Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 October 2021

10 Rekomendasi Printer Inkjet yang Murah dan Tidak Mudah Rusak

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Printer Inkjet yang Murah dan Tidak Mudah Rusak


Dibanding jenis printer lainnya, printer inkjet memang paling banyak peminatnya. Selain harganya yang relatif lebih murah, perawatannya juga mudah. Meskipun begitu, memilih printer inkjet berkualitas terbaik tetap menjadi prioritas agar printer tidak mudah rusak.



Untuk itu, kami akan menyajikan beberapa rekomendasi printer inkjet lengkap dengan harga beserta ulasannya. Tapi sebelum itu, kami akan berbagi informasi mengenai printer inkjet dan cara perawatannya.

Kelebihan printer inkjet

Printer inkjet memang menjadi salah satu jenis printer yang paling banyak digunakan di dunia. Selain harganya yang cenderung lebih murah, printer jenis ini juga memiliki banyak keunggulan atau manfaat yang bisa Anda peroleh, beberapa diantaranya yaitu :

• Memiliki kualitas gambar yang baik

Tidak diragukan lagi, printer inkjet memang memiliki kualitas gambar yang cukup bagus. Hal ini tidak terlepas dari teknologi inkjet nya yang mampu menempatkan titik tinta sangat presisi dengan resolusi setinggi 1440 x 1440 titik per inci (dpi).

Disamping itu, semakin banyak titik per inci maka replikasi gambarnya juga akan semakin baik dan akurat. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan tentu terlihat lebih nyata dan berkualitas.

• Mampu menghasilkan warna yang tajam

Tidak hanya memiliki kualitas gambar yang baik, printer inkjet juga mampu menghasilkan warna yang tajam, cerah, dan hidup, dengan nada dan bayangan yang luar biasa.

Terlebih lagi jika Anda selalu menggunakan tinta ori nya dengan jenis pigment, pasti hasil print tidak akan mudah luntur bahkan ketika direndam sekalipun, dan banyak produsen juga mulai mengembangkan tinta dan teknologi yang lebih baik untuk meningkatkan warna inkjet.

• Biaya perawatannya lebih murah dan mudah

Salah satu alasan utama inkjet menjadi paling populer dibanding jenis printer lainnya tentu karena harganya yang menarik. Selain itu, karena printer inkjet hanya memiliki komponen utama berupa head unit, sehingga biaya perawatannya juga lebih murah dan mudah.



Bahkan beberapa mesin printer inkjet juga telah dilengkapi juga dengan komponen automatic cleaning head yang berguna untuk membantu merawat dan membersihkan head unit tersebut secara rutin.

• Dapat mencetak diberbagai ukuran kertas

Jika dibandingkan dengan model printer laser, printer inkjet selalu menjadi pilihan yang ringkas untuk kapasitas printer yang mampu mencetak berbagai jenis ukuran kertas. Bahkan beberapa printer inkjet yang canggih mampu mencetak hingga untuk ukuran kertas A3.

• Memiliki kecepatan mencetak yang tinggi

Dalam hal kecepatan mencetak, mesin-mesin printer inkjet model baru juga tidak kalah baiknya dengan model mesin printer laser. Apalagi jika telah dilengkapi oleh teknologi Page Wide dengan ukuran head unitnya yang selebar kertas.

Dengan begitu, head unit tidak perlu bergerak ke kanan dan ke kiri lagi dalam menyemburkan tintanya, sehingga memungkinkan proses printing menjadi lebih cepat.

Cara merawat printer inkjet agar tidak mudah rusak

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan printer inkjet dari jenis printer lainnya. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui cara merawat printer inkjet agar lebih awet dan tidak mudah rusak, sebagai berikut :

  • Letakkan printer di tempat yang aman dan tidak berdebu agar kotoran tidak masuk dan merusak head unit dan rol printer. Selain itu, jangan lupa untuk menempatkan printer di permukaan yang rata dan terdapat ruang untuk ventilasi.
  • Selalu bersihkan mesin printer Anda secara teratur untuk mempertahankan kinerjanya. Anda bisa menggunakan kain yang sedikit lembab untuk membersihkan bagian luarnya dan menggunakan kain bebas serat pada bagian dalamnya.
  • Gunakan printer secara teratur untuk menghindari penyumbatan pada nozel. Penyumbatan ini sering terjadi karena tinta mengering akibat mesin printer jarang dipakai.
  • Pilih kartrid tinta yang tepat serta pertimbangkan pula jenis tinta sesuai kebutuhan. Misalnya, apabila printer sering digunakan untuk mencetak foto, maka sebaiknya gunakan tinta khusus untuk foto demi mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Matikan printer dengan cara yang benar yaitu dengan menekan tombol power terlebih dahulu, baru kemudian cabut kabel pada stop kontak.

10 Rekomendasi printer inkjet yang murah dan tidak mudah rusak

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang printer inkjet lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi printer inkjet yang murah dan tidak mudah rusak dari berbagai merek berikut ini.

10. HP DeskJet Ink Advantage 1216

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-10

Harga : Rp 523.000



Memiliki kemampuan mencetak yang cepat

Seri printer nomor 1216 dari HP ini menjadi salah satu produk printer inkjet paling murah yang kami rekomendasikan untuk Anda. Selain karena harganya yang terjangkau, printer ini juga memiliki kualitas yang mumpuni dan tidak kalah baik dengan produk printer lainnya.

Printer ini bisa sekali Anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan pencetakan sehari-hari dengan hasil yang cukup memuaskan. Ditambah lagi printer HP 1216 ini memiliki kemampuan mencetak yang cukup cepat.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu lama untuk pencetakan dalam jumlah yang banyak. Sayangnya, model printer ini adalah print only sehingga tidak bisa digunakan untuk scan atau copy. Anda bisa membeli printer ini di Shopee.

9. Canon Pixma TS307

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-9

Harga : Rp 773.000

Memiliki desain yang ringkas dan multifungsi

Dimodif oleh teknisi yang benar-benar berpengalaman dan juga handal, printer TS307 dari Canon ini dirancang dengan sistem infus terbaru yang lebih rapih dan hemat tintadibanding modifikasi infus pada umumnya.



Printer Canon Pixma TS307 didesain dengan fitur multifungsi yang mampu mendukung aktivitas print, copy, maupun scan. Selain itu, printer ini juga dapat dengan mudah Anda hubungkan dengan berbagai perangkat berkat teknologi wireless nya.

Meski begitu, penggunaan mesin printer ini cukup terbatas, karena hanya mampu mencetak dengan ukuran kertas maksimal A4. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli printer ini di Shopee.

8. HP DeskJet Ink Advantage 3776

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-8

Harga : Rp 1.250.000

Mampu melakukan scanning data hingga size legal

Tidak bisa dipungkiri lagi, HP memang menjadi salah satu merek produk printer yang selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru. Salah satu hasil inovasinya tersebut yaitu berupa printer wireless all in one atau yang biasa disebut AIO dari HP DeskJet Ink Advantage 3776 ini.

Printer ini diklaim sebagai printer wireless all in one terkecil di dunia, karena memiliki dimensi yang hanya 403 x 177 x 141 mm. Sehingga printer ini terlihat lebih mungil dan ramping.

HP DeskJet Ink Advantage 3776 ini cocok untuk kebutuhan rumahan atau untuk keperluan print tugas anak sekolah. Namun kurang cocok jika digunakan untuk kebutuhan administrasi, karena volume cetak printer ini hanya sedikit. Anda bisa membeli printer ini di Shopee.



7. Brother DCP T220 Inkjet

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-7

Harga : Rp 1.760.000

Mudah digunakan dan hemat biaya pencetakan

Dengan kecepatan cetak dokumen hingga 16/9 ipm, printer Brother T220 ini mampu mempercepat alur kerja, sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Printer Brother DCP T220 Inkjet dibekali dengan tinta bawaan yang terjangkau dan memiliki kapasitas cetak hingga 7.500 halaman hitam putih dan 5.000 halaman berwarna. Selain itu, kualitas cetaknya juga cukup profesional dengan tampilan warna yang tajam.

Tidak hanya itu, printer Brother T220 juga memiliki desain mesin dan print head yang bagus dan tahan lama. Cara penggunaannya pun cukup mudah tanpa harus melakukan instalasi driver. Anda bisa membeli printer Brother DCP T220 Inkjet ini di Shopee.

6. Epson Printer Inkjet L120

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-6

Harga : Rp 1.740.000

Cocok untuk kegiatan bisnis printing dokumen



Dibanding jenis printer Epson sebelumnya, printer Epson L120 hadir dengan dimensi yang lebih kecil dan ramping. Printer ini juga dibekali dengan teknologi tangki tinta yang lebih mutakhir, sehingga memudahkan Anda ketika ingin memindahkan printer kemana saja.

Selain itu, Epson Printer Inkjet L120 didesain dengan kemampuan cetak yang cepat serta memiliki efisiensi cetak yang juga lebih maksimal. Dimana, hanya dengan satu botol tinta hitam Epson sebanyak 700 ml, printer ini mampu mencetak hingga 4000 halaman hitam putih.

Dengan begitu, printer jenis ini cocok digunakan untuk menjalankan bisnis printing dokumen, kebutuhan perkantoran, atau bagi Anda yang sedang mengerjakan skripsi. Anda bisa membeli printer inkjet ini di Shopee.

5. Brother DCP T420W

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-5

Harga : Rp 2.040.000

Mampu menyetak hingga 16 halaman dalam satu menit

Di era modern ini, penggunaan kabel semakin tergeser oleh teknologi wireless yang lebih canggih dan praktis.Tidak terkecuali pada printer Brother DCP T420W yang sudah dibekali fitur wireless sehingga dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Printer ini memiliki kemampuan menyetak hingga 16 halaman hitam putih atau 9 halaman berwarna dalam waktu 1 menit saja, disamping itu kapasitas tintanya juga besar bisa digunakan untuk menyetak hingga5000 halaman berwarna dan 7500 halaman hitam putih.



Ditambah lagi, printer Brother DCP T420W juga sudah dilengkapi mesin scan yang dapat Anda gunakan untuk scanning dan fotocoppy secara bolak balik sekaligus. Anda bisa mendapatkan printer Brother DCP T420W ini di Shopee.

4. Epson L800

Harga : Rp 2.000.000

Cocok digunakan untuk bisnis cetak foto yang murah dan berkualitas

Mencetak foto memanglah suatu perkara mudah bagi setiap printer yang ada, namun keterbatasan tinta sering kali menjadi kendalanya. Untuk itu, Epson L800 hadir dengan fitur ink tank yang mampu memanjakan Anda dalam mencetak foto bahkan dalam skala besar.

Didukung dengan teknologi Epson Mikro Piezo, printer ini mampu mencapai volume printing yang maksimal dengan kecepatan cetak tinggi serta efisiensi energi yang bagus.Sehingga, meski tergolong produk keluaran lama, Epson L800 masih banyak peminatnya.

Selain itu, Epson L800 juga menggunakan teknologi ink tank 6 warna yang terdiri dari warna cyan, yellow, magenta, black, serta light cyan dan light magenta yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih tajam dan bagus. Anda bisa membeli printer ini di Shopee.

3. Canon Pixma MG 2570S

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-3

Harga : Rp 625.000



Memiliki kualitas cetak tingkat tinggi dengan harga yang ekonomis

Canon Pixma MG2570S merupakan pilihan mesin printer ideal bagi Anda yang menginginkan printer all in one dengan fungsi dasar printing, copying, dan scanning, serta dengan penawaran harga yang cukup terjangkau.

Printer ini memiliki bentuk yang ringkas dan ringan, sehingga Anda dapat menggunakannya dimanapun Anda butuhkan serta lebih mudah dalam penyimpanannya bahkan di tempat atau rak terkecil di rumah sekalipun.

Selain itu, Canon Pixma MG2570S juga dibekali dengan cartridge tinta yang memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan biaya operasi yang lebih ekonomis, namun tetap dengan kualitas hasil cetak tingkat tinggi. Anda bisa membeli printer ini di Shopee.

2. HP DeskJet Ink Advantage 2336

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-2

Harga : Rp 660.000

Memiliki fitur yang lengkap dengan versi cartridge tinta hemat

Dirancang dengan versi cartridge tinta yang hemat sampai dengan 40%, printer HP Deskjet Ink Advantage 2336 ini memiliki biaya cetak per lembar yang begitu murah.



Printer multifungsi ini dapat diandalkan dalam mencetak berbagai jenis dokumen. Mulai dari tugas sekolah, brosur, resi online, hingga mencetak foto dengan kualitas cetak yang bagus, detail, serta warna yang tidak mudah luntur.

Jadi tidak heran jika printer HP Deskjet Ink Advantage 2336banyak diincar dan masih menjadi primadona di kalangan printer inkjet termurah lainnya.

Bahkan hingga saat ini belum ada compotitor yang menawarkan produk dengan harga yang sama murahnya serta fitur dan speks yang sama lengkapnya dengan HP Deskjet Ink Advantage 2336. Anda bisa membeli printer inkjet ini di Shopee.

1. Canon Pixma E410

foto-printer-inkjet-yang-murah-dan-tidak-mudah-rusak-1

Harga : Rp 780.000

Dibekali teknologi FINE yang menghasilkan ketahanan warna pada hasil cetakan

Produk printer dari Canon satu ini memang begitu populer di pasaran. Bagaimana tidak, dengan kemampuan baiknya dalam mendukung berbagai aktivitas pekerjaan serta kecepatan nya yang cukup bisa diandalkan, Pixma E410 ini dibandrol dengan harga yang sangat murah.

Canon Pixma E410 mampu mencetak dengan kualitas tinggi hingga resolusi 4800 x 600 dpi. Disamping itu, printer ini juga telah dilengkapi dengan teknologi FINE yang dapat menghasilkan warna serta memastikan ketahanan warna hasil cetakan.



Ditambah lagi, printer Canon Pixma E410 juga memiliki estimasi biaya cetak cukup terjangkau dengan dukungan katrid tinta yang dijual dengan harga yang lebih ekonomis pula. Anda bisa membeli printer Canon Pixma E410 ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang paling populer dan memiliki banyak kelebihan.
  • Agar printer inkjet yang Anda beli lebih awet dan tidak mudah rusak perhatikan cara perawatannya.
  • Anda bisa membeli printer HP DeskJet Ink Advantage 2336, karena memiliki fitur yang lengkap dan versi catridge yang sangat hemat.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih printer Canon pixma e410, karena dengan harganya yang murah printer ini mampu mencetak dengan kualitas tinggi.
  • Namun, jika Anda ingin mencari printer yang mendukung untuk bisnis cetak foto yang murah dan berkualitas, maka Anda bisa memilih printer Epson L800.

Referensi

  1. Printernet, Advantages of Inkjet Printers,https://www.printernet.co.uk/blog/advantages-of-inkjet-printers-2175/
  2. Internet Ink (2015), Printer care: 8 Ways to Care For Your Inkjet Printer, https://fastprint.co.id/blogs/tips-trik/cara-merawat-printer-inkjet



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Printer


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Printer Inkjet yang Murah dan Tidak Mudah Rusak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »