Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 July 2021

10 Rekomendasi Novel Wattpad Populer yang Sudah Diterbitkan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Novel Wattpad Populer yang Sudah Diterbitkan


Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan karya-karyanya. Salah satunya menggunakan platform menulis online populer seperti Wattpad. Banyak karya tulis menarik yang diciptakan para penulis di Wattpad. Bahkan tidak sedikit yang sampai diterbitkan sebagai novel Wattpad.



Karena itu, kami menyajikan rekomendasi sepuluh novel Wattpad populer yang sudah diterbitkan lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai novel Wattpad dan cara memilihnya.

Mengenal Wattpad dan beragam genrenya yang populer

Meningkatnya popularitas Wattpad membuat banyak penerbit sering mencari talenta penulis yang ingin membukukan karyanya.

Saking populernya, beberapa novel Wattpad telah mendapat adaptasi layar lebar. Sebut saja Mariposa serta Geez & Ann yang pernah trending di jagat media sosial karena berhasil tayang di lebih dari 190 negara.

Novel Wattpad sendiri ditandai dengan pencantuman jumlah pembaca di platform tersebut di bagian cover-nya. Ada juga yang menambah embel-embel best seller atau sudah mendapat adaptasi film. Tujuannya tentu saja untuk menggaet banyak orang agar mau membeli buku novel tersebut.

Setiap cerita pasti memiliki genrenya masing-masing. Termasuk untuk novel Wattpad. Ada beberapa genre yang sangat populer di kalangan pembaca Wattpad di Indonesia.

Pertama ialah romance yang seringkali membuat pembaca terbawa halu dan suasana. Kedua, ada genre teen fiction yang sangat digandrungi pembaca remaja alurnya yang cenderung ringan. Terakhir, genre misteri yang sulit ditebak tidak pernah gagal dalam meraih hati para pembaca.

Cek sinopsis sebelum membeli novel Wattpad

Untuk meyakinkan diri untuk membeli novel Wattpad, Anda bisa mengecek sinopsisnya terlebih dahulu. Sinopsis sendiri berisi ringkasan yang menggambarkan garis besar pada sebuah novel.



Isinya cenderung sedikit sehingga alih-alih memberi spoiler, justru malah akan memancing rasa penasaran Anda untuk lanjut membacanya. Anda bisa menemukan sinopsis tersebut pada website resmi dari penerbit atau dari tulisan di cover belakang buku novel (blurb).

Pertimbangkan jumlah pembacanya

Sebelum dibuat dalam bentuk buku, para author biasa membuat tulisannya melalui platform Wattpad. Selain melihat gambaran besar ceritanya, Anda juga bisa mengetahui seberapa populer cerita tersebut dari jumlah pembacanya.

Sebenarnya para penerbit biasa mencantumkan jumlah pembaca di cover novel. Biasanya untuk cerita yang jumlah pembacanya mencapai angka jutaan. Memang angka tersebut bukan jaminan dari kualitas cerita novel tersebut.

Akan tetapi, ini bisa jadi pertimbangan tersendiri, sekaligus membuktikan kejujuran penerbit dalam pencantuman di sampul novelnya.

Pilih tempat resmi ketika membeli novel Wattpad

Penjualan novel Wattpad secara online dapat mempermudah banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke toko buku resmi. Namun, maraknya penjual novel bajakan via daring mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih tempat pembelian.

Meski dijual dalam harga murah, novel-novel bajakan tersebut dapat menimbulkan kerugian pada pihak penulis dan penerbit. Padahal untuk menghasilkan satu buku novel bukanlah hal yang mudah.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih tempat penjualan online resmi seperti Gramedia.com, MizanStore, serta beberapa toko official di e-commerce.

Cara merawat buku novel Wattpad agar lebih awet

Agar buku novel Wattpad Anda tetap awet dan bisa dibaca terus-menerus, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat novel Wattpad dengan baik dan benar:



  • Simpanlah novel Wattpad Anda di rak khusus buku dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Letakkan novel yang telah selesai dibaca pada di bagian rak tertinggi. Jangan berdekatan langsung dengan lantai.
  • Untuk mencegah munculnya rayap, berikan selalu kapur barus di sekitar area penyimpanan buku novel.
  • Supaya tidak mudah lecek atau robek, sangat disarankan untuk menyampul cover novel menggunakan sampul plastik bening.
  • Jangan melipat atau menengkurapkan buku sebagai penanda bacaan. Pakailah pembatas buku khusus agar novel tidak mudah rusak.
  • Jangan membalik tiap halaman secara kasar atau tergesa-gesa. Hal tersebut akan membuat kertasnya jadi robek.
  • Bersihkan koleksi buku novel Wattpad Anda secara rutin, minimal dua minggu sekali. Kalau terlalu lama disimpan dan tidak dikeluarkan, novel Anda bisa jadi santapan empuk serangga seperti rayap.

10 Rekomendasi novel Wattpad populer yang sudah diterbitkan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang novel Wattpad dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan sepuluh novel Wattpad populer yang sudah diterbitkan dari berbagai judul berikut ini.

10. Our Hope by Inesia Pratiwi

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-10

Harga : Rp 69.900

Kisah cinta rumit yang kompleks

Novel ini bercerita tentang kisah cinta Eva dan Eza, dua orang kakak beradik terhadap seorang pria yang sama.

Dalam lika-liku romansa tersebut, mereka terus-menerus saling mengorbankan, melepaskan, hingga merelakan. Meski telah berjuang memendam perasaan pada sahabatnya selama tujuh tahun, Eva masih tidak menemukan akhir yang bahagia.

Cinta yang tidak terbalas disertai kenyataan pahit yang datang tiba-tiba membuatnya justru sulit untuk membuka hatinya pada lelaki lain. Namun, perlahan-lahan hati Eva mulai terbuka lagi ketika ada seorang laki-laki yang menghampirinya.

Dengan segala kesempurnaannya, ia mampu meluluhkan hati Eva yang semula membeku. Sayang, nasib baik belum berpihak pada Eva.

Kenyataan pahit yang membuatnya trauma kembali menghampiri gadis tersebut. Hingga hatinya kembali mati tak bersisa. Penasaran seperti apaending-nya? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

9. Dignitate by Hana Margaretha

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-09

Harga : Rp 89.000



Perjuangan sang pria populer dalam mengalahkan gengsinya

Kepopuleran novel Wattpad ini tidak perlu diragukan lagi. Di situs Wattpad sendiri, cerita ini sudah dibaca sebanyak lebih dari 8,7 juta kali. Saking populernya, rumah produksi ternama, md Pictures sampai mengangkat kisahnya ke layar lebar.

Bercerita tentang Alfi, lelaki tampan yang jenius dan disegani banyak orang. Sayang karena sifat galaknya, ia jadi sering membuat orang sakit hati. Hingga dijuluki si ganteng yang bengis.

Alfi belum pernah merasakan pahit manis kehidupan cinta anak muda. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Alana Caroline. Gadis mungil berparas manis dan ceria yang berhasil meluluhkan hati Alfi.

Apakah Alfi berhasil mengalahkan gengsinya dan menyatakan perasaannya pada sang pujaan hati? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

8. Unconsciously In Love by Kincirmainan

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-08

Harga : Rp 94.000

Karma batal nikah yang tragis

Pernahkah Anda mengidolakan seseorang sampai ingin menjadi pasangan hidupnya? Inilah yang dirasakan oleh Kekira Lamusu, seorang gadis yang merupakan fangirl dari rising idol bernama Raksa Hardian.



Raksa terus mendekatinya hingga akhirnya mengajak sang penggemar untuk menikah dengannya. Sebuah mimpi yang jadi kenyataan bagi fans manapun.

Sayang impian tersebut tidak berakhir dengan bahagia. Dihadapan ratusan tamu undangan dan jepretan kamera infotainment, sang idola justru menggagalkan pernikahan tersebut. Malu dan patah hati, Kekira pun memutuskan memulihkan perasaannya.

Hingga suatu hari, ia mendengar kabar kalau Raksa hampir kehilangan nyawanya. Keluarga Raksa pun meminta Kekira menemani lelaki yang sekarat tersebut di sebuah vila. Selama Raksa koma, Kekira bertemu pemuda misterius bernama Top yang jatuh cinta padanya.

Akankah Kekira berpaling ke lain hati dan mengabaikan sang idola yang masih tak sadarkan diri? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

7. Geez & Ann by Rintik Sedu

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-07

Harga : Rp 77.000

Pahit manisnya kisah cinta jarak jauh

Long Distance Relationship (LDR) menjadi salah satu problema tersendiri bagi para pasangan. Tak jarang yang memiliki akhir tidak bahagia. Itulah konsep yang diusung pada novel Wattpad ini.

Kisah cinta dramatis dan romantis ala Ann dan Geez ini berhasil memikat banyak pembaca. Bahkan sampai dijadikan film yang bisa Anda saksikan di platform Netflix.

Bercerita tentang seorang pemuda bernama Geez yang terus-menerus merasakan tekanan pada kehidupannya. Sampai akhirnya ia bertemu seorang pelajar bernama Ann dan mulai merasakan manisnya cinta. Hal yang sama juga dirasakan oleh Ann.



Sebelumnya gadis tersebut hanya fokus pada pendidikannya. Sayangnya di tengah masa-masa indah mereka, Gezz harus pergi ke Berlin, Jerman, untuk melanjutkan kuliahnya. Mau tidak mau, mereka harus menjalani hubungan LDR. Bisakah hubungan jarak jauh tersebut berhasil? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

6. Assalamualaikum Calon Imam by Madani

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-06

Harga : Rp 71.000

Mengatasi rasa takut akan cinta demi mendapat imam sejati

Apakah Anda sudah menonton film berjudul ‘Assalamualaikum Calon Imam?’ karya sutradara Findo Purwono Hw? Film tersebut merupakan adaptasi dari novel Wattpad berjudul sama karya Ima Madaniah.

Berisi kisah tentang seorang gadis remaja bernama Nafisya Kaila Akbar yang penasaran dengan calon imamnya. Karena belum pernah merasa jatuh cinta, ia tidak memiliki pemikiran untuk menikah.

Namun, ajaran agama mengharuskannya untuk menikah memaksa ia untuk berpikir. Rasa takut yang dirasakan Nafisya bukan tanpa alasan.

Hal itu disebabkan karena perceraian kedua orangtuanya saat ia menginjak usia lima tahun. Menjadikannya sosok yang tidak bisa mempercayai laki-laki. Akankah ia berhasil merasakan cinta dan menemukan imam terbaiknya? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

5. Hi-Fi by Bayu Permana

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-05

Harga : Rp 88.000



Nebeng internet berujung kisah romantis

Penggemar kisah komedi romantis anak remaja wajib banget baca novel Wattpad ini. Cerita dimulai ketika Dimas memutuskan untuk membagi sandi mifi miliknya secara cuma-cuma ke beberapa orang. Setelahnya, ia mendapati bahwa ternyata masih ada satu orang yang terus nebeng di jaringan internetnya.

Waktu terus berlalu. Hingga akhirnya Dimas menyadari bahwa orang tersebut ternyata Steffi, si juara kelas yang suka bertindak seenaknya dan sering berdebat. Dari kegiatan nebeng internet tersebut, interaksi keduanya pun semakin dalam. Mereka jadi lebih dekat dari sebelumnya. Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

4. I Am In Danger by Zaeem

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-04

Harga : Rp 73.600

Perjuangan mempertahankan beasiswa pendidikan

Meski tidak memiliki ekonomi yang memadai, Ocha masih mempunyai IQ di atas rata-rata. Berkat kepintarannya tersebutlah ia berhasil mengenyam pendidikan di sekolah elite ibukota Jakarta.

Harapannya tidak muluk-muluk. Ocha hanya ingin terus belajar dan lulus tanpa mengalami masalah apapun.

Namun, takdir berkata lain. Kesialannya dimulai ketika ia secara tidak sengaja mengerjakan soal-soal di buku seseorang, yang kemudian diketahui milik Sean Aurelliano.



Sean dikenal sebagai satu dari tiga orang paling berbahaya di sekolah, yang dihindari oleh Ocha. Ditambah lagi karena nilainya yang sempurna, Axel Sharafat Ardiaz pun memaksa gadis tersebut untuk jadi manajernya.

Karena kedua lelaki tersebut, beasiswa Ocha pun jadi terancam. Apakah Ocha mampu mempertahankan beasiswanya sembari menghadapi dua orang berbahaya tersebut? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

3. The Nerd Can Fight by Michelle Julianto

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-03

Harga : Rp 95.000

Menjalani dua kehidupan berbeda untuk pelampiasan

Bukan hanya menghadirkan kisah yang menghibur, novel Wattpad juga bisa menjadi bacaan yang inspiratif. Seperti novel berjudul The Nerd Can Fight ini.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Cassandra. Dengan penampilan sehari-harinya yang cupu dan sering ditindas, siapa sangka bahwa ia ternyata adalah seorang petarung jalanan pernama Pixie.

Bukan tanpa alasan. Cassandra mulai menjalani dua kepribadian berbeda tersebut sebagai pelampiasan setelah kematian kakak tercintanya. Seiring waktu, motivasinya pun berubah ketika ia bertemu pria bernama Adam.



Kini, ia pun mulai bertarung agar bisa mengumpulkan uang untuk pengobatan ibu Adam. Namun, masalah demi masalah pun terus hadir. Kejutan seperti apa yang akan menghampiri Cassandra? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

2. Mariposa by Luluk HF

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-02

Harga : Rp 99.000

Usaha meluluhkan hati sang pujaan hati

Novel Wattpad satu ini sangat populer di kalangan pembaca lokal. Hingga saat ini, jumlah pembaca di platform penulis tersebut sudah mencapai angka 129 juta. Sangat fantastis, bukan.

Ditambah lagi, novel ini juga sudah memperoleh adaptasi film. Kepopulerannya bukan tanpa alasan. Banyak yang menganggap ceritanya sangat related dengan kehidupan mereka.

Kisahnya dimulai ketika seorang gadis bernama Acha, jatuh cinta pada Iqbal. Sosok laki-laki berhati dingin yang belum pernah berpacaran. Meski memiliki paras yang cantik dan otak cemerlang, ternyata tidak mudah bagi Acha untuk mendapatkan cinta Iqbal.

Ia bahkan harus berusaha mati-matian demi meluluhkan hati lelaki tersebut. Berhasilkah usahanya tersebut? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.



1. Resign by Almira Bastari

Foto-novel-wattpad-populer-yang-sudah-diterbitkan-01

Harga : Rp 68.000

Persaingan seru para pegawai untuk resign

Bersaing dalam hal prestasi mungkin hal yang biasa dalam dunia kerja. Tapi, bagaimana kalau persaingan sengit tersebut dilakukan untuk resign? Inilah yang dilakukan oleh empat pegawai yang menamai diri sebagai The Cungpret.

Tidak ada satupun dari mereka yang mengharapkan posisi penghargaan pegawai terbaik. Sebaliknya mereka saling sikut sekadar untuk bisa resign.

Sebenarnya resign bukanlah hal yang sulit dilakukan oleh para pegawai. Namun tidak dengan yang dialami oleh The Cungpret. Apalagi kalau bukan karena ulah bos galak yang selalu menggagalkan usaha mereka.

Jadi, siapakah yang bisa memenangkan persaingan dan mundur dari perusahaan tersebut? Anda bisa membeli novel Wattpad ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli novel Wattpad, sebaiknya Anda mempertimbangkan penulis, sinopsis, jumlah pembaca, serta tempat membelinya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar buku novel Wattpad Anda bisa tetap awet dan nyaman dibaca berkali-kali.
  • Anda bisa memilih novel Hi-Fi karya Bayu Permana, karena menghadirkan kisah komedi romantis yang menggemaskan.
  • Sedangkan untuk Anda yang bacaan misteri yang mendebarkan, Anda bisa memilih novel The Nerd Can Fight karya Michelle Julianto.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan novel dengan kisah yang lucu dan anti mainstream, maka Anda bisa memilih Resign karya Almira Bastari.

Referensi

1. El-Markazi (2020), Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik, https://www.elmarkazi.com/cara-cerdas-memilih-novel-yang-menarik/
2. Kulisastra (2015), 19 Cara Merawat Buku yang Bisa Anda Lakukan Sekarang, http://kulisastra.blogspot.com/2015/12/cara-merawat-buku.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Literasi Novel


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Novel Wattpad Populer yang Sudah Diterbitkan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »