Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 May 2021

10 Rekomendasi Mouse Gaming Kualitas Terbaik dan Murah

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Mouse Gaming Kualitas Terbaik dan Murah


Saat ini mouse gaming bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Modelnya pun beragam dengan kualitas dan harganya yang bervariasi, mulai dari yang mahal hingga yang paling murah semuanya tersedia.



Akan tetapi, banyaknya merek mouse gaming dengan keunikannya masing-masing mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilih salah satunya. Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi mouse gaming kualitas terbaik dengan harga murah.

Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai mouse gaming, cara memilih mouse gaming yang tepat, hingga cara merawatnya agar lebih awet dan tahan lama.

Mengenal jenis-jenis mouse gaming

Bermain game di komputer tengah menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari oleh banyak orang, terutama anak muda. Agar bisa mendapat pengalaman bermain yang nyaman, Anda memerlukan mouse khusus gaming.

Mouse gaming tentunya berbeda dengan mouse biasa. Karena terdapat beragam fitur menarik dengan desain ergonomis yang nyaman saat digunakan untuk bermain game.

Sekarang ini mouse gaming juga tidak hanya digunakan oleh gamers kasual atau profesional saja. Para pengguna komputer biasa pun juga bisa memanfaatkan keunggulan dari mouse gaming, baik untuk fitur atau sekadar desainnya saja.

Sebelum memutuskan untuk membeli mouse gaming, maka tidak ada salahnya jika Anda mengenal jenis-jenis mouse gaming terlebih dahulu berikut ini.

  • Universal mouse gaming

Jenis mouse gaming ini peminatnya cukup banyak dan mudah mencarinya di pasaran. Bukan hanya kalangan gamers, pengguna PC biasa pun juga menggemari mouse gaming ini.

Ukuran mouse ini tidak terlalu besar ataupun kecil. Bentukannya pun cukup sederhana. Membuat siapapun bisa menyesuaikan genggamannya dengan mudah. Biasanya mouse ini dilengkapi dengan dua hingga tiga buah tombol.



  • MMO mouse gaming

Mouse gaming jenis Massively Multiplayer Online (MMO) ini biasa digunakan oleh para gamers untuk memainkan gim khusus bergenre MMO, seperti World of Warcraft, Dota, dan sebagainya.

Pada mouse ini biasanya sudah dilengkapi dengan banyak tombol dengan berbagai fungsi. Tujuannya untuk melakukan pergantian skill dan mengeksekusi perintah dengan cepat.

  • FPS mouse gaming

Jenis mouse gaming First Person Shooter (FPS) sering digunakan untuk memainkan game dengan genre serupa, misalnya Call of Duty, Counter Strike, Point Blank, atau Black Squad.

Ciri khusus dari mouse gaming ini adalah keberadaan pemberat yang dapat disesuaikan. Fungsinya adalah untuk mengubah bobot mouse agar menjadi lebih stabil. Selain itu, ada juga fitur Adjustable DPI untuk mengatur kecepatan kursor agar dapat menyesuaikan dengan tempo permainan Anda.

  • RTS mouse gaming

Game bergenre real-time strategy (RTS) memiliki cara main yang hampir mirip dengan game MMO. Bedanya terdapat pada angle yang ditampilkan, di mana game RTS menggunakan sudut pandang dari bagian atas (top-down)

Bagian sebelahnya (kanan atau kiri) yang agak menjorok ke luar menjadi ciri khas dari mouse gaming ini.Sementara di sisi lainnya biasa terdapat berbagai tombol programable yang jumlahnya lebih sedikit dari mouse gaming MMO.

  • Customizable mouse gaming

Bagi Anda yang memiliki kenyamanan tertentu saat menggenggam mouse, sangat disarankan untuk menggunakan mouse gaming jenis ini. Mouse ini dibuat sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pemain. Mulai dari tombol, warna lampu, hingga sudutnya.



Beberapa brand ternama seperti Raazer dan Madcatz juga memiliki mouse gaming jenis ini. Namun, harga customizable mouse gaming tergolong cukup mahal bila dibanding jenis mouse lainnya.

Sesuaikan dengan gaya permainan

Tiap orang memiliki gaya permainan yang berbeda. Sesuai dengan kenyamanan yang dirasakannya masing-masing. Untuk mendapat pengalaman bermain yang maksimal, pilihlah mouse gaming yang fitur dan tombolnya sudah sesuai dengan gaya permainan Anda.

Misalnya bila Anda gemar bermain game bergenre first person shooter seperti Counter Strike atau Point Blank. Tentunya Anda membutuhkan mouse gaming yang memiliki fokus pada akurasi tinggi agar bisa menyesuaikan permainan cepat Anda.

Pilih sensor terbaik

Pemilihan sensor yang baik dapat memengaruhi kenyamanan bermain Anda. Semakin tinggi sensitivitas dari sensor mouse gaming, makin enak pula Anda memainkan game-nya. Hanya dengan sedikit gerakan, kursor akan berpindah sesuai jarak yang dibutuhkan.

Ada dua jenis sensor yang digunakan, antara lain sensor laser dan optik. Mouse gaming dengan lensa laser lebih disarankan karena lebih akurat dan reaktif sehingga tidak mudah lag. Sangat disarankan bagi Anda yang senang bermain game dengan pergerakan cepat seperti permainan menembak.

Pertimbangkan penerapan kabelnya

Seiring berkembangnya teknologi, mouse gaming kini juga hadir dalam varian nirkabel atau tanpa kabel. Tidak melulu lagi menggunakan kabel seperti mouse lainnya. Mouse tanpa kabel ini biasa menggunakan baterai dan Bluetooth untuk koneksinya.

Penggunaan mouse gaming nirkabel dianggap lebih mudah dibanding yang memiliki kabel. Anda bisa menggerakkan mouse dengan lebih bebas tanpa harus dibatasi oleh panjang kabel. Namun, mouse gaming nirkabel memiliki harga yang lebih mahal dari yang berkabel.



Perhatikan ukuran dan bobotnya

Mouse gaming hadir dalam beragam ukuran. Pilihlah mouse gaming yang ukurannnya sesuai dengan genggaman Anda. Misalnya Anda sering menyentuh mouse dengan telapak tangan dan ujung jari (claw trip), sebaiknya pilih yang memiliki ukuran agak besar.

Selain itu, bobot dari mouse gaming juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kenyamanan bermain. Kalau tidak ingin tangan Anda cepat lelah, sebaiknya pilih mouse gaming yang bobotnya kurang dari 150 gram.

Cara merawat mouse gaming agar lebih awet

Agar mouse gaming Anda bisa tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya nya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mouse gaming:

  • Gunakanlah mouse pad atau tatakan mouse agar sensor optiknya tidak mudah rusak.
  • Hindari melepas-pasang port USB mouse terlalu sering. Hal ini bisa membuat port tersebut jadi aus atau longgar.
  • Jangan meletakkan mouse gaming berdekatan dengan benda cair.
  • Pastikan tangan Anda sudah benar-benar kering sebelum mulai menyentuh mouse gaming.
  • Bersihkan mouse gaming dengan kain microfiber setelah selesai digunakan.
  • Bila menggunakan mouse gaming nirkabel, jangan lupa untuk mematikannya apabila sudah tidak digunakan lagi.
  • Jangan tekan tombol klik mouse gaming terlalu kerasa karena bisa merusak bagian dalamnya.

10 Rekomendasi mouse gaming kualitas terbaik dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mouse gaming lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mouse gaming kualitas terbaik dan murah dari berbagai merek berikut ini.

10. Logitech G300S

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-10

Harga : Rp 192.000

Daya gesekannya rendah, enak dikontrol

Tipe mouse gaming kabel dengan resolusi 200 – 2500 DPI ini hadir dalam desain berlekuk yang cerdas ala Logitech. Bagian bawahnya dibekali dengan alas khusus yang membuat daya gesekannya lebih rendah. Dengan begitu, mouse akan lebih terasa enak saat dikontrol.

Soal ketahanan, jangan ditanya lagi. Tombol utama dari mouse gaming ini memiliki ketahanan hingga 10 juta klik. Tersedia juga tujuh zona warna yang bisa Anda atur sesuai keinginan.



9. Okaya G-300U

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-09

Harga : Rp 128.000

Hadir dengan sensor tinggi dan aktif

Sedang mencari mouse gaming dengan sensor tinggi dan aktif? Produk Okaya G-300U ini patut Anda coba. Mouse gaming ini dibekali dengan sensor yang dapat Anda atur resolusinya, mulai dari kisaran 800 hingga 2800 DPI.

Selain itu, mouse gaming dengan akselerasi maksimal 15G ini juga menawarkan kecepatan perpindahan hingga 75 inch per detik. Ada juga enam buah tombol makro untuk mempermudah pemberian perintah saat Anda sedang bermain game.

8. Fantech X5s ZEUS

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-08

Harga : Rp 136.000

Ideal untuk memainkan beragam jenis game

Mouse gaming ini cukup ideal untuk memainkan beragam jenis game. Hal ini karena penyematan tujuh tombol makro yang support makro key function. Pengelolaan fungsi makro tersebut dilakukan langsung melalui software X5 ZEUS. Karena itulah mouse ini dijuluki sebagai ‘The New Macro Pro Gaming Mouse’.

Sementara untuk performanya, mouse gaming Fantech ini dipersenjatai sensor 4800 DPI dengan kecepatan tinggi. Polling rate-nya pun berada di kisaran 125 Hz sampai 1000 Hz. Model pencahayaan RGB Chroma Lumonous Light juga memberikan tampilan desain yang terlihat eye-catching dan terkesan premium.

7. Corsair Harpoon RGB Pro

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-07



Harga : Rp 319.000

Daya tahannya mencapai 20 juta klik!

Kebanyakan mouse gaming hanya memiliki ketahanan sebanyak 10 juta klik. Namun, berbeda dengan produk dari merek Corsair ini. Mouse gaming Harpoon RGB Pro ini memiliki daya tahan yang lebih banyak, yakni mencapai 20 juta klik.

Bukan hanya soal ketahanannya, tingkat akurasinya pun tergolong lumayan tinggi, hingga 12.000 DPI. Membuat perangkat gaming ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memaikan game genre MOBA dan FPS. Anda bisa membeli mouse gaming ini di Shopee.

6. Dragon War Dragunov

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-06

Harga : Rp 180.000

Dibekali kabel sepanjang 1,4 meter

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan mouse gaming untuk gamers profesional dengan harga murah. Mouse gaming ini hadir dengan desain yang simpel, elegan, serta ergonomis. Menjadikan mouse gaming ini sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

Meski harganya murah, spesifikasinya tidak boleh diremehkan. Sebut saja akselerasi maksimal yang mencapai 20G serta sensor dengan resolusi adjustable 250 – 2500 DPI. Panjang kabelnya sendiri mencapai 1,4 meter sehingga Anda bisa lebih leluasa saat menggunakannya.

5. Imperion Dragon Breath S600

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-05

Harga : Rp 160.000

Dengan 5 Levels DPI sampai 4000

Dari sisi desain, mouse gaming murah ini dikemas dalam tampilan iluminasi warna-warni yang membuatnya terlihat begitu keren dan elegan. Untuk kinerjanya, terdapat 5 Levels DPI yang angkanya mencapai 4000.



Mouse gaming ini juga menghadirkan enam tombol makro yang bisa Anda atur sesuai dengan keinginan melalui software. Kecepatan respon tombolnya adjustable-nya sendiri bisa mencapai 0,001 detik. Anda bisa membeli mouse gaming ini di Shopee.

4. Sades Revolver

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-04

Harga : Rp 220.000

Cocok juga untuk pengguna kidal

Pengguna tangan kiri alias kidal biasanya sedikit kesulitan saat mencari mouse gaming yang sesuai. Bagaimana kalau mencoba produk satu ini. Mouse gaming Revolver ini dibekali dua set tombol dengan sisi ganda yang membuatnya nyaman digunakan oleh pengguna tangan kanan dan kiri.

Kinerjanya pun cukup baik karena dibekali dengan sensor tipe optik PW 3325 yang cepat, akurasi tinggi, dan responsif. Selain itu, mouse ini juga dibekali DPI 6 tingkat yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya. Anda bisa membeli mouse gaming ini di Shopee.

3. SLEC SL7 Mouse Gaming

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-03

 

Harga : Rp 125.000

Harga murah, spesifikasi mumpuni

Mouse gaming wireless biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.Namun, berbeda dengan produk SLEC satu ini.Hanya dengan harga Rp 100 ribuan saja, Anda sudah bisa memakai mouse gaming nirkabel dengan spesifikasi yang mumpuni.

Dari segi performa, mouse gaming ini menghadirkan tiga level DPI yang bisa diatur sesuai kebutuhan, mulai dari angka 1000, 1600, hingga 2400. Untuk menyalakannya, Anda hanya perlu menggunakan 1 buah batu baterai AA. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.



2. Dragonwar Thor G9

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-02

Harga : Rp 264.000

Tidak perlu atur ulang pengaturan saat berpindah perangkat

Hadir sebagai mouse gaming murah dan berkualitas, Dragonwar Thor G9 ini memiliki desain yang elegan dan ergonomis. Ada beberapa resolusi sensor yang bisa diatur sesuai kebutuhan, antara lain 800, 1600, 2400, hingga 3200 DPI.

Bagi Anda yang sering menggunakan mouse gaming ini di PC atau laptop berbeda, tersedia 512k-in-store memory. Fungsinya untuk menyimpan setting dari mouse Anda sehingga tidak perlu lagi mengaturnya ulang. Anda bisa membeli mouse gaming ini di Shopee.

1. A4tech Bloody P81

foto-rekomedasi-mouse-gaming-kualitas-terbaik-dan-murah-01

Harga : Rp 357.000

Dengan motif starlight yang cantik dan unik

Suka dengan mouse gaming berdesain unik? Produk A4Tech Bloody P81 ini sangat tepat untuk Anda. Bodi mouse ini didesain dengan motif starlight yang terlihat cantik. Ada juga LED backlight dengan lima pengaturan yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

Bukan cuma tampilannya yang keren, daya tahannya pun juga terbilang oke. Terutama pada switch-nya. Mouse ini memiliki daya tahan hingga 20 juta kali klik. Sementara untuk resolusi pergerakannya dapat mencapai angka 5000 DPI.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mouse gaming, sebaiknya Anda mempertimbangkan gaya permainan, sensor, penerapan kabel, serta ukuran dan bobotnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar mouse gaming bisa lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih mouse gaming Fantech X5s ZEUS, karena sangat ideal untuk memainkan beragam jenis game.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin mouse gaming dengan daya tahan terbaik, Anda bisa memilih mouse gaming Corsair Harpoon RGB Pro.
  • Namun, jika Anda terbiasa menggunakan tangan kiri, maka Anda bisa memilih mouse gaming Sades Revolver.

Referensi

1. Syber (2019), 7 Things To Consider Before Buying A Gaming Mouse, https://sybergaming.com/7-things-to-consider-before-buying-gaming-mouse/
2. Acer (2020), Cara Merawat Mouse Gaming Agar Tidak Mudah Rusak, https://www.acerid.com/cara-merawat-mouse-gaming-agar-tidak-rusak/#:~:text=Bersihkan%20secara%20merata%2C%20tapi%20tetap,keras%20biar%20nggak%20merusak%20optik.





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Gamer Gaming Mouse


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Mouse Gaming Kualitas Terbaik dan Murah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »