Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


3 August 2021

10 Rekomendasi Pour Over Coffee Dripper untuk Seduhan Kopi yang Lebih Nikmat

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Pour Over Coffee Dripper untuk Seduhan Kopi yang Lebih Nikmat


Teknik pour over menjadi salah satu metode wajib bagi para penggemar kopi. Teknik ini tidak lengkap tanpa adanya coffee dripper, di mana alat seduh manual coffee dripper bisa menghasilkan citarasa kopi menjadi lebih nikmat.



Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi coffee dripper terbaik lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai coffee dripper hingga cara merawatnya.

Mengenal coffee dripper dan jenis-jenisnya

Bagi Anda para pecinta manual brewing tentu sudah tidak asing dengan coffee dripper. Sebagai alat penyaring bubuk kopi, keberadaan coffee dripper sangat penting untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

Terlebih bagi mereka yang menggemari kopi single origin, coffee dripper bagaikan senjata terampuh yang mampu menghadirkan cita rasa murni dari seduhan biji kopi single origin.

Sebenarnya, cara kerja coffee dripper cukup sederhana, umumnya alat saring kopi ini memerlukan kertas khusus (paper filter) untuk menyeduh bubuk kopi.

Kertas saring atau paper filter tersebut, digunakan untuk memperangkap minyak atau lemak yang terkandung pada bubuk kopi yang akan diseduh, sehingga menghasilkan seduhan kopi yang clean, lebih jernih dengan rasa manis yang intensif dan acidity yang lebih seimbang.

Seiring perkembagan dunia perkopian, coffee dripper pun mengalami berbagai perubahan. Dari yang sekadar alat saring bubuk kopi, coffee dripper menjelma sebagai penentu rasa akhir seduhan kopi. Maka tidak heran, jika Anda akan menemukan begitu banyak jenis, desain, material hingga merek coffee dripper di pasaran.

Umumnya, coffee dripper dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuknya, yaitu wave, cone dan flat v. Masing-masing dripper tentu memerlukan metode pour over coffee yang berbeda. Wave misalnya, dripper jenis ini memiliki bentuk seperti kerucut terbalik dengan ujung yang tumpul. Di bagian bawahnya terdapat 3 buah lubang.



Untuk menyeduh kopi menggunakan dripper jenis ini, Anda memerlukan paper filter khusus yang berbentuk seperti bungkus kue bolu yang bergelombang. Paper filter ini dirancang khusus agar tidak menyentuh bagian dripper, sehingga suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi lebih stabil.

Berbeda dengan wave, dripper coffee yang berbentuk cone atau kerucut menjadi yang paling banyak digunakan. Desainnya yang sederhana, yaitu berbentuk kerucut terbalik dengan satu lubang besar di ujungnya, dirancang untuk meminimalkan waktu penyeduhan.

Dripper jenis ini umumnya memiliki guratan atau ulir berbentuk spiral pada setiap sisinya. Bukan tanpa alasan, guratan tersebut ditujukan untuk mengarahkan aliran air saat mengekstraksi bubuk kopi.

Bagi para coffee expert, dripper berbentuk cone atau yang dikenal sebagai V60 dripper ini kerap digunakan sebagai media bereksperimen. Pegiat kopi ternama asal Jepang, Tetsu Kasuya bahkan menemukan seduhan Japanese Ice Coffee menggunakan V60 dripper.
Yang terakhir ada flat v dripper, atau yang biasa juga disebut dengan istilah flat bottom.

Sesuai namanya, coffee dripper jenis ini memiliki desain paling sederhana dari yang lainnya. Bentuknya seperti huruf V dengan mulut bundar dan mendatar di bagian bawahnya. Umumnya, dripper flat bottom memiliki 1 sampai 3 lubang ekstraksi.

Seperti V60 dripper, flat bottom juga memiliki guratan atau ulir pada setiap tepinya. Bedanya, guratan pada dripper flat bottom hanya berbentuk garis lurus.

Walaupun lebih sederhana, di tangan yang tepat, dripper jenis ini mampu menghasilkan seduhan yang seperti perpaduan antara wave dripper dan cone dripper.



Tips memilih coffee dripper

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis coffee dripper, ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan saat memilih coffee dripper yang tepat, antara lain:

  • Sesuaikan dengan selera

Tidak ada standar khusus yang dapat menggambarkan cita rasa seduhan. Setiap orang tentu memiliki selera kopinya masing-masing. Maka dari itu, sebelum Anda membeli dripper coffee, sebaiknya ketahui dulu cita rasa seduhan yang paling Anda sukai.

Misalnya, jika Anda menginginkan seduhan kopi dengan cita rasa yang lebih kuat, tebal, namun memiliki tingkat sweetness yang intensif, maka wave dripper bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun, bagi Anda yang gemar menyesap kopi dengan citarasa yang lebih ringan, manis dan acidity yang lebih seimbang, maka V60 dripper cocok untuk Anda.

  • Ketahui metode pour over yang sesuai

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, setiap orang tentu memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Namun, saat memilih coffee dripper, tidak ada salahnya untuk mengetahui metode pouring yang cocok atau sesuai dengan dripper yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda gemar menggunakan metode pouring standar untuk menjaga suhu air, dan hasil seduhan yang lebih tebal, maka wave dripper pilihannya.

Sedangkan bagi Anda yang gemar menggunakan metode yang cepat dengan brewing time yang relatif singkat, maka V60 dripper atau flat bottom menjadi alat yang sesuai untuk Anda.



  • Perhatikan material yang digunakan

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui material yang digunakan pada coffee dripper yang akan Anda pilih. Saat ini ada berbagai macam material yang sering dipakai sebagai bahan dasar dripper, seperti plastik, keramik, kaca, stainless steel hingga tembaga.

Masing-masing material tentu sangat berpengaruh pada hasil seduhan kopi. Plastik misalnya, saat memilih dripper berbahan plastik, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas plastik yang digunakan. Pilihlah dripper berbahan plastik khusus yang tahan panas dan berstandar food grade.

Begitu pula jika Anda memilih dripper berbahan keramik atau kaca. Dripper jenis ini lebih cocok digunakan pada daerah yang memiliki suhu dingin, atau ruangan ber-AC.

Hal itu disebabkan karena sifat keramik dan kaca cenderung memantulkan suhu panas membuat bubuk kopi yang diseduh terpapar air panas lebih lama. Sehingga, jika digunakan pada daerah yang berudara panas, bubuk kopi akan mengalami over heat dan menghasilkan rasa sedikit gosong.

  • Perhatikan ukuran dan takarannya

Setelah mengetahui material yang digunakan, hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah ukuran atau takaran coffee dripper tersebut. Umumnya, dripper diproduksi dalam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan takaran bubuk kopi yang akan diseduh.

Jika Anda menggunakan dripper untuk satu gelas kopi dengan 10 – 20 gram bubuk kopi dan 100 – 300 ml air, pilihlah dripper dengan ukuran 01. Namun, jika Anda ingin menyeduh hingga 2 sampai 4 gelas kopi dalam sekali seduh, Anda bisa memilih dripper dengan ukuran 02.

Cara merawat coffee dripper dengan benar

Setelah Anda mendapatkan produk dripper terbaik, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar lebih awet dan selalu menghasilkan seduhan yang nikmat sebagai berikut:



  • Segera bersihkan coffee dripper setelah digunakan. Noda dari sisa bubuk kopi yang menempel lama akan sulit hilang jika tidak segera dibersihkan.
  • Jangan menggunakan sabun berlebihan saat membersihan coffee dripper. Aroma dan rasa sabun yang kuat biasanya tertinggal lama pada dripper dan dapat mempengaruhi hasil seduhan.
  • Bilas dengan air hangat, sedikit cuka dan perasan lemon untuk melumatkan sisa noda pada dripper. Cuka dan lemon dapat menghilangkan aroma dan rasa sabun yang menempel pada coffee dripper.
  • Keringkan dripper dengan lap khusus yang bersih dan tidak digunakan untuk keperluan lain. Anda bisa memilih lap berbahan microfiber untuk hasil yang lebih baik.
  • Tempatkan coffee dripper pada rak atau kemasan khusus, terutama untuk dripper yang berbahan kaca dan keramik karena mudah pecah.

10 Rekomendasi coffee dripper terbaik untuk menghasilkan kopi lebih nikmat

Setelah Anda mengetahui coffee dripper hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi coffee dripper terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Tiamo Coffee Dripper

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-10

Harga: Rp 45.000

Murah dan cocok untuk pemula

Produk coffee dripper dari Tiamo ini sangat cocok bagi Anda yang baru mencoba metode pour over. Walaupun dihargai cukup murah, alat seduh manual berjenis flat bottom ini mampu menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

Dibuat dari material plastik food grade yang tebal, Anda bisa menjadikan coffee dripper ini sebagai alat seduh kopi harian di rumah. Tiamo Coffee Dripper ini dapat Anda beli di Bukalapak.

9. Bonavita Porcelain Dripper

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-9

Harga: Rp 465.000

Menjaga suhu air untuk hasil seduhan yang konsiten

Bagi para barista dan home brewer, Bonavita menjadi salah satu produsen alat seduh kopi tervaforit. Setelah sukses dengan produk gooseneck atau teko leher angsa-nya, kali ini Bonavita mengeluarkan varian pour over coffee dripper.

Seperti pada produk gooseneck-nya, Bonavita juga menggunakan material porselen pada coffee dripper buatannya. Walaupun terbuat dari keramik, Bonavita Porcelain Dripper cukup kokoh dan kuat untuk digunakan menyeduh kopi setiap hari.



Material keramik sengaja dipilih karena bahan ini mampu menyimpan suhu panas lebih lama dari bahan lainnya. Sehingga, Bonavita Porcelain Dripper dapat diandalkan untuk menghasilkan seduhan yang lebih konsisten dengan esktraksi bubuk kopi yang merata. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

8. Suji Pour Over Dripper

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-8

Harga: Rp 45.000

Banyak pilihan warna menarik

Satu lagi pilihan alat seduh kopi low budget yang bisa Anda jadikan referensi. Suji Pour Over Dripper dapat menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan coffee dripper yang itu-itu saja.

Tersedia dalam banyak pilihan warna, dripper bermaterial plastik food grade ini dapat diandalkan untuk menyeduh kopi harian Anda di rumah.

Soal hasil seduhan, walaupun dibanderol dengan harga murah, Suji Pour Over Dripper mampu menyamai kualitas seduhan produk sejenis yang lebih mahal. Anda dapat membeli dripper buatan Suji ini di Shopee.

7. Hario V60 Dripper Copper

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-7

Harga: Rp 1.188.000

Desain menawan, menghasilkan seduhan merata dan steril

Siapa yang tak kenal dengan pour over dripper yang satu ini. Hario menjadi satu di antara pelopor alat seduh manual brewing terpopuler hingga saat ini. Setelah sukses dengan produk Hario V60 Dripper standar, produsen alat seduh kopi asal negeri Sakura Jepang ini bereksperimen dengan varian Hario V60 Dripper Copper.



Tidak hanya desain dan bentuknya saja yang lebih menarik, ternyata penggunaan tembaga sebagai material alat seduh membawa perubahan besar pada hasil seduhan. Copper atau tembaga mampu menghantarkan suhu panas air secara lebih merata, sehingga hasil ekstraksi pun menjadi lebih konsisten.

Selain itu, menurut Hario, bahan tembaga yang digunakan terbukti anti-bakteri, sehingga hasil seduhan kopi pun menjadi lebih steril. Bagi Anda yang tertarik menggunakan Hario V60 Dripper Copper dapat membelinya di Shopee.

6. Otten Vietnam Drip

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-6

Harga: Rp 99.000

Cocok untuk penggemar robusta dan kopi susu

Bagi Anda yang gemar menyesap kopi bercitarasa kental dengan aroma yang sedap, dripper yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Otten Vietnam Drip dirancang khusus untuk mengekstraksi kopi robusta secara lebih baik.

Dibekali material stainless steel berkualitas, dripper ini dapat Anda gunakan untuk menyeduh kopi dengan suhu panas dan dingin. Alat seduh kopi manual ini bahkan mampu menghasilkan seduhan es kopi susu yang nikmat. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Kalita Wave Dripper 155

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-5

Harga: Rp 461.000

Dirancang untuk coffee expert

Sejak awal kemunculannya, Kalita Wave Dripper 155 sudah menyita perhatian para coffee expert. Dengan desain yang menyerupai kerucut terbalik, coffee dripper ini membawa inovasi baru pada metode pour over.



Bagian bawahnya yang flat dengan tiga lubang ekstraksi, dirancang untuk memberi kebebasan kepada para penyeduh untuk bereksperimen dengan berbagai teknik pour over.

Terbuat dari stainless steel berkualitas, tampilan Kalita Wave Dripper 155 terlihat estetik dan bercita rasa seni. Karena bentuknya yang tak biasa, maka Anda harus menggunakan paper filter khusus untuk mengekstraksi kopi dengan dripper ini. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. A-IDIO Drip Coffee Bracket

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-4

Harga: Rp 220.000

Praktis dan cocok untuk dripper bag filter

Tidak seperti coffee dripper lainnya yang mengusung desain kerucut atau flat v, A-IDIO Drip Coffee Bracket memiliki desain yang terbilang sederhana.

Sesuai namanya, dripper yang satu ini berfungsi sebagai bracket atau penopang dripper bag filter. A-IDIO Drip Coffee Bracket dirancang untuk memberi kebebasan dan ruang seduh yang lebih maksimal.

Bahannya yang elastis, membuat dripper ini mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Anda bisa melipat A-IDIO Drip Coffee Bracket dan menyelipkannya ke dalam tas atau saku, dan menggunakannya untuk menyeduh kopi di manapun dan kapanpun. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Suji Wave Dripper 155

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-3-



Harga: Rp 68.000

Wave dripper dengan harga ekonomis

Suji Wave Dripper 155 dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mencoba sensasi wave dripper. Dengan harga yang cukup ekonomis, Suji Wave Dripper 155 mampu manghasilkan seduhan kopi setara produk sejenis yang lebih mahal.

Berbahan plastik food grade berkualitas, dripper ini cukup mumpuni jika digunakan untuk keperluan rumahan maupun untuk kedai kopi. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Alto Air Mini Steel Coffee Dripper

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-2

Harga: Rp 590.000

Dirancang untuk proses ekstraksi yang maksimal

Satu lagi coffee dripper inovatif yang bisa menjadi referensi bagi Anda.Alto Air Mini Steel Coffee Dripper sempat menarik perhatian para pegiat kopi sejak awal kemunculannya.

Dripper yang didesain di Inggris ini mengusung bentuk yang unik dan tidak seperti kebanyakan coffee dripper, Alto Mini Steel Coffee tidak memiliki dinding penyangga filter.

Bukan tanpa alasan, desain yang unik ini bertujuan untuk memberi kebebasan pada saat penyeduhan, sehingga proses ekstraksi pun menjadi lebih merata dan konsisten. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Barista & Co Corral Pour Over

foto-pour-over-coffee-dripper-untuk-seduhan-kopi-yang-lebih-nikmat-1



Harga: Rp 360.000

Cocok untuk Anda yang gemar bereksperimen

Bagi Anda yang gemar bereksperimen dalam berbagai metode pour over, coffee dripper yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Barista & Co Corral Pour Over ini dirancang sesuai prinsip dasar proses ekstraksi pour over, yaitu mempermudah aliran air untuk menyeduh bubuk kopi. Inilah mengapa Anda bisa melakukan berbagai eksperimen untuk menemukan metode terbaik atau yang sesuai selera.

Berbahan stainless steel berkualitas, coffee dripper yang dibuat tanpa penyangga ini dirancang untuk meminimalkan durasi penyeduhan, sehingga sentuhan antara kertas filter dengan bubuk kopi juga dapat diminimalkan.

Dengan desain yang sederhana, Anda bisa menggunakan berbagai jenis filter paper saat menyeduh menggunakan coffee dripper ini. Dapatkan Barista & Co Corral Pour Over ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli coffee dripper, sebaiknya Anda mengetahui cara penggunaan hingga material yang digunakan.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawat coffee dripper agar awet dan selalu menghasilkan seduhan yang nikmat.
  • Anda bisa memilih Tiamo Coffee Dripper, Suji Pour Over Dripper dan Suji Wave Dripper 155 jika menginginkan coffee dripper dengan harga murah namun dengan kualitas yang baik.
  • Bagi Anda yang menginginkan hasil seduhan yang tebal, konsisten dengan suhu air yang terjaga, Anda bisa memilih Bonavita Porcelain Dripper dan Kalita Wave Dripper 155.
  • Namun, jika Anda gemar melakukan eksperimen dengan berbagai metode pour over, Anda bisa memilih Alto Air Mini Steel Coffee Dripper, Barista & Co Corral Pour Over dan Hario V60 Dripper Copper.

Referensi

1. Scott Fisher (2020), Home Grounds, The Best Pour Over Coffee Maker, 10 Picks, Review and Buying Guide, https://www.homegrounds.co/best-pour-over-coffee-makers/
2. Neil Suque (2019), Perfect Daily Grind, Everything You Need to Know to Brew Great Filter Pour Over Drip Coffee, https://perfectdailygrind.com/2019/01/everything-you-need-to-know-to-brew-great-filter-pour-over-drip-coffee/
3. Justin Vassallo, Thais Wilson-Soler, Daniel Varghese (2021), Ny Times, https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/gear-for-making-great-coffee/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Barista Cafe Kopi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Pour Over Coffee Dripper untuk Seduhan Kopi yang Lebih Nikmat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »