Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 October 2021

10 Rekomendasi Robot Vacuum Terbaik Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Saat

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Robot Vacuum Terbaik Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Saat


Robot vacuum menjadi bukti kian canggihnya teknologi. Robot kebersihan ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Karena memiliki program tersendiri yang bisa terjadwal untuk meyapu, menghisap debu,hingga mengepel.



Karena fungsinya beragam dan canggih, jadi tidak heran jika harga robot vacuum ini cukup mahal. Namun, akan sepadan apabila Anda ingin tetap mendapat waktu luang saat di rumah tanpa perlu repot bersih-bersih.

Bagaimana cara kerja robot vacuum?

Melihat robot kebersihan yang mampu menjangkau hampir di setiap sudut rumah memang menyenangkan.

Tahukah Anda bagaimana cara kerjanya? Selain karena sudah memiliki program tersendiri, berikut merupakan beberapa hal unik yang bisa Anda ketahui sebelum membelinya.

• Mengandalkan teknologi infrared

Dua tugas utama dari robot vacuum adalah navigasi dan penyedotan. Untuk teknologi navigasi, yang paling umum adalah IR (inframerah). Teknologi ini memungkinkan robot bisa merasakan objek di lingkungan pemilik.

Robot vacuum bisa memetakan ke memori untuk kemudian menggunakan peta tersebut dalam melakukan pergerakan dan pembersihan yang akurat. Jenis robot vacuum lainnya bahkan juga diintegrasikan dengan kamera hingga kecerdasan buatan atau AI.

• Menggunakan dua jenis sikat

Ada dua jenis sikat di dalam robot vacuum. Masing-masing sikat memiliki fungsi yang berbeda. Jenisnya adalah sikat roller dan spinner.

Kedua sikat dirancang agar bisa mengaduk kotoran dan menarikan ke dalam robot vacuum untuk kemudian disimpan di dalam penampungan sampah. Selain itu, penyedot debu dari robot vacuum ini juga terbilang cukup efektif dalam membersihkan debu.



• Robot vacuum akan lebih banyak diproduksi

Karena fungsi dan kegunaannya yang cukup penting, banyak pihak yang memprediksi bahwa robot vacuum ini akan lebih banyak bermunculan dan dijual bebas di pasaran di masa depan. Unit ini juga diprediksi akan berkembang tidak hanya mampu menyedot debu tetapi juga membersihkan permukaan yang keras.

Bahkan dari segi harga, jika saat ini berada di angka jutaan, bukan tidak mungkin akan bermunculan robot vacuum terbaik dengan harga lebih terjangkau. Sehingga bisa didapatkan oleh setiap kalangan.

Tips memilih robot vacuum terbaik

Meski semua robot vacuum memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghisap dan membersihkan kotoran, tetapi Anda perlu mencermati fitur ataupun kualitas dari robot vacuum itu sendiri.

Berikut ini kami sajikan apa saja yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli robot vacuum, seperti:

• Perhatikan model penghisapan

Pilih model robot vacuum yang bisa mengumpulkan debu halus dari permukaan yang keras. Model robot vacuum terbaik seperti ini akan memberi pembersihan lebih maksimal jika Anda gunakan.

Terutama jika Anda ingin membersihkan permukaan karpet yang lembut dan tetap menjaganya bebas dari debu. Model penghisapan dari robot vacuum menentukan maksimal tidaknya saat Anda menggunakannya untuk membersihkan permukaan tertentu yang bertekstur lembut.

• Cek sistem navigasinya

Robot vacuum terbaik memiliki sensor dan navigasi yang bagus. Jika sensor dan navigasi jelek, robot bisa menabrak dinding atau terjatuh.

Ada dua jenis navigasi utama yaitu laser dan kamera. Untuk penggunaan di rumah, navigasi laser cukup efektif karena bisa mengukur sudut dan jarak rintangan dengan akurasi baik. Sebelum membelinya, cermati navigasi yang digunakan robot vacuum tersebut.



• Perhatikan tingkat kebisingan suaranya

Umumnya, peralatan teknologi selalu mengeluarkan suara ketika digunakan. Jika terlalu bising dikhawatirkan mengganggu.

Saat memilih robot vacuum terbaik, pilih robot yang tidak berdengung. Sehingga saat proses membersihkan rumah, tidak ada suara bising yang mengganggu.

• Pertimbangkan fitur tambahan robot vacuum

Tidak semua robot vacuum memiliki fungsi mengepel. Ada juga yang dilengkapi dengan kemampuan pembersihan sudut dan tepi-tepi rumah yang sulit dijangkau.

Perhatikan fitur tambahan yang dimiliki robot vacuum. Pilih robot yang bisa membedakan antara lantai rumah dan tekstur lainnya termasuk peta dan rute sesuai ruangan yang Anda bersihkan.

• Perhatikan keamanannya

Dari segi keamanan, robot vacuum terbaik harusnya dilengkapi sistem security yang bagus.

Pilih robot vacuum dengan perlindungan bawaan yang bisa bereaksi terhadap gambar yang diambil secara real-time menggunakan kamera tanpa harus ada peyimpanan data yang dikirim ke cloud. Tujuannya adalah agar Anda tidak perlu menghapusnya terlebih dahulu.

• Perhatikan ketahanan baterai

Robot vacuum biasanya digunakan dengan rata-rata waktu satu jam. Tetapi Anda juga bisa memilih durasi hingga tiga jam sesuai dengan pengaturan. Beberapa robot vacuum mampu melakukan pengisian ulang otomatis jika daya yang dimilikinya habis.



Jika pekerjaan rumah atau pembersihan belum selesai, robot vacuum akan melanjutkannya segera setelah daya baterai telah terisi penuh.

• Cek konektivitasnya

Memilih robot vacuum yang memiliki konektivitas dengan aplikasi seluler lebih menguntungkan. Anda bisa memprogram pembersihan melalui smartphone seperti membuat jadwal pembersihan dengan tingkat hisap yang berbeda di tiap ruangan.

Beberapa robot vacuum dilengkapi dengan model peta tersimpan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengakses kamera pada robot vacuum jika pada robot dilengkapi fitur kamera.

Tips menggunakan robot vacuum dengan benar

Jika Anda menggunakan robot vacuum pertama kali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak lain agar pengerjaan jadi maksimal dan penggunaannya tidak akan berisiko.

  • Penggunaan robot vacuum pertama kali bisa Anda amati terlebih dahulu. Terutama di beberapa putaran yang memungkinkan Anda melihat sebaik apa robot vacuum bekerja. Jika terjadi macet, Anda bisa melakukan konfigurasi ruangan agar robot tetap bisa beroperasi saat ditinggal.
  • Rapikan kabel dan tirai agar tidak menghalangi robot vacuum saat beroperasi. Ikat semua tirai sebelum Anda membersihkan ruangan menggunakan vacuum. Pastikan tidak ada barang kecil dan berharga yang ada di lantai agar tidak tersedot.
  • Selain kabel, rapikan kursi bahkan bila perlu letakkan kursi di atas meja dan kumpulkan sampah atau debu di bawah meja agar mudah terhisap robot. Hal ini juga memudahkan robot vacuum untuk memiliki banyak ruang bergerak.
  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan robot vacuum Anda jika sudah menggunakannya. Pembersihan secara teratur menghindarkannya dari kerusakan. Kosongkan tempat sampah dan filter dari debu dan kotoran. Setiap enam bulan sekali, sebaiknya ganti filter dengan yang baru.

10 Rekomendasi robot vacuum terbaik

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membeli robot vacuum terbaik, Anda bisa menemukannya pada rekomendasi yang kami sajikan berikut ini.

10. Canel & Co Robot Vacuum

foto-robot-vacuum-terbaik-10

Harga : Rp 400.000

Robot vacuum terjangkau dengan peran multifungsi

Robot pembersih debu milik Canel & Co memiliki peran yang multifungsi. Terbuat dari material ABS + Electronic component dengan kekuatan 7W. Beberapa fitur yang dimilikinya seperti automaticly move and clean the floor, pengisian daya otomatis ketika baterai habis, perpindahan robot vacuum yang fleksibel.



Dalam satu paket, Anda bisa mendapat 1 robot vacuum Canel & Co, 1 cleaner fabric, 1 power adapter dan 1 user manual. Anda bisa menggunakannya dengan mudah karena buku petunjuk yang berisi lengkap mengenai kelebihan serta bagaimana menggunakannya pertama kali.

9. Umeda Tomo Maru

foto-robot-vacuum-terbaik-9

Harga : Rp 3.590.000

Desain simpel dan manis dengan anti collison dan mopping

Umeda menghadirkan robot vacuum terbaik dengan suction power sebesar 1500. Fitur yang dimlikinya adalah kontrol jarak jauh, Hepa filter, App control dan automatic recharge.

Robot ini juga dilengkapi dengan anti-collison dan mopping. Desain dari robot vacuum ini terbilang menarik dibandingkan yang lain karena memiliki motif bunga.

Ketebalan dari Umeda adalah 7.5 cm, terbilang tipis sehingga bisa menjangkau segala tempat termasuk dibawah lemari. Desain yang simpel dan slim untuk sebuah robot vacuum.

8. Roborock S5 Max

foto-robot-vacuum-terbaik-8

Harga : Rp 5.650.000



Kemampuan membersihkan hingga 20 persen lebih efisien!

Roborock S5 Max memiliki tangki air sebesar 290 ml atau 2x lebih besar dibanding yang lain. Robot vacuum terbaik ini memiliki fitur carpet mode.

Fitur tersebut merupakan fitur otomatis dimana robot vacuum akan menggunakan sedotan turbo jika berada di atas karpet. Membersihkan 20 persen lebih efisien serta mampu menyimpan 3 maps atau peta.

Kelebihan lainnya dari Roborock adalah bisa mengenali rumah bertingkat, mendeteksi tiap kamar, fitur satu klik untuk membersihkan tiap ruangan hingga adanya main brush yang dilepas. Penggunaan robot vacuum ini juga lebih senyap.

7. Kurumi KV 08

foto-robot-vacuum-terbaik-7

Harga : Rp 2.780.000

Dilengkapi dengan Gyro Technology dan remote kontrol

Solusi untuk siapa saja yang ingin menjadikan rumah selalu bersih adalah robot vacuum dari Kurumi. Robot vacuum ini memiliki remote kontrol yang memudahkan pengoperasian.



Adanya Gyro Technology memudahkan robot vacuum dalam memetakan ruangan. Robot juga bisa tersambung ke aplikasi dan mudah dilakukan penjadwalan.

Dalam satu paket box, Anda bisa mendapatkan 1 Kurumi KV 08, remote control, 2 in 1 water tank, 4 side brush, 2 mop cloth, 3 hepa filter, 1 charger dengan charger dock, 1 manual book, kartu garansi dan magnetic stripe.

6. Xiaomi Mijia 1C 2in1

foto-robot-vacuum-terbaik-6

Harga : Rp 2.799.000

Dilengkapi 15 sensor untuk memindai hingga 30.000 per detik

Robot vacuum dari Xiaomi memiliki kecepatan dalam menangkap informasi koordinat. Selain itu juga berkapasitas 600 ml bubuk dan 200 ml air.

Penyedot debu ini mampu menyapu dan mengepel dimana kapasitasnya diperuntukkan bagi permukaan dengan luas 120 meter persegi. Meski tidak ada sistem pemetaan laser tetapi, xiaomi melengkapinya dengan kamera dan 15 sensor untuk memindai hingga 30.000 titik per detik.

Hasil pembersihan dari robot vacuum milik Xiaomi ini terbilang maksimal. Mampu membersihkan tanpa suara bising dan bisa Anda hubungkan ke WiFi dengan menekan tombol yang ada di permukaan robot vacuum.

5. iClebo Arte Robotic Vacuum

foto-robot-vacuum-terbaik-5

Harga : Rp 5.149.000



Fitur vision mapping dan antibacterial filter untuk pembersihan yang maksimal

iClebo merupakan robot vacuum yang diproduksi oleh perusahaan robot terkemuka yaitu Yujin Robot.

Desainnya merupakan gabungan dari teknologi dan seni yang menghasilkan perpaduan warna menarik. iClebo ini bisa secara otomatis melakukan pengisian daya ketika robot vacuum tersebut dalam kondisi low-batt.

Kelebihan lainnya yang dimiliki adalah mampu mendeteksi tangga sehingga tidak perlu khawatir terjatuh. Dilengkapi fitur vision mapping atau camera navigasi dan antibacterial filter. Beberapa sensor yang dimilikinya adalah camera, IR PSD, Gyro, Encoder dan Bumper.

4. Perfin PFRBVC01

foto-robot-vacuum-terbaik-4

Harga : Rp 150.000

Bebas suara bising saat pengerjaan!

Produk Perfin robot vacuum mampu membersihkan lantai dengan fungsi pengumpulan debu. Bebas suara bising serta memiliki cangkang desain yang menarik.

Kapasitas baterainya sebesar 1200 mAh dan daya hisapnya 1800 Pa dengan kemampuan pembersihan atau pengerjaan kurang lebih hingga 60-90 menit.

Dalam satu paket robot vacuum ini, Anda bisa mendapatkan 1 mesin smart vacuum, 2 sapu, 1 kain lap, 1 kabel cas dan 1 sikat PE. Pengoperasiannya cukup mudah dan terdapat garansi di dalamnya.



3. Jallen Gabor IS25

foto-robot-vacuum-terbaik-3

Harga : Rp 124.000

Robot vacuum slim dengan suara senyap 55 db

Jallen Gabor termasuk produk robot vacuum dengan harga terjangkau. Robot pembersih ini merupakan produksi China dengan kemampuan membersihkan debu halus dan kotoran menggunakan sikat.

Waktu pengerjaan atau pembersihan kurang lebih 90 menit dengan pengisian daya sekitar 3 jam menggunakan kabel USB.

Tingkat suara pembersihan atau pengerjaan kurang dari 55 db sehingga terbilang senyap atau tidak bising. Desainnya simpel dan slim dengan varian warna putih dan hitam.

2. iRobot Roomba 675 WiFi

foto-robot-vacuum-terbaik-2

Harga : Rp 6.500.000

Multi surface brushes grab untuk menjangkau seluruh area dalam ruangan

Robot vacuum terbaik berikutnya adalah iRobot Roomba seri 675 WiFi. Suara bising dari robot vacuum ini sebesar 62 db ketika beroperasi. Anda bisa menjadwalkan kapan dilakukan pembersihan melalui handphone.



Beberapa fitur yang dimilikinya adalah bag change indicator, blower, carpet cleaning hingga kemampuan pengerjaan yang maksimal.

Terdapat multi-surface brushes grab yang bisa membersihkan kotoran di tempat yang sempit atau luas sekalipun. Selain itu juga, iRobot Roomba 675 WiFi ini memiliki smart home protocol yang berupa bluetooth dan WiFi.

1. Ecovacs Deebot N8 Pro

foto-robot-vacuum-terbaik-1

Harga : Rp 5.290.000

True detect 3D yang mengesankan dengan kapasitas baterai lebih besar

Ada banyak alasan mengapa Ecovacs Deebot N8 Pro ini menjadi robot vacuum terbaik. Beberapa diantaranya adalah dilengkapi dengan true mapping dimana teknologi ini dikhususkan untuk perencanaan atau pemetaan rute pembersihan.

Memiliki true detect 3D yang bisa mendeteksi objek 3 dimensi dengan lebih akurat serta adanya kapasitas baterai yang besar dan mampu bekerja selama 2 jam.

Ecovacs juga dilengkapi dengan daya hisap 2x lipat serta kemampuan dalam mengadopsi fiber glass berkekuatan tinggi. Fitur lain yang dimilikinya adalah kemampuan turbo vacuum saat berada di atas karpet dan kompatibel dengan auto empty station.

Kesimpulan

  • Robot vacuum merupakan robot kebersihan yang menggunakan teknologi infrared, dua jenis sikat yaitu spinner dan roller.
  • Untuk mendapatkan robot vacuum yang tepat sesuai kebutuhan, perhatikan model penghisapannya, fitur navigasi, suara atau tingkat kebisingan, fitur tambahan, keamanan, ketahanan baterai hingga konektivitas robot vacuum.
  • Saat Anda menggunakan robot vacuum pertama kali, awasi perputaran pertama, rapikan kabel dan tirai saat pengerjaan, rapikan kursi di atas meja dan bersihkan tempat sampah dalam vacuum secara teratur termasuk mengganti filter selama enam bulan sekali.
  • Jika Anda menginginkan robot vacuum dengan kemampuan pengerjaan 20 persen lebih efisien dan mampu menyimpan 3 peta, Anda bisa memilih Roborock S5 Max.
  • Sedangkan untuk keperluan robot vacuum dengan true detect 3D yang mengesankan, daya hisap 2x lipat dan kemampuan mengadopsi fiber glass berkekuatan tinggi, Anda bisa memilih Ecovacs Deebot N8 Pro.

Referensi

  1. Kompas (2021), Mengenal Vacuum Cleaner Robot dan Cara Kerjanya, https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/21/162000176/mengenal-vacuum-cleaner-robot-dan-cara-kerjanya?page-=3
  2. TNW (2020), How to Choose the Best Robotic Vacuum for Your Home, https://thenextweb.com/news/how-choose-best-robotic-vacuum-home-advice/amp
  3. PCMag (2020), 8 Simple Robot Vacuum Tips to Help Keep Your Floors Clean Wthout Lifting a Finger, https://www.pcmag.com/how-to/7-robot-vacuums-tips-to-help-keep-your-home-clean-without-lifting-a-finger





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Vacuum Cleaner


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Robot Vacuum Terbaik Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Saat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »