Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


9 August 2021

10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik untuk Mencegah Bau Mulut

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik untuk Mencegah Bau Mulut


Tidak cukup dengan sikat gigi saja untuk merawat mulut agar tetap bersih dan sehat, Anda juga perlu menggunakan obat kumur secara rutin. Meski terlihat simpel, obat kumur ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah bau mulut.



Bau mulut yang tidak sedap bisa disebabkan oleh bakteri yang bersarang di mulut akibat tidak tercapai saat proses menyikat gigi. Namun, dengan pemakaian obat kumur, bakteri yang hidup di rongga mulut atau di sea-sela gigi pun dapat terbunuh oleh kandungan antiseptiknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi obat kumur terbaik untuk mencegah bau mulut lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai obat kumur hingga cara menggunakannya.

Pentingnya menggunakan obat kumur!

Berkumur dengan obat kumur tidak hanya membantu menjaga nafas agar tetap segar, tetapi juga dapat membantu membunuh bakteri pada mulut yang menyebabkan plak serta masalah gigi berlubang.

Meskipun menyikat gigi dan flossing merupakan cara yang bagus untuk menjaga permukaan gigi agar tetap bersih dan sehat, namun dua langkah itu saja ternyata tidak cukup untuk menjangkau mulut bagian dalam.

Untuk itu, dengan menambahkan obat kumur ke dalam rutinitas harian Anda saat membersihkan gigi,menjadi langkah tepat untuk menetralisir bakteri yang tersisa di lidah, pipi, atau langit-langit mulut Anda.

Jenis-jenis obat kumur dan penggunaannya

Sebelum membeli obat kumur, perlu Anda ketahui terlebih dahulu beberapa jenis obat kumur berikut ini, agar Anda tidak salah pilih.

  • Obat kumur kosmetik

Obat kumur ini dirancang untuk mengurangi bau mulut serta memberikan sensasi lebih segar pada mulut Anda. Namun, jenis obat kumur kosmetik ini tidak selalu dilengkapi dengan bahan antibakteri.



Dengan demikian, jenis obat kumur ini kurang cocok untuk Anda yang mencari produk obat kumur yang dapat mengatasi permasalahan radang gusi, plak, atau gigi berlubang.

  • Obat kumur Fluoride

Obat kumur ini mengandung bahan aktif fluoride yang mampu memperkuat email gigi dan membantu mencegah kerusakan gigi. Menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride mungkin kurang diperlukan bila Anda telah menggunakan pasta gigi berfluoride.

Namun, jika Anda mengalami kondisi gigi yang mudah rapuh dan rentan berlubang, atau memiliki kondisi medis seperti mulut kering yang memengaruhi keseimbangan bakteri di mulut, maka obat kumur ini menjadi pilihan tepat bagi Anda agar gigi tidak mudah rusak.

  • Obat kumur antibakteri

Jenis obat kumur ini lebih efektif dalam menjangkau kuman dan bakteri hingga ke sala-sela gigi dan gusi yang mungkin Anda lewatkan ketika menyikat gigi atau flossing. Itulah mengapa menyikat gigi saja tidak cukup, Anda juga perlu mengunakan obat kumur.

Selain itu, sebagai bonus tambahan, banyak pembersih mulut antibakteri yang juga mengandung bahan aktif fluoride. Sehingga, selain mampu melawan bakteri berbahaya, Anda juga dapat memilih jenis obat kumur ini untuk memperkuat gigi.

  • Obat kumur pemutih gigi

Beberapa obat kumur yang dijual bebas di pasaran mengandung zat pemutih seperti hidrogen peroksida yang mampu membantu membersihkan noda yang muncul di permukaan gigi akibat makanan, kopi, rokok, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki masalah dengan tampilan warna pada gigi Anda yang tidak cerah, maka Anda dapat memilih jenis obat kumur ini. Namun, bagi Anda yang memiliki sensitivitas gigi tinggi, sebaiknya Anda tidak menggunakan jenis obat kumur ini.



Kandungan bahan yang harus diperhatikan

Memerhatikan kandungan bahan pada suatu produk menjadi sebuah hal yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum membeli produk tersebut. Tidak terkecuali saat membeli produk obat kumur. Pastikan Anda tidak memilih produk obat kumur dengan kandungan alkohol.

Karena, alkohol bisa menyebabkan kekeringan pada rongga mulut, yang dimana seharusnya rongga mulut selalu dalam kondisi basah agar dapat menjaga netralitasnya. Apabila mulut mengalami kekeringan, maka Ph juga akan menurun sehingga berisiko tinggi sebabkan gigi berlubang.

Cara menggunakan obat kumur

Produk obat kumur memiliki petunjuk penggunaan yang bervariasi setiap mereknya. Namun, terdapat beberapa petunjuk dasar yang sering dipakai oleh sebagian besar produk obat kumur, yaitu :

1. Mulailah dengan menyikat gigi secara menyeluruh disusul dengan flossing jika Anda biasa melakukannya.
2. Tuangkan obat kumur pilihan Anda ke dalam gelas ukur plastik yang telah tersedia bersama produk.
3. Tuangkan cairan sebanyak yang diintruksikan pada produk, biasanya sekitar 3 sampai 5 sendok teh atau 10 hingga 15 ml.
4. Tuang ke dalam mulut dan berkumurlah selama sekitar 30 detik dengan tetap berhati-hati agar cairan tidak tertelan.
5. Keluarkan cairan dari mulut kemudian bilas menggunakan air. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda tidak perlu membilasnya lagi dengan air biasa.

10 Rekomendasi obat kumur terbaik untuk mencegah bau mulut

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang obat kumur lengkap dengan cara penggunaannya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi obat kumur untuk mencegah bau mulut dari berbagai merek berikut ini.

10. Formula Mouthwash Cool and Fresh

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-10

Harga : Rp 17.000

Memberikan efek segar yang tahan lama pada mulut

Seri cool and fresh dari obat kumur Formula ini dibekali dengan teknologi fresh lock yang mampu mengunci kesegaran mulut secara efektif dan tahan lama. Produk ini berstimulasi rendah karena tidak mengandung alkohol.



Meski demikian, produk obat kumur dari Formula ini juga masih tetap efektif dalam membasmi kuman yang berkembang biak di dalam mulut. Sehingga, kebersihan mulut selalu terjaga dan terlindungi.

Selain dibandrol dengan harga sangat terjangkau, Formula Mouthwash Cool and Fresh ini juga dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran.Anda juga bisa mendapatkan produk tersebut di Shopee.

9. Therabreath Oral Rinse 88,7 ml

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-9

Harga : Rp 120.000

Diformulasikan langsung oleh dokter gigi

Formula profesional, bebas alkohol, serta kekuatan oksigensi OXYD-8 pada produk Therabreath Oral Rinse ini merupakan hasil penemuan revolusioner Dr. Harold Katz, seorang pakar bau mulut asal Amerika.

Karyanya tersebut telah menemukan metode paling efektif untuk mengobati segala masalah bau mulut langsung dari sumbernya, baik di sela gigi, lidah, maupun tenggorokan, tempat bakteri dan kuman penyebab bau mulut itu hidup dengan baik.

Selain itu, penggunaan kekuatan oksidasi dari OXYD-8 ini dinilai lebih aman dan juga efektif dalam memberikan sensasi bau mulut yang segar. Sehingga, produk ini mampu memulihkan kepercayaan diri Anda bahkan hingga 24 jam. Anda dapat membelinya di Shopee.

8. Total Care Cool Mint

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-8



Harga : Rp 12.000

Memberikan keharuman mulut dan ampuh menjaga kesehatan gusi

Selain mencegah timbulnya bau mulut yang tidak sedap, produk obat kumur dari Total Care ini juga tepat bagi Anda yang memerlukan produk obat kumur dengan kemampuan mengatasi gangguan mulut yang terjadi pada gusi maupun gigi.

Total Care Mouthwash Cool Mint ini mengandung bahan alami peppermint yang dapat menciptakan nafas Anda lebih segar serta tea tree oil yang berperan sebagai bahan antibakteri alami.

Selain itu, Total Care Mouthwash juga telah dilengkapi dengan CPC dan Xylitol yang terbukti efektif membunuh 99% virus dan bakteri yang ada dimulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. Anda dapat membeli produk obat kumur ini di Shopee.

7. Enzim Mouthwash

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-7

Harga : Rp 23.000

Mengandung enzim aktif alami tanpa detergen dan alkohol

Penggunaan nama Enzim pada produk obat kumur ini tidak terlepas karena kandungannya yang terdiri dari beberapa enzim alami, seperti enzim AMG (Amylo Glucosidase), GO (Glucose Oxidase), dan LPO (Lactoperoxidase).

Enzim-enzim tersebut berperan dalam mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Sementara itu, untuk mengatasi masalah bau mulut, produk ini juga telah dibekali dengan kandungan Zinc Gluconate.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, produk ini juga dapat Anda Andalkan karena memiliki kandungan Potassium Nitrate yang mampu membantu mengatasi gigi sensitif. Anda bisa mendapatkan Enzim Mouthwash ini di Shopee.



6. Oral-B Pro Healt Multi Protection

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-6

Harga : Rp 30.000

Membantu melawan kuman penyebab plak dan nafas tidak segar

Produk pembersih mulut satu ini, memiliki formula khusus yang dapat membantu melawan kuman penyebab terbentuknya plak serta bau mulut hingga 99% efektivitasnya. Selain itu, produk ini juga ampuh dalam mengatasi masalah peradangan gusi.

Dengan diperkaya kandungan daun mint, sehingga obat kumur ini mampu menciptakan sensasi segar pada mulut yang dapat menambah kepercayaan diri Anda saat berkomunikasi dengan orang disekitar

Kandungannya yang bebas alkohol, juga dinilai lebih aman karena tidak memberikan sensasi terbakar pada saat digunakan. Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda dapat membelinya di Shopee.

5. Total Care Mouthwash Siwak Salt 250 ml

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-5

Harga : Rp 14.100

Mengandung garam laut yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri

Sebagai merek produk perawatan mulut yang telah banyak dikenal masyarakat, Total Care menghadirkan beberapa seri obat kumur dengan keunggulannya masing-masing, diantaranya Total Care Mouthwash Siwak Salt.

Seri siwak salt pada obat kumur ini mengandung 3 bahan antibacterial alami yaitu siwak, sea salt (garam laut), dan tea tree oil yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri dan bau mulut serta menciptakan aroma nafas yang lebih wangi alami.



Untuk status kehalalannya tidak perlu Anda ragukan lagi, karena mouthwash ini telah dilengkapi dengan sertifikasi halal oleh MUI. Apabila Anda tertarik dengan produk tersebut, Anda dapat membelinya di Shopee

4. Colgate Plax Peppermint Fresh 750 ml

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-4

Harga : Rp 35.000

Memberikan sensasi yang menyejukkan dibandingkan dengan menyikat gigi

Colgate Plax Peppermint Fresh merupakan inovasi produk obat kumur yang tidak mengandung alkohol dengan kemampuan melawan 99.9% bakteri serta menyegarkan nafas hingga 24 jam.

Produk obat kumur dari Colgate ini telah dilengkapi dengan Cetylpyridinium Chloride yang berguna untuk mencegah pembentukan plak pada gigi. Selain itu, produk ini juga mengandung Fluoride yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang.

Jika dibandingkan dengan obat kumur tanpa antiseptik lainnya, obat kumur dari Colgate ini dipercaya lebih efektif dalam menjaga kesehatan gusi Anda. Untuk mendapatkan produk ini Anda bisa membelinya di Shopee.

3. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert 300 ml

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-3

Harga : Rp 24.500

Mampu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif

Mendengar namanya, pasti bukan menjadi sebuah kata yang asing lagi di telinga Anda. Sebagai salah satu merek dagang untuk produk perawatan mulut, Pepsodent terbilang cukup sukses menguasai pasar lokal bersama produk-produk terbaiknya.



Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert merupakan salah satu produk obat kumur keluarannya yang dikenal ampuh untuk mengurangi rasa ngilu terhadap gigi sensitif dengan kandungan Potassium Citrate nya.

Selain itu, obat kumur ini juga dilengkapi dengan kandungan Active Zinc dan Fluoride yang mampu membantu menjaga kesehatan gusi serta mencegah terjadinya gigi berlubang. Anda bisa membeli Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert ini di Shopee.

2. Listerine Multi Protect Zero Antiseptic

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-2

Harga : Rp 18.000

Memiliki rasa lebih ringan dengan kandungan 4 essential oil

Tidak jauh berbeda dengan Pepsodent, Listerine juga cenderung lebih banyak dikenal oleh masyarakat sebagai produk obat kumur terbaik yang mampu mengatasi berbagai masalah pada mulut Anda.

Untuk mengatasi permasalahan bau mulut yang tidak sedap, Listerine menghadirkan seri Multi Protect Zero Antiseptic dengan 4 kandungan bahan aktif berupa menthol, methyl salicylate, eucalyptol, dan thymol.

Keempat formula tersebut terbukti klinis mampu mengurangi 99,9% kuman penyebab bau mulut, plak, serta peradangan pada gusi. Anda bisa mendapatkan Listerine Multi Protect Zero Antiseptic ini di Shopee

1. Betadine Obat Kumur

foto-obat-kumur-terbaik-untuk-mencegah-bau-mulut-1



Harga : Rp 30.000

Efektif juga untuk mencegah sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan akut

Produk selanjutnya yang juga tidak kalah bagus popularitasnya, hadir dari merek Betadine. Merek obat kumur yang biasa disarankan oleh dokter gigi ini memang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dalam mulut.

Diantaranya seperti gusi bengkak, sariawan, bau mulut, dan napas tidak segar. Tidak hanya itu saja, kandungan Povidone Iodine pada obat kumur ini juga dapat mencegah timbulnya infeksi pernapasan akut serta membantu meredakan radang tenggorokan.

Karena selain untuk berkumur di mulut, cairan obat kumur ini juga aman untuk Anda gunakan ber-gargle atau berkumur di tenggorokan. Sehingga, efektivitasnya semakin luas hingga mencapai tenggorokan. Anda dapat membeli obat kumur Betadine ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli obat kumur, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa jenis obat kumur, serta memerhatikan bahan yang digunakan.
  • Agar lebih aman dan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda perlu menerapkan beberapa langkah penggunaan obat kumur yang benar.
  • Anda bisa membeli obat kumur Betadine, karena memiliki kualitas yang bagus yang telah terjamin keamanannya, serta memberikan banyak manfaat.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih Colgate Plax Peppermint Fresh, karena obat kumur ini mengandung Fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang.
  • Namun, jika Anda ingin mencari obat kumur yang cocok untuk masalah gigi sensitif, maka Anda dapat memilih obat kumur dari Enzim atau Pepsodent.

Referensi

1. Pier Dental Centre (2020), Choosing The Right Mouthwash, https://pierdentalcentre.com/blog/dental-health/choosing-the-right-mouthwash
2. Boyyet Family Dentistry, How to Choose the Right Mouthwash, https://boyettfamilydentistry.com/how-choose-right-mouthwash/
3. Healthline (2019), How to Use Mouthwash, https://www.healthline.com/health/how-to-use-mouthwash#using-mouthwash



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kesehatan Obat


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik untuk Mencegah Bau Mulut", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »