Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 June 2020

10 Rekomendasi Permainan Edukasi Terbaik untuk Bayi dan Balita

By Cekresi .com
10 Permainan Edukasi Terbaik untuk Bayi dan Balita


Mainan untuk balita, terutama bayi, dianggap oleh banyak orang sebagai sesuatu yang kurang perlu. Padahal, mainan tersebut, apalagi mainan edukatif, sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak sejak dini, lho. Usia bayi dan balita merupakan usia emas untuk belajar hal baru.



Selain itu, permainan edukasi bisa meningkatkan semangat mereka dalam belajar. Mereka akan berpikir bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan, baik belajar Bahasa, Matematika dan Sains. Ini penting agar di pikiran mereka tertanam bahwa pelajaran tersebut bukan hal yang menakutkan

Karena itu, kami menyajikan beberapa permainan edukasi untuk bayi dan balita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai permainan edukasi untuk bayi dan balita serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik permainan edukasi untuk bayi dan balita

Secara umum, permainan edukasi untuk bayi dan balita ada dua jenis. Pertama, jenis permainan non-simulasi yang menggunakan benda seperti bola dan boneka sebagai daya penarik utama.

Kedua, jenis permainan simulasi yang memiliki elemen-elemen yang disesuaikan dengan yang ada sebenarnya. Keduanya sangat cocok digunakan untuk melatih keterampilan anak, seperti visual, motorik atau pun logika.

Selain untuk melatih keterampilan anak, permainan edukasi juga cocok digunakan untuk belajar dan mendukung aktivitas anak sehari-hari.Hal ini tidak lepas dari karakter permainan edukasi yang menyenangkan dan mendidik, sehingga bayi dan balita sangat menggemarinya.

Anda bisa memilih jenis permainan non-simulasi untuk mendukung belajar dan kegiatan anak sehari-hari. Karena jenis ini sangat praktis dan modelnya lebih colorfull. Namun, untuk Anda yang ingin menerapkan metode belajar maksimal untuk anak, maka Anda bisa memilih jenis permainan simulasi.

Oleh karena itu, saat Anda memilih permainan edukasi untuk bayi dan balita, perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah permainan edukasi hanya dipakai untuk menunjang belajar, atau dipakai untuk bermain sehari-hari.



Perhatikan apa yang anak lakukan saat bermain

Apa yang dilakukan anak saat mereka bermain adalah hal yang perlu Anda ingat. Jangan sampai mainan tersebut menjadikan anak lupa waktu, sehingga baiknya Anda memperhatikan apakah anak melibatkan diri pada aspek pembelajaran yang ditawarkan mainan tersebut.

Pastikan permainan yang Anda berikan kepada anak dapat melatih mereka secara fisik, sosial, emosional dan kognitif.

Untuk bayi, mereka biasanya senang dengan mainan yang digantung. Jenis mainan ini biasanya juga dapat digerakkan. Bayi biasanya belum bisa langsung mengikuti arah mainan bergerak tapi mereka senang mengamatinya.

Perhatikan konsep permainan

Umumnya ada dua konsep permainan edukatif untuk anak; Praktik lower-order dan high-order. Praktik lower-order adalah jenis pembelajaran yang mengajak anak untuk berlatih mengingat konten.

Sedangkan permainan praktik high-order adalah permainan dengan konsep tingkat tinggi dan pemecahan masalah yang mendalam. Untuk mengembangkan pemahaman konsep yang kuat, digunakan pendekatan konstruktivis saat pembelajaran. Bereksperimen dan membangun sebuah ekosistem seperti permainan simulasi adalah salah satu contohnya.

Perhatikan material pembuat

Pastikan bahan yang digunakan pada mainan terbuat dari kayu, plastik, kain dan atau karet yang aman dan tidak terlalu berat. Terutama untuk bayi, pastikan bahan mainan lunak, ringan dan mudah digenggam bayi. Apalagi untuk bayi berusia sekitar 4 bulan sudah mulai senang menggigiti benda yang digenggamnya.

Kayu lebih disarankan karena bahannya alami dan lebih ramah lingkungan, misalnya kayu plywood dan pinus. Biasanya pula kayu dijadikan material untuk mainan yang berukuran besar sehingga relatif aman untuk anak karena resiko tertelan minim. Tentunya, material kayu lebih kuat dan tahan lama.

Sesuaikan dengan fisiologis anak

Misalnya pada bayi usia sekitar 1 bulan, matanya belum berfungsi sepenuhnya dan hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Maka Anda bisa memperlihatkan bayi Anda gambar-gambar hewan atau benda di sekitar yang berwarna hitam dan putih yang kontras. Ini akan melatih penglihatannya secara perlahan.



Buku bacaan untuk bayi sudah mulai bisa diberikan saat dia berusia sekitar 5 bulan. Ini karena bayi mulai gemar menggosok-gosok tangannya ke berbagai permukaan benda. Waktu ini dirasa tepat untuk memperkenalkan buku khusus dengan tekstur dan bentuk-bentuk berbeda di tiap halamannya.

Cara merawat permainan edukasi agar lebih awet

Agar permainan edukasi untuk bayi dan balita Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat permainan edukasi untuk bayi dan balita:

  • Meletakkan mainan kembali di rak tertutup agar mainan terhindar dari debu. Ini juga bisa menjadi dekorasi ruangan secara tidak langsung.
  • Rutin menyortir mainan yang sudah rusak atau tidak layak, karena ini penting untuk keamanan anak saat bermain.
  • Sesekali membersihkan mainan yang kotor dengan air hangat dan sabun sekaligus. sebagai sterilisasi, apalagi untuk anak usia bayi yang masih senang menggigiti mainan
  • Untuk mainan yang terbuat dari kayu, basuhlah dengan larutan cuka dan kain lap agar tekstur kayu tidak cepat rusak.

10 Rekomendasi permainan edukasi terbaik untuk bayi dan balita

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang permainan edukasi lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi permainan edukasi terbaik untuk bayi dan balita dari berbagai merek berikut ini:

10. L’Esperee Flashcard High Contrast

l’esperee_flashcard_high_contrast

Harga : Rp 61.111

Melatih kecerdasan visual bayi yang baru lahir

Bayi baru lahir belum memiliki fungsi mata sepenuhnya sehingga Anda bisa mulai melatihnya dengan memperlihatkan kartu-kartu gambar berwarna kontras, dan mulailah dari warna dasar hitam dan putih, lalu secara perlahan ke warna berikutnya.

Produk ini terdiri dari kartu-kartu berwarna hitam putih dan sedikit warna merah yang dibuat dengan tinta anti luntur. Ukuran kartunya sendiri 10 x 15 cm, yang disesuaikan dengan jarak pandang bayi baru lahir sekitar 20 cm.

Flashcard bisa membantu bayi Anda belajar mengingat gambar dan bentuk agar perkembangan otak kanan anak terpantau. Anda bisa membeli mainanini di Shopee.



9. SNETOYS Baby Stacking Cup Toys

snetoys_baby_stacking_cup_toys

Harga : Rp 57.000

Warna-warni dan disukai anak

Produk mainan jenis ini disukai anak karena anak sedang terlibat dalam permainan. Mainan ini memungkinkan anak menyusun cup-cup yang tersedia sesuka hati mereka.

Cup-cup yang terdiri dari dua bagian, yaitu sisi angka dan sisi huruf, didesain dengan warna-warna cerah untuk meningkatkan daya serap anak akan informasi pada cup. Ini bisa diterapkan pada anak usia 8 bulan ke atas.

Dengan material pembuat ABS berkualitas, mainan ini dapat melatih konsep besar kecil, melatih visual dengan pengenalan warna dan koordinasi mata dan tangan anak. Anda bisa membeli mainan ini di Shopee.

8. OEM Buku Bantal Kain

oem_buku_bantal_kain

Harga : Rp 17.999

Bacaan tepat untuk bayi

Anak yang gemar membaca adalah impian orang tua.Dengan buku bantal ini, anak diharap dapat mengenal buku sedini mungkin. Buku ini dibuat dengan bahan kain, bukan seperti buku pada umumnya sehingga aman untuk bayi.

Membaca juga dapat melatih kemampuan mata sekaligus motorik, karena anak akan diajak membuka dan menutup buku serta membalik halaman. Dilengkapi dengan gambar dan visual yang menarik di mata anak.



Selain itu, buku ini ideal untuk anak usia bayi dan balita. Jumlah halaman buku ini juga hanya 8 halaman dengan 1 halaman cover agar anak tidak jenuh. Anda bisa membeli mainan ini di Blibli.

7. Fisher Price Take and Turn Activity Cube

fisher_price_take_and_turn_activity_cube

Harga : Rp 210.000

Unik dan menyenangkan

Mainan ini terbilang unik karena bentuk, konsep dan desain-nya yang tidak biasa untuk mainan anak. Di satu sisi mungkin anak akan kesulitan mencerna tujuan mainan, namun di sisi lain ini melatih daya keingintahuan anak sehingga otak anak akan bekerja mencari tahu.

Mainan ini berbentuk teko dengan semua sisinya berwarna berbeda dan memiliki konsep yang berbeda pula. Namun semua sisinya memiliki tekstur yang khas yang bisa melatih motorik anak. Anda bisa membeli mainan ini di Shopee.

6. TOT Kids Baby Music Piano

tot_kids_baby_music_piano

Harga : Rp 70.000

Ajak anak kenali musik

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa bermain piano sebaiknya dilakukan oleh anak di atas 3 tahun, ternyata main piano sudah boleh diajarkan ke anak, bahkan sejak usia bayi, untuk melatih telinga dan kordinasi motoriknya.

Apalagi berdasarkan penelitian, main musik bisa mencegah kepikunan. Selain itu, mainan piano sejenis ini sifatnya interaktif sehingga anak menjadi lebih tertarik. Ini karena anak diberi kesempatan untuk terlibat dalam memencet-mencet tuts apapun dan akan mengeluarkan bunyi yang disenangi anak.



Mainan ini tentunya juga didesain full colour dan berkonsep ceria. Anda bisa membeli mainanini di Lazada.

5. Kukie Shop Mainan Edukasi Bayi N1519

kukie_shop_mainan_edukasi_bayi_n1519

Harga : Rp 485.000

Mempertajam daya ingat anak

Meski dengan bermain, anak dapat mengembangakan kemampuan berpikir dan motoriknya sekaligus. Apalagi jika mainan tersebut berwarna cerah dan berisi informasi dasar dan singkat.

Permainan mencocokkan benda seperti produk ini, misalnya, dapat melatih kemampuan motorik halus anak, yang melibatkan mata dan tangan. Mainan ini mencocokkan bentuk-bentuk hewan yang juga dapat membantu memberikan informasi tentang nama hewan kepada anak.

Desain yang unik dan penuh warna membuat mainan ini jadi menyenangkan dan tidak jenuh bagi anak. Material yang digunakan pun plastik yang aman. Anda bisa membeli mainan ini di Blibli.

4. Chim Star Puzzle Steering Wheel

chim_star_puzzle_steering_wheel

Harga : Rp 165.000

Permainan simulasi yang menyenangkan

Meskipun permainan jenis simulasi merupakan permainan dengan konsep high-order, namun mainan simulasi menyetir ini tetap cocok dimainkan oleh bayi. Ini untuk mengenalkan konsep awal simulasi, dan melatih sensor motorik. Bayi biasanya akan tertarik untuk menggerakkan setir meskipun masih belum beraturan.

Desainnya yang fun dan banyak warna dengan dilengkapi lampu dan suara dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Bahan yang digunakan sudah berstandar SNI. Anda bisa membeli mainan ini di Shopee.



3. Olaygim Huanger Piano Fitness Rack

olaydim_huanger_piano_fitness_rack

Harga : Rp 130.000

Anak bisa bermain dengan rileks

Mainan gantung dengan background musik ini bisa dipasang saat bayi tidur di ranjang atau Kasur, agar mereka bisa lebih nyaman memperhatikan elemen-elemen pada mainan sambil melatih fungsi mata, tangan dan kaki.

Ini karena jika mainan yang digantung disentuh atau tertendang bayi, akan mengeluarkan suara musik yang membuat bayi tidak bosan, dan cenderung menarik perhatian bayi karena interaktif.

Mainan ini dilengkapi dengan cermin dan matras yang waterproof jadi Anda bisa menidurkan bayi Anda di matras bawaannya. Matrasnya juga bisa dicuci. Anda bisa membeli mainan ini di Shopee.

2. Fisher Price Fun to Flip Soft Blocks

fisher_price_fun_to_flip_soft_blocks

Harga : Rp 149.000

Bermain lebih aman dan menyenangkan

Bila Anda khawatir dengan material produk yang terbuat dari plastik, apalagi untuk bayi, produk ini bisa menjadi pilihan karena terbuat dari kain dan foam yang lembut.

Mainan soft block ini terdiri dari empat balok yang bisa menyambung menjadi satu. Setiap baloknya memiliki desain dan pola yang menarik untuk anak. Ini bisa membantu anak mengenal dan mengingat elemen bentuk, warna, angka serta informasi lain pada balok.



Selain itu, mainan ini bisa melatih kemampuan sensor visual, sentuhan dan juga motorik halus dimana bayi akan memutar-mutar tiap balok yang bersisi berbeda. Anda bisa membeli mainan ini di Shopee.

1. Best Pukul Tikus Tanah

best_pukul_tikus_tanah

Harga : Rp 58.000

Mainan unik dengan konsep yang menarik

Anak-anak cenderung senang melakukan aktivitas fisik saat bermain. Bermain pukul-pukul tikus tanah adalah salah satunya. Apalagi dengan konsep yang menarik dimana tikus akan bersembunyi selama beberapa waktu dan keluar di lubang yang berbeda, dimana anak harus mengejar tikus-tikus tersebut.

Tapi mainan ini bukanlah benar-benar bermain pukul-pukul tikus. Mainan ini merupakan mesin interaktif yang bisa menjadi “guru” untuk anak. Desainnya berupa lubang-lubang yang bercorak tikus lucu dan berwarna-warni, namun tikus itu bukan untuk dipukul, melainkan masing-masing tikus mewakili tema pelajaran untuk anak.

Mulai dari lagu, musik, Bahasa Inggris, dan suara-suara unik diwakilkan oleh tikus-tikus tersebut. Saat ditekan, tikus tersebut akan menyala dan mengeluarkan suara sesuai tugasnya. Anda bisa membeli mainan ini di Blibli.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli permainan edukasi, sebaiknya Anda mempertimbangkan kegemaran anak, konsep permainan, usia anak serta bahan material pembuatnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar mainan Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Anda bisa memilih Fisher Price Fun to Flip Soft Blocks, karena dilengkapi dengan sistem perlindungan yang maksimal yaitu terbuat dari kain dan bentuknya menarik untuk anak.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin mainan anak yang unik dan berkualitas, Anda bisa memilih mainan Fisher Price Take and Turn Activity Cube.
  • Namun, jika Anda pecinta produk asli buatan Indonesia dengan kualitasnya yang sangat baik serta harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih mainan dari Kukie.

Referensi

  1. A Fine Parents(2015), 60 of the Best Learning Games for Kids (Sorted by Age),https://afineparent.com/gift-guides/learning-games-for-kids.html
  2. Immersed Games(2017), Choosing an Educational Game, http://www.immersedgames.com/choosing-an-educational-game/
  3. Education Corner (2020), 12 Strategies to Motivate Your Child to Learn, https://www.educationcorner.com/motivating-your-child-to-learn.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Permainan Edukasi Terbaik untuk Bayi dan Balita", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »