Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 October 2021

10 Rekomendasi Ring Light Terbaik untuk Para Fotografer

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Ring Light Terbaik untuk Para Fotografer


Ring light merupakan salah satu aksesoris penunjang yang membantu para fotografer untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang bagus. Alat ini mudah ditemukan dan harganya juga bervariasi. Untuk mendapatkan ring light terbaik, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.



Seperti, pilih ukuran yang tepat sesuai kebutuhan. Kemudian, perhatikan suhu warna, daya tahan baterai, hingga biaya perawatan. Agar lebih mudah memahaminya, simak ulasan lengkap terkait ring light berikut ini.

Mengapa fotografer perlu menggunakan ring light?

Pada awalnya, ring light difungsikan sebagai alat penerangan untuk medis. Namun, kini banyak profesi yang membutuhkan alat ini untuk mendukung berbagai aktivitasnya, salah satunya adalah fotografer.

Mengapa demikian? Karena dengan ring light, fotografer bisa mendapatkan tambahan cahaya yang merata sehingga kualitas foto yang dihasilkan lebih bagus dan maksimal. Selain itu, ada beberapa manfaat lain, seperti:

• Memberikan detail foto

Desain dan struktur dari ring light adalah lampu cincin yang menekankan bagaimana detail foto dan video.

Karena bentuk atau desainnya yang melingkar, pengguna bisa mengoperasikan kamera diantara lubang tersebut agar bisa lebih fokus pada detail pemotretan.

• Menghasilkan efek warna lampu

Hasil pemotretan bisa menjadi lebih artistik saat Anda menggunakan ring light terbaik. Hanya dengan mengganti bohlam putih biasa dengan lampu berwarna maka akan memberi efek yang berbeda.

Ring light bisa mendukung teknik pemotretan Anda yang beragam dalam menghasilkan efek yang berbeda.

• Cocok untuk fotografi makro

Dalam melakukan fotografi makro, salah satu yang dibutuhkan adalah hasil yang detail. Fotografi makro dengan bantuan ring light akan memberi pencahayaan yang seimbang dan merata di setiap sisi objek.



Ring light ini juga memungkinkan pengguna membuat foto dan video yang berkualitas tinggi saat melakukan fotografi makro.

Cara memilih ring light terbaik sesuai dengan kebutuhan

Meski terkesan mudah, namun memilih ring light harus dipertimbangkan dengan baik. Terutama jika Anda akan menggunakan ring light ini dalam rentang waktu yang panjang. Berikut beberapa pertimbangan, antara lain:

• Pilih ukuran cincin berdasarkan kebutuhan

Ukuran cincin dari ring light perlu Anda pertimbangkan karena mempengaruhi besaran cahaya yang dihasilkan. Semakin besar ukuran cincin maka semakin besar juga cahaya yang dihasilkan. Anda bisa memilih ring light dengan ukuran cincin sesuai kebutuhan.

Jika penggunaannya untuk fotografi atau dalam bidang videografi maka Anda bisa memilih ring light terbaik untuk profesional.

Sementara jika penggunaannya untuk make-up artist (MUA) atau pribadi, ring light dengan ukuran kecil hingga sedang sudah bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan yang Anda butuhkan.

• Suhu warna yang bisa disesuaikan

Jika Anda ingin mendapat ring light yang bagus untuk fotografer, carilah lampu LED dengan suhu warna yang bisa disesuaikan.

Tidak hanya itu, cermati nilai CRI cahayanya. Semakin alami dan cerah warna yang bisa muncul. Anda bisa mencari yang memiliki nilai 90+ hingga 95+ karena lampu menggunakan LED rendah.

• Leher ring light yang fleksibel

Pilih ring light dengan leher yang bisa diputar, dimana Anda bisa memposisikan cahaya sedikit di atas subjek.

Leher cincin yang bisa diputar ini bisa memudahkan Anda mengatur cahaya yang menyinari subjek. Apalagi jika ring light bisa berputar hingga 90 derajat ke depan atau belakang, tentu Anda bisa memantulkan cahaya dari langit-langit untuk subjek yang berbaring.



• Opsi daya

Ring light yang dilengkapi dengan opsi daya lebih direkomendasikan. Sebab, saat Anda mencolokkan baterai isi ulang ke lampu, maka tidak banyak kabel yang mengganggu.

• Cahaya yang bisa diredupkan

Terkadang beberapa ring light tidak dilengkapi dengan fitur cahaya yang bisa diredupkan, akibatnya penyesuaian tingkat iluminasi dengan cara memindahkan cahaya lebih jauh jaraknya dari subjek. Sehingga penting bagi fotografer untuk mempertimbangkan fitur ini.

Dengan cahaya ring light yang bisa diredupkan, tentu Anda lebih mudah untuk mengontrolnya, sehingga membuat kegiatan fotografi lebih nyaman dan lancar.

• Pertimbangkan biaya perawatannya

Ketika membeli item elektronik, Anda bisa memastikan terlebih dahulu bagaimana cara perawatannya.

Sama seperti lampu cincin, Anda bisa memeriksa berapa biaya bohlam yang diperlukan jika diganti. Meski ring light dengan harga mahal cenderung memberi kualitas yang bagus, Anda tetap perlu mencari tahu bagaimana biaya perawatan yang diperlukan.

• Cek harga ring light

Ada banyak ring light dengan berbagai macam merek dan variasi harga. Semakin besar ukuran cincin dan fitur yang diberikan, semakin tinggi harganya. Pertimbangkan harga ring light yang ingin Anda beli apakah sesuai budget atau tidak.

Harga ring light seringkali dipengaruhi oleh beberapa hal seperti ukuran cincin, jumlah bohlam, fitur, aksesoris pendukung, besaran daya dan lain sebagainya.



• Pertimbangkan aksesoris ring light

Ring light bisa dijual lengkap dengan aksesoris pendukung yang disertakannya. Seperti tripod, holder, tas dan lain sebagainya.

Dari aksesoris pendukung tersebut, apakah Anda membutuhkannya atau tidak patut dipertimbangkan. Sebab, ring light yang dilengkapi aksesoris ini memiliki harga lebih mahal.

• Pilih ring light dengan white diffuser

Jenis ring light dengan white diffuser patut Anda pertimbangkan jika ingin menghasilkan foto atau video lebih maksimal.

White diffuser disini fungsinya adalah menjadikan cahaya lebih pudar dan hasil foto lebih lembut.

Ring light dual colour untuk pernikahan

Momen pernikahan sangat penting untuk diabadikan. Dimana para fotografer biasanya akan memilih ring light dual colour. Alasannya adalah ring light jenis ini memberi pencahayaan warm atau kekuningan dan warna cool atau putih.

Ring light dual colour memiliki tombol yang mudah difungsikan. Biasanya untuk memberi efek paduan cahaya agar terlihat lebih glamour.

• Ukuran tripod

Tidak hanya kamera yang membutuhkan tripod tetapi juga ring light. Tiang penyangga untuk meletakkan ring light ini memiliki berbagai macam ukuran.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda berapa tinggi tiang yang dibutuhkan saat penggunaan ring light. Pilih tiang yang mudah diatur panjang pendeknya.

10 Rekomendasi ring light terbaik untuk para fotografer

Setelah Anda mengetahui berbagai hal terkait ring light, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi ring light terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya berikut ini.



10. FotoPlus RL-10 RL10 Ring Light Bi Color Combo Kit

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-10

Harga : Rp 340.000

Mampu menghadirkan tiga warna untuk foto close up

FotoPlus RL-10 RL10memiliki power sebesar 12 watt. CRI nya kurang dari 90 dengan 10 level brightness. Selain itu, mampu menghadirkan warna warm light, white light, dan warm white light.

Adapun titik lampu nya 60 pcs cold white dengan 60 pcs warm white. Sementara, Outerring light berukuran diameter 25.5 cm, inner diameter 20 cm, dan tinggi maksimal 105 cm. Cocok digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan fotografi, termasuk foto close up.

Menariknya lagi, Anda bisa mendapat include package berupa Led Ringlight Rl-10, USB Powered Plug And Dimmer, Exclusive Bag, Monopod, Mini Adapter, serta Phone Holder Serta Tripod Leg dan Mini Ballhead.

9. Ring light Powerextra 18 Inch Bi-Color

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-9

Harga : Rp 1.901.300

Support dimmer dengan LED terbaik CRI 96+



Ring light ini memiliki kelebihan support dimmer atau pengaturan tingkat keterangan cahaya. Selain itu juga dilengkapi dengan pengaturan 2 temperatur warna putih dan kuning warna dengan tampilan volume level sudah LCD.

Kemudian, lampu cincinnya menggunakan LED terbaik CRI 96+ yang menjadikan cahaya lebih lembut. Belum lagi desain portable yang bisa dibawa kemana-mana, karena adanya baterai lithium tanpa menggunakan adapter lagi.

8. Cathie Stuff BI Color Ring Light Versi 2.0

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-8

Harga : Rp 2.000.000

Hasil foto lebih soft dengan efek filter putih susu

Produk dari CathieStuff versi 2.0 ini dikemas dalam paket portable bag praktis yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aksesoris maupun stand. Selain itu, daya lebih besar jika dibandingkan versi 1.0 sehingga cahaya yang dikeluarkan lebih terang.

Peralatan ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi dimmer dan color temperature. Jadi Anda bisa mengubah warna cahaya lampu dari compol daily menjadi warm white, ataupun sebaliknya.

Menariknya lagi, alat penerangan ini tidak membutuhkan diffuser karena sudah dilapisi filter yang bisa menghasilkan foto lebih bagus dan terlihat soft karena adanya efek filter putih susu.



7. Godox LED Ring Light 150

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-7

Harga : Rp 640.000

Rotasi 180 derajat membuat Anda memiliki kontrol lebih

Godox LED ring light memiliki ukuran 18 inci terbuat dari bahan ABS dengan kualitas tinggi. Bobotnya ringan dan portabel sehingga ideal jika Anda ingin membawanya kemanapun.

Anda juga bisa menyesuaikan kecerahan dan suhu warna. LED dua warna bawaan sebesar 3000K hingga 6000K.

Selain itu, ring light terbaik ini memiliki desain catu daya yang cocok digunakan di dalam ruangan dengan rotasi 180 derajat. Rotasi yang memudahkan Anda menemukan sudut penerangan optimal.

Cahaya dari lampu cincin ini tergolong lembut dan merata yang bisa menciptakan hasil pemotretan lebih menarik.

6. Inbex Ring Light 36 Cm

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-6

Harga : Rp 219.000

Ring light dengan tripod PET tebal

Inbex menghadirkan ring light dengan ukuran 36 cm dan tinggi 2.1 meter. Tripod-nya memiliki penguncian yang simpel dan tangkai 16 mm universal. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan pribadi.



Selain itu, tripod PET ukurannya cukup tebal, kuat, dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli paket ring light ini dengan mudah, bisa membelinya di toko online maupun offline.

5. Ring Light Rainbow Midio RB26

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-5

Harga : Rp 205.000

Ring light terbaik andalan para YouTuber

Midio RB26 ini tergolong paling laris di kalangan para YouTuber. Tidak lain karena harganya terjangkau dan sudah dilengkapi pengaturan warna. Selain itu, mudah mengubah warna sesuai dengan keinginan.

Adapun untuk diameter ring light ini adalah 26 cm, daya 16 watt, dan dilengkapi dengan dimmer serta 5 tombol setting. Dalam satu package, Anda bisa mendapatkan midio RB26 berikut dengan Ballhead dan Holder HP 360.

4. Ring Light LED Viltrox VL-600T

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-4

Harga : Rp 1.240.000

Kecerahan cukup tinggi dengan kendali jarak jauh nirkabel



Fitur dari ring light Viltrox ini mengadopsi 392 pcs lampu LED dengan pencahayaan dan kecerahan cukup tinggi. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem kendali jarak jauh nirkabel FSK 2.4 GHz.

Peralatan ini juga memiliki sistem catu daya ganda dan layar LCD HD yang membuat pengoperasiannya lebih nyaman. Menariknya lagi, terdapat remote control yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol parameter kecerahan.

3. Rotolight Neo 2

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-3

Harga : Rp 5.000.000

Dilengkapi filter difusi dan sinkronisasi kecepatan tinggi

Untuk para fotografer, Rotolight Neo 2 menawarkan kemudahan dalam menyesuaikan white balance atau mencocokkan pengaturan cahaya yang ada di sekitar agar bidikan terlihat lebih alami.

Selain itu, terdapat mode flash serta filter difusi dan sinkronisasi kecepatan yang tinggi. Belum lagi spesifikasinya tangguh, kuat dan tahan lama.

2. BiColor Latour HD-18S Double Colour

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-2

Harga : Rp 1.299.000

Penerangan optimal dengan 252 titik lampu LED



Fitur utama dari produk Latour ini adalah, 252 titik lampu LED yang cerah dan soft dengan penerangan yang optimal. Selain itu, tampilan digital, nyaman, dan bisa disesuaikan baik kecerahan atau suhu warnanya.

Belum lagi terdapat Hotshoe dan Holder U yang bisa dipakai, baik dengan kamera maupun smartphone Anda.

Adapun color temperature 3200-5600K, diameter dalam 35.5 cm, dan diameter luar 48.5 cm. Menariknya lagi, terdapat fitur dimmer untuk mengatur tingkat cahaya ring light.

1. Mixio Ring Light

foto-ring-light-terbaik-untuk-para-fotografer-1

Harga : Rp 255.000

Murah dan multifungsi

Ring light dari Mixio ini memiliki desain multifungsi yang pas dipakai untuk berbagai kalangan, terutama para profesional seperti YouTuber ataupun Beauty Influencer.

Fiturnya canggih, sebab terdapat lampu indikator LED dan dilengkapi 2 buah knob yang bisa digunakan untuk mengatur intensitas cahaya serta mengubah mode warna dengan mudah dan praktis.

Menariknya lagi, alat ini sudah dilengkapi dengan power output, gooseneck adapter screw, hingga remote wireless yang memungkinkan Anda lebih mudah saat mengoperasikannya. Belum lagi harganya murah dan terjangkau.



Kesimpulan

  • Beberapa alasan mengapa fotografer memerlukan ring light antara lain, mampu memberikan detail foto, menghasilkan efek warna lampu, dan cocok untuk fotografi makro.
  • Secara umum, ukuran cincin lampu ring light ada tiga, yakni ring light ukuran kecil, sedang, dan besar.
  • Sebelum memutuskan membeli ring light, perhatikan beberapa hal penting, seperti biaya perawatan, daya tahan, suhu warna, fleksibilitas leher ring light, dan pilih ring light dengan cahaya yang bisa diredupkan, biaya perawatan, harga ring light, aksesoris pendukung, jenis ring light dan ukuran tripod atau tiang yang dibutuhkan.
  • Apabila Anda menginginkan ring light profesional dengan dilengkapi filter difusi dan sinkronisasi kecepatan yang tinggi, Anda bisa memilih Rotolight Neo 2.
  • Namun, jika Anda ingin ring light yang mampu menghadirkan tiga warna untuk foto close up, Anda bisa memilih Bi Color Combo Kit.

Referensi

  1. Digital Camera World (2021), Best Ring Light in 2021: Beautiful Lighting for Vlogging, Video Calls and Selfies,https://www.google.com/amp/s/www.digitalcameraworld.com/amp/buying-guides/best-ring-light
  2. Spectrum Aurora (2021), What is a Ring Light, https://spectrum-brand.com/blogs/news/what-is-a-ring-light
  3. Ring Lights(2020), Choosing The Best Ring Light For You, https://ringlights.com.au/choosing-the-best-ring-light-for-you/
  4. Awesome Jelly (2021), Guide to Choosing The Best Photography Ring Light, https://awesomejelly.com/guide-to-choose-correct-ring-light/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Fotografi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Ring Light Terbaik untuk Para Fotografer", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »