Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


2 August 2020

10 Rekomendasi SD Card Kapasitas Besar dan Awet

By Cekresi .com
10 Rekomendasi SD Card Kapasitas Besar dan Awet


Data merupakan sekumpulan informasi akan sesuatu. Biasanya data berisi informasi seputar pekerjaan hingga berbagai kenangan indah. Agar tidak mudah hilang, orang akan menyimpan data tersebut di suatu benda, seperti SD Card.



SD Card banyak dipilih karena bentuknya yang kecil namun memiliki kapasitas yang tidak sedikit. Selain itu, SD Card juga dapat digunakan pada media mana saja. Mulai dari handphone hingga kamera.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi SD Card dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai SD Card beserta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik SD Card

Secara umum, SD Card memiliki tiga jenis. Pertama, SDSC yang mempunyai kapasitas hingga 4 GB. Kedua, SDHC yang memiliki kapasitas hingga 32 GB. Ketiga, SDXC yang dapat menyimpan data hingga 2 TB.

Selain digunakan untuk menyimpan memori indah, SD Card juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai hasil pekerjaan penting. Hal ini tidak lepas dari karakter SD Card yang memiliki kapasitas dan ketahanan besar sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih SDHC. Karena jenis ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data berukuran besar. Namun untuk Anda yang hanya ingin menyimpan data dalam jumlah sedikit, SDSC bisa menjadi pilihan Anda.

Oleh karena itu, saat Anda memilih SD Card perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah SD Card hanya akan digunakan sekadar untuk menyimpan foto-foto lama, atau sekaligus menyimpan hasil pekerjaan.

Pilih kapasitas yang sesuai

Setiap SD Card memiliki berbagai kapasitas dan ukuran sesuai dengan kebutuhan pemakainya.Kapasitas yang tersedia bervariasi. Mulai dari yang kapasitasnya kecil, sekitar 2 GB hingga yang kapasitasnya besar hingga 2 TB.



Pemilihan kapasitas ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari Anda sebagai penggunanya. Bila hanya digunakan untuk menyimpan data yang tidak banyak, sebaiknya gunakan SD Card berkapasitas tidak terlalu besar. Begitu pula sebaliknya.

Perhatikan mereknya

Data yang disimpan pada SD Card merupakan informasi dan memori yang penting. Di mana keseluruhannya harus benar-benar terjaga agar tidak mudah hilang atau rusak karena masalah data corrupt atau sebagainya.

Sebaiknya Anda memilih merek yang memang benar-benar sudah dipercaya oleh banyak orang. Karena merek ternama biasanya memiliki garansi dan akses pemulihan data yang akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan aman saat menyimpan data penting.

Perhatikan kecepatannya

Kecepatan yang dimaksud di sini adalah seberapa cepat SD Card tersebut dalam menerima dan mengirim data dari dan ke perangkat lain. Semakin baik kecepatannya, semakin cepat pula pengelolaan data pada perangkat Anda.

Ada beberapa tingkat kecepatan pada SD Card yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Class 2 hingga Class 10 yang dapat digunakan untuk video berkualitas full HD!

Jangan tergiur harga murah

Besarnya minat masyarakat akan penggunaan SD Card membuat beberapa pedagang nakal menawarkan SD Card berkapasitas besar dengan harga murah. Padahal SD Card yang dijual tersebut bisa dibilang tidak layak untuk digunakan.

Akibatnya, data-data yang tersimpan pada SD Card tersebut akan mudah korup dan hilang. Sebaiknya Anda membeli langsung pada official store dari merek SD Card tersebut. Dengan begitu, kualitasnya akan lebih terjamin.



Cara merawat SD Card agar lebih awet

Agar SD Card Anda tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat SD Card:

  • Selalu perhatikan kapasitas memori yang tersedia. Sebaiknya Anda tidak membiarkan SD Card terisi penuh 100%. Sisakan ruang kosong setidaknya 10%-20% dari kapasitas yang ada.
  • Jangan terlalu sering memindahkan SD Card dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Hal ini dapat memicu munculnya goresan pada plat kuning di SD Card tersebut. Sebaiknya gunakan kabel USB untuk memindahkan data atau lakukan via online.
  • Untuk mencegah munculnya virus pada SD Card, lakukanlah format berkala pada SD Card tersebut. Tidak perlu terlalu sering. Bisa dilakukan tiap dua bulan sekali atau pada waktu yang dianggap tepat. Sebelum Anda melakukan format pada SD Card, jangan lupa untuk memindahkan data-data penting tersebut ke perangkat lain agar tetap aman.
  • Jangan menyimpan SD Card sembarangan. Karena hal ini dapat menimbulkan goresan atau membuat SD Card menjadi patah. Sebaiknya Anda menyimpan di wadah khusus.
  • Layaknya memilih SD Card, dalam memilih card reader pun tidak bisa sembarangan. Harus yang benar-benar berkualitas. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya corrupt pada data yang disimpan.
  • Jangan sekali-kali menyambungkan SD Card pada perangkat yang tidak memiliki anti virus. Karena dapat menyebabkan data anda menghilang. Selalu lakukan scanning anti virus saat akan menyambungkan SD Card pada perangkat apapun.

10 Rekomendasi SD Card berkapasitas besar dan awet

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang SD Card lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi SD Card berkapasitas besar dan awet dari berbagai merek berikut ini:

10. SD Card 32 GB Class 10 WStor

sd_card_32_gb_class_10_wstor

Harga : Rp 161.000

Merek lokal dengan kualitas terbaik

Apa Anda merupakan penggemar produk lokal asli Indonesia? Kalau begitu produk dari merek W-Stor ini bisa menjadi pilihan Anda. W-Stor merupakan brand asli Indonesia yang terkenal dengan berbagai produk kartu memorinya.

Salah satunya adalah W-Stor SD Card. Kartu memori ini memiliki bentuk yang menarik serta dijamin memiliki kualitas terbaik. Ya, SD card ini merupakan kelas 10 dengan kapasitas penyimpanan hingga mencapai 32 GB.

W-Stor Stor SD Card memiliki bentuk yang berukuran sama dengan MMC namun dengan kecepatan transfer data yang lebih baik. Terdapat pula switch yang berfungsi sebagai write protected pada SD card ini. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

9. Lexar 64GB Professional 667x UHS-I U3 SDXC Memory Card

lexar_64gb_professional_667x_uhs_i_u3_sdxc_memory_card

Harga : Rp 387.000

Pilihan terbaik untuk video resolusi tinggi



Apa Anda memiliki kegemaran di bidang videografi? Pastinya sering sekali mengambil serta mengedit video dalam resolusi besar seperti Full HD, 3D, hingga 4K kan. Untuk bisa menyimpan sekaligus memindahkan file beresolusi besar, diperlukan kartu memori berkapasitas besar pula.

Anda bisa memilih produk ini sebagai kartu memori untuk kegiatan videografi berkualitas terbaik. SD Card berkapasitas 64 GB memungkinkan Anda untuk merekam video berdurasi cukup panjang.

Kartu memori ini juga memiliki kecepatan membaca hingga 100 Mbps serta memiliki kecepatan penulisan dengan minimum 30 Mbps yang mendukung standar U3. Anda bisa membeli SD Card ini di Shopee.

8. SanDisk 64GB EXTREME U3 90MB/s Class 10 Memory Card [64 GB]

sandisk_64gb_extreme_u3_90mb_s_class_10_memory_card

Harga : Rp 259.000

Dirancang khusus untuk para fotografer profesional

Berbicara tentang SD card, rasanya akan kurang bila tidak membahas merek Sandisk. Siapa yang tidak kenal dengan brand Sandisk? Sepertinya hampir sebagian besar orang menggunakan merek Sandisk sebagai kartu memorinya.

Tidak terkecuali SanDisk 64GB EXTREME U3 90MB/s Class 10 Memory Card [64 GB] ini. Sebuah SD card yang dirancang khusus untuk para fotografer profesional ini memungkinkan Anda untuk mengabadikan berbagai foto dan gambar berdurasi panjang tanpa gangguan.

Dengan kinerjanya yang sangat cepat dan dapat diandalkan, Anda bahkan bisa merekam video berukuran 4K Ultra HD hingga Full HD. Sangat ideal bagi para profesional dan siapapun yang ingin menjadi professional. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.



7. Mediatech SD Card SDHC Memory Card [16 GB/Class 10] 79018

mediatech_card_16_gb_class_10_sdhc

Harga : Rp 117.000

Tahan terhadap air dan debu

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada SD card adalah keberadaan debu yang menempel bila telah digunakan dalam waktu cukup lama. Selain debu, air juga menjadi masalah tersendiri.

SD card yang terkena debu atau air, terutama pada bagian plat kuningnya, akan mempengaruhi kinerja dari kartu memori tersebut. Perihal masalah tersebut, Anda bisa menggunakan Mediatech SD Card ini sebagai solusi.

Kartu memori berkapasitas 16 GB ini dibuat dengan teknologi terbaru yang memungkinkan untuk memaksimalkan waktu respon serta kecepatan baca dan tulis. SD card ini juga memiliki ketahanan pada air dan debu! Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

6. Sandisk Extreme Pro SDCard 64GB

sandisk_extreme_pro_sdcard_64gb

Harga : Rp 306.000

Solusi untuk kamera yang powerful

Sebagai seorang fotografer atau videographer, kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mulai bekerja? Kamera? Sudah pasti. Selain kamera, ada hal yang wajib disiapkan sebelum memulai aktivitas, yaitu SD card.

SD card bisa dikatakan nyawa dari sebuah kamera. Tanpa keberadaan SD card, kamera tidak bisa mengabadikan momen apapun.Kartu memori merek Sandisk ini merupakan sobat terbaik untuk kamera powerful berkualitas terbaik. Karena selain memiliki transfer rate cepat, juga dapat menyimpan video resolusi terbaik tanpa menurunkan kualitasnya. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.



5. ADATA Micro SDHC Memory Card + Adapter

adata_micro_sdhc_memory_cardadapter

Harga : Rp 235.000

Cocok digunakan pada banyak perangkat

Hal yang biasa jadi pertimbangan saat membeli kartu memori adalah kesesuaian kartu tersebut dengan perangkat yang diinginkan. Karena ada SD card yang dibuat khusus untuk perangkat tertentu, seperti kamera.

Bila Anda menginginkan kartu memori yang bisa digunakan pada banyak perangkat, maka MicroSDHC UHS-I Class10 Primer adalah solusinya. Kartu ini cocok digunakan pada perangkat seperti handphone, tablet, dan lainnya.

Dengan kecepatan membaca hingga mencapai 85 MB per detiknya, Anda bisa melakukan transfer data dengan cepat. Selain itu, kartu memori ini juga memiliki rating kenerja Kelas 10.Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

4. V-GEN Turbo Class 10 Memory Card Micro SD [128 GB]

v_gen_turbo_class_10_memory_card_micro_sd_128gb

Harga : Rp 222.000

Kapasitas besar yang dilengkapi dengan transfer rate maksimal

Siapa tidak kenal V-GEN?Merek satu ini terbilang cukup sering lalang-melintang di antara masyarakat yang menggunakan perangkat elektronik seperti handphone. Rasanya semua orang sudah pasti mengenal brand satu ini.

Bila Anda ingin menggunakan produk dari V-GEN dengan kapasitas besar, V-GEN Turbo Class 10 Memory Card Micro SD [128 GB] bisa menjadi pilihan Anda. Dengan kapasitas hingga 128 GB, Anda bisa menyimpan file seperti gambar dan video dalam jumlah banyak.



Selain itu, dengan kecepatan membaca 100 MB/detik dan kecepatan menulis hingga 48 MB/detik, Anda tidak perlu khawatir harus menunggu lama saat ingin memindahkan file beresolusi besar.Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

3. Sandisk Micro SD Memory Card [128 GB/ Class10/ SD Card]

sandisk_micro_sd_128_gb_class10

Harga : Rp 293.000

Memiliki kecepatan membaca yang hampir dua kali lebih besar

Siapa yang sering menggunakan smartphone-nya untuk bermain game atau merekam video? Pastinya sebagian besar pengguna smartphone, terutama anak muda sering melakukannya ya. Untuk mempermudah, biasanya mereka akan menggunakan SD card berkapasitas besar.

Salah satu SD card yang digunakan adalah Sandisk Micro SD Memory Card [128 GB/ Class10/ SD Card].Sesuai namanya, kartu memori ini merupakan kelas 10. Menariknya, kecepatan baca yang dimilikinya hampir dua kali lipat lebih besar dari kelas 10 biasanya!

Dengan begitu, Anda bisa bermain game hingga membuat video berkualitas Full HD dengan baik tanpa menurunkan kualitasnya sama sekali. Terdapat pula adaptor yang dapat digunakan untuk kamera digital. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

2. Toshiba Exceria N203 SDXC UHS-I Class 10 Memory Card [256 GB/ 100MB/s]

toshiba_exceria_n203_sdxc_uhs_i_class_10_memory_card_256_gb_100mb_s

Harga : Rp 720.000

Dilengkapi fitur X-ray prood yang aman dan nyaman digunakan

Toshiba telah lama dikenal sebagai produsen peralatan elektronik kelas dunia yang memiliki kualitas terbaik. Selain membuat berbagai produk elektronik rumah tangga, Toshiba juga membuat produk kartu memori dengan kualitas yang tidak kalah mumpuni.



Perkenalkan, Toshiba Exceria N203 SDXC UHS-I Class 10 Memory Card [256 GB/ 100MB/s]. Seperti namanya, memory card kelas 10 ini memiliki kapasitas hingga mencapai 256 GB!

Meski kapasitasnya besar, SD card ini memiliki kecepatan membaca hingga 100 MB/detik. Selain itu, terdapat pula fitur X-ray proof yang membuat kartu memori ini aman digunakan. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

1. Transcend SD Card 300S [480GB]

transcend_sd_card_300s_480gb

Harga : Rp 1.220.000

Sangat ideal untuk kamera beresolusi 4K

Semakin hari, kebutuhan manusia akan penyimpanan data semakin bertambah. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mengabadikan momen dalam resolusi tinggi.

Hal itu yang membuat berbagai merek mulai saling berlomba membuat produk SD card berkapasitas besar dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah Trascend dengan Transcend 300S SDXC Memory Card-nya.

Sesuai namanya, kartu memori UHS03 ini memiliki kapasitas mencapai 480 GB dengan kecepatan UHS kelas 3 serta UHS Video Speed Class 30. Sangat cocok untuk mengambil video beresolusi 4K. Anda bisa membeli SD card ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli SD Card sebaiknya Anda mempertimbangkan kapasitas, merek, kecepatan, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar SD Card Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Transcend 300S SDXC Memory Card, karena memiliki kapasitas yang besar.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin SD Card yang aman digunakan, Anda bisa memilih Toshiba Exceria N203 SDXC UHS-I Class 10 Memory Card [256 GB/ 100MB/s]
  • Namun, jika Anda ingin SD card merek lokal berkualitas terbaik, maka Anda bisa memilih W-Stor SD Card

Referensi

  1. Sandisk (2020), SD/SDHC/SDXC Specifications and Compatibility, https://kb.sandisk.com/app/answers/detail/a_id/2520/~/sd%2Fsdhc%2Fsdxc-specifications-and-compatibility
  2. Toms Guide (2016), How To Choose The Best SD Card For Your Android Phone, https://forums.tomsguide.com/faq/how-to-choose-the-best-sd-card-for-your-android-phone.105829/
  3. Merdeka (2019), 10 Cara Merawat Micro SD Agar Tidak Cepat Rusak, https://www.merdeka.com/teknologi/10-cara-merawat-micro-sd-agar-tidak-cepat-rusak.html





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait





1 comment




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi SD Card Kapasitas Besar dan Awet", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »