Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 April 2021

10 Rekomendasi Novel Misteri Terbaik yang Seru dan Menegangkan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Novel Misteri Terbaik yang Seru dan Menegangkan


Novel misteri menjadi salah satu bacaan yang populer di masyarakat Indonesia, bahkan seluruh dunia. Rumitnya trik serta pemecahan dari misteri yang diberikan merupakan salah satu daya tarik yang tersendiri dari novel misteri.



Membaca novel misteri memiliki keseruan tersendiri bagi pembacanya. Di mana Anda akan dibuat penasaran dan merinding, sekaligus diajak untuk menebak jawaban dari misteri pada alur ceritanya.

Beberapa novel misteri biasanya juga menghadirkan sub-genre thriller, kriminal atau horor yang makin menambah keseruannya. Karena itu, banyak novel misteri yang memberikan plot apik mendebarkan yang membuat pembaca jadi ketagihan.

Akan tetapi hal itu pula yang memengaruhi rentang usia pembacanya. Ada novel misteri dewasa untuk usia 17+, novel misteri remaja untuk usia 13+, dan lain sebagainya.

Saat ini tidak begitu sulit rasanya menemukan novel misteri di berbagai toko buku, terutama online. Novel-novel misteri tersebut berasal dari berbagai negara, mulai dari Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan sebagainya. Meski begitu, novel misteri Indonesia pun juga tidak kalah digemari oleh kalangan pembaca tanah air.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi novel misteri terbaik yang seru dan menegangkan lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai manfaat membaca novel misteri dan cara memilihnya.

Kenapa Anda harus membaca novel misteri?

Membaca novel misteri bukan hanya sekadar untuk hiburan saja. Ada banyak manfaat menarik yang bisa Anda dapat dengan sering membaca novel misteri. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat yang bisa Anda dapat dengan membaca novel misteri.

  • Meningkatkan ketelitian terhadap hal-hal kecil

Novel misteri menghadirkan rangkaian cerita yang memaksa Anda untuk memperhatikan berbagai petunjuk sekecil apapun itu. Hal ini membutuhkan ketelitian ekstra agar tidak ada yang satu pun yang luput.



Karena itu, semakin sering membaca novel misteri, insting Anda akan lebih terlatih untuk mengamati segala sesuatu dengan cermat dan teliti. Dengan memiliki ketelitian yang tinggi, Anda akan bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah di kehidupan nyata.

  • Melatih sikap kritis dan rasional

Layaknya cerita di novel misteri, kehidupan nyata saat ini juga dipenuhi banyak informasi yang berseliweran setiap harinya. Dengan sering membaca novel misteri, Anda akan terdorong untuk bersikap kritis dan rasional terhadap segala sesuatu.

Dengan begitu, Anda akan lebih dapat membedakan kebenaran atau kebohongan dari informasi yang masuk setiap harinya.

  • Mengasah kemampuan beranalisa

Secara tidak langsung, alur cerita pada novel misteri dapat membiasakan Anda untuk mengamati dan menganalisa berbagai situasi dengan cermat. Terutama bila cerita di novel misteri tersebut mengandung plot twist.

Novel misteri dengan plot twist akan membantu Anda mengeluarkan usaha ekstra untuk menganalisa segala sesuatunya sebelum memberi pendapat dan penilaian. Tentu akan terasa sangat memuaskan bila analisa yang Anda buat sesuai dengan misteri yang terdapat pada novel.

Perhatikan sinopsisnya

Dalam memilih buku bacaan, penting untuk mengecek sinopsis dari alur ceritanya. Tujuannya untuk mengetahui garis besar dari cerita yang disampaikan. Apakah cerita tersebut telah sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

Tenang, sinopsis biasanya hanya berupa gambaran dan dibuat menggantung agar tidak spoiler. Jadi, Anda bisa menikmati keseruan novel tersebut dengan membaca keseluruhannya.

Anda bisa menemukan sinopsis novel misteri tersebut pada akun sosial media atau website resmi dari penerbitnya. Lebih mudah lagi, Anda bisa melihat cuplikan singkat mengenai isi novel misteri pada blurb yang terdapat di bagian belakang cover-nya.



Ketahui penulisnya

Saat ini sudah banyak penulis yang berhasil mengeluarkan karya novel misterinya dengan gaya dan cara penulisannya masing-masing. Bukan tidak mungkin Anda akan merasa bingung bila dihadapkan dengan keseluruhannya.

Solusinya, Anda bisa memilih novelis yang memang sudah terkenal akan kepiawaiannya dalam membuat cerita misteri.

Akan tetapi, tidak ada salahnya juga Anda mencoba karya novelis lain, terutama yang baru memulai. Mungkin saja karya-karya mereka lebih menarik dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Pertimbangkan penerbitnya

Dalam memilih novel misteri, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan penerbitnya. Meski sering disepelekan, penerbit sebenarnya dapat menentukan kualitas dari isi karya novel misteri yang dibuat oleh penulis.

Ada penerbit yang menerbitkan karya dengan melalui proses panjang sehingga hasilnya lebih menarik dan berkualitas. Namun, ada juga penerbit yang sembarangan menerbitkan buku tanpa memperhatikan isinya.

Hasilnya tentu kualitas ceritanya jadi kurang bagus, bahkan bisa saja huruf-hurufnya jadi sulit terbaca karena tidak melakukan double check. Sebaiknya pilih novel misteri dari penerbit tepercaya yang banyak dibaca orang.

Carilah ulasan ceritanya

Beberapa novel misteri biasa menyertakan embel-embel best seller di bagian sampulnya. Padahal tulisan tersebut tidaklah menjamin kualitas dari isi buku tersebut.

Terkadang, beberapa penerbitan nakal sengaja menyematkan tulisan best seller agar orang-orang mau membeli novel misteri tersebut. Solusinya, Anda bisa mencari ulasan mengenai buku tersebut di internet sebelum membelinya.



Anda bisa melihat-lihat resensi atau review dari yang sudah membaca novel tersebut. Tidak perlu khawatir karena mereka biasanya tidak akan memberi spoiler isi dari ceritanya.

Sekalipun iya, mereka akan memberi peringatan dahulu sebelumnya, sehingga Anda bisa mempertimbangkan mau lanjut membaca atau cukup sampai di situ.

10 Rekomendasi novel misteri terbaik yang seru dan menegangkan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang novel misteri dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi novel misteri terbaik yang seru dan menegangkan dari berbagai judul berikut ini.

10. Pembunuhan Zodiak Tokyo

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-10

Harga : Rp 70.900

Bongkar rahasia pembunuhan yang tidak terpecahkan selama 40 tahun

Novel misteri karya Souji Shimada ini mengisahkan tentang rangkaian kasus pembantaian misterius yang terjadi di Tokyo, Jepang.

Diawali dengan pembunuhan seorang seniman hingga penemuan surat wasiat berisi rencana untuk membuat Azoth (sang wanita sempurna) dengan menggunakan potongan tubuh dari wanita muda.

Kasus tersebut tidak terpecahkan selama 40 tahun, sampai diambil alih oleh seorang astrolog dan detektif yang agak eksentrik bernama Kiyoshi Mitarai.

Novel ini menyuguhkan perpaduan menarik antara sulap dan ilusi dengan tragedi pembunuhan yang kejam. Membuat para pembaca merasa tertantang untuk membongkar sendiri misteri di baliknya sebelum tirai kasus tersebut ditutup.



9. Gone Girl

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-09

Harga : Rp 65.000

Penuh dengan twist tidak terduga dan menegangkan

Perpaduan antara genre misteri dan thriller dalam novel karya Gillian Flynn ini begitu populer di kalangan pembaca, bahkan masuk dalam daftar Best Seller New York Times. Saking suksesnya, novel ini juga mendapat adaptasi film yang rilis pada awal Oktober 2014 lalu.

Mengisahkan tentang Nick Dunne yang kehilangan istrinya, Amy, pada perayaan hari jadi pernikahan mereka. Ia pun berusaha keras untuk mencari keberadaan sang istri tersebut.

Yang menarik adalah semakin banyaknya petunjuk yang terkumpul, justru malah menghadirkan berbagai twist yang makin menambah kerumitan dan ketegangan ceritanya.

8. The Da Vinci Code

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-08

Harga : Rp 95.200

Temukan rahasia tersembunyi di balik karya Da Vinci

Berawal dari sebuah telepon misterius yang mengundangnya untuk datang ke Museum Louvre Paris saat tengah malam, Robert Langdon justru menemukan mayat kurator museum dengan tato aneh di bagian perutnya.

Kemudian ia menyadari bahwa teka-teki dari kasus tersebut justru mengarah pada rahasia tersembunyi di balik karya Da Vinci, yang masih menjadi misteri tak terpecahkan hingga sekarang.



Langdon tidak memecahkan kasus tersebut sendiri.Ia dibantu oleh kriptolog wanita bernama Sophie Neveu sembari terus menghindari kejaran dari para polisi yang menganggapnya sebagai pelaku pembunuhan. Selain itu, Langdon juga harus mengalahkan musuh tersembunyi yang dapat mengancam nyawa mereka.

7. Napas Mayat

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-07

Harga : Rp 20.000

Membuat pembaca terbawa perasaan dan pemikiran tokoh utamanya

Ini merupakan salah satu novel misteri karya anak bangsa yang harus Anda pertimbangkan. Salah satu poin menarik adalah novel ini gaya penulisan filosofis sehingga membuat Anda seolah ikut terbawa oleh perasaan dan pemikiran dari tokoh utamanya.

Novel ini mengisahkan tentang tokoh Aku yang semasa kecilnya hidup dalam kemewahan. Namun, setelah orang tuanya bangkrut, ia ditinggalkan oleh orang-orang yang dulu mengaku teman dan sahabat.

Aku pun harus menahan diri dari cemoohan dan celaan dari orang di sekitarnya. Perasaan kecewa, dendam, serta kegagalan yang mendalam membuat Aku merasa seperti mengalami kematian yang panjang.

6. The Silent Patient

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-06

Harga : Rp 79.200

Mengungkap misteri di balik diamnya sang pelukis

Menceritakan tentang seorang pelukis terkenal bernama Alicia Berenson yang menikahi fotografer ternama, Gabriel. Suatu hari, Gabriel yang pulang terlambat dari tempat pemotretan ditemukan tewas tertembak sebanyak lima kali di bagian wajahnya. Sementara Alicia hanya berdiri di depan suaminya.



Meski sudah ditahan oleh polisi, Alicia tetap bungkam. Tidak mengaku ataupun menyangkal tuduhan tersebut. Ini membuat Alicia dijuluki sebagai the silent patient.

Seorang psikoterapis kriminal, Theo Faber, kemudian bertekad untuk membuat Alicia berbicara sekaligus mengungkap misteri di balik pembunuhan Gabriel. Namun, hal ini justru membuat Theo mendapat ancaman dari pihak misterius.

5. Pembunuhan ABC

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-05

Harga : Rp 57.000

Pecahkan teka-teki pembunuhan berdasarkan huruf abjad

Tidak afdhol rasanya kalau belum membahas novel misteri karya Agatha Christie satu ini. Sesuai judulnya, novel ini mengisahkan tentang kasus pembunuhan di mana para korbannya dibunuh berdasarkan huruf abjad dari nama depan mereka. Salah satunya Nyonya Ascher yang dibunuh di kota Andover.

Di sebelah tiap mayat korbannya ditemukan sebuah buku Panduan Kereta Api ABC yang halaman bukunya terbuka sesuai lokasi pembunuhan. Namun, sang pelaku justru membuat kesalahan besar dengan menantang Hercule Poirot untuk membongkar kedoknya.

Berhasilkah sang detektif memecahkan kasus yang membuat para polisi merasa tidak berdaya ini?

4. Wishing Her to Die

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-04

Harga : Rp 30.000

Konflik pertukaran dua jiwa dalam satu tubuh yang mendebarkan

Dengan paras cantik, kekayaan, dan kesuksesan, banyak orang berpikir bahwa Min-ah telah memiliki segalanya. Namun, di balik semua itu tersimpan sebuah masa lalu yang masih harus ia tuntaskan.



Sayangnya akhir-akhir ini ia merasa ingatannya sering menghilang selama beberapa jam. Bahkan Min-ah tidak mengerti kenapa ia harus mengikuti audisi musikal.

Usut punya usut, ternyata tubuh Min-ah dimasuki oleh Jae-hee, seorang gadis muda yang sedang mengalami berbagai nasib sial. Mulai dari gagal mengikuti audisi musikal, dicampakkan sang pacar, hingga ditabrak truk.

Awalnya Min-ah hanya bisa pasrah tubuhnya dimasuki oleh Jae-hee. Tetapi, lama kelamaan Min-ah merasa kalau Jae-hee ingin menginginkan tubuhnya selamanya.

3. BONE

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-03

Harga : Rp 79.000

Konsep misteri fotografi dengan visual estetik

Bercerita tentang Junwoon yang terpaksa harus menunda studinya ke luar negeri karena Hajin, yang selama ini ia anggap telah meninggalkannya ternyata diculik. Sang pelaku pun menuntut tebusan sebesar 500 juta Won.

Jumlah yang sangat besar tentunya untuk seorang mahasiswa doktoral seperti Junwoon. Selama mencari lokasi penyekapan Hajin, ada saja yang mengganggu perjalanannya. Terutama kenangan masa lalunya.

Novel karya Mijin Jung ini mengusung konsep misteri fotografi yang menarik untuk dibaca. Tidak hanya menghadirkan cerita secara deskriptif, novel ini juga dilengkapi dengan visual berupa foto estetik yang menambah kesan suram dan misterius saat membacanya.



2. The Black Cat

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-02

Harga : Rp 69.000

Rahasia dibalik teror si kucing hitam

Novel ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan genre misteri horror. Menceritakan tentang seorang pria yang awalnya memiliki kehidupan biasa bersama istri dan kucing hitam yang ia beri nama Pluto.

Sampai suatu malam, ia tidak sengaja membunuh kucingnya dengan cara yang keji. Setelah itu, pria tersebut kerap diteror oleh sosok kucing hitam hingga pikirannya jadi terganggu.

Parahnya lagi, pria tersebut kemudian tidak sengaja membunuh istrinya sendiri. Kemudian mayat sang istri dikuburkan di tembok agar tidak ditemukan oleh orang lain. Cerita ini memiliki penyelesaian tidak terduga yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Holy Mother

Foto-novel-misteri-terbaik-yang-seru-dan-menegangkan-01

Harga : Rp 71.000

Tekad kuat melindungi putri tersayang dalam kasus pembunuhan sadis

Seorang ibu akan selalu melindungi anaknya dalam keadaan apapun. Itulah yang ingin disampaikan oleh Akiyoshi Rikako pada karya berjudul Holy Mother ini.

Mengisahkan tentang Honami merupakan seorang ibu rumah tangga yang merasa cemas akibat insiden pembunuhan sadis seorang anak laki-laki bernama Yukio di sekitar tempat tinggalnya.



Bukan hanya dibunuh, mayat Yuki ternyata juga diperkosa sebelum kemudian dibuang di bawah jembatan. Honami pun sangat khawatir dengan keamanan putri tunggalnya.

Narasi dari novel ini mengambil sudut pandang tiga orang, yakni Honami, dua orang detektif, serta murid SMA bernama Makoto. Ini merupakan salah satu karya Akiyoshi Rikako yang mendapat banyak review positif karena plot-nya yang menarik dan tidak terduga.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli novel misteri, sebaiknya Anda mempertimbangkan sinopsis, penulis, penerbit, serta ulasan ceritanya.
  • Anda bisa memilihnovel Gone Girl, karena memilik twist mendebarkan dan menegangkan.
  • Sedangkanuntuk Anda yang suka kasus sadis dan drama, Anda bisa memilih novel Holy Mother.
  • Namun, jika Anda yang menginginkan novel misteri dengan balutan horor, maka Anda bisa memilih The Black Cat.

Referensi

1. Riawani Elyta (2019), 4 Manfaat Membaca Novel Misteri, http://www.riawanielyta.com/2019/03/4-manfaat-membaca-novel-misteri.html
2. El-Markazi (2020), Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik, https://www.elmarkazi.com/cara-cerdas-memilih-novel-yang-menarik/
3. Kulisastra (2015), 19 Cara Merawat Buku yang Bisa Anda Lakukan Sekarang, http://kulisastra.blogspot.com/2015/12/cara-merawat-buku.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Literasi Novel


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Novel Misteri Terbaik yang Seru dan Menegangkan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »