Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 October 2021

10 Rekomendasi Oximeter Terbaik untuk Isolasi Mandiri

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Oximeter Terbaik untuk Isolasi Mandiri


Oximeter termasuk satu di antara peralatan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Fungsinya penting, untuk mengecek kadar oksigen dalam darah. Bagi Anda yang ingin mencari oximeter terbaik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti jenis, tingkat akurasi, ukuran, hingga mereknya.



Karena itu, kami menyajikan oximeter terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, simak berbagai hal terkait oximeter berikut ini.

Pentingnya oximeter bagi penderita Covid-19!

Oximeter merupakan sebuah alat untuk melakukan pengukuran terhadap tingkat oksigen di dalam darah.

Alat tersebut menggunakan sinar infra merah sebagai pendeteksinya. Hasil pengukuran dapat menjadi alarm pertama terjadinya kerusakan pada fungsi paru-paru akibat serangan virus.

Pada penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, pengukuran saturasi oksigen merupakan hal penting. Penderita bisa segera menghubungi bantuan medis apabila kondisi saturasi oksigen di dalam darahnya menurun.

Berapa tingkat normal oksigen dalam darah?

Ketika memiliki oximeter, artinya Anda bisa melakukan pengecekan saturasi secara mandiri di rumah.

Tentunya hal itu akan menghemat waktu dan tenaga, tanpa harus antre di rumah sakit atau klinik. Namun, perlu juga mengetahui batasan normal saturasi oksigen, seperti berikut ini.

  • 95%-100%: tingkat saturasi oksigen normal
  • 90%-95%: Harus waspada, karena ada penurunan fungsi paru-paru
  • Di bawah 90%: perlu segera mendapatkan pertolongan pertama, yaitu bantuan napas melalui oksigen tambahan.

Cara memilih oximeter Terbaik

Melihat pentingnya oximeter ini di rumah, terutama pada pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri, tidak ada salahnya untuk membelinya. Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan pemilihannya.



• Pahami jenis oximeter

Apabila berencana membeli oximeter terbaik dan akurat, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu bahwa ada tiga jenis alat tersebut. Di antaranya adalah pulse oximeter, genggam, dan denyut janin.

Untuk pemakaian di rumah, jenis oximeter denyut ujung jari merupakan pilihan yang tepat. Harga lebih murah dan penggunaan mudah adalah alasannya. Berbeda dengan kedua jenis lainnya yang lebih tepat untuk penggunaan di rumah sakit atau klinik.

• Periksa tingkat akurasinya

Pulse oxymetry (oximeter denyut) dapat dengan mudah Anda beli melalui apotek atau secara online. Namun, pastikan bahwa produk tersebut memiliki akurasi yang memadai untuk pengukuran yang lebih valid.

Salah satu cara memastikan akurasinya adalah dengan memperhatikan sertifikat yang menyertai produk tersebut. Umumnya, sertifikasi yang berasal dari FDA, CE, dan ROHS dapat menjadi acuan oximeter akurasi terbaik.

Beberapa merek juga menampilkan range pengukuran pada bagian labelnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih produk terbaik. Ada baiknya memilih produk dengan range yang cukup lebar, misalnya 70%-100% saturasi oksigen.

• Periksa tampilan layarnya

Penggunaan pulse oximeter terbaik cukup mudah, yaitu hanya dengan menjepitkan ujung jari pada alat tersebut. Selanjutnya, alat akan mendeteksi warna, pergerakan, dan perbandingan antara kepekatan sel darah untuk dapat menghitung tingkat oksigennya.

Hasil dari pengukuran akan tampil pada layar perangkat tersebut. Untuk memudahkan pembacaan hasil, pastikan Anda membeli oximeter denyut yang memiliki layar jernih dan jelas. Ada baiknya memilih produk yang memiliki layar LED agar tetap tampak meski dalam gelap.



• Sebaiknya pilih yang hemat daya

Oximeter terbaik beroperasi optimal pada daya yang memadai. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang hemat daya untuk penggunaan lebih lama dan akurat.

Salah satu fitur penghemat daya pada oximeter terbaik adalah auto off system. Fitur tersebut membuat alat akan secara otomatis mati sendiri ketika sudah tidak terpakai. Dengan demikian, penggunaan baterai dapat lebih terkontrol.

• Pilih yang memiliki fitur alarm

Keberadaan fitur alarm juga menjadi nilai plus pada oximeter terbaik. Ada produk yang pengingatnya berbunyi saat proses pengukuran saturasi oksigen telah selesai. Produk lain melengkapi fiturnya dengan alarm yang berbunyi ketika hasil di bawah batas normal.

Pada alarm jenis tersebut, biasanya Anda bisa melakukan pengaturan untuk menentukan batasan nilai yang membunyikan alarm. Ada baiknya menetapkan alarm sedikit di atas batas minimum, sehingga Anda lebih waspada. Misalnya menetapkan alarm berbunyi pada hasil 96% saturasi.

Selain alarm hasil pengukuran, biasanya oximeter yang bagus juga memiliki pengingat atau indikator daya baterai. Oleh karena pengukuran dapat terganggu ketika daya baterai menipis, maka fitur ini cukup penting.

Alat akan memberikan peringatan ketika daya baterainya mencapai batas minimum. Dengan demikian, Anda bisa segera melakukan pengisian atau penggantian baterai.

• Cek apakah ada fungsi pengukuran lainnya

Pada umumnya, jenis oximeter denyut tidak hanya mengukur saturasi oksigen yang menggunakan lambang SPO2 saja. Alat ini juga bisa melakukan pengukuran lain, yaitu detak jantung.



Jadi, alat tersebut dapat melakukan pengecekan gambaran kesehatan terkait peredaran darah. Pengukuran ini menggunakan sinar infra merah yang dapat melihat pembuluh darah pada ujung jari Anda. Oleh sebab itu, hindari zat yang dapat meredam sinar tersebut, misalnya cat kuku.

• Pilih produk yang mudah membawanya

Oximeter terbaik yang dapat Anda gunakan di rumah, umumnya memiliki ukuran kecil. Namun, ada baiknya memilih alat yang mudah membawanya ke mana saja, terutama jika Anda perlu melakukan pengukuran saturasi oksigen secara berkala.

Produk yang hadir lengkap dengan pouch akan lebih memudahkan ketika harus membawanya bepergian. Selain itu, beberapa merek melengkapi produknya dengan pelindung silikon untuk meredam risiko kerusakan akibat benturan.

Tips menggunakan oximeter terbaik dengan benar

Anda perlu memahami cara penggunaan oximeter ini dengan benar untuk menghindari risiko kesalahan pengukuran. Agar lebih jelas, silakan menyimak daftar do & don’t di bawah ini.

  • Gunakan oximeter dalam posisi duduk diam. Hindari gerakan untuk mengoptimalkan akurasi pengukuran.
  • Akan lebih efektif melakukan pengukuran menggunakan jari tengah.
  • Bersihkan tangan terlebih dahulu, baik dari kotoran atau cat kuku. Produk cat kuku dapat mengganggu proses pengukuran saturasi oksigen.
  • Pastikan alat terpasang dengan benar pada jari. Apabila ada inner adjuster, pastikan sudah menyesuaikannya dengan jari Anda.
  • Hindari menggunakan alat ini pada ruangan yang terlalu terang, karena dapat mengganggu akurasinya.
  • Tidak perlu khawatir, penggunaan alat ini tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, apabila sering melakukan pengukuran dalam satu hari, bisa saja terjadi lecet.
  • Hindari menggunakan alat ini pada saat posisi baterai minim. Sempatkan melakukan pengisian ulang terlebih dahulu untuk mengoptimalkan kinerjanya.
  • Penggunaan pada perokok bisa jadi kurang akurat akibat kondisi darah mereka yang terkontaminasi nikotin. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter dahulu, sebelum membeli oximeter.

10 Rekomendasi merek oximeter terbaik untuk bekal melakukan isolasi mandiri

Agar saturasi oksigen selama melakukan isolasi mandiri tetap terpantau, ada baiknya memiliki sendiri alat tersebut di rumah. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi oximeter terbaik.

10. Tissor Pulse Oximeter LK88

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-10

Harga : Rp 65.000

Memiliki layar yang dapat berputar 3600



Alat untuk melakukan pengukuran saturasi oksigen secara mandiri di rumah ini memiliki layar OLED yang jernih. Bagian layarnya dapat berputar 3600, sehingga orang lain pun dapat membaca hasilnya.

Tidak hanya melakukan pengukuran, alat ini juga bisa mendeteksi laju detak jantung. Alat yang lengkap dengan tas untuk memudahkan membawanya ini sudah lengkap dengan garansi selama satu tahun. Anda bisa membeli oximeter ini di Shopee.

9. F2 Fingertip Pulse Oximeter Premium

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-9

Harga : Rp 163.000

Dapat beroperasi terus selama 40 jam

Keunggulan dari oximeter terbaik murah ini adalah konsumsi dayanya yang rendah. Anda bisa menggunakannya terus hingga 40 jam, sehingga bisa mengukur saturasi selama tidur. Meskipun demikian, alat ini tetap memiliki fitur auto off saat sudah 8 detik tidak tersambung dengan jari.

Layarnya menggunakan teknologi OLED, sehingga tampak jelas, bahkan di malam hari. Adapun bagian yang menyentuh jari terdapat lapisan silikon yang lembut. Waspadai bunyi alarm, karena ini menandakan saturasi berada di bawah ambang normal. Produk oximeter ini ada di Shopee.

8. Pulse Oximeter Yuwell YX 102

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-8

Harga : Rp 208.600



Tahan getaran dan guncangan

Alat pendeteksi saturasi oksigen ini bisa melakukan pengukuran pada orang dewasa maupun anak-anak. Akurasinya lebih terjamin, karena alat tersebut tahan getaran dan guncangan. Dengan range pengukuran SPO2 pada 70%-100%, alat ini cocok untuk pemantauan saat isolasi mandiri.

Pada oximeter terbaik ini juga terdapat indikator baterai yang bisa menjadi pengingat bagi Anda ketika dayanya sudah melemah. Penunjuk kondisi baterai tersebut tampak jelas pada layar LED yang jernih.

Tidak perlu khawatir penggunaan baterai menjadi boros dan sia-sia akibat lupa mematikannya. Alat ini memiliki fitur yang membuatnya otomatis mati ketika sudah 8 detik tidak tersambung dengan jari. Oximeter ini bisa Anda beli di Shopee.

7. Choicemmed Md300C15D Fingertip Pulse Oximeter

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-7

Harga : Rp 425.000

Tidak mudah rusak meski terbentur

Anda tidak perlu khawatir saat tidak sengaja menjatuhkan alat ini. Lapisan silikon pada bodinya mampu meredam benturan. Alat ini juga bisa melakukan pengukuran saturasi oksigen dan detak jantung pada orang dewasa maupun anak-anak.



Kualitas dari oximeter terbaik ini tampak dari jaminan pabrikan yang memberikan garansi 2 tahun. Selain itu, ada juga sertifikat dari CE Mark untuk menjamin mutunya. Anda bisa mendapatkan oximeter ini di Shopee.

6. Hannox Children Pulse Oximeter Oxy Panda

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-6

Harga : Rp 1.250.000

Desain lucu, membuat anak tidak merasa takut

Dari namanya, sudah tampak bahwa oximeter terbaik yang satu ini untuk penggunaan pada anak-anak. Ditambah lagi desainnya menyerupai bentuk panda lucu, dengan tujuan agar anak tidak merasa takut saat menggunakannya.

Oximeter khusus anak-anak ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi, terbukti dari adanya sertifikasi FDA, CE, GMP, dan ISO 13485. Anda bisa dengan jelas melihat hasil pengukurannya di layar OLED yang memiliki rotateable display. Oximeter ini dapat Anda beli di Shopee.

5. Pulse Oximeter Jumper JPD-500G

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-5

Harga : Rp 1.090.000

Dapat melakukan pengukuran pada anak, remaja, dan dewasa



Bagian penjepit tangannya memiliki teknologi Smart Spring System yang membuat oximeter ini cocok untuk penggunaan pada jari berbagai usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Alat ini tergolong canggih, karena dapat Anda koneksikan dengan smartphone melalui bluetooth.

Koneksi dengan ponsel pintar memudahkan pencatatan hasil pengukuran, sehingga dapat mendeteksi kecenderungan tingkat saturasinya. Alat ini mampu mengukur pada range SPO2 70%-99%. Oximeter ini tersedia juga di Shopee.

4. Contec Wrist Pulse Oximeter Fingertip CMS50F

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-4

Harga : Rp 1.699.000

Perangkat display melingkar pada pergelangan

Cara menggunakan oximeter fingertip terbaik ini adalah dengan memasukkan jari pada bagian penjepitnya. Adapun layar yang menyerupai jam dapat Anda pakai di pergelangan tangan, sehingga dapat mengoperasikannya semalaman ketika tidur tanpa takut alatnya jatuh.

Ada berbagai indikator yang tampak pada layar jernih tersebut. Anda bisa melihat indikator kapasitas baterai, hasil pengukuran SPO2, detak jantung, grafik, hingga progres charging. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan tingkat saturasi rendah, alarm akan berbunyi.

Produk ini masuk dalam jajaran oximeter yang terbaik, karena rentang pemeriksaannya antara 70%-100%. Unggulnya, oximeter ini tidak terganggu pencahayaan lingkungan, sehingga memiliki tingkat akurasi tinggi. Anda bisa mendapatkan oximeter ini di Shopee.



3. Beurer Pulse Oximeter PO80

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-3

Harga : Rp 2.057.000

Bisa mengukur saturasi pengidap sleep apnea

Tidak hanya membantu pengawasan perkembangan kesehatan pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri, alat ini juga berfungsi mengukur saturasi pengidap sleep apnea. Baterainya tahan seharian, sehingga dapat Anda gunakan terus menerus, selama tidur.

Keunggulan lainnya adalah adanya software untuk display hasil pengukuran pada PC. Bahkan produk yang memiliki garansi hingga lima tahun ini cocok untuk penggunaan pada pasien gangguan jantung.

Anda bisa mengisi ulang daya baterainya menggunakan charger yang menyertainya. Pengaturan kecerahan dan mode tampilannya juga cukup mudah. Selain pouch untuk memudahkan membawa, produk juga lengkap dengan kotak logam yang kuat. Oximeter ini tersedia di Shopee.

2. Elitech Pulse Oximeter Fox Baby

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-3

Harga : Rp 3.745.000

Produk oximeter khusus untuk bayi



Ada kalanya bayi pun perlu menggunakan oximeter untuk pemantauan saturasi oksigennya. Pada kondisi ini, oximeter khusus untuk bayi ini bisa menjadi pilihan. Warna cerahnya membuat bayi tidak merasa takut.

Alat pengukur saturasi oksigen untuk bayi usia 2 hingga 12 bulan ini nyaman dan tidak menyebabkan sakit di jarinya. Hal ini karena oximeter tersebut memiliki desain bentuk menyerupai anatomi jari bayi.

Layarnya berteknologi OLED dan memiliki pengaturan multi arah, sehingga ibunya dapat melihat hasil pengukuran dengan jelas. Konsumsi dayanya juga cukup hemat, dan rechargeable. Oximeter khusus bayi ini bisa Anda beli di Shopee.

1. Mindray PM60 Pulse Oximeter

foto-oximeter-terbaik-untuk-isolasi-mandiri-1

Harga : Rp 6.000.000

Dual mode; spot check dan continous

Salah satu brand oximeter terbaik ini menyediakan dua pilihan mode penggunaan. Saat berada pada mode continous, Anda bisa melakukan pemeriksaan selama 96 jam dan menyimpan hasilnya. Adapun pada mode stop check, penyimpanan mencapai 400 data pada 99 pasien.

Oximeter yang kompatibel pada penggunaan rumah sakit maupun mandiri ini juga dapat mengekspor data ke PC secara real time. Fitur alarm juga membuat pengguna menjadi waspada ketika hasilnya di bawah batas normal. Alat cek saturasi ini bisa Anda dapatkan di Shopee.



Kesimpulan

  • Ketika harus melakukan isolasi mandiri di rumah, sebaiknya sediakan oximeter agar dapat memantau saturasi oksigen secara berkala dengan mudah.
  • Sebelum membeli oximeter terbaik, usahakan pilih yang memiliki fitur alarm, indikator baterai, rentang pemeriksaan yang lebar, dan sertifikat penjamin kualitasnya.
  • Bagi Anda yang ingin pengukur saturasi dengan kemampuan penyimpanan data banyak, pilih Mindray PM60 Pulse Oximeter yang memiliki dual mode.
  • Namun, jika menginginkan alat yang tahan guncangan dan benturan, pilihannya adalah Pulse Oximeter Yuwell YX 102.
  • Adapun bagi Anda yang memerlukan pengukur saturasi oksigen untuk anak, pilih saja Hannox Children Pulse Oximeter Oxy Panda dengan bentuk lucunya.

Referensi

  1. Aarohy Kapoor (2021), Pulse Oximeter Buying Guide: Price, How to Buy The Right Oximeter, Types & More, https://m-timesofindia-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.timesofindia.com/most-searched-products/health-and-fitness/buying-guide/pulse-oximeter-buying-guide-features-price-how-to-buy-the-right-one-more/amp_articleshow/79992362.cms
  2. Leah Groth (2020), Pulse Oximeters May Be Helpful for People With Covid-19 – Here’s What to Know Before You Buy One, https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/pulse-oximeter
  3. Sudhansu Singh (2021), Pulse Oximeter Buying Guide-Here’s How to Choose The Right Oximeter for Home, https://www-businessinsider-in.cdn.ampproject.org/v/s/www.businessinsider.in/tech/how-to/how-to-choose-the-right-pulse-oximeter/amp_articleshow/82228819.cms



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Medis


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Oximeter Terbaik untuk Isolasi Mandiri", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »