Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 August 2021

10 Rekomendasi Monitor Design Gaming Spec Dewa Harga Murah

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Monitor Design Gaming Spec Dewa Harga Murah


Monitor PC (personal computer) sekilas tampak sama bentuknya, padahal memiliki spesifikasi yang berbeda antara satu tipe merek dengan merek lain. Demikian juga monitor design gaming yang berbeda sesuai peruntukan.



Ada beragam monitor yang tersedia di pasaran, kesemuanya berdasarkan kebutuhan pelanggan, sehingga masing-masing memiliki spesifikasi khusus. Nah, seperti apa spesifikasi umum yang ada pada jenis monitor ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi monitor design gaming minimal yang perlu Anda ketahui

Spesifikasi monitor untuk kepentingan desain dan gaming berbeda dengan yang digunakan keperluan standar sehari-hari. Monitor design gaming perlu memiliki spesifikasi minimal seperti berikut ini.

  • Resolusi dan ukuran

Ukuran layar pada monitor gaming terbaik dihitung dari ujung yang satu ke ujung lainnya dan dari atas ke bawah, bukan dari garis tepinya. Tidak ada spesifikasi minimal khusus untuk ukuran layar karena sangat tergantung pada ketersediaan ruang dan selera pengguna.

Tidak mungkin pengguna membeli layar selebar 34 inci, jika ternyata tempat yang tersedia untuk mengaturnya hanya cukup untuk 27 inci. Demikian juga soal selera, orang yang suka monitor design gaming lebar tidak akan menerima rekomendasi ukuran yang lebih kecil.

Mengenai resolusi minimal untuk desain dan gaming, umumnya standar full HD 1090 x 1080 pixel. Alasannya, dua keperluan tersebut sangat membutuhkan layar dengan spektrum warna yang tajam dan perubahan grafis yang baik.

  • Refresh Rate

Refresh rate pada monitor design gaming menunjukkan seberapa banyak gambar dan warna yang bisa ditampilkan dalam satu detik. Semakin tinggi kemampuan layar menyajikan berbagai gambar dengan perubahan warna yang cepat, semakin baik rate-nya.

Terlebih lagi untuk permainan yang membutuhkan perubahan grafis kencang, sangat direkomendasikan agar dapat memenangkan pertandingan. Untuk gaming dan monitor desainer disarankan minimal mengambil layar dengan kecepatan 90 Hz.



Sementara kecepatan layar monitor yang tersedia di berbagai merek beredar saat ini adalah antara 60-240 Hz. Semakin tinggi refresh rate, gamers dan desainers merasa lebih nyaman dalam melakukan pekerjaannya.

  • Waktu Respon

Waktu respon layar monitor design gaming merupakan kecepatan pixel berubah dari satu warna ke lainnya. Berdasarkan jutaan warna yang tersedia, monitor bekerja keras merespon perubahan rona sesuai perintah dari PC dalam hitungan kurang dari sepersekian detik.

Kecepatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan perubahan warna yang baik pada layar ada di antara 1 mili second hingga 5 mili second. Jika lebih dari itu, di monitor akan tampak delay dan perubahan grafis yang kurang baik. Tentu saja ini menyulitkan desainer game.

  • Tipe Panel

Dari berbagai tipe layar yang ada di monitor design gaming, terdapat dua macam spesifikasi umum. Yaitu TN dan IPS. TN atau Twisted Nematic adalah jenis monitor yang umum. Jenis ini memiliki kecepatan 144 Hz dan waktu respon 1-4 ms.

Adapun IPS adalah singkatan dari In-Plane Switching yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari TN. Layar jenis ini memiliki kecepatan refresh hingga 240 Hz, tetapi memiliki waktu respon cukup panjang yaitu 5-7 ms.

Meskipun demikian, gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam dan jernih dari jenis TN. Spesifikasi ini sangat diperlukan desainer gaming.

Keunggulan lain dari layar jenis IPS adalah sudut pandang yang bisa dinikmati hingga 178 derajat. Pengguna bisa menikmati gambar yang tetap tajam dan warna cerah meski tidak tepat berada di depan layar. Tentunya cocok sebagai monitor terbaik untuk editing video.

  • FreeSync & G-Sync

FreeSync dan G-Sync merupakan teknologi yang berhubungan langsung dengan kartu grafis di CPU komputer. Jika CPU menggunakan kartu grafis Nvidia, maka pilih monitor yang menggunakan FreeSync. Sebaliknya jika CPU menggunakan AMD, gunakan monitor G-Sync.



Ketidaksingkronan antara CPU dan monitor design gaming dapat mengganggu kinerja keduanya. Akibatnya, hasil pekerjaan tidak maksimal dan pengguna perlu melakukan penggantian perangkat agar sesuai dan perform dengan baik.

  • Fitur Audio

Tidak semua layar monitor design gaming dilengkapi dengan sistem audio. Jika layar yang dipilih dan spesifikasi lainnya sudah cocok, tetapi belum dilengkapi sistem audio, maka harus disiapkan terpisah. Pengguna bisa menghubungkannya dengan home theatre system.

Dalam scope pekerjaan membuat desain gambar, mungkin audio tidak terlalu dibutuhkan, kecuali pengguna adalah orang dengan tipe audio. Akan tetapi untuk main game dan desain video, audio sangat dibutuhkan agar sensasi dan pekerjaan dapat selesai dengan maksimal.

10 Rekomendasi monitor design gaming terbaik 2021

Setelah mengetahui beragam spesifikasi yang dibutuhkan, maka simak ulasan mengenai rekomendasi monitor design gaming terbaik di bawah ini.

10. LG 25UM58

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-10

Harga : Rp 2.356.000

Monitor LED, harga terjangkau, sudah memiliki fitur IPS dan Ultrawide

Meskipun bukan merupakan monitor gaming lengkung, LG 25UM58 telah didukung oleh teknologi IPS dengan kecepatan respon 60 Hz. Secara teori, monitor ini tidak memiliki spek setinggi tipe sebelumnya. Sangat layak dipertimbangkan dengan ukuran layar sebesar 27”.

Selain karena ukuran yang cukup besar, LG 25UM58 juga dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Para pengguna hanya perlu merogoh kocek sekitar 2,3-2,5 jutaan untuk mendapat monitor baru tipe ini.



Sudah dilengkapi dengan game mode, empat split screen, black stabilizer dan dynamic action link. Tidak ada salahnya memilih monitor design gaming yang memiliki ultrawide 29:1 ini, karena fiturnya cukup lengkap dan nyaman.

Monitor ini juga dilengkapi dengan fitur Black Stabilizer untuk memudahkan melihat musuh yang bersembunyi dalam kegelapan. Selain itu ada juga fitur Dinamic Action Sync yang mengurangi waktu jeda saat menyerang musuh. Anda bisa beli produk ini di Shopee.

9. Dell SE2717H

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-9

Harga : Rp 2.870.000

Layar 22 inci, super full HD dan gaming friendly

Para pengguna yang mencari monitor dengan spek bagus dan harga termurah bisa memilih Dell SE2717H . Monitor keluaran Dell ini mengusung teknologi ultrawide 2700 dengan layar super jernih, karena memiliki resolusi sebesar HD 1920 x 1080. Sangat nyaman di mata.

Dari segi spesifikasi, Dell Monitor 27″ SE2717H dibekali refresh rate 75 Hz dan panel teknologi IPS. Layar selebar 27” bisa menjadi bekal bermain game online dengan puas tanpa perlu terganggu dengan visual yang sempit. Dapatkan produk ini di Shopee.

8. Viewsonic XG2701- Monitor 1080 P Gaming Terbaik

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-8

Harga : Rp 5.255.000

Gambar lebih apik dengan grafis tajam dan memukau

Pengguna monitor design gaming yang membutuhkan spesifikasi layar lumayan dengan harga terjangkau bisa memilih ViewSonic XG2701. Lebar layar 27-Inch Full HD 1080 p ViewSonic mampu memanjakan pengguna dengan ketajaman grafis dan warna memukau.



ViewSonic XG2701 mampu mencapai kecepatan respons 144 Hz dan 1 ms sehingga tidak menimbulkan lag saat digunakan bermain game terbaru. Monitor tipe ini juga kompatibel dipasang sistem operasi windows maupun mac.

Desainnya yang ringkas juga membuat layar selebar 27” ini mudah ditata. Anda bisa menyesuaikan dengan space yang tersedia di ruangan bermain game.

Berbicara soal harga, ViewSonic dibanderol dengan harga sekitar 5 jutaan. Anda bisa membelinya melalui Shopee.

7. Dell P2715Q – Monitor 4K Terbaik

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-7

Harga : Rp 7.535.000

Dapat menautkan dua monitor sekaligus

Kode 4K berarti monitor ini memiliki resolusi 4 kali lebih baik dari layar full HD. Ada beberapa pilihan jenis ini yang telah beredar di Indonesia, diantaranya adalah Dell P2715Q. Beberapa marketplace memasang harga minimal 7 jutaan untuk monitor jenis ini.

Dell P2715Q ini mampu menyuguhkan gambar dengan tingkat akurasi warna nyaris sempurna. Dengan demikian, para design gaming akan lebih leluasa memperhatikan detail dalam proyeknya.

Anda juga bisa menautkan dua monitor secara berdampingan tanpa harus mengalami kekacauan kabel. Pengalaman gaming pun akan lebih optimal, apalagi lagi dengan adanya kemudahan memosisikan monitor.

Produk ini memiliki adjustable stand yang akan memudahkan Anda menyesuaikan posisinya. Produk tersebut juga bisa dengan mudah diatur sudut hadapnya. Bobotnya cukup ringan, sehingga tidak terlalu membebani meja Anda. Dapatkan monitor ini di Shopee.



6. ASUS MG279Q – Monitor Gaming IPS dengan Free Sync

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-6

Harga : Rp 9.158.000

Kualitas gambar jernih, respon layar cepat

Pengguna dapat memilih ASUS MG279Q sebagai rekomendasi monitor untuk game. Asus tipe ini memiliki ukuran 27” dengan kecepatan respon 144 Hz. Tidak perlu khawatir dengan kemampuannya saat dipakai bermain game berkat kecepatan respon layar 4 ms.

Teknologi panel IPS yang disematkan pada Asus MG279Q mampu menghadirkan kualitas gambar dan grafis yang luar biasa. Pengguna akan merasa cukup terbantu saat membuat atau memainkan desain dengan resolusi tinggi.

Monitor ini juga memiliki dudukan ergonomis dan mendukung saat gaming. Posisinya dapat diatur secara memutar, miring, maupun ketinggiannya. Jadi, pengguna akan dapat menyesuaikan dengan sudut pandangnya. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Acer Predator XB271HU

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-5

Harga : Rp 12.200.000

Dilengkapi audio speaker untuk suara optimal

Beberapa pakar teknologi merekomendasikan Acer Predator XB271HU untuk rekomendasi monitor untuk desain grafis. Layar ini memiliki ukuran 27” dan resolusi 2560 x 1440 px. Jenis panel yang digunakan adalah IPS, tetapi memiliki kecepatan unggul, yaitu respon 4 ms.

Poin plusnya, layar ini memiliki audio speaker yang tertanam di samping kanan dan kiri layar. Sehingga jika diletakkan di ruang pribadi tidak membutuhkan home theatre system kecuali ingin mendengarkan suara menggelegar.



Fitur suara ini juga cukup penting, karena umumnya efek suara pada game akan makin detail dengan adanya speaker yang mantap. Dengan demikian, design gaming akan lebih optimal.

Satu lagi keunggulan yang dimiliki monitor ini adalah layarnya yang tampak luas dan seolah tidak memiliki batas. Hal ini karena monitor menggunakan zero frame design. Konsep tersebut membuat mata lebih leluasa menikmati gambar yang disajikan.

Dengan kecepatan respon layar 4 ms dan refresh rate 144 Hz, layar ini mampu mendukung pengguna memainkan berbagai permainan terbaru. Anda bisa mendapatkan monitor spesial ini di Shopee.

4. ASUS ROG Swift PG279Q

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-4

Harga : Rp 14.525.000

Monitor dengan refresh rate lebih baik

Alternatif lain yang tidak kalah spesifikasi dan harganya lebih murah adalah ASUS ROG Swift PG279Q. Sampai saat ini kisaran harga di beberapa marketplace adalah 12-13 jutaan.

Dengan lebar layar yang sama, yaitu 27” dan refresh rate lebih baik di angka 165 Hz, rupanya Asus ingin merebut pasar pengguna layar gaming. Teknologi panel yang digunakan sama yaitu IPS, warna yang ditawarkan pun lebih beragam dari Acer XB271HU.

Monitor ini juga dilengkapi dengan stand yang ergonomis dan mampu dimiringkan secara fleksibel. Selain itu , ketinggian stand tersebut juga dapat disesuaikan. Dapatkan produk ini di Shopee.



3. Acer Predator Z271 1080p – Monitor Gaming Dengan Eye Tracking Technology

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-3

Harga : Rp 14.441.889

Hemat listrik, nyaman untuk gaming

Acer Predator Z271 1080p kiranya menjadi salah satu monitor yang cukup berat dalam arti sebenarnya. Jika monitor lain diperkirakan mencapai berat sekitar 12-13 kilogram, Acer Z271 di beberapa toko online di-packing dengan berat 35 kilogram.

Akan tetapi layar monitor design gaming Acer Z271 hanya membutuhkan sedikit sekali daya listrik untuk menyalakannya. Dengan input voltage 240 v dan 27 watt daya listrik sudah membuatnya beroperasi.

Sudut penglihatan layar monitor berada pada 17800 secara horisontal dan 1780 vertikal. Adapun pengaturan stand-nya bisa dengan kemiringan -50 hingga 250. Monitor juga bisa diputar hingga 300 dan diatur ketinggiannya. Dapatkan produk ini di Shopee.

2. BenQ Zowie XL2730 – Monitor Gaming Terbaik untuk Turnamen E-Sport

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-2

Harga : Rp 4.645.000

Monitor gaming para Atlet e-sport

Para atlit e-sport membutuhkan layar monitor design gaming terbaik untuk menunjukkan performa maksimal. Kiranya BenQ Zowie XL2730 dengan spesifikasi yang dimilikinya mampu mendukung para atlit meraih kemenangan sejati.

Monitor ini memiliki fitur Black Equalizer. Berkat fitur ini, Anda akan dapat melihat area gelap dalam game tanpa membuat area yang terang menjadi overexposed. Musuh yang berada di area gelap dapat dengan mudah dikenali, sehingga kemenangan bisa diraih.



Keunggulan lainnya adalah kemudahan dalam mengatur posisi monitor terhadap sudut pandang gamer. Berkat adjustable stand, Anda bisa mengatur kemiringan maupun ketinggian layar monitor. Jadi, jangan ragu lagi, dapatkan produk ini melalui Tokopedia.

1. Acer Predator X34 – Monitor Gaming QHD Ultrawide

foto-monitor-design-gaming-spec-dewa-1

Harga : Rp 19.499.000

Layar lengkung ultrawide, optimal untuk gaming

Monitor design gaming terbaik di kelas layar lengkung adalah Acer Predator X34. Layar ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dari sekadar layar gaming. Dengan ukuran 34” dan resolusi 3440 x 1440 mampu memberikan kepuasan lebih pada pengguna.

Layar lengkung ini membuat Anda seolah benar-benar masuk ke dalam game. Hal ini disebabkan lengkungannya yang memanjang hingga melewati penglihatan tepi. Dengan demikian, pengalaman gaming pun lebih optimal.

Teknologi Advancwd IPS Panel yang tersemat pada monitor ini membuat tampilan warna yang dihasilkan lebih jernih dan detail. Selain itu, produk ini memiliki LED underglow yang memungkinkan penggunanya mengatur warna secara custom.

refresh rate 60 Hz dan bisa ditingkatkan hingga 100 Hz. Dari sisi harga, monitor ini dibanderol senilai 18-20 jutaan. Poin utama dari tipe layar Acer X34 adalah ukuran dan kejernihan warnanya. Dapatkan produk ini melalui Shopee.

Kesimpulan

  • Dalam memilih monitor untuk design gaming, perhatikan ukuran dan resolusinya untuk tampilan yang lebih optimal.
  • Perhatikan juga refresh rate pada monitor untuk memastikan perubahan warna pada game dapat diikuti dengan baik dan smooth.
  • Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman gaming luar biasa dengan kesempatan menang lebih tinggi, pilih BenQ Zowie XL2730.
  • Namun, apabila ingin merasakan sensasi lebur di dalam game yang dimainkan, monitor layar lengkung Acer Predator X34 bisa menjadi pilihan.
  • Adapun jika ingin monitor hemat daya listrik, sehingga bisa gaming lebih lama, pilihannya adalah Acer Predator Z271 1080p.

Referensi

1. Scharon Harding (2021), How To Buy a PC Monitor: A 2021 Guide, https://www-tomshardware-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.tomshardware.com/amp/reviews/monitor-buying-guide,5699.html
2. Intel(2021), What to Look for in a Gaming Monitor, https://www.intel.com/content/www/us/en/gaming/resources/everything-you-need-to-know-about-gaming-monitors.html





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Game


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Monitor Design Gaming Spec Dewa Harga Murah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »