaikan apapun kebutuhan dan medan yang Anda lalui.

Material utama bagian lampunya berupa plastik sehingga tidak akan memberatkan pergerakan Anda. Menariknya lagi, senter kepala ini juga berhasil meraih skor IPX4 sehingga sangat siap dibawa Anda ke lingkungan berair. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



1. Fenix HP15 Ultimate Edition Headlamp LED

foto-senter-kepala-yang-bagus-untuk-petualangan-di-alam-bebas-1

Harga : Rp 1.090.000

Kemampuan miringnya mencapai 60 derajat

Dengan harga 1 jutaan, tentunya kualitas pencahayaan dan bodi tidak main-main. Output-nya bisa mencapai angka 900 lumens dalam mode burst yang bisa diatur hanya dengan satu tombol.

Anda bisa eksplorasi lingkungan gelap mana pun tanpa batas. Senter kepala ini juga bisa menyesuaikan pergerakan Anda dengan kemampuan miring sampai 60 derajat.

Soal tampilan pun menjanjikan. Konstruksi headband kokoh dengan lampu senter kompleks namun mudah dioperasikan. Jarak jatuh cahaya maksimal bisa sampai 178 meter dan dapat bertahan selama 30 detik.

Produk ini juga telah dilengkapi fungsi penguncian untuk mencegah keluarnya cahaya dari aktivitas yang tidak disengaja. Untuk menyalakannya, dibutuhkan 4 buah batu baterai tipe AA. Anda bisa membeli senter kepala ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli senter kepala, sebaiknya Anda mempertimbangkan tingkat pencahayaan, strap, ketahanan, serta fitur tambahannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar senter kepala lebih awet dan bisa digunakan untuk berpetualang dalam waktu lama.
  • Anda bisa memilih Kawachi LY510A 10W, karena senter kepala ini dilengkapi dengan fitur musik.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin senter kepala dengan kualitas tahan benturan dan antiselip, Anda bisa memilih Eiger Yupiter Headlamp.
  • Namun, jika Anda ingin senter kepala yang bisa dibawa ke lingkungan berair, maka Anda bisa memilih Energizer Vision HD.

Referensi

1. MEC (2021), How To Choose A Headlamp, https://www.mec.ca/en/explore/how-to-choose-a-headlamp
2. Go Camping Australia (2021), How To Choose A Headlamp For Camping, https://www.gocampingaustralia.com/choosing-a-headlamp.html





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Adventure Senter


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Senter Kepala yang Bagus untuk Petualangan di Alam Bebas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »