Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


29 July 2021

10 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Aman Bagi si Kecil

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Aman Bagi si Kecil


Batuk merupakan masalah kesehatan yang sering menjangkit anak-anak. Hal ini disebabkan imunitas mereka yang masih belum sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat batuk anak.



Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi obat batuk anak yang aman bagi si kecil lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai obat batuk dan cara memilihnya.

Mengenal jenis-jenis obat batuk

Tingkat kondisi batuk yang dialami tiap anak bisa berbeda-beda. Tergantung dari imunitas yang dimilikinya.

Jika imunitasnya kuat, batuk bisa cepat sembuh dengan sendirinya. Sementara untuk anak yang memiliki sistem imun lemah, batuk yang dialami bisa terjadi dalam hitungan minggu.

Umumnya, ada dua jenis batuk yang sering diderita anak-anak. Pertama adalah batuk berdahak. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya lendir atau dahak.

Sedangkan jenis lainnya adalah batuk kering. Ini disebabkan adanya infeksi pada saluran pernapasan, seperti sakit tenggorokan dan radang tenggorokan. Biasanya batuk kering terjadi dalam waktu yang lebih lama ketimbang batuk berdahak.

Apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan, terkadang batuk bisa memicu permasalahan kesehatan yang lebih serius. Misalnya penurunan stamina atau gangguan tidur karena terus-menerus batuk. Apalagi kalau batuk tersebut dikombinasikan dengan pilek dan gejala flu.

Oleh sebab itu, pemberian obat batuk sangat disarankan untuk meredakan masalah tersebut. Berikut jenis-jenis obat batuk yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya, antara lain:



  • Obat batuk antitusif

Jenis obat batuk ini bekerja dengan mengurangi refleks batuk pada anak. Biasanya obat ini diperuntukkan bagi penderita batuk kering. Contoh obat batuk antitusif ialah Pholcodine dan Dextromethorphan.

  • Obat batuk Antihistamin

Fungsi utamanya adalah untuk mengobati batuk akibat alergi. Cara kerja jenis obat ini adalah dengan mengurangi pengeluaran histamine sekitar terjadinya infeksi atau alergi.

Jadi, produksi lendir yang terdapat pada paru-paru akan berkurang. Contoh obat batuk Antihistamin adalah Promethazine dan Brompheniramine.

  • Obat batuk ekspetoran

Bagi penderita batuk berdahak, jenis obat ini adalah solusi terbaik. Obat ini akan melegakan saluran pernapasan agar dapat mengeluarkan dahak atau lendir yang berlebih. Contoh obat batuk ekspetoran adalah Ipecacuanha dan Guaifenesin.

  • Obat batuk Dekongestan

Khasiat obat batuk ini adalah untuk mengatasi batuk dan pilek secara bersamaan. Cara kerjanya dengan menyempitkan pembuluh darah pada hidung dan paru-paru penderitanya. Contoh batuk Dekongestan ialah Xylometazoline dan Pseudoefedrin.

  • Obat batuk Kombinasi

Terakhir adalah obat batuk dengan kandungan kombinasi bahan aktif dari dekongestan, antitusif, sekaligus penghilang rasa sakit. Umumnya jenis ini digunakan untuk mengobati batuk yang disertai dengan berbagai masalah flu, seperti nyeri badan, hidung tersumbat, dan demam.

Perhatikan kandungan bahan obat batuk

Sebelum membeli obat batuk, orang tua sering merasa khawatir tentang aman atau tidaknya obat tersebut untuk anaknya.

Pemberian obat batuk anak memang membutuhkan pengamatan yang cermat. Terutama soal bahan-bahan yang di dalamnya. Kandungan bahan tersebut biasa menyesuaikan dengan jenis batuk yang dialami anak.



Untuk batuk kering, obat batuk dengan kandungan antitusif seperti pada Dextrometorphan HBr adalah pilihan terbaik. Bahan ini dapat menekan refleks batuk sekaligus pusat batuk di otak.

Sedangkan pada batuk berdahak, sebaiknya pilih yang mengandung ekspetoran. Misalnya Guaiafenesin yang berfungsi untuk melegakan saluran pernapasan, mengencerkan dahak, serta menghilangkan penyumbatan.

Anda juga bisa memilih kandungan bahan herbal seperti madu dan cengkeh yang aman untuk anak-anak.

Sesuaikan dengan usia anak

Pemberian obat batuk kepada anak tidak bisa sembarangan. Ada beberapa produk yang diperuntukkan usia tertentu. Anda bisa melihat dosis atau takaran yang dianjurkan tersebut di bagian kemasan obat.

Anda harus membaca petunjuk penggunaan tersebut dengan cermat. Pastikan kalau obat tersebut memang sesuai dengan usia anak Anda.

Apabila merasa ragu atau kurang jelas dengan infomasi di kemasannya, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapat penjelasan yang lebih detail.

Pilih rasa yang disukai anak

Sedih rasanya melihat si buah hati mengalami batuk-batuk yang merusak keceriaan dalam aktivitasnya. Namun, bukan hal mudah juga untuk memberikan obat kepada mereka. Padahal obat tersebut sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Alhasil, perlu trik khusus agar anak-anak mau mengonsumsi obat mereka. Salah satunya dengan memberikan obat batuk dengan varian rasa yang disukai mereka.

Beberapa merek obat batuk anak kini sudah menyediakan beberapa opsi rasa buah yang disenangi anak-anak, misalnya stroberi, lemon, dan ceri.

Cek efek samping penggunaannya

Selama pengobatan, merupakan hal umum bila timbul efek samping dari bahan obat yang diberikan. Efek samping tersebut bisa berbeda-beda. Misalnya saja Guaianfenesin yang bisa memberi reaksi alergi, mual, pusing, muntah, hingga kesulitan bernapas.



Sebagai orang tua, Anda diharuskan untuk mengetahui efek samping apa saja yang mungkin akan terjadi pada si kecil.

Ketimbang mengetahui reaksi setelah mengonsumsi obatnya,sebaiknya Anda membaca lebih dahulu melalui label informasi pada kemasannya. Bisa juga dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis mengenai efek samping tersebut.

10 Obat batuk anak yang aman bagi si kecil

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang obat batuk anak dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi obat batuk anak yang aman bagi si kecil dari berbagai merek berikut ini.

10. Actifed Plus Expectorant Hijau

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-10

Harga : Rp 55.000

Pengeluaran dahak jadi lebih mudah

Si kecil mengalami batuk berdahak dan pilek sekaligus? Actifed Plus Expectorant Hijau adalah solusinya.

Obat batuk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak berusia 2 tahun hingga dewasa. Dosis pemberiannya berbeda-beda berdasarkan rentang usianya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter setempat untuk mengetahui dosis penggunaan yang tepat.

Selain itu, obat ini dapat meningkatkan volume air dari sekresi tenggorokan dengan cara menurunkan viskositas lender. Apabila dikonsumsi dengan rutin, pengeluaran dahak pun akan lebih mudah.

Namun, obat batuk ini dapat menyebabkan kantuk. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bila si kecil hendak bepergian ke sekolah. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.



9. NIN JIOM PEI PA KOA Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-09

Harga : Rp 25.000

Mengandung berbagai bahan herbal

Beberapa orang tua lebih merasa nyaman jika memberikan obat batuk herbal kepada si kecil. Karena kandungan bahan alami di dalamnya dianggap aman untuk tubuh si buah hati yang rentan.

Salah satu produk obat batuk herbal yang bisa Anda pertimbangkan adalah NIN JIOM PEI PA KOA Obat Batuk Cap Ibu dan Anak.

Di dalamnya terkandung daun biwa cha yang berkhasiat untuk melegakan saluran pernapasan. Ada pula kuncup bunga bakung yang mampu mengatasi batuk berdahak sekaligus memberi nutrisi pada paru-paru si anak.

Obat batuk jenis cair ini hadir dalam tiga pilihan ukuran, antara lain 75 ml, 150 ml, serta 300 ml. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.

8. Triaminic Ekspektoran dan Pilek

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-08

Harga : Rp 65.500

Diformulasikan dengan dua bahan aktif khusus



Pilihan obat batuk anak selanjutnya adalah Obat Triaminic Ekspektoran dan Pilek. Produk ini dapat mengatasi berbagai gejala pilek, misalnya napas tersendat, bersin-bersin, hidung tersumbat, serta batuk. Varian rasa lemon pada obat ini membuat anak-anak menyukainya.

Obat batuk anak ini diformulasikan khusus dengan dua bahan aktif utama, Guaifenesin dan Pseudoephedrine HCI. Guaifenesin dapat mengumpulkan dahak untuk memudahkan pengeluarannya.

Sedangkan Pseudoephedrine HCI dapat menyempitkan pembuluh darah sekaligus melegakan saluran pernapasan. Akan tetapi, produk ini tidak disarankan untuk anak-anak berusia di bawah 2 tahun. Anda bisa membeli obat ini di Shopee.

7. Uni Bebi Cough Syrup

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-07

Harga : Rp 5.000

Atasi beragam jenis batuk dan demam

Paracetamol biasa dikenal akan fungsinya sebagai penurun deman. Selain itu, bahan ini juga biasa digunakan pada obat pereda gejala flu, seperti batuk dan pilek. Kandungan ini terdapat pada produk Uni Bebi Cough Syrup.

Obat ini sangat efektif untuk mengatasi beragam jenis penyakit, seperti influenza, batuk berdahak, batuk pilek, batuk panas, serta demam pada anak yang biasa disebabkan oleh perubahan cuaca.



Selain itu, obat batuk ini bisa dikonsumsi setelah makan dengan dosis tertentu. Akan tetapi, Uni Bebi Cough Syrup tidak diperbolehkan bagi anak usia kurang dari 2 tahun. Karena usia tersebut belum disarankan untuk mengonsumsi obat terlalu sering. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.

6. Anatuk Obat Batuk Herbal

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-06

Harga : Rp 65.000

Menggunakan kandungan 100% bahan alami

Seringkali orang tua merasa ragu dalam memilih obat untuk anak. Kandungan bahan kimia di dalam obat tersebut kadang dianggap tidak aman untuk anak-anak. Mengingat metabolisme mereka masih cenderung rentan.

Untungnya beberapa produsen mulai meracik obat batuk dengan rasa yang disukai si kecil. Seperti Anatuk Obat Batuk Herbal.

Obat batuk ini dibuat dengan 100% bahan alami, tanpa ada satu pun bahan kimia di dalamnya. Membuatnya aman dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia satu tahun ke atas.

Manfaat yang bisa didapat dari berbagai bahan alami pada obat ini adalah untuk meringankan penyakit pernapasan seperti pilek dan batuk. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.

5. OBH Nellco Special Anak

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-05

Harga : Rp 19.500



Tersedia dalam varian rasa yang disukai anak-anak

Tidak mudah memberikan obat pada si kecil. Seringkali mereka tidak suka dengan rasa dari obat tersebut. Oleh karena itu, OBH menghadirkan produk obat batuk khusus anak-anak dengan varian rasa yang disukai mereka. Terdiri dari rasa stroberi, cokelat, dan jeruk.

Obat batuk anak ini memiliki kandungan Glycyrrhiza succus, Paracetamol, Chlorpheniramine, serta Ammonium Chloride.

Seluruh bahan tersebut dapat membantu mengobati berbagai gejala flu, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin, batuk berdahak, demam, serta sakit kepala. Anda bisa membeli obat ini di Shopee.

4. Laserin Madu

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-04

Harga : Rp6.500

Cocok untuk anak-anak dan bayi

Tentu sedih rasanya kalau melihat si kecil mengalami batuk-batuk. Kabar baiknya, kini sudah ada Laserin Madu. Produk obat batuk anak ini memiliki kandungan bahan-bahan herbal, antara lain madu, jahe merah, kayu manis, cengkeh, serta daun sirih.

Kandungan-kandungan alami tersebut kemudian dapat meringankan batuk pada si kecil, baik batuk kering maupun batuk berdahak.

Selain anak-anak, obat ini juga bisa diberikan kepada bayi yang sedang batuk. Obat batuk cair ini hadir dalam tiga pilihan ukuran, yaitu 30 ml, 60 ml, dan 100 ml. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.



3. PIM-TRA-KOL Sirup Plus

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-03

Harga : Rp 14.000

Dibanderol dengan harga terjangkau

Produk Pim Tra Kol ini hadir dalam tiga varian rasa yaitu lemon, melon, dan ceri. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, obat ini dibekali dengan kandungan zat aktif berupa Chlorpheniramine Maleate, Guaifenesin, Paracetamol, serta Ephedrine Hydrochloride.

PIM-TRA-KOL Sirup Plus terbilang ampuh dalam mengatasi beragam gejala flu, seperti hidung tersumbat, batuk berdahak, hingga sakit kepala. Hendaknya obat ini dikonsumsi setelah si kecil makan untuk mendapat hasil yang optimal. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.

2. Bodrexin Herbal Batuk

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-02

Harga : Rp 6.500

Bentuknya saset, mudah dibawa bepergian

Walau sudah disiapkan sebaik mungkin, kadang ada saja masalah yang terjadi selama perjalanan. Misalnya saja batuk-batuk pada anak.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu melakukan antisipasi dengan membawa obat-obatan. Supaya lebih mudah, Bodrexin Herbal Batuk bisa jadi pilihan terbaik untuk perjalanan Anda.



Produk ini dikemas dalam bentuk sacet. Memudahkan Anda untuk menyelipkannya di dalam tas selama bepergian. Kandungan bahan aktif berupa Thyme, Daun Cengkeh, Gychirizae Glabra Radix, jahe, madu, dan sebagainya membuat batuk pada anak bisa sembuh dengan cepat.

Produk Bodrex ini cocok dikonsumsi oleh anak dalam rentang usia 2 – 12 tahun. Anda bisa membeli obat batuk anak ini di Shopee.

1. Bisolvon Kid

foto-obat-batuk-anak-yang-aman-bagi-si-kecil-01

Harga : Rp 35.000

Bantu mengencerkan dahak dengan cepat

Batuk berdahak seringkali membuat aktivitas si kecil jadi terhambat. Untuk mengembalikan keceriaan si kecil. Anda bisa memberikan Bisolvon Kid pada anak-anak yang sedang mengalami batuk berdahak yang disertai demam atau pilek sekalipun.

Kandungan bahan ekspektoran dari Bromhexine HCl di dalamnya berfungsi untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.

Hasilnya, batuk berdahak dapat segera diatasi dan si buah hati pun bisa beraktivitas seperti sedia kala lagi.Anda bisa membeli obat ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli obat batuk anak, sebaiknya Anda mempertimbangkan kandungan bahan, usia anak, varian rasa, serta efek sampingnya.
  • Pastikan Anda membaca label informasi pada kemasan sebelum membelinya. Jika tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Anda bisa memilih Bisolvon Kid, karena dapat mengencerkan dahak dengan cepat.
  • Sedangkan untuk Anda yang sering bepergian bersama si kecil, Anda bisa memilih Bodrexin Herbal Batuk.
  • Namun, jika Anda menginginkan obat batuk dengan varian rasa yang disukai anak-anak, maka Anda bisa memilih OBH Nellco Special Anak.

Referensi

1. Benadryl (2021), Types of Cough Syrup, https://www.benadryl.co.in/types-of-cough-syrups
2. WikiHow (2019), How to Choose the Right Cold Medicine, https://www.wikihow.com/Choose-the-Right-Cold-Medicine



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Aman Bagi si Kecil", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »