Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 April 2021

10 Rekomendasi Roti Tawar Terbaik yang Lembut dan Enak

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Roti Tawar Terbaik yang Lembut dan Enak


Roti tawar merupakan jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat di seluruh dunia. Di beberapa negara, roti tawar biasa dijadikan sebagai menu makanan utama. Sementara masyarakat Indonesia lebih sering mengonsumsi roti tawar untuk menu sarapan atau sekadar camilan.



Penamaan roti tawar ini diberikan mengacu pada rasanya.Ya, umumnya roti ini memang memiliki rasa yang tawar. Namun, perpaduan rasa tawar dengan tekstur yang lembut membuatnya mudah diolah jadi berbagai hidangan enak.

Karena itulah beberapa toko roti tidak hanya menjual roti ini dalam bentukan biasa saja, tetapi juga olahan roti tawar yang unik. Salah satu olahan roti tawar yang banyak disukai adalah puding roti tawar. Hidangan ini sangat mudah dibuat. Anda bisa mencari resep pudding roti tawar melalui internet.

Selembar roti tawar sudah cukup untuk dijadikan amunisi dalam mengisi energi di pagi hari. Jadi, bagi Anda yang tidak bisa menyantap nasi sebagai sarapan, roti tawar bisa jadi solusi agar tetap bertenaga untuk menjalani aktivitas sebelum masuk jam makan siang.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi roti tawar terbaik yang lembut dan enak lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai roti tawar dan cara penyimpanannya.

Mengenal jenis-jenis roti tawar

Berikut beberapa jenis roti tawar yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  • White bread

Jenis roti tawar ini jadi yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Teksturnya yang lembut membuatnya cocok diolah dalam berbagai cara, baik dipanggang atau sekadar ditangkup.

Biasanya white bread juga diberi tambahan selai atau mesis untuk memberikan tambahan rasa yang lezat.

  • Roti gandum

Sekilas, bentuk roti ini mirip dengan white bread. Keduanya pun sama-sama menjadi varian roti tawar yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Bahan utamanya menggunakan gandum utuh sehingga tekstur roti ini jadi agak kasar dan warnanya pun lebih gelap.

Karena itu, roti gandum sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Tetapi sebaiknya roti ini tidak dipanggang karena sifatnya yang mudah gosong.



  • Multigrain

Sesuai namanya, roti tawar ini menggunakan berbagai jenis biji-bijian sebagai bahan utamanya. Sebut saja barley, flax, oats, dan milet.

Roti tawar multigrain sangat sehat dan cocok bagi pengidap masalah jantung atau diabetes. Untuk mendapat tekstur renyah yang lebih lezat, Anda bisa mengoleskan madu atau selai kemudian memanggangnya.

  • Brioche

Jenis roti tawar ini dibuat menggunakan campuran mentega dan telur. Meski terlihat seperti roti biasa, roti tawar khas Prancis ini memiliki rasa yang ringan serta tekstur yang cukup padat.

Brioche sangat cocok bila dijadikan menu roti panggang dengan isian-isian manis, seperti selai atau madu.

  • Sourdough

Menemukan roti tawar ini tidak begitu sulit karena sudah mulai banyak toko roti yang menjualnya. Karena terbuat dari hasil fermentasi air dan telur, roti ini memiliki bentukan yang unik.

Sourdough memiliki tekstur kenyal dan terlihat banyak rongga di bagian dalamnya ketika disobek. Disarankan memilih roti dengan tepian yang tidak terlalu renyah untuk mendapat sourdough dengan kualitas terbaik.

Perhatikan bahan dan kandungan roti tawar yang akan Anda beli

Ada berbagai jenis roti tawar yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Sebelum memutuskan membeli salah satunya, sebaiknya pastikan kalau Anda tidak memiliki alergi dari bahan-bahan yang digunakannya.

Selain itu, perhatikan komposisi dari bahan tersebut, apalagi jika Anda sedang melakukan program diet. Sangat disarankan untuk pelaku diet mengonsumsi roti tawar yang terbuat dari bahan gandum, karena selain banyak seratnya, kadar gulanya juga sedikit, dan pastinya memberikan rasa kenyang yang lebih lama.



Adonan roti memang sering ditambahkan gula dengan tujuan untuk memberi rasa yang sedikit manis pada roti tersebut. Biasanya takaran gula yang diberikan tidak begitu banyak. Namun, tentu dapat memengaruhi konsumsi gula harian Anda.

Untuk itu, Anda bisa mengecek label dari kemasan roti tawar. Label roti tawar biasanya berisi bahan komposisi yang terdapat pada roti tawar. Selain kandungan gula, ada juga informasi mengenai protein, vitamin, dan mineral yang bisa Anda pertimbangkan.

Perhatikan tanggal kedaluwarsanya

Umumnya, roti tawar tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, Anda wajib mengecek masa kedaluwarsa roti sebelum membelinya.

Sebaiknya Anda memilih roti tawar yang tanggal kedaluwarsanya masih lama. Sehingga lebih aman dan tentunya tidak membuat Anda terburu-buru saat mengonsumsinya.

Pilih yang kandungan seratnya tinggi

Bila Anda menjadikan roti tawar sebagai menu sarapan, sangat disarankan memilih yang kandungan seratnya tinggi. Tujuannya untuk memberi efek kenyang cukup lama sebelum memasuki waktu makan siang. Kandungan serat yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan usus Anda.

Perhatikan teksturnya

Umumnya, roti tawar memiliki tekstur padat dan penuh serat. Ada juga roti tawar yang lembut dan empuk karena diberi tambahan beberapa bahan yang membuatnya dapat mengembang.

Untuk mengecek tekstur roti, Anda bisa menekan-nekan roti tawar secara perlahan. Ingat, secara perlahan. Jangan sampai Anda merusak roti tawar yang tidak akan dibeli.



Cara menyimpan roti tawar agar lebih awet dan tidak mudah berjamur

Agar roti tawar tidak mudah rusak dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan roti tawar:

  • Simpan roti tawar dalam wadah tertutup, misalnya bungkus plastik, kertas, atau alumunium foil.
  • Kalau Anda ingin menyimpan roti tawar hingga seminggu kedepan, simpanlah roti tawar di freezer. Tapi sebelumnya, pastikan Anda membungkusnya terlebih dahulu dengan kantong plastik (sebaiknya ziplock) agar bau makanan lain tidak terserap ke roti.
  • Sebaiknya jangan letakkan di dalam kulkas yang suhunya tidak dingin. Karena proses pembekuan yang terjadi setengah-setengah justru akan membuat roti jadi lebih cepat rusak.
  • Bila Anda ingin menyimpan roti di suhu ruangan, letakkanlah di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Cara ini bisa memperpanjang ketahanan dari roti tawar sampai dua hari.
  • Jangan membuka kemasan roti tawar kalau tidak ingin mengonsumsinya dalam waktu singkat. Kalau terlanjur membukanya, pastikan Anda menutup kembali kemasannya rapat-rapat untuk menjaga kualitas roti.

10 Rekomendasi roti tawar terbaik yang lembut dan enak

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang roti tawar lengkap dengan cara penyimpanannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi roti tawar terbaik yang lembut dan enak berbagai merek berikut ini.

10. Sari Roti – Roti Tawar Pandan

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-10

Harga : Rp 14.000

Harumnya pandan yang khas dan menggugah selera

Pandan seringkali dijadikan sebagai bahan tambahan pada berbagai olahan makanan, salah satunya roti tawar.

Aromanya yang harum memberikan cita rasa yang khas dan menggoda selera. Sari Roti Tawar Pandan ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin merasakan roti tawar dengan cita rasa berbeda.

Produk Sari Roti ini memiliki warna hijau khas pandan yang cantik dan menggugah selera. Selain itu, karena diberi perisa pandan pada adonannya sehingga memberikan aroma pandan yang bikin Anda ingin cepat-cepat menyantapnya. Anda bisa membelinya di Shopee.

9. The Living Bread Sourdough

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-09

Harga : Rp 30.000

Terbuat dari 100% ragi alami

Punya masalah pada pencernaan, seperti maag? Roti Sourdough ini sangat disarankan untuk Anda coba. Produk ini terbuat dari bahan 100% ragi alami yang dibuat homemade sehingga tidak mengandung unsur kimiawi di dalamnya.



Walau sangat disarankan untuk Anda yang mengidap penyakit lambung, roti ini kurang cocok bagi yang memiliki alergi gluten. Karena roti sourdough ini masih memiliki kandungan gluten meski tidak begitu banyak. Anda bisa membelinya di Shopee.

8. Garmelia Roti Tawar Kupas

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-08

Harga : Rp 13.500

Tanpa bagian pinggiran yang keras

Beberapa orang biasanya tidak menyukai bagian pinggiran yang keras pada roti. Akibatnya, perlu kerja ekstra untuk menghilangkan bagian tersebut agar bisa menyantap roti dengan nyaman.

Sekarang, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengupas bagian kulit luarnya. Anda bisa langsung mengonsumsi bagian roti yang empuk dan lembut dengan tambahan toping lezat. Namun, sebaiknya roti ini tidak dipanggang karena mudah kering. Anda bisa membelinya di Shopee.

7. Yamazaki Roti Tawar Funwari White Soft

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-07

Harga : Rp12.500

Lembut hingga ke bagian kulit luarnya

Menyantap setangkup roti yang lembut dengan isian selai buah-buahan yang manis tentu jadi menu sarapan yang lezat dan mengenyangkan bukan. Apalagi kalau menggunakan roti tawar Yamazaki ini.

Yamazaki Roti Tawar White Soft memiliki tekstur yang amat lembut, bahkan hingga ke bagian kulit luarnya. Saking lembutnya, roti ini pun cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Anda bisa membelinya di Shopee.



6. Diana Roti Tawar Pandan Kupas

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-06

Harga : Rp 15.000

Perpaduan sensasi empuk dengan cita rasa pandan yang khas

Anak-anak biasanya tidak menyukai bagian pinggir roti yang keras. Tapi, tentu sulit kalau harus mengupas bagian pinggiran roti di pagi hari yang super sibuk. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba produk roti tawar kupas dari Diana Bakery ini.

Roti tawar kupas ini juga menggunakan campuran pasta pandan pada adonannya. Selain memiliki tekstur lembut dan empuk, roti tawar ini juga punya cita rasa dan aroma pandan yang khas. Pastinya bisa jadi menu sarapan favorit si kecil. Anda bisa membelinya di Tokopedia.

5. Roti Tawar Ubi

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-05

Harga : Rp 35.000

Tidak memakai gula dan pengawet, aman dikonsumsi!

Anda suka mencoba hal-hal yang baru? Kalau begitu, produk roti tawar ubi ini wajib masuk dalam list Anda. Seperti namanya, roti tawar ini menggunakan ubi sebagai bahan tambahan dalam adonannya.

Karena menggunakan jenis ubi madu, rasanya pun jadi lebih manis. Jadi roti tawar ini tidak menggunakan gula sebagai bahan pemanisnya ya. Tidak hanya itu, roti ubi ini tidak memakai bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi dari berbagai usia.

4. Sari Roti – Roti Tawar Gandum

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-04



Harga : Rp18.000

Siapkan menu sandwich yang lezat dan sehat

Tidak hanya lezat, menu sarapan juga harus menyehatkan. Contohnya sandwich roti gandum dari Sari Roti yang diisi dengan sayuran dan daging ham. Roti gandum dipilih karena memiliki kepadatan yang sangat baik.

Tidak perlu khawatir dengan teksturnya yang kasar, roti gandum ini tetap terasa lembut saat dikunyah. Jadi, walau masih belum terbiasa dengan tekstur roti gandum, Anda pasti akan langsung ketagihan untuk memakan roti ini. Anda bisa membelinya di Shopee.

3. Barby’s – Premium Wholemeal Loaf

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-03

Harga : Rp 25.000

Hasilkan olahan garlic bread kekinian dari rumah

Apa Anda suka dengan garlic bread? Olahan roti tawar kekinian tersebut tengah jadi tren di kalangan anak muda. Daripada terus membeli, bagaimana kalau coba membuatnya sendiri di rumah? Anda bisa menggunakan produk Premium Wholemeal Loaf dari Barby’s sebagai salah satu bahan utamanya.

Anda bisa menggunakan resep garlic bread yang simpel ala anak kos. Caranya cukup membumbui lembaran roti tawar dari Barby’s yang padat serat dengan bumbu garlic powder. Setelah itu, panggang roti tersebut hingga matang dan garlic bread siap dikonsumsi. Anda bisa membelinya di Shopee.

2. Sari Roti – Roti Tawar Choco Chip

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-02

Harga : Rp 15.500

Dapat dimakan langsung dalam kondisi sibuk

Terkadang, ada kondisi di mana Anda begitu sibuk sampai tidak memiliki waktu untuk mengoles selai cokelat di lembaran roti tawar. Kini, Anda bisa langsung menyantap roti tawar dengan rasa cokelat dengan roti tawar choco chip dari Sari Roti ini.



Roti tawar ini menggunakan campuran bubuk cokelat yang membuat adonannya memiliki warna serupa. Selain itu, terdapat pula taburan choco chip di tiap lembarannya yang memberi rasa manis cokelat yang enak dan lezat. Anda bisa membelinya di Shopee.

1. BreadLife – Cheese Loaf Bread

foto-roti-tawar-terbaik-yang-lembut-dan-enak-01

Harga : Rp 26.900

Sensasi taburan keju untuk camilan yang berkesan

Penggemar keju wajib coba produk roti tawar dari BreadLife ini. Bayangkan saja di tiap lembaran rotinya, Anda bisa menemukan taburan keju asli yang memberikan rasa manis dan gurih.

Menariknya, bagian pinggiran kulit roti ini tidak terasa keras.Justru lembut seperti roti kupas. Anda bisa mencoba kreasikan roti tawar ini dengan berbagai cara. Misalnya diberi olesan selai strawberry atau cokelat kemudian dipanggang. Bisa juga dicemil langsung karena sudah terdapat taburan keju di tiap lembaran rotinya. Anda bisa membelinya di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli roti tawar, sebaiknya Anda mempertimbangkan bahan, masa kedaluwarsa, kandungan gula, kandungan serat, serta teksturnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannya agar roti tawar bisa lebih awet dan tidak mudah berjamur.
  • Anda bisa memilih Yamazaki Roti Tawar White Soft, karena memiliki tekstur lembut hingga ke bagian pinggirannya.
  • Sedangkan untuk Anda yang suka dengan keju, Anda bisa memilih BreadLife – Cheese Loaf Bread.
  • Namun, jika Anda yang ingin membuat olahan roti tawar kekinian seperti garlic bread, maka Anda bisa memilih Barby’s – Premium Wholemeal Loaf.

Referensi

1. Kompas (2010), Roti Tawar Banyak Macamnya, https://lifestyle.kompas.com/read/2010/08/20/16181390/roti.tawar.banyak.macamnya
2. Detik (2020), 7 Tips Memilih Roti Tawar yang Sehat, https://food.detik.com/info-kuliner/d-5280330/7-tips-memilih-roti-tawar-yang-sehat
3. Kompas (2019), 5 Tips Menyimpan Roti Supaya Tahan Lama,https://travel.kompas.com/read/2019/08/08/190700627/5-tips-menyimpan-roti-supaya-tahan-lama?page=all



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Makanan Roti Tawar


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Roti Tawar Terbaik yang Lembut dan Enak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »