Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 January 2021

10 Rekomendasi Mug Enamel yang Bagus dan Unik

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Mug Enamel yang Bagus dan Unik


Peralatan dapur berbahan enamel memang sudah ada sejak dahulu kala. Namun sekarang produk-produk tersebut tren kembali, salah satunya adalah mug enamel yang digunakan sebagai wadah atau tempat untuk minum.



Enamel sendiri merupakan lapisan cat mengkilap yang dipakai untuk alat-alat dapur dan memiliki sifat non toxic, sehingga aman digunakan untuk mengolah atau menampung makanan.

Secara kualitas mug yang terbuat dari bahan enamel ini lebih awet, anti pecah, dan mudah dibersihkan.

Selain itu, warna dan motif mug enamel saat ini jauh lebih bagus, dan bahkan beberapa di antaranya unik dan menarik sehingga tidak hanya berfungsi sebagai wadah minuman saja, namun juga bisa dibuat pajangan.

Meskipun demikian, mug enamel juga memiliki beberapa kekurangan seperti jika lapisannya terkelupas maka mug akan mudah berkarat. Karena itu sangat penting untuk menghindarkan mug enamel dari benturan atau pun goresan.

Berikut ini kami sajikan 10 rekomendasi mug enamel yang bagus dan unik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai mug enamel, cara memilih hingga merawatnya.

Alasan memilih mug enamel sebagai wadah atau tempat minum

Enamel adalah lapisan tipis dari bahan perpaduan kaca yang telah menyatu dengan baja, sehingga enamel juga dikenal dengan sebutan Porselen Enamel.

Banyak peralatan makanan dan minuman yang menggunakan enamel, seperti mangkok, piring, panci, hingga mug. Selain bisa mempercantik, lapisan enamel pada mug ini juga memiliki banyak kegunaan, di antaranya adalah :

  • Tahan lama

Mug enamel terkenal dengan ketahanannya yang sangat kuat dan bisa digunakan bertahun-tahun. Meskipun terjatuh, mug enamel masih bisa digunakan. Bahkan jika terkelupas pun bisa dipakai, selama Anda bisa menjaga kebersihannya.



  • Mudah dibersihkan

Mug enamel memiliki permukaan yang halus dan licin, sehingga lebih mudah saat dibersihkan. Anda tidak perlu menggosok dengan tenaga yang kuat atau merendam terlalu lama saat mencucinya.

Anda bisa memasukkan ke dalam mesin pencuci piring, dan biarkan mesin yang melakukan pekerjaan tersebut. Sementara untuk menghilangkan noda membandel atau bau yang tidak sedap, Anda bisa menggunakan cairan lemon saat mencucinya.

  • Aman bagi kesehatan

Memilih perlengkapan makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan adalah salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Pilih yang tidak mencemari makanan atau minuman, seperti mug enamel ini.

Mengapa demikian, karena mug enamel dilindungi oleh porselen,di mana bahan tersebut aman dari kontak terhadap berbagai logam sehingga tidak berisiko mencemari minuman, baik ketika panas atau pun dingin.

  • Modelnya bagus dan unik

Kini banyak ditemui mug enamel dengan beragam model yang keren dan modern. Produsen berlomba menawarkan desain yang khas dan unik, bahkan Anda bisa custom gambar atau tulisan sesuai dengan selera Anda. Ada motif karakter, kata-kata unik, vintage, dan masih banyak yang lainnya.

Pilih desain yang tepat

Beberapa orang terkadang tidak peduli dengan desain atau tampilan mug, namun tidak sedikit yang memperhatikan desain hingga detail, terutama bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang berbeda dan unik. Terlebih untuk sebuah kado atau hadiah bagi orang lain.

Bagi pecinta kopi, mungkin suka dengan mug polos yang memiliki warna solid. Sementara untuk lebih menarik juga bisa memilih desain dengan pola tertentu, seperti warna-warni atau berbagai frasa yang aneh.



Sedangkan untuk Anda yang gemar minum teh, mungkin bisa memilih mug enamel dengan warna dan motif yang fresh, cerah serta lembut. Namun jika untuk anak-anak, Anda bisa memilihkan mug dengan motif karakter yang lucu dan unik.

Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Mug enamel dengan satu lapisan memang lebih ringan, tapi mudah terkelupas. Sedangkan mug enamel dengan dua lapisan akan jauh lebih kuat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk lebih memudahkan Anda mengetahui kualitas bahan dari mug, maka Anda bisa memilih mug enamel dengan kualitas premium yang berasal dari merek terpercaya.

Perhatikan ukurannya

Ukuran mug enamel bervariasi, namun kebanyakan antara ukuran diameter dan tinggi memiliki kesamaan, yang membedakan adalah ukuran volume atau kapasitasnya.

Misalnya, mug enamel kecil yang memiliki tinggi 6 cm dengan diameter 6 cm akan memiliki kapasitas sebesar 160 ml. Ukuran ini cocok digunakan untuk menikmati kopi maupun teh dalam kondisi panas atau hangat.

Sedangkan ukuran kapasitas yang lebih besar bisa mencapai 1300 ml dengan tinggi dan lebar sama yaitu 12 cm. Meskipun demikian, terdapat juga mug enamel dengan ukuran tinggi dan diameter yang tidak sama.

Cara merawat dan membersihkan mug enamel

Agar mug enamel yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda bisa memperhatikan cara merawat dan membersihkan mug enamel berikut ini :



  • Pastikan mug enamel tidak pernah terjatuh atau terkena benturan yang mengakibatkan lapisan retak atau terkelupas.
  • Saat mencucinya, gunakan spon atau kain yang lembut. Hindari menggunakan sikat yang kasar seperti yang terbuat dari bahan logam.
  • Untuk menghilangkan noda yang membandel, Anda bisa menggunakan perasan air lemon saat mencucinya. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya dengan larutan baking soda, atau yang paling mudah adalah mencucinya dengan sabun dan air hangat.
  • Pastikan setelah dicuci, segera Anda tiriskan agar tidak ada air masuk ke sela-sela sehingga mengakibatkan mug enamel berkarat.
  • Simpan mug enamel di tempat yang kering dan jauh dari kemungkinan terkena air atau pun lembab.

10 rekomendasi mug enamel yang bagus dan unik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mug enamel hingga merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 mug enamel yang bagus dan unik dengan beragam motif berikut ini:

10. Mug Enamel Ayam Jago

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-10

Harga : Rp 24.000

Unik dan bersejarah

Gambar ayam jago yang biasanya menempel pada perlengkapan dapur ini memang sangat terkenal dan banyak disukai masyarakat. Selain bisa membawa nostalgia ke masa lalu, gambar tersebut dianggap sebagai simbol keberuntungan, kerja keras, dan kemakmuran.

Karena itu, mug enamel motif ayam jago ini bisa menjadi pilihan terbaik sebagai wadah untuk tempat minum Anda sehari-hari. Selain itu, mug ini juga cocok dijadikan kado atau hadiah yang manis untuk teman maupun keluarga Anda.

Adapun ukuran tinggi mug ini adalah 8.5 cm, diameter 8.5 cm, dan kapasitas 400 ml. Sementara untuk desain bermotif ayam jago seri 2. Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

9. Mug Enamel Blirik

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-9

Harga : Rp 29.900

Banyak digemari anak muda jaman sekarang

Wadah minum motif blirik loreng buatan jaman dahulu mungkin sangat sulit ditemukan sekarang, bisa dikatakan salah satu benda antik yang banyak diburu oleh para kolektor.



Namun jangan khawatir, karena kini Anda bisa menikmati mug enamel motif blirik dengan warna hijau bentol-bentol seperti cendol yang menjadi ciri khasnya. Selain itu, semakin sempurna karena dilengkapi dengan penutup yang sangat mirip dengan buatan masa lalu.

Adapun ukuran mug enamel blirik ini memiliki tinggi 9 cm, diameter 9 cm, dan kapasitas 500 ml. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mug ini di Shopee.

8. Mug Enamel Honey Bee

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-8

Harga : Rp 25.000

Motif lebah madu yang lucu, unik dan menarik

Mug enamel dari Maspion ini terbuat dari bahan baja yang kuat, tahan gores, dan aman bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, mudah dibersihkan dan tidak mudah terkontaminasi bau yang tidak sedap.

Yang menarik lagi adalah, warna dan motifnya yang terinspirasi dari lebah madu sehingga dapat memberikan kesan cantik, energik, sehat dan memberikan pesan bahagia bagi penggunanya.

Adapun untuk ukuran tinggi wadah 8 cm dengan diameter 8 cm. Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

7. Mug Enamel Bunga Cantik

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-7

Harga : Rp 40.000

Motif bunga yang indah dan cantik

Mug dari IDEAL ini memiliki 2 ukuran, yaitu 10 dan 12 cm. Cocok dipakai untuk minum teh maupun kopi di rumah. Motifnya cantik dengan gambar bunga berwarna-warni yang memberikan kesan manis, rileks, dan alami.



Selain itu bahan yang digunakan pun berkualitas sehingga lebih awet dan tahan lama. Mug berlapis enamel ini juga higienis, mudah dibersihkan, dan aman bagi kesehatan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di Shopee.

6. Mug Enamel On Steel

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-6

Harga : Rp 42.900

Desain unik dengan warna yang cute

Salah satu mug enamel desain terbaru dari Maspion ini memiliki bentuk yang lebih unik dengan warnanya pink yang fresh dan menarik. Terdapat pegangan yang memberikan kenyamanan saat menikmati minuman hangat atau panas.

Selain desain, mug ini juga terbuat dari bahan berkualitas terbaik, aman bagi kesehatan, dan tahan terhadap goresan. Belum lagi mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Untuk ukuran mug ini memiliki tinggi 9 cm dan diameter 9 cm. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Mug Enamel Eiger

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-5

Harga : Rp 121.500

Cocok digunakan untuk mendukung perlengkapan aktivitas outdoor

Bagi Anda yang suka berpetualang atau mendaki gunung, rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan mug enamel dari brand Eiger ini. Selain keren, mug ini juga memiliki desain unik dan menarik.

Belum lagi warnanya yang khas alami dan penuh semangat sehingga membuat petualangan Anda semakin bersemangat. Ada dua pilihan warna yang bisa Anda pilih, yaitu Orange dan Olive.



Adapun secara kualitas terbuat dari bahan terbaik, bebas BPA, dan aman bagi kesehatan. Untuk ukurannya sendiri memiliki tinggi 8 cm dengan diameter 8 cm, sementara kapasitasnya adalah 300 ml. Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

4. Mug Enamel Gambar Gajah

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-4

Harga : Rp 40.000

Lucu dan bisa digunakan sebagai hiasan rumah

Mug enamel dengan motif bergambar gajah ini sudah dilengkapi dengan penutupnya, sehingga membuat minuman Anda lebih aman dan terhindar dari debu atau kotoran yang bisa masuk ke dalamnya.

Untuk diameternya cukup lebar yakni 12 cm dan memiliki tinggi 10 cm. Cocok digunakan untuk wadah minuman teh atau pun kopi dalam jumlah yang lebih banyak sehingga Anda tidak perlu membuat berkali-kali.

Yang menarik lagi adalah, mug lucu dan unik ini juga bisa Anda gunakan sebagai hiasan di rumah. Adapun pilihan warnanya ada 2, yaitu biru dan krem. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

3. Mug Enamel Disney Tsum Tsum

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-3

Harga : Rp 46.000

Motif menggemaskan dan banyak disukai anak-anak

Mug enamel karakter Disney ini bisa digunakan sebagai hadiah untuk putra-putri kesayangan Anda. Memiliki box yang menarik dan pastinya anak-anak akan suka ketika pertama kali menerimanya, apalagi isinya mug enamel dengan gambar Disney yang cute dan lucu.



Selain itu, bahan yang digunakan berkualitas, aman bagi kesehatan, dan tahan terhadap suhu air baik panas maupun dingin. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

2. Mug Enamel Tulisan Gambar Custom

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-2

Harga : Rp 20.000

Murah, unik dan menarik

Untuk mug enamel ini Anda bisa custom berbagai tulisan atau gambar yang unik dan lucu sesuai dengan yang Anda inginkan. Bentuknya lebih kecil dari ukuran standar mug biasanya, yakni memiliki tinggi 6 cm dengan ukuran diameter atas dan bawah yang juga 6 cm.

Warna-warnanya pun menarik dan beragam. Selain itu, cocok juga digunakan sebagai wadah minuman panas atau hangat, seperti teh dan kopi di rumah. Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

1. Mug Enamel Korea

foto-rekomendasi-mug-enamel-yang-bagus-dan-unik-1

Harga : Rp 35.000

Nyaman, kuat dan tahan lama

Membahas mengenai perlengkapan makanan yang unik dan lucu, rasanya kurang lengkap jika tidak menyematkan desain ala Korea yang banyak disukai oleh masyarakat jaman sekarang.

Termasuk mug enamel Korea ini yang memiliki bentuk yang lucu, unik dan berbeda dengan kebanyakan mug lainnya. Selain itu motifnya juga menarik karena terdapat aneka gambar makanan dan minuman, seperti cake, coffee, bread, dan cheese.



Untuk ukurannya sendiri 6 x 9 cm dengan kapasitas volume 220 ml. Kemudian memiliki warna yang beragam dalam paketnya, seperti merah, kuning, biru dan hijau. Anda bisa membeli mug enamel ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mug enamel yang bagus dan unik, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti desain, kualitas bahan, ukuran, motif dan juga warnanya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar mug lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih mug enamel blirik, karena memiliki desain vintage yang kini jadi tren kembali dikalangan masyarakat, baik muda atau pun dewasa.
  • Namun, jika Anda ingin mug enamel dengan desain tulisan atau gambar sendiri, maka Anda bisa memilih mug custom.
  • Sedangkan untuk Anda yang suka berpetualang atau sering melakukan pendakian ke gunung, Anda bisa memilih mug enamel dari Eiger.

Referensi

  1. Enammo(2020),Which Custom Enamel Mug to Choose?, https://enammo.com/blogs/news/choose_the_best_enamel_mug
  2. Craft Coffee Guru, Donna Boyle Schwartz, How Do I Choose a Coffee Mug?, https://www.craftcoffeeguru.com/coffee-mug-for-home-and-travel/
  3. Charmporcelain, How to Choose Your Perfect Mug and Cup?, http://www.charmporcelain.com/16621447/how-to-choose-your-perfect-mug-and-cup
  4. Falcon, Why Enamelware is Perfect for Kids, https://www.falconenamelware.com/blogs/journal/enamel-dinnerware-safe-children



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Mug Enamel yang Bagus dan Unik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »