Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 August 2020

10 Rekomendasi pH Meter Air Digital Terbaik dan Mudah Digunakan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi pH Meter Air Digital Terbaik dan Mudah Digunakan


Alat ukur pH air atau pH meter merupakan perangkat yang digunakan untuk menganalisis tingkat keasaman dan basa dari air. Umumnya, alat ini tidak hanya difungsikan mengukur pH air, tetapi juga tanah serta berbagai material kimia dan biologis lainnya.



Banyak produsen pH meter menawarkan berbagai produk dengan fitur dan teknologi menarik, mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Namun, untuk mendapat menentukan pH meter terbaik Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti ukuran, akurasi pengukuran, hingga mereknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa pH meter untuk wastewater dan berbagai kebutuhan lain lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi penting mengenai pH meter serta cara penggunaannya.

Cara kerja pH meter air digital dalam mengukur tingkat elektrolit

PH meter ini menggunakan prinsip kerja dari elektron pada tabung elektroda untuk merekam jumlah kepadatan elektrolit dalam air atau cairan. Tabung elektroda atau probe memiliki bagian yang sangat sensitif, dan bagian inilah yang menentukan akurasi dari hasil pengukuran pH air.

Tabung elektroda berfungsi untuk mengukur ion hidrogen dari sampel air yang akan diuji, yang berupa level keasaman dan basa. Tabung ini akan menangkap ion tersebut pada bagian dinding cara yang akan menghantarkan tegangan super rendah yakni 0,01 hingga 0,06 volt.

Pada pH meter digital, sistem dapat mengkonversikan jumlah volt atau tegangan listrik ion-ion hidrogen menjadi skala pH. Misalnya, probe dapat mengkonversikan 0,06 volt untuk satu pH, dan jika pH netralnya adalah 7 maka pada pH dasar perangkat memiliki tegangan 0,42.

Sensitivitas dan durabilitas pH meter air terhadap cairan elektroda

Perangkat seperti pH meter sangatlah rentan terhadap kerusakan dan error terutama pada bagian probe atau tabung elektrodanya. Beberapa produk mungkin tidak akan bertahan lama bila terus digunakan untuk menguji air limbah yang beracun.

Karena itu, Anda harus cukup jeli dalam mempertimbangkan jenis produk pH meter yang akan dibeli. Pastikan memilih pH meter dengan ketahanan yang baik terhadap ion-ion serta material logam berat seperti fosfat, nitrat, sulfat, bahkan protein.



Sebab, pH meter dengan kualitas rendah sangat mudah menurun performa maupun akurasi analisisnya. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi saat melakukan pengujian air pada proyek-proyek penting bukan?!

Pilih produk pH meter dengan fitur dan teknologi mutakhir

Alasan utama mengapa Anda harus menggunakan produk pH meter dengan teknologi terbaru adalah, semakin banyaknya senyawa baru muncul akibat proses kimia maupun biologi. Anda mungkin tidak akan bisa mengandalkan probe atau elektroda jenis lama untuk mendapatkan analisis yang akurat.

Selain itu, dengan semakin buruknya kualitas lingkungan, Anda mungkin harus menggunakan pH meter elektroda ganda atau produk berteknologi lebih. Sebab, pH meter jenis ini mampu menganalisis sampel air yang telah terkontaminasi oleh logam berat, senyawa kimia baru, hingga material biologis alam yang telah ber-evolusi.

Tidak hanya jenis probe-nya saja, Anda juga perlu mempertimbangkan fitur tambahan pada produk pH meter. Namun, pada umumnya produk pH meter digital telah memiliki fitur yang cukup baik. Hanya saja, akan lebih baik Anda memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membandingkan spesifikasi produknya saja.

Cara menggunakan pH meter air digital dengan baik dan benar

Akurasi pH meter sangat tergantung bagaimana cara operator mengoperasikan perangkat. Ada banyak kesalahan umum yang sering dilakukan karena operator tidak membaca manual book yang tebal dengan cermat. Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan sebagai berikut:

  • Pelajari fungsi dari indikator yang ada pada produk pH meter Anda. Setelah mengerti fungsi dari masing-masing indikator, Anda bisa mulai melakukan setting up dan kalibrasi pada pH meter.
  • Namun, untuk keamanan akan lebih baik Anda tidak mengoperasikan pH meter dengan tangan basah. Sebab, Anda mungkin tersengat listrik yang dihasilkan oleh pH meter saat pengukuran. Jadi, pastikan untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu.
  • Rendam pH meter kedalam air atau cairan elektroda yang telah diambil sebagai sampel. Tunggu beberapa menit, hal ini dimaksudkan agar pH meter terbebas dari kotoran dan minyak.
  • Setelah itu, lakukan setting up pada pH meter. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mendapatkan data yang diinginkan. Tekan tombol “cal” untuk kalibrasi, pilih jenis ukuran suhunya (celcius/fahrenheit). Kemudian tekan enter. Lakukan hal ini untuk kalibrasi pada menu lain.
  • Jika Anda telah melakukan semua hal di atas, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran berdasarkan standar dari masing-masing produk pH meter Anda.

Cara merawat pH meter air digital

Alat sejenis pH meter memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terhadap bahan kimia dan biologi. Oleh karena itu, ada perawatan khusus yang harus Anda lakukan baik setelah pemakaian maupun perawatan berkala lainnya berikut ini :

  • Setelah memakai pH meter, Anda wajib membersihkan sisa material elektroda konduktif dengan cara membilas perangkat dengan air yang telah di-diionisasi atau deionized water.
  • Kemudian, Anda juga perlu melepas kapas pada pH meter setelah pengukuran. Namun, Anda harus sangat berhati-hati dalam hal ini, sebab kecerobohan kecil bisa menyebabkan kerusakan pada logam dibagian inner cell.
  • Terkadang Anda juga harus mengganti modul elektroda, sebab bagian ini tidak jarang mengalami error dan gagal memberikan data kalibrasi sesuai standar. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggantian modul elektroda baru.
  • Perhatikan bagian display, bila indikator battery menghilang berarti itu saatnya Anda untuk me-recharge atau mengganti dengan battery baru. Jangan memaksakan pengujian dengan daya yang lemah, hal ini akan mempengaruhi kualitas data yang dihasilkan.
  • Harap untuk tidak asal melakukan troubleshooting secara mandiri, pastikan membaca manual book bila terjadi error. Sebab, setiap produk memiliki protokol dan standar troubleshooting-nya sendiri.

10 Rekomendasi pH meter air digital terbaik dan mudah digunakan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang pH meter untuk mengukur kualitas air lengkap dengan cara penggunaannya, maka perkenankan kami merekomendasikan produk pH meter terbaik serta mudah digunakan dari berbagai merek sebagai berikut ini :



10. YSI EcoSense PH100A Meter


Harga : Rp 12.100.000

Instrumen pengujian pH dengan one-hand operation super compact pH meter IP65

EcoSense PH100A merupakan pH meter profesional dengan standar ketahanan IP65 Protection atau anti air dan debu. Produk ini memiliki fungsi ganda, yakni kombinasi sensor pH/mV dan suhu. Tidak hanya itu, PH100A juga mempunyai ketahanan battery hingga 1000 jam dan 50 set data memori.

Walaupun dirancang untuk kebutuhan one-hand operation, pH meter ini juga memiliki kabel anti-air sepanjang 4 meter yang dapat menjangkau spot-spot paling sulit, seperti parit, celah bebatuan, dan daerah berisiko lainnya. Anda bisa membeli pH meter ini di Shopee.

9. Hach HQ11D Portable PH/ORP/MV Meter

hach_hq11d_portable_ph_orp_mv_meter

Harga : Rp 21.900.000

Hi-Tech portable pH meter digital dengan teknologi kalibrasi smart probes

Hach HQ11D merupakan pH meter berteknologi tinggi yang mampu menganalisis ion hidrogen dengan hasil reliabel serta sangat mudah dioperasikan. HQ11D mampu merekam data dari berbagai sampel air untuk tujuan pemeriksaan kualitas air dan lingkungan dengan tingkat kesalahan yang sangat rendah.

HQ11D dalam operasinya menerapkan fitur Intellical-smart probe yang berfungsi menyimpan semua hasil kalibrasi dalam probe, yang mana Anda tidak perlu lagi melakukan setting up pH meter di waktu mendatang. Anda bisa membeli pH meter ini di indomultimeter.com.

8. Mettler Toledo FiveGo F2 PH/MV Meter

mettler_toledo_fivego_f2_ph_mv_meter

Harga : Rp 6.500.000

Water pH meter berstandar IP65 dengan desain one-hand ergonomic



FiveGo F2 merupakan pH meter dengan desain ergonomis yang menjamin kemudahan dalam pengoperasian perangkat. Dengan ukuran display layar yang besar dan didukung fungsi tombol menu sederhana, Anda dapat melakukan kalibrasi hanya dengan one-click.

FiveGo F2 pH meter juga menerapkan standar IP65 yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Oleh karena itu, perangkat ini sangat cocok untuk digunakan di berbagai lingkungan dan jenis air. Dalam pembacaan data, F2 memiliki resolusi pH hingga 0.01 dan mampu digunakan pada temperatur 0 – 100 derajat celcius. Anda bisa membeli pH meter ini di mt.com.

7. Testo 206-PH1 pH Tester

testo_206_ph1_ph_teste

Harga : Rp 5.500.000

World class safety pH meter berstandar IP68 dengan pengukur suhu otomatis

Produk pH meter yang satu ini tidak hanya mampu mengukur tingkat keasaman air, tetapi juga cocok untuk kebutuhan industri kosmetik serta sanitasi. Testo 206-PH1 merupakan pH meter dengan standar IP68 yang dapat tetap berfungsi bahkan setelah dicuci dalam dishwasher sekali pun.

Testo 206-PH1 merupakan salah satu pH meter terbaik yang dapat terus berfungsi bahkan tanpa maintenance khusus. Selain itu, perangkat ini menerapkan diafragma probe ganda yang dimaksudkan untuk kecepatan serta akurasi analisis yang lebih baik. Anda bisa membeli pH meter ini di indomultimeter.com.

6. Thermo Fisher Scientific Orion Star A321 PH Meter Kit

thermo_fisher_scientific_orion_star_a321_ph_meter_kit

Harga : Rp 35.500.000

IP65 pH meter kit dilengkapi dengan security code dan opsi kalibrasi ulang mudah

Scientific Orion Star A321 merupakan pH meter dengan fungsi pembacaan data super akurat serta dilengkapi fitur penyimpanan data hingga 5000 kalibrasi. Dengan sistem non-volatile memory Anda pH meter dapat melakukan backup secara otomatis sehingga hasil pengukuran tidak akan hilang meski perangkat mati atau kehilangan daya.



Selain itu, Anda juga bisa langsung mentransfer data dari pH meter ke komputer untuk dilakukan analisis dan perbandingan dengan software Orion Star via USB atau RS232. Bila melihat spesifikasi secara keseluruhan, Orion Star A321 memang dirancang untuk penelitian serius. Anda bisa membeli pH meter ini di indomultimeter.com.

5. Extech EC500 Waterproof ExStik II PH Meter

extech_ec500_waterproof_exstik_ii_ph_meter

Harga : Rp 3.720.000

Akurasi sangat tinggi dan tahan benturan

Extech EC500 merupakan pH meter berstandar IP57 waterproof dan tahan benturan yang memiliki sensor multi-range berakurasi sangat tinggi. Selain dapat mengukur pH dan suhu, EC500 juga mampu mengukur konduktivitas, TDS, serta salinitas hanya dengan satu probe elektroda.

Walaupun memiliki banyak indikator pengukuran, pH meter ini menerapkan sistem dan buffer pH secara terpisah. EC500 juga memiliki sistem notifikasi saat elektroda telah aus dan harus diganti. Overall, produk ini adalah pH meter terbaik untuk kelas dibawah 10 juta. Anda bisa membeli pH meter ini di Shopee.

4. Eutech EcoTestr PH 2

eutech_ecotestr_ph2

Harga : Rp 1.556.000

Produk pH meter compact dan easy-to-use berteknologi tinggi dengan standar IP67

Bila Anda membutuhkan pH meter untuk pengujian dalam bidang pertanian dan air limbah, EcoTestr pH2 merupakan opsi terbaik. Produk ini menerapkan sistem kalibrasi otomatis, serta memiliki fungsi freeze agar Anda bisa membaca hasil analisis dalam waktu yang cukup.

EcoTestr pH2 sangat ramah lingkungan, sebab Anda tidak perlu terlalu sering mengganti probe sehingga dapat mengurangi volume sampah. Perangkat ini juga telah memenuhi standar IP67, yang mana pH meter memiliki ketahanan terhadap air serta tumbukan. Anda bisa membeli pH meter ini di Shopee.



3. PCE Instrument PWT 10 Conductivity/Salinity/Temperature Meter

pce_instrument_pwt_10_conductivity_salinity_temperature_meter

Harga : Rp 5.800.000

Memiliki tingkat analisis super presisi dengan resolusi 0.01/1% akurasi

PCE PWT-10 merupakan salah satu opsi produk terbaik bagi Anda yang membutuhkan pH meter untuk kebutuhan riset lingkungan. Perangkat ini mampu merekam data elektrolit, termasuk konduktivitas dan salinitas air dengan sangat detail serta dalam range pengukuran yang sangat rendah.

PCE PWT-10 sangat membantu dalam pengamatan desalting atau pemurnian air garam, sebab pH meter ini menggunakan protokol serta teknologi terbaik supaya menghasilkan analisis ion secara akurat dan reliable. Anda bisa membeli pH meter ini di indomultimeter.com.

2. Hanna HI2020 Edge Multiparameter

hanna_hi2020_edge_multiparameter

Harga : Rp 9.850.000

Produk pH meter mutakhir dengan teknologi hybrid pertama di dunia!

Hanna HI-2020 merupakan pH meter multi-parameter yang dapat menghasilkan analisis akurat selevel dengan analisis laboratorium. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan LCD display berukuran 140mm full-text touch keypad.

HI-2020 pH meter memiliki akurasi analisis hingga 0.002 pH dengan resolusi data 0.001 pH. Produk ini dirancang dengan digital smart electrode yang secara otomatis menganalisis dan menyimpan segala jenis sensor, ID, serta kalibrasi perangkat. Anda bisa membeli pH meter ini di Shopee.

1. Eutech PD 450 Multiparameter

eutech_pd_450_multiparameter

Harga : Rp 29.385.000

PH meter terbaik dengan teknologi RDO yang rendah maintenance cost



Eutech PD 450 merupakan pH meter terbaik untuk kegiatan analisis di lapangan. Selain memiliki desain ergonomis, pH meter ini juga sangat akurat dalam hasil analisisnya. PD450 menerapkan teknologi RDO yang sangat awet serta minim biaya perawatan rutin.

Produk ini juga memiliki penyimpanan data internal hingga 500 sets, serta dilengkapi dengan data interface USB/RS232. Walaupun menggunakan teknologi tinggi, PD450 telah memenuhi standar IP65 yang tahan air serta debu yang mengganggu. Anda bisa membeli pH meter ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli produk ph meter, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu tipe pH meter, akurasi probe, durabilitas pemakaian, parameter pengukuran, kemudahan pengoperasian, merek, hingga harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan tata cara penggunaan, kalibrasi, serta protokol perawatan pH meter supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Bila Anda menginginkan pH meter dengan harga terjangkau namun memiliki fitur yang cukup lengkap, Anda bisa memilih produk dari Eutech EcoTestr PH2 yang terbukti cukup banyak dipakai untuk pengujian lapangan.
  • Akan tetapi, bila Anda menginginkan pH meter kit dengan kualitas analisis setingkat laboratorium, produk pH meter Hanna HI-2020 mungkin adalah opsi terbaik. Produk ini juga menggunakan teknologi hybrid.
  • Sedangkan, untuk Anda yang membutuhkan pH meter dengan kualitas dan teknologi kelas premium, namun easy-to-use. Kami sangat merekomendasikan produk pH meter dari Eutech PD 450.

Referensi

  1. Cole-Parmer, How to Select a Pocket pH Meter for Your Application,https://www.coleparmer.com/tech-article/how-to-select-a-pocket-ph-meter-by-application
  2. Sciencing, How to Calibrate a pH Meter, https://sciencing.com/calibrate-ph-meter-4796148.html
  3. Just4Growers, How to Take Care of Your pH Meter,http://www.just4growers.com/stream/hydroponic-growing-techniques/how-to-take-care-of-your-ph-meter.aspx



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi pH Meter Air Digital Terbaik dan Mudah Digunakan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »