Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 September 2020

10 Rekomendasi Model Puzzle untuk Edukasi Si Kecil

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Model Puzzle untuk Edukasi Si Kecil


Usia kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk memberikan edukasi kepada si kecil. Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengedukasi si kecil tanpa membuatnya bosan.Yaitu dengan mengajaknya bermain sambil belajar.



Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan beragam mainan edukasi untuk si kecil. Sebut saja puzzle. Mainan satu ini memang banyak digunakan karena memiliki segudang manfaat dalam mengedukasi si kecil.

Puzzle merupakan mainan sederhana dengan harga yang murah. Sehingga terjangkau oleh banyak kalangan. Mainan puzzle terdiri dari berbagai potongan tidak simetris yang nantinya disatukan menjadi bentuk tertentu yang sempurna.

Selain menyenangkan, bermain puzzle juga dapat mengasah keterampilan kognitif dari anak-anak. Karena model puzzle yang beragam dapat membantu anak belajar mengenal berbagai bentuk, ukuran, serta warna. Selain itu juga melatih daya ingat serta koordinasi tangan dan mata.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi model puzzle untuk edukasi si kecil beserta harga dan ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai model puzzle serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik Model Puzzle

Secara umum, puzzle dibagi menjadi 3, yaitu: Pertama, Mechanical Puzzle yang memiliki bentuk 3D unik. Kedua, Jigsaw Puzzle yang mengasah imajinasi. Ketiga, Construction Puzzle yang mengenalkan bentuk dan kreativitas.

Selain digunakan untuk melatih daya ingat serta mengasah kognitif anak-anak, model puzzle juga dapat meningkatkan konsistensi serta kesabaran pada anak. Hal ini tidak lepas dari karakter model puzzle yang unik dan menarik sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih jigsaw puzzle. Karena jenis model puzzle ini memiliki berbagai gambar dan warna yang menarik untuk si kecil. Namun, untuk Anda yang memiliki modal lebih, mechanical puzzle bisa menjadi pilihan Anda.



Oleh karena itu, saat memilih model puzzle perhatikan peruntukkan dan tujuan penggunaannya. Apakah model puzzle hanya akan digunakan untuk melatih kognitif anak, atau juga sebagai mainan jangka panjang si kecil.

Perhatikan usia si kecil

Beda usia jelas beda kemampuan. Model puzzle sendiri ada beragam. Biasanya model tersebut akan menyesuaikan dengan usia anak yang jadi tujuan. Misalkan anak tersebut berusia 1-2 tahun. Maka model puzzle-nya akan lebih mudah dibanding dengan usia 3-5 tahun.

Anda tak perlu bingung karena saat ini para produsen mainan anak telah menambahkan keterangan usia untuk pengguna puzzle. Dengan begitu, Anda tinggal mencari yang keterangan usianya sesuai dengan si buah hati tersayang.

Perhatikan warnanya

Anak-anak paling senang dengan sesuatu yang berwarna. Oleh sebab itu, mainan anak biasanya memiliki warna yang bervariasi. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih puzzle yang memiliki warna cenderung cerah dan kontras.

Pilihan warna tersebut bukan hanya sekadar penghias, tapi juga untuk melatih penglihatan anak. Mereka juga kan lebih cepat hapal dan tanggap dengan pilihan warna tersebut. Bahkan Anda juga bisa mengajarkan konsep warna kepada si kecil dengan mainan tersebut.

Perhatikan bahan dan bentuknya

Ini merupakan hal penting yang wajib Anda perhatikan. Pastikan bahwa puzzle yang Anda beli terbuat dari bahan-bahan yang aman bagi anak, mudah dicuci, serta tidak beracun. Karena tanpa disadari, anak-anak biasanya suka memasukkan mainan ke dalam mulut.

Selain itu, pilih juga model puzzle yang bentuknya aman bagi anak. Pilihlah komponen yang memiliki sudut tumpul dan tidak kasar. Bila puzzle tersebut berbahan dasar kayu, pastikan bahwa tiap sudutnya sudah halus dan dicat rapi dengan bahan yang aman.



Pilih merek terpercaya

Anda memang bisa dengan mudah menemukan berbagai produsen yang menawarkan produk model puzzle dengan beragam bentuk dan warnanya. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap memilih model puzzle dari merek yang sudah dipercaya oleh banyak orang.

Anak-anak memiliki tubuh dan sensitivitas yang cukup rentan. Karenanya memilih barang-barang untuk mereka pun tidak bisa sembarangan. Agar tidak salah pilih, sebaiknya belilah model puzzle dari merek terpercaya karena produk tersebut pastilah memiliki kualitas yang baik.

Cara merawat puzzle agar lebih awet

Agar puzzle tetap bersih, aman, dan bisa dimainkan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat puzzle, yaitu:

  • Apabila puzzle terbuat dari bahan plastik atau komponen keras lainnya, sebaiknya bersihkan setiap hari setelah bermain, atau setidaknya seminggu sekal. Anda bisa mencucinya dengan sabun yang aman untuk bahan puzzle tersebut.
  • Jika puzzle terbuat dari bahan yang tidak bisa dicuci, Anda bisa mengelapnya sesekali dengan lap basah atau kering, saat diperlukan.
  • Sebaiknya jangan langsung disatukan dalam tempat yang sama. Anda bisa meletakkan masing-masing puzzle tersebut di satu plastik berbeda agar komponennya tidak berserakan atau tercampur dengan puzzle lainnya.
  • Letakkan puzzle yang sedang tidak dimainkan ditempat yang aman dan tertutup. Hal ini untuk menjaga agar puzzle tidak mudah terkena debu atau kuman dari luar.
  • Akan lebih baik kalau Anda juga mengajarkan si kecil cara merapikan puzzle yang telah selesai dimainkan. Dengan begitu, rasa tanggung jawab mereka pada puzzle tersebut akan terlatih.

10 Rekomedasi model puzzle untuk edukasi si kecil

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai puzzle lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi model puzzle untuk edukasi si kecil dari berbagai merek berikut ini:

10. Puzzle Angka – Mainan Kayu Pintar

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-10

Harga : Rp 35.000

Memudahkan untuk mengenalkan angka pada anak sejak dini

Mengenalkan anak pada angka sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dengan angka ketika masuk sekolah nanti.

Anda bisa menggunakan berbagai metode untuk mengenalkan angka pada mereka. Salah satunya dengan puzzle angka dari Mainan Kayu Pintar.

Seperti namanya, model puzzle satu ini berisikan angka mulai dari 0-20. Anak-anak dapat mengacak angka-angka tersebut kemudian menyusunnya kembali sesuai urutan yang tersedia. Dengan begitu, mereka secara tidak langsung akan mempelajari urutan angka yang baik dan benar.

Model puzzle dengan desain fun & playful ini dibuat menggunakan bahan Medium Density Fiber Board serta serat kayu yang dipadatkan. Sementara stikernya sendiri terbuat dari Art Paper. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.



9. Mini Wooden Puzzle – OEM

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-9

Harga : Rp 16.000

Desian fun & playful

Puzzle dari OEM ini merupakan model puzzle yang terbuat dari bahan kayu. Model puzzle ini memiliki desain fun & playful yang sangat cocok untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

Seperti namanya, model puzzle ini mengambil binatang sebagai temanya. Anak-anak dapat membongkar pasang gambar binatang di model puzzle ini. Anda juga bisa mengenalkan nama binatang tersebut kepada mereka.

Model puzzle ini terbuat dari bahan kayu berkualitas. Sehingga aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Selain untuk bermain, model puzzle ini juga dapat meningkatkan motorik dan daya ingat anak. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

8. Puzzle Bagian Tubuh Putri – Mainan Kayu Pintar

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-8

Harga : Rp 35.000

Mengenalkan bagian-bagian tubuh kepada si kecil dengan mudah dan menyenangkan

Puzzle dari Mainan Kayu Pintar ini terbuat dari bahan MDF (Medium Density Fiber Board) serta serat kayu yang dipadatkan. Model puzzle memiliki ukuran 30 x 20 cm dengan ketebalan 6 mm.

Pada model puzzle ini, anak akan dikenalkan dengan nama-nama bagian tubuh mereka. Mulai dari rambut hingga kaki. Selama proses bermain, Anda bisa membantu menjelaskan fungsi bagian tubuh tersebut kepada mereka.



Model puzzle ini memiliki warna dan bentuk yang menarik untuk anak. Selain untuk bermain, puzzle ini juga dapat melatih motorik halus serta kesabaran si kecil. Anda bisa membeli puzzle ini di Blibli.

7. Puzzle Block Pipa Brick – PUZZLE

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-7

Harga : Rp 39.150

Eektif untuk melatih fokus dan kordinasi anak

Mainan anak dari brand Puzzle merupakan model puzzle susun berbentuk pipa. Model puzzle ini memiliki desain yang fun & playful sehingga sangat ideal untuk dimainkan oleh anak-anak usia 2-5 tahun.

Puzzle ini terdiri dari berbagai pipa dengan aneka warna. Nantinya si kecil dapat menyambungkan pipa-pipa tersebut menjadi bentuk tersebut. Mereka juga bisa menyambungkan pipa tersebut pada keran atau selang air terdekat.

Menariknya lagi, puzzle ini juga memiliki bentuk 4 roda. Dengan begitu, anak-anak tidak hanya bisa membuat bentuk sambungan pipa, tapi juga kendaraan. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

6. Puzzle Mickey Mouse NB-03546

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-6

Harga : Rp25.000

Bermain sambil belajar bersama Mickey Mouse dan kawan-kawannya

Siapa tidak suka dengan Mickey Mouse? Karakter tikus dari Disney yang ramah dan lucu ini memang memiliki banyak penggemar. Terutama dari kalangan anak-anak. Rasanya hampir semua anak menggemari karakter Mickey Mouse.



Hal inilah yang membuat brand Mickey Mouse meluncurkan produk mainan edukasi berbentuk model puzzle dengan karakter Mickey Mouse sebagai gambarnya. Mickey Mouse tidak sendiri. Ia ditemani oleh Donald Duck serta Minnie Mouse yang tak kalah disenangi anak-anak.

Model puzzle yang didesain fun & playful ini sangat cocok dimainkan oleh anak usia 3-5 tahun. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

5. Puzzle Buah- Mainan Kayu Pintar

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-5

Harga : Rp 35.000

Membuat anak menyukai buah-buahan yang sehat dan bergizi

Buah adalah salah satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses tumbuh dan berkembang. Sayangnya kebanyakan anak justru tidak menyukai makanan bergizi ini.

Nah, bagaimana kalau Anda buat ia suka buah dengan cara menyenangkan. Seperti bermain dengan puzzle buah dari brand Mainan Kayu Pintar ini, di mana model puzzle menggunakan tema buah-buahan dengan gambar dan warna yang menarik untuk anak-anak.

Sembari si kecil bermain bongkar pasang dengan model puzzle ini, Anda bisa mengajarkan nama serta manfaat dari buah-buahan tersebut. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk mencoba berbagai buah yang penuh manfaat. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

4. Puzzle Angka Hitung – Mainan Kayu Pintar

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-4

Harga : Rp 30.000

Dapat membuat si kecil mengenal angka sembari berhitung sejak dini

Menghitung angka merupakan salah satu hal yang harus dipelajari oleh anak-anak. Memang mereka akan mempelajari hitung-hitungan angka di sekolah nanti. Tapi tak ada salahnya kalau mengerti angka sejak dini bukan?



Agar mereka dapat mengenal angka dan menghitung angka-angka tersebut, Anda bisa mengajarkan dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan model puzzle angka dari Mainan Kayu Pintar.

Puzzle ini terdiri dari bilangan 0-10 lengkap dengan lambang-lambang hitungan, seperti perkalian dan pertambahan. Dengan begitu, Anda bisa mengenalkan angka sekaligus mengajarkan hitung-hitungan kepada mereka. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

3. My First Puzzle Tata Edutoys – OEM

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-3

Harga : Rp 54.000

Mengenalkan si kecil berbagai macam alat transportasi

Anak-anak biasanya akan merasa senang bila diajak berjalan-jalan ke suatu tempat. Selain karena tempat yang dikunjungi, mereka juga senang karena bisa naik kendaraan tertentu. Misalnya mobil atau kereta.

Bila Anda senang mengajak si kecil berjalan-jalan, tak ada salahnya mengajarkan ia tentang kendaraan-kendaraan yang akan ia naiki nanti. Anda bisa menggunakan model puzzle kendaraan dari produk OEM ini.

Puzzle ini diperuntukkan untuk anak usia 1 tahun. Terbuat dari bahan kayu tipis yang di laminating, sehingga aman untuk dimainkan. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

2. Puzzle Kura Hijaiyah – Mainan Kayu Pintar

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-2

Harga : Rp 15.000

Mengajarkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan



Beberapa negara memiliki penulisan huruf yang berbeda. Termasuk arab yang memiliki penulisan huruf hijaiyah. Bila Anda ingin memasukkan si buah hati ke sekolah yang memiliki mata pelajaran bahasa Arab, bagaimana kalau mengajarkan ia tentang huruf hijaiyah sejak dini?

Anda bisa menggunakan puzzle kura hijaiyah dari Mainan Kayu Pintar ini untuk mengajarkan si kecil akan huruf hijaiyah. Puzzle ini memiliki bentuk dasar kura-kura yang lucu serta kepingan puzzle berisikan huruf hijaiyah.

Produk ini terbuat dari bahan MDF (Medium Density Fiberboard) dengan ukuran 30 x 20 cm serta ketebalan 6 mm. Sangat cocok untuk mengajarkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan kepada si kecil. Anda bisa membeli puzzle ini di Shopee.

1. Puzzle Ball- MOMO

Model-puzzle-untuk-edukasi-si-kecil-1

Harga : Rp 29.500

Desain unik dan banyak disukai anak-anak

Puzzle dari MOMO ini berbentuk bola yang memiliki desain unik, di mana pada bagian sisinya dapat diisi dengan berbagai bentuk warna-warni yang disukai si kecil.

Ada beberapa bentuk yang bisa dilepas pasang oleh anak-anak, seperti lingkaran hingga segi lima. Seluruh bentuk tersebut memiliki desain 3D yang memudahkan anak dalam mengenali dan menghapalnya.

Puzzle ini memiliki beragam warna yang menarik bagi anak-anak. Sangat cocok dimainkan oleh mereka yang telah memasuki usia 6 bulan ke atas. Anda dapat membeli puzzle ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli puzzle, sebaiknya Anda mempertimbangkan usia si kecil, warna, bahan, bentuk, serta mereknya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar puzzle lebih awet dan dapat dimainkan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Puzzle Ball dari MOMO, karena memiliki bentuk dan desain yang menarik untuk anak-anak.
  • Sedangkan untuk memudahkan mengenalkan alat-alat transportasi pada anak, Anda bisa memilih My First Puzzle Tata Edutoys dari OEM.
  • Namun, bagi Anda yang ingin mengajarkan anak berhitung dengan cara yang mudah dan menyenangkan, Anda bisa memilih puzzle angka hitung dari Mainan Kayu Pintar.

Referensi

  1. Omochatoys (2020), Puzzle, https://www.omochatoys.com/index.php/mainan-edukatif/496-puzzle.
  2. Dokter Sehat (2014), Tips Memilih Mainan yang Merangsang Perkembangan Anak, https://doktersehat.com/tips-memilih-mainan-yang-merangsang-perkembangan-anak/
  3. Hai Bunda (2020), Cara Tepat Bersihkan Mainan Anak Sesuai Jenisnya, https://www.haibunda.com/parenting/20200501230855-60-138171/cara-tepat-bersihkan-mainan-anak-sesuai-jenisnya.



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Model Puzzle untuk Edukasi Si Kecil", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »